Hari ini: Minggu, 19 Mei 2024
Senin, 21 November 2022, 13:30 WIB

Amankah Memberi Air Kelapa untuk Anjing? Yuk Cari Tahu!

Amankah Memberi Air Kelapa untuk Anjing? Yuk Cari Tahu!

Air kelapa boleh diminum oleh anjing - wildearth

Selain menetralisir racun, air kelapa juga memiliki beragam khasiat lainnya lho. Kira-kira apa saja ya? Yuk simak ulasan air kelapa untuk anjing berikut

Sobat Pintar, tahukah kamu jika ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dari air kelapa untuk anjing? Kelapa merupakan jenis buah yang sangat bagus untuk kesehatan anjing.

Air kelapa tidak hanya dapat dibuat menjadi minuman segar, tetapi daging nya pun juga dapat diolah menjadi minyak, santan atau dikonsumsi langsung, lho. 

Nah untuk manusia sendiri, kelapa mempunyai komposisi gizi yang sangat bagus karena mengandung asam amino esensial dan asam lemak yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Buah kelapa juga bagus untuk kesehatan jantung, menjaga tubuh tetap terhidrasi, tinggi antioksidan, bahkan bisa menjaga kesehatan kulit. 

Pertanyaannya adalah, bolehkah anjing mengkonsumsi air kelapa? Untuk lebih jelasnya, mari simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Anjing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Apakah Anjing Boleh Minum Air Kelapa?

Air Kelapa Aman Untuk Diminum Anjing
air kelapa aman untuk diminum anjing - vogue

Ya, anjing dapat mengkonsumsi air kelapa beserta dagingnya. Serat kelapa memiliki nutrisi yang berguna untuk menjaga bulu anjing tetap mengkilap, meningkatkan kekebalan tubuh, dan mengurangi peradangan.

Namun, kelapa juga tinggi akan lemak sehat dan kalori, sehingga anjing hanya diperbolehkan mengkonsumsi sedikit saja. Jika tidak, maka mereka bisa kegemukan akibat dari kelebihan kalori yang diasupnya.

Apa Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan Anjing?

Anjing Sedang Makan Daging Buah Kelapa
anjing sedang makan daging buah kelapa - wag!

Sobat Pintar, ada banyak manfaat dari air kelapa yang bisa dirasakan oleh anjing saat mengkonsumsi air atau daging kelapa. Kelapa kaya akan lemak sehat, mangan dan serta yang semuanya dapat mendorong fungsi tubuh seperti sirkulasi dan pernapasan serta menjaga sistem kekebalan tubuh. 

Lalu, adakah khasiat lain dari air kelapa untuk anjing? Yuk, lihat selengkapnya di bawah ini.

1. Kaya Akan Gizi

Kelapa merupakan makanan yang sangat luar biasa untuk dikonsumsi oleh anjing. Tidak sama dengan buah lainnya yang kaya akan karbohidrat dan gula, buah kelapa ini memiliki banyak lemak sehat dan mineral penting. Kandungan yang ada di buah kelapa bisa membantu tubuh anjing untuk beroperasi pada beberapa fungsinya.

Kelapa memberikan jumlah manfaat yang menakjubkan, sehingga bisa membantu tulang anjing yang kuat dan memetabolisme makronutrien seperti lemak, karbohidrat dan protein. Selain airnya yang sangat berguna, ada pula minyak kelapa yang bisa dikatakan menjadi lemak paling sehat.

Banyak peneliti yang meyakini jika minyak kelapa sebenarnya dapat mengurangi lemak tubuh anjing yang memiliki berat badan berlebih sebab minyak kelapa diserap secara langsung pada usus kecil, efisien guna membakar simpanan lemak pada tempat yang lain di dalam tubuhnya dan bisa memberikan anjingmu energi dengan cepat.

2. Bisa Mengatur Gula Darah

Kelapa rendah akan karbohidrat, tetapi tetap tinggi serat dan lemak yang bisa menyeimbangkan kadar gula darah. Selain itu, kelapa juga kaya akan asam amino yang biasa dikenal dengan arginin, pada salah satu penelitian yang dilakukan di India dihubungkan pada peningkatan kadar insulin pada hewan.

Temuan tersebut tidak menganjurkan kamu perlu mengganti obat diabetes anjing dengan buah kelapa yang berkhasiat ini, namun temuan ini menunjukkan bahwa buah kelapa bisa berkontribusi pada peningkatan mood dan peningkatan level energi dengan menstabilkan gula darah.

3. Memberikan Tambahan Energi

Walaupun belum ada pengganti air, air kelapa dapat menjadi makanan yang bagus untuk anjing sakit. Karena di dalam air kelapa banyak terkandung elektrolit yang bisa membantu anjing terhindar dari dehidrasi.

Selain itu, anjing yang sedang membutuhkan dorongan energi dan cairan pengganti dengan cepat sangat disarankan untuk diberikan air kelapa yang kaya akan nutrisi seperti vitamin C, kalsium dan potasium ini.

4. Memiliki Kandungan Antioksidan

Daging kelapa mempunyai antioksidan yang sangat kuat seperti asam p-coumaric, asam salisilat, asam caffeic dan asam galat yang dengan kolektif dikenal menjadi senyawa fenolik.

Sebagian penelitian pada binatang sudah menemukan jina senyawa ini bisa membantu menjaga sel dari kerusakan bahkan kematian yang disebabkan dari stres oksidatif. 

Yang berarti, nutrisi di dalam kelapa mempunyai potensi guna membantu anjing memperkuat imun tubuh, melawan infeksi bahkan bisa menghindari sejumlah jenis kanker yang sering menyerang anjing.

Tidak hanya itu saja, dengan memberikan air kelapa untuk anjing keracunan, hal ini dipercaya dapat membantu menetralisir racun yang ada didalam tubuhnya dengan lebih cepat dan efektif, lho.

5. Baik untuk Kesehatan Jantung

Anjing yang rutin mengkonsumsi kelapa dengan jumlah yang sesuai bisa mengurangi lemak tubuh dan meningkatkan kadar kolesterol baik, yang keduanya adalah penyebab risiko penyakit kardiovaskular. 

Pastinya, tidak cukup hanya kelapa saja untuk menjaga kesehatan jantung pada anjing, namun kelapa bisa memperbanyak makanan anjing yang sehat sehingga anjing bisa beraktivitas secara aktif. 

Ada salah satu studi yang dilakukan di Selandia Baru mengungkapkan jika kelapa sudah dihubungkan dengan peningkatan kadar kolesterol baik atau HDL dan turunnya kadar kolesterol jahat atau LDL serta berkurangnya kasus penyakit jantung.

Bagaimana Cara Memberikan Air Kelapa untuk Anjing?

Cara Memberikan Buah Kelapa Pada Anjing
cara memberikan buah kelapa pada anjing - tastefulspace

Apabila anabul sudah familiar dengan buah yang satu ini, maka langsung berikan saja kelapa mentah untuk disantapnya. Kamu bisa memotong kelapa mentah menjadi beberapa bagian, hal ini dilakukan agar anjing lebih mudah mengkonsumsi daging buah kelapa.

Yang perlu menjadi perhatian mu saat memberikan kelapa untuk anjing yaitu porsi dan ukuran yang tepat. Kelapa yang padat bisa kamu berikan kepada anjing dengan porsi yang lebih sedikit.

Kelapa juga kaya akan lemak sehat, namun tidak berarti anjing bisa mengkonsumsinya dalam jumlah yang banyak. Anjing yang berukuran sedang hanya bisa mengkonsumsi 1-2 ons kelapa dalam kurun waktu 1-2 kali seminggu.  

Selanjutnya, anjing juga bisa mendapatkan nutrisi yang maksimal dari buah yang satu ini dengan cara mencampurkan minyak kelapa pada makanannya. Minyak kelapa juga sering disarankan oleh banyak dokter hewan dan pakar diet.

Nah bila kamu belum pernah memberikannya pada anjingmu, maka kamu bisa memulainya perlahan, mulai dengan memberikannya sebanyak satu sendok teh dan tuangkan di makanan mereka dalam satu atau dua kali dalam seminggu.

Lalu, terkait cara memberikan air kelapa untuk anjing, kamu bisa membiarkan anjing mu menghisap air langsung dari buahnya atau bisa juga dituang ke dalam wadah. Perhatikan juga jangan berikan gula tambahan atau pemanis buatan, ya.

Sangat tidak dianjurkan bagi anjing mengkonsumsi terlalu banyak air kelapa yang dibuat khusus untuk manusia, sebab bisa jadi mengandung zat-zat tambahan sehingga berpotensi membahayakan kesehatan anjing.

Adakah Bahaya Air Kelapa Bagi Anjing?

Bahaya Air Kelapa Untuk Anjing
bahaya air kelapa untuk anjing - upperpawside

Tidak hanya bermanfaat untuk manusia, nyatanya air kelapa juga mempunyai banyak manfaat untuk hewan peliharaan seperti anjing kesayanganmu.

Kelapa adalah minuman/makanan yang sangat bermanfaat dan bisa dikonsumsi oleh anjing. Kandungan dalam mineral kelapa membantu tubuh anjingmu untuk melancarkan banyak fungsi tubuhnya.

Meski demikian, PetPi menyarankan ada baiknya sebelum memberikan air kelapa untuk anjing, kamu sudah berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau ahli/praktisi hewan peliharaan.

Sebab, jika anjing kesayangan kamu mempunyai riwayat obesitas dan gangguan kesehatan seperti penyakit ginjal atau hati serta diabetes, tidak disarankan mengkonsumsi jenis buah ini karena bisa memicu komplikasi.

Tak lupa untuk menanyakan pada dokter atau ahli/praktisi hewan terkait pemberian air kelapa untuk anjing hamil, keguguran, ataupun penyakit yang disebabkan oleh virus parvo, selsema, dan lainnya.

Kemudian, perlu kamu tahu juga bahwa kelapa itu tidak beracun untuk anjing. Air dari buah ini memiliki kandungan trigliserida yang dipercaya mampu untuk mengatasi masalah sakit perut, seperti sembelit, diare ataupun mencret.

Tetapi, ketika mengkonsumsi kelapa secara berlebihan maka anjing akan menunjukkan gejala muntah, diare, perut kembung, atau gangguan lambung, maka kamu bisa berhenti memberikannya kelapa dan langsung kunjungi dokter hewan agar ia mendapatkan perawatan yang tepat.

Sobat Pintar, itulah tadi ulasan lengkap mengenai air kelapa untuk anjing yang perlu kamu ketahui, mulai dari penjelasan, manfaat, bahaya, hingga cara mudah memberikannya.

Ingat jangan terlalu banyak memberikannya air dan daging kelapa karena sesuatu yang berlebihan mungkin akan tidak baik dan bahkan bisa menimbulkan gangguan kesehatan pada anjing kesayangan.

Semoga dengan membaca ulasan di atas bisa memberi pengetahuan baru dan bermanfaat untuk kamu yang ingin memberikan air kelapa pada anjing peliharaan. Semoga membantu, ya!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Anjing terbaru lainnya!

Baca juga artikel menarik berikut:

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://gerava.com/apakah-anjing-boleh-makan-kelapa-dan-apakah-kelapa-berbahaya/
  • https://jawabanapapun.com/apakah-kelapa-bagus-untuk-anjing/

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti burung, amfibi dan juga hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar