Hari ini: Sabtu, 02 Maret 2024
Senin, 16 Januari 2023, 20:30 WIB

Anjing Kamu Ambeien? Ketahui Penyebab, Ciri-ciri hingga Cara Mengobatinya

Anjing Kamu Ambeien? Ketahui Penyebab, Ciri-ciri hingga Cara Mengobatinya

kenapa anjing bisa terkena ambeien - vet help direct

Ambeien pada anjing bisa disebabkan oleh banyak faktor dan salah satunya adalah sembelit atau konstipasi. Ketahui lebih lanjut terkait anjing ambeien disini

Sobat Pintar, mungkin kamu pernah melihat anjing ambeien. Ambeien adalah sebuah keadaan yang bisa didefinisikan dengan sulitnya buang air besar karena terdapat benjolan di area anus anjing.

Keadaan yang biasa disebut dengan sembelit atau konstipasi ini bisa terjadi kepada seluruh anjing, walaupun biasanya sangat banyak ditemukan pada anjing yang sudah tua

Ambeien pun bukanlah sebuah keadaan yang berbahaya, namun tetap perlu ditangani dengan baik sebab penyebabnya biasa terjadi karena pola makan yang tidak sehat.

Sebelum kamu tahu cara mengatasinya, kamu harus mengetahui terlebih dahulu apa penyebab dan bagaimana gejala ambeien pada anjing seperti berikut ini.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Anjing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Penyebab Anjing Ambeien

Kenapa Anjing Ambeien
kenapa anjing ambeien - puppyintraining

Ambeien pada anjing biasanya terjadi karena ia mengalami sembelit (kesulitan buang air besar). Konstipasi atau sembelit pada anjing dapat menjadi hal yang ringan dan bisa hilang begitu saja.

Namun, pada kasus lain dapat menjadi hal yang sangat serius dan parah tergantung dengan keadaan medis yang mendasarinya. Di bawah ini ada sejumlah hal yang dapat mengakibatkan anjing sembelit sehingga membuatnya ambeien.

Dehidrasi

Penyebab utama dan sangat sering dihubungkan dengan sembelit pada anjing adalah dehidrasi. Ketika anjing dehidrasi, usus besar dapat menyerap sangat banyak cairan dari feses yang melalui usus. 

Hal tersebut menghasilkan kotoran yang sangat keras dan kering. Selama tidak terjadi penyebab dan gejala lain pada konstipasi anjing. Cara mengatasinya, kamu bisa memperbanyak asupan air untuk membantu menyembuhkannya.

Stres

Stres atau gangguan psikologis anjing yang lainnya dapat menjadi pengaruh besar pada kesehatan anjing secara menyeluruh. Salah satunya yaitu diare atau sembelit.

Anjing yang sedang tertekan mudah mengalami ketegangan otot yang bisa menghambat BAB dengan benar, sedangkan lainnya tidak dapat mencerna secara maksimal makanannya.

Rendahnya asupan serat

Tidak hanya dehidrasi, penyebab anjing ambeien yang sangat banyak yaitu karena rendahnya asupan serat. Serat dapat menyerap sangat banyak air selama tahap pencernaan dan berkumpul dengan limbah guna membentuk feses yang lembut. 

Tetapi, jika asupan serat pada anjing sangat rendah bisa mengakibatkan feses menjadi sangat keras dan ia akan kesulitan untuk mengeluarkan feses sehingga akhirnya menyebabkan anjing ambeien.

Asupan serat ini hanya bisa didapatkan dari berbagai jenis buah dan sayur. Sehingga, kamu dapat memberikannya makanan berupa campuran dari daging-dagingan beserta sayuran yang aman untuk anjing.

Benda tak tercerna

Tidak sedikit anjing mempunyai sifat aktif dengan rasa penasaran yang sangat tinggi. Ia senang bermain-main dan memakan apapun benda yang menarik minatnya. Ketika benda-benda tersebut tertelan, mungkin anjing akan keracunan dan tidak dapat mencernanya.

Hal tersebut mengakibatkan anjing menderita wasir akibat dari sembelit yang disebabkan oleh adanya benda asing yang menyumbat usus besar dan kecil. Selama benda itu tak berbahaya, anjing bisa diatasi dengan melakukan perawatan secara mandiri di rumah. 

Namun, bisa jadi hal ini membutuhkan operasi guna mengeluarkan benda asing yang ada di dalam tubuh anjing tersebut. Jika sudah seperti ini, tentunya kamu harus datang ke dokter hewan sebagai ahlinya untuk menangani anjing mu dengan tepat.

Anjing sering menahan BAB

Penyebab wasir pada anjing selanjutnya adalah kondisi dimana anjing kerap menahan buang air besar yang bisa dikarenakan lingkungan yang tidak nyaman, adanya hewan liar, atau anjing merasa tidak aman.

Sebagai pemilik yang baik, penting bagi kamu untuk menyediakan tempat khusus BAB yang aman dan nyaman untuk peliharaanmu tersebut. Hal ini tentu saja, demi kesehatan dari anak bulu kalian sendiri.

Meski ia bisa saja BAB di sembarang tempat, kemungkinan tetap saja ada sebuah keadaan yang bisa menyebabkan ia menahan buang air besar secara terus menerus, lho.

Masalah kesehatan yang lainnya

Dikutip dari Pawlicy,  pada sebagian kasus, sembelit bisa disebabkan dari masalah kesehatan yang lainnya seperti:

  • Membesarnya prostat,
  • Masalah saluran cerna,
  • Masalah pada saraf pusat,
  • Gangguan ortopedi yang mengakibatkan rasa sakit ketika anjing BAB,
  • Sakit tulang belakang,
  • Cedera tulang,
  • Gangguan metabolisme,
  • Trauma dan lainnya. 

Tetapi, untuk melakukan diagnosis penyakit ini, kamu harus membawa anjing peliharaan mu ke dokter hewan. Biasanya dokter akan membutuhkan semua riwayat kesehatan dari anjingmu, memeriksa fisik dan bisa pula melakukan pemeriksaan lab guna mengetahui fungsi organ dalam anjing mu.

Ciri-ciri Anjing Ambeien

Ciri Ciri Anjing Wasir
ciri ciri anjing wasir - labradortraininghq

Anjing yang sedang mengalami ambeien karena sembelit atau konstipasi biasanya akan memperlihatkan ciri-ciri yang sangat terlihat tidak nyaman pada tubuhnya.

Dikutip dari Pet Assure, di bawah ini ada beberapa tanda anjing yang mengalami konstipasi atau sembelit dan menyebabkan terjadinya ambeien, antara lain:

  • Mengejan dengan keras ketika buang air besar.
  • Buang air besar dalam waktu yang sangat lama.
  • Kerap kali mengeluarkan pup yang berdarah.
  • Bentuk kotorannya tidak seperti biasanya, terkadang berupa cairan encer yang selalu diartikan menjadi diare.
  • Kesusahan saat berjalan karena adanya benjolan pada anus.
  • Nafsu makan hilang.
  • Area dubur membengkak.
  • Apabila kotoran bisa keluar, bentuknya sangat keras dan kering. Saat kamu mengambilnya terasa layaknya kerikil.

Cara Mengobati Anjing Ambeien

Mengatasi Anjing Ambeien
mengatasi anjing ambeien - pawleaks

Apabila kamu melihat ambeien pada anjing, kamu dapat mengobatinya secara mandiri di rumah. Tetapi, mungkin anjing memerlukan pemeriksaan ke dokter hewan bila ambeien nya sangat serius.

Sebelum benjolannya semakin membesar, berikut ini ada cara mengobati anjing ambeien yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah seperti di bawah ini.

Tentukan gejalanya

Gejala ambeien yang biasa terjadi yaitu area dubur tampak membengkak dan sulitnya buang air besar. Mungkin kamu juga dapat melihat kotoran yang ada di area anus, khususnya di anjing dengan bulu panjang.

Perlu kamu perhatikan juga bahwa feses dapat menempel pada bulu panjangnya ketika anjing peliharaanmu BAB sehingga mencegahnya bisa BAB dengan normal.

Bersihkan bagian anusnya

Walaupun hal ini terdengar sangat menjijikan, kamu perlu melakukannya bila melihat adanya kotoran dengan tekstur kering maupun hal lainnya seperti rumput yang menempel di bulu pada bagian anusnya. 

Sebelum kamu membersihkan bagian tersebut, kamu harus menggunakan sarung tangan berbahan lateks, bila alergi dengan bahan tersebut, kamu dapat menggunakan sarung tangan nitril.

Memberikan Labu Kuning

Labu memiliki efek seperti obat pencahar ketika diberikan. Maka dari itu, kamu dapat mengatasi anjing ambeien akibat sembelit yang masih ringan dengan cara memberikannya olahan makanan anjing sakit yang terbuat dari campuran labu kuning yang kaya akan serat.

Kamu dapat merebus labu kuning atau memberikannya langsung tanpa di rebus. Untuk takarannya sendiri, kamu tidak boleh memberikannya lebih dari 5 sdm (sendok makan) agar anjing tidak mengalami diare.

Memberikan obat ambeien

Ketika peliharaanmu terkena wasir, tentu kamu perlu mengobatinya dengan memberikan deretan obat ambeien untuk anjing yang umum diberikan seperti di bawah ini.

1. Dulcolax

Apakah anjing boleh minum dulcolax? Ya, dulcolax dapat diberikan pada anjing yang mengalami ambeien akibat konstipasi. Kamu dapat memberikannya dulcolax 4x sehari setiap 8 jam sekali sebanyak 1 tablet melalui oral atau mulutnya.

Dosisnya sendiri dapat disesuaikan dengan anjuran yang berlaku yaitu 5-20 mg per hari, jangan memberikannya melebihi dosis yang disarankan karena tentu saja dapat menyebabkan penyakit di kemudian hari.

2. Benefiber

Selain dulcolax, kamu juga bisa memberikan benefiber sebagai obat ambeien pada anjing. Ekstrak dari labu kalengan polos ini dapat kamu campurkan dengan makanan kesukaannya agar ia mau memakannya.

Sumplemen makanan yang kaya akan serat ini dapat kamu berikan setiap hari selama masa perawatan, tapi tentu saja kamu harus menyesuaikan pemberian benefiber dengan anjuran yang berlaku.

3. Microlax

Obat pencahar anti sembelit yang berbentuk gel ini aman untuk anjing dan tentu saja bisa mengatasi sembelit atau konstipasi yang menjadi penyebab ambeien yang diderita oleh anjing.

Untuk dosis microlax untuk anjing sendiri, 1 tube (5 ml) dapat digunakan sebanyak 2-3x sehari. Namun perlu diperhatikan, obat ini hanya boleh digunakan dalam keadaan darurat ya!

4. Metronidazole

Ketika anjing kesayangan mengalami diare yang disertai keluarnya benjolan pada anus (ambeien) maka Metronidazole (175 mg) dapat berperan ganda untuk mengobati keduanya sekaligus.

Nah, untuk mengobati ambeien pada anjing kamu bisa langsung teteskan saja pada anusnya. Sedangkan, untuk mencret langsung teteskan saja ke dalam mulutnya sesuai aturan pemakaian.

5. Virbac VETASYL

Obat wasir untuk anjing ini berbentuk kapsul, sehingga sangat praktis untuk diberikan pada anjing kesayanganmu yang mengalami ambeien yang disebabkan sembelit kronis.

Berbicara tentang dosisnya, kamu dapat memberikan Virbac VETASYL setiap 1x sehari sebanyak 0,5 kapsul untuk anjing <10kg dan 1 kapsul utuh pada anjing yang berukuran besar atau >10 kg.

Bawa ke dokter hewan

Sayangnya, sesudah terjadi, ambeien cukup sulit dihilangkan dan bisa jadi memerlukan enema. Obat yang diminumkan kepada anjing dapat memerlukan waktu lama guna melalui sistem pencernaan di bagian ujung bawah. 

Oleh sebab itu, walaupun efektif guna pencegahan, obat ambeien oral mungkin tak dapat membantu menyembuhkan penyakit tersebut. Biasanya dokter hewan akan menyarankan pemakaian obat resep.

Apabila kamu tidak yakin menggunakan obat yang perlu diberikan ke anjingmu. Kamu dapat menghubungi dokter hewan terdekat dan minta dokter untuk meresepkan obat.

Cara Mencegah Ambeien pada Anjing

Pencegahan Anjing Ambeien
pencegahan anjing ambeien - pawleaks

Supaya anjingmu tidak mengalami ambeien untuk kedua kalinya, maka kamu dapat lakukan beberapa langkah pencegahan seperti berikut:

Tambahkan asupan serat

Menambahkan serat merupakan cara mencegah ambeien pada anjing secara alami. Kamu dapat memberikan bubuk dengan kandungan psyllium di dalam makanan nya guna mengobati ambeien.

Jika dirasa hal tersebut belum cukup, kamu juga dapat memberikannya camilan berupa buah segar atau menambahkan sayuran segar di dalam makanannya guna meningkatkan asupan serat dalam tubuh anjing.

Meningkatkan aktivitas fisik

Olahraga dapat memicu sistem pencernaan anjing agar bergerak sehingga makanan dapat terdorong dengan mudah melaluinya dan menghindari supaya feses diam di dalam usus besar.

Tidak perlu melakukan olahraga yang intens, cukup berjalan-jalan santai saja dan ikat anjing dengan tali untuk membantu mereka berolahraga sehingga kamu sudah mencegah terjadinya ambeien.

Hindari anjing memakan rumput

Walaupun anjing diizinkan mengkonsumsi rumput sesekali, tetapi rumput yang masuk ke dalam saluran pencernaannya dapat membuatnya sembelit dan berakhir dengan ambeien.

Oleh karena itu, kamu harus menghindari anjing mengkonsumsi rumput liar baik itu ketika ia berada di halaman rumah maupun di luar rumah.

Sobat Pintar, itulah dia beberapa penyebab, gejala dan cara mengatasi ambeien pada anjing yang perlu kamu waspadai karena bisa membuat anjing merasa tidak nyaman.

Sesudah mengetahui ulasan di atas, ada baiknya kamu mencegah ambeien pada anjing dengan melakukan langkah-langkah pencegahan ambeien pada anjing.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Anjing terbaru lainnya!

Baca juga artikel menarik berikut:

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://anjingdijual.com/thread/1941/mengatasi-sembelit-susah-buang-air-besar-pada-anjing
  • https://anjingkita.com/artikel/26229/sembelit-konstipasi-pada-anjing
  • https://id.wikihow.com/Mengobati-Konstipasi-pada-Anjing
  • https://www.momsmoney.id/news/5-penyebab-anjing-mengalami-sembelit

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti burung, amfibi dan juga hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar