Hari ini: Senin, 29 Mei 2023
Kamis, 24 November 2022, 19:00 WIB

Cara Memberikan Susu Pada Bayi Anjing yang Ditinggal Induknya

Cara Memberikan Susu Pada Bayi Anjing yang Ditinggal Induknya

cara memberikan susu pada bayi anjing terlantar - My Brown Newfies

Cara memberi susu pada bayi anjing yang ditinggalkan induknya tidak boleh asal-asalan agar mereka mendapatkan perawatan yang tepat hingga mampu tumbuh sehat

Sobat Pintar, apakah kamu sedang mempunyai indukan anjing yang baru melahirkan dan tidak mau menyusui anaknya? atau baru saja menemukan bayi anjing yang ditinggalkan induknya di jalan?

Tidak perlu khawatir, pada ulasan kali ini Petpi kasih tahu cara memberikan susu pada bayi anjing yang ditelantarkan oleh induknya agar mereka tetap mendapatkan nutrisi seimbang dan bisa selamat.

Tapi sebelum kita bahas tentang pemberian susu kepada bayi anjing, yuk cari tahu terlebih dahulu kenapa induk bisa sampai tidak mau menyusui anaknya. Karena memang ada beberapa faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Anjing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Alasan Kenapa Induk Anjing Tidak Mau Menyusui Anaknya

Induk anjing yang tidak mau menyusui anak-anaknya bukan karena mereka tidak sayang, namun ada faktor-faktor pemicunya mulai dari faktor internal maupun eksternal.

Oleh sebab itu, berikut dibawah ini adalah alasan induk anjing menolak untuk menyusui serta merawat bayinya, seperti :

1. Anak anjing sakit

Alasan Anak Anjing Tidak Disusui Induknya
alasan anak anjing tidak disusui induknya - dogtemperament

Penyebab pertama dan paling sering ditemukan adalah anak anjing yang dilahirkan dalam keadaan sakit. Biasanya induk memang memiliki insting menghentikan perawatan saat dia merasa bahwa anaknya tersebut tidak bisa diselamatkan.

Ini bukan karena induk anjing jahat, sebab naluri hewan liar atau peliharaan memang seperti itu ketika menemukan ada cacat pada anaknya. Hal ini dilakukan untuk menjaga anak lainnya yang dirasa bisa bertahan hidup.

Jika sudah begini, maka sebaiknya kamu segera membawa anak anjing tersebut ke dokter hewan terdekat. Tanyakan bagaimana cara perawatannya, susu apa yang boleh diberikan, vitamin dan lain sebagainya.

2. Usia induk anjing

Faktor usia dari induk betina juga salah satu penyebabnya, walau tidak semuanya seperti ini. Tetapi memang kebanyakan bila usia induk masih terlalu muda, naluri untuk menjaga bayi tidak muncul.

Dimana biasanya insting ini didorong oleh hormon oxytocin, pada anjing yang masih muda (kurang dari 1 tahun), hormon tersebut masih lah kurang sehingga perilaku keibuan belum ada.

Karenanya sangat disarankan bagi kamu yang ingin mengawinkan anjing, sebaiknya menunggu hingga loop kedua atau kira-kira saat anjing betina sudah berusia 1 – 1,5 tahun. Ini akan lebih baik dan saat sudah melahirkan dia akan menjaga anak-anaknya dengan baik.

3. Induk tidak sehat

Apabila seekor anjing betina dalam keadaan sakit, dia akan menolak untuk menyusui anak-anaknya. Hal ini karena induk tidak mempunyai kekuatan merawat bayi-bayinya.

Ada sebagian kasus yang terjadi pada anjing betina yang sedang menyusui dapat menderita penyakit yang dikenal sebagai mastitis. Dimana mastitis merupakan infeksi pada kelenjar susunya dan kondisi dapat diperparah saat anjingmu menyusui.

Ada juga kemungkinan bahwa anjingmu menderita komplikasi paska melahirkan seperti infeksi bakteri pada rahim yang dikenal dengan metritis, kondisi ini menyebabkan induk menolak bayinya.

Apabila anjing betina tampak lesu, nafsu makan hilang, demam, puting susu serta vaginanya keluar nanah, segera bawa anjing dokter hewan untuk mendapatkan perawatan. Jangan lupa juga untuk berkonsultasi pada dokter bagaimana penanganan bagi bayi-bayinya.

4. Induk anjing kewalahan

Kamu harus tahu, bila ada kalanya induk anjing tidak mau menyusui anak-anaknya karena jumlahnya yang terlalu banyak sehingga dia merasa kewalahan, hingga akhirnya ada beberapa yang sengaja disisihkan.

Apabila ini terjadi pada indukan anjingmu, maka segeralah ambil botol susu, isi dengan susu khusus anak anjing dan berikan kepada mereka. Taruh bayi-bayi tersebut pada tempat yang nyaman dan pastikan kehangatannya terjaga.

Kamu hanya perlu memberikan susu secara rutin setiap 2-3 jam sekali, jika sudah kembalikan mereka kepada induknya agar tetap memperoleh kehangatan tubuh dari induk.

Selain itu, kamu juga bisa memberi induk susu khusus bagi anjing menyusui agar tidak stres dan menambahkan porsi makannya, supaya air susunya tetap banyak.

Cara Memilih Susu Terbaik Untuk Bayi Anjing

Bayi Anjing Tidak Boleh Diberikan Susu Sembarangan
bayi anjing tidak boleh diberikan susu sembarangan - Vet Focus

Setelah kamu mengetahui penyebab induk anjing tidak mau menyusui anaknya, lalu hal selanjutnya tentu saja kamu sebagai pemiliknya yang harus bertanggung jawab dan meneruskan pemberian asupan bagi si anak anjing.

Jangan sampai hanya kamu diamkan saja, karena bisa saja yang seharusnya dia bisa bertahan malah mati disebabkan kelaparan dan tidak mendapatkan asupan bagi tubuh mungilnya.

Bagi yang belum tahu, tindakan ini merupakan langkah awal sebelum memberikan susu pada anjing yang baru lahir, yaitu memilih susu bayi anjing yang tepat.

Karena kamu tidak bisa begitu saja memberikan susu yang biasanya diminum oleh bayi manusia kepada anak anjing. Jika sampai salah, bisa-bisa anak anjing kamu diare, sakit dan akhirnya mati.

Lalu apa saja yang harus dipertimbangkan? Berikut dibawah ini adalah poin penting yang harus kamu ketahui :

  • Pastikan bila susu yang akan diberikan rendah laktosa, sebab saluran cerna anjing tidak mengandung enzim untuk mengurai laktosa.
  • Ada baiknya kamu memilih susu cair, sebab selain lebih mudah dihidangkan susu cair juga lebih segar. Jangan lupa untuk menghangatkannya terlebih dahulu, hingga suam-suam kuku.
  • Pilih susu sesuai usia anjing, sekarang ini sudah banyak merek susu bagi anak anjing usia 0-6 bulan.
  • Apabila kamu merasa bingung dan takut bila anak anjing tidak cocok dengan susu formula yang ada, banyak yang menyarankan supaya memberikan susu kambing atau domba.

Cara Memberikan Susu Pada Bayi Anjing

Memberi Susu Pada Bayi Anjing Ada Caranya
memberi susu pada bayi anjing ada caranya - Top Tips Dog

Dalam mengurus bayi anjing yang tidak disusui oleh induknya, tentunya kamu harus meluangkan waktumu. Sama halnya dengan bayi manusia, anak anjing yang belum bisa makan tentunya akan lebih rewel, karena itu kamu harus mengatur waktu dengan baik.

Waktu yang tepat ketika memberi susu pada anjing yang baru lahir adalah dengan memberikan susu tersebut setiap dua atau tiga jam sekali, kamu juga bisa menyesuaikannya dengan usia anak anjing tersebut.

Bila kamu amati dengan baik, hal ini adalah waktu yang pas. Sebab, induk anjing pasti akan menyusui bayi-bayi setiap beberapa jam sebelum ditinggal untuk makan atau sekedar buang air.

Berikut dibawah ini adalah takaran susu untuk bayi anjing dalam sekali minum secara umum, tentunya takaran ini bisa disesuaikan dengan jenis anjing yang kamu miliki, yaitu :

  • Pada usia 0 hingga 1 minggu, kamu bisa memberikan susu dengan takaran 3 sampai 10 ml untuk sekali minum. Biasanya pada usia ini, anak anjing diberikan hingga 8 kali dalam sehari.
  • Pada usia 1 hingga 2 minggu, kamu bisa memberikan susu dengan takaran 10 sampai 30 ml untuk sekali minum. Biasanya pada usia ini, anak anjing diberikan hingga 5 kali dalam sehari.
  • Pada usia 2 hingga 3 minggu, kamu bisa memberikan susu dengan takaran 20 sampai 50 ml untuk sekali minum. Biasanya pada usia ini, anak anjing diberikan hingga 4 kali dalam sehari.
  • Pada usia 3 hingga 4 minggu, kamu bisa memberikan susu dengan takaran 25 sampai 60 ml untuk sekali minum. Biasanya pada usia ini, anak anjing diberikan hingga 4 kali dalam sehari.

Cara memberi bayi anjing susu tentunya harus menggunakan alat, bisa berupa pipet, suntikan tanpa jarum (spet) atau bisa juga menggunakan dot khusus untuk puppies yang dapat di beli pada pet shop terdekat.

Sobat Pintar, itulah dia ulasan terkait dari alasan dibalik kenapa induk anjing tidak mau menyusui anaknya beserta cara memberi susu kepada bayi anjing yang telantar diabaikan oleh induknya.

Ingat dalam merawat anak anjing tentunya dibutuhkan kesabaran ekstra, selain itu ada baiknya berkonsultasi dengan dokter hewan perihal kebutuhan lainnya agar anak anjing tetap sehat, ya!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Anjing terbaru lainnya!

Baca juga artikel menarik berikut:

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://anjingdijual.com/thread/1392/apa-yang-menyebabkan-induk-anjing-menolak-bayinya-berikut-alasannya
  • https://www.halodoc.com/artikel/cara-tepat-merawat-anjing-yang-baru-dilahirkan

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti burung, amfibi dan juga hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar