Hari ini: Selasa, 16 April 2024
Selasa, 13 Desember 2022, 15:00 WIB

Tenang, Ini Dia 10 Cara Mengobati Anjing Mencret Secara Alami Paling Ampuh

Tenang, Ini Dia 10 Cara Mengobati Anjing Mencret Secara Alami Paling Ampuh

cara mengobati mencret pada anjing - the farmers dog

Melihat anjing kesayangan mengalami diare tentu akan terasa menyedihkan. Biar cepat sehat lagi, ketahui cara mengobati anjing mencret secara alami berikut

Sobat Pintar, sama seperti manusia, anjing pun dapat mengalami diare atau mencret. Penyebab anjing mencret biasanya terjadi akibat dari kesalahan pola makan seperti memakan sampah atau tidak sengaja mengkonsumsi makanan yang tidak sehat.

Selain itu, kamu juga harus tahu jika stres pada anjing dan perubahan lingkungan secara tiba-tiba dapat mengakibatkan peliharaanmu tersebut mengalami diare.

Sebagai pemilik yang baik, pastinya kamu harus tahu cara mengobati anjing mencret secara alami di rumah sebelum membawanya ke dokter hewan terdekat. Hal ini tentu saja dilakukan agar ia tidak terus menerus kesakitan. 

Tidak hanya itu saja, mencret pada anjing ini juga dapat menjadi tanda masalah yang sangat serius seperti disfungsi organ, radang usus, infeksi virus atau bakteri maupun penyakit sistemik yang lainnya.

Lantas, adakah cara mengobati mencret pada anjing secara alami? Nah, dibawah ini ada beberapa cara yang harus kamu ketahui. Yuk, mari kita simak bersama-sama.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Anjing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Bagaimana Cara Mengobati Anjing Mencret?

Pengobatan Anjing Mencret
pengobatan anjing mencret - mental floss

Sobat Pintar, diare kronis pada anjing itu tergantung dengan seberapa lama kondisi tersebut berlangsung dan apakah ada gejala lainnya yang bersamaan dengan diare yang dialaminya tersebut.

Apabila anjing mu mengalami diare yang dibarengi dengan darah, demam, lemak, sakit perut, muntah hingga nafsu makan hilang, bisa jadi keadaan ini disebabkan karena keadaan serius.

Bagaimana cara untuk mengetahui keadaan diare pada anjing yang berbahaya maupun tidak? Kamu dapat memperhatikan beberapa hal seperti frekuensi diare, bau, konsistensi dan warna.

Pada umumnya ketika kamu hendak membawanya ke dokter hewan, mereka akan meminta kamu untuk membawa feses anjing peliharaan guna keperluan pemeriksaan lanjutan.

Agar kondisinya tidak semakin parah, di bawah ini ada sejumlah cara mengobati mencret pada anjing baik itu secara alami di rumah.

1. Puasakan Anjing 12-24 jam

Ketika sedang mengalami diare, ada baiknya anjingmu berpuasa selama 12-24 jam terlebih dulu agar membantu pemulihan berlangsung dengan cepat.

Tetapi hal ini perlu disesuaikan dengan usia mereka, jika anjing mu masih anak-anak (puppy) cukup puasakan mereka selama 12 jam.

Sedangkan untuk yang berusia dewasa, bisa dipuasakan hingga 24 jam tergantung kondisinya. Namun, apabila anjing sudah berusia tua atau tampak sakit, lebih baik tidak melakukan perawatan yang satu ini ya.

2. Biarkan Anjing Beristirahat

Cara mengobati anjing mencret selanjutnya ada baiknya kamu jangan terlalu banyak mengajak anjing peliharaan mu bermain atau berjalan-jalan.

Biarkan ia beristirahat agar dapat pulih dengan cepat. Jangan lupa untuk mencegah anjing untuk melakukan berbagai aktivitas berlebihan hingga keadaannya merasa lebih baik.

3. Beri Cairan Oralit

Saat anjing sedang diare, kamu harus memberikannya minum lebih banyak dibandingkan hari biasanya guna mengganti cairan di dalam tubuh yang hilang dari dari kotorannya. Pastikan pula anjing mempunyai akses yang mudah ke air setiap saat agar ia dapat minum sepanjang hari.

Agar kebutuhannya tercukupi, kamu dapat memberikannya cairan oralit yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Untuk cara membuat obat diare anjing alami ini pun mudah, cukup campurkan saja 900ml air bersih dengan 1 sendok teh garam dan 1 sendok makan gula.

4. Minumkan Air Kelapa

Air kelapa juga bisa diberikan sebagai cara mengobati mencret pada anjing yang keracunan. Mungkin banyak yang belum tahu, bila air kelapa asli dapat membantu menetralkan racun pada pencernaan anjing, lho.

Bukan hanya menetralisir racun, memberikan air kelapa untuk anjing juga bisa memberikannya tambahan energi serta mencukupi kebutuhan cairan hariannya yang hilang akibat diare.

5. Perhatikan Asupan Makanan

Obat Alami Mencret Pada Anjing
obat alami mencret pada anjing - live science

Makanan yang mengandung banyak lemak bisa memperparah diare atau mencret pada anjing. Ada baiknya kamu memberikan makanan yang mempunyai rasa hambar khusus untuk anjing ketika ia sedang diare. 

Makanan hambar ini bisa kamu dapatkan ketika mendatangi dokter hewan. Untuk alternatifnya, kamu dapat membuat nasi dengan ayam rebus tanpa tulang atau kulit untuk diberikan ke anjing mu yang sedang mengalami diare. 

Selain itu, tekstur makanan yang ingin kamu berikan pada anjing juga harus lunak, kamu pun dapat memberikan anak bulu kesayanganmu tersebut dengan telur matang, ikan putih atau daging giling dengan ubi.

Makanan anjing sakit tersebut harus diberikan dengan porsi yang sedikit tetapi frekuensinya sering, sehingga bisa membantu mengobati saluran pencernaannya yang sedang bermasalah.

6. Beri Makanan Prebiotik

Anjing yang sedang diare atau mencret sangat disarankan untuk diberikan makanan yang mempunyai kandungan bahan-bahan yang tinggi dengan serat prebiotik seperti yoghurt, guna membantu menyembuhkan saluran usus.

Ketika tinja kembali normal, maka kamu bisa memberikan makanan anjing biasanya secara bertahap. Diare berkepanjangan atau yang parah bisa mengakibatkan anjing merasakan dehidrasi yang sangat signifikan dan berbagai masalah metabolisme sebab anjing kehilangan cairan.

7. Beri Obat Cacing

Cara mengobati anjing diare berikutnya adalah dengan memberikannya obat cacing. Perlu kamu tahu jika cacing dan parasit yang bersarang pada pencernaan anjing bisa menjadi penyebab diare yang berkepanjangan, lho.

Oleh karena itu, kamu perlu memberikannya obat cacing seperti Drontal ataupun merek lainnya secara rutin sesuai anjuran. Hal ini dilakukan untuk menghindari masalah kesehatan yang mungkin terjadi dikemudian hari.

8. Pantau Kondisi Anjing

Selanjutnya, jika anjing yang mengalami diare tak kunjung membaik selama 2 sampai 4 hari maka peliharaanmu tersebut membutuhkan perawatan khusus.

Oleh karena itu, ada baiknya kamu segera membawa anjing kesayanganmu ke dokter hewan terbaik agar mereka bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

9. Kunjungi Dokter Hewan

Pengobatan Anjing Diare
pengobatan anjing diare - blue cross

Apabila mencret berlangsung sangat lama, memburuk hingga membuat anjing mu dehidrasi, lebih baik langsung datangi dokter hewan untuk memperoleh penanganan yang benar.

Gejala yang harus diwaspadai seperti:

  • Anjing mengeluarkan kotoran dengan tekstur, bentuk sampai warna yang tidak konsisten. Kotoran dapat muncul berbentuk terlalu lembut, cair sampai susah dibersihkan.
  • Perhatikan ketika anjing mengalami mencret yang dibarengi dengan keadaan lemas, lesu, muntah dan berubahnya perilaku anjing menjadi sangat diam.
  • Waspada bila anjing buang air besar sebanyak 2-4 kali di waktu yang berdekatan dengan tekstur kotoran yang sangat cair.
  • Perhatikan pola makan anjing, jika ia tidak mengkonsumsi makanan atau minuman selama lebih dari 2 hari, sudah pasti anjing mengalami diare.

10. Berikan Obat Diare Anjing

Cara mengobati anjing diare atau mencret yang terakhir adalah dengan obat wajib berdasarkan rekomendasi dari dokter hewan. Obat anjing diare dapat berbentuk antibiotik, seperti tylosin dan metronidazole yang dikenal mempunyai sifat anti inflamasi guna sistem pencernaan.

Ketika bakteri tumbuh berlebihan, menambahkan antibiotik mungkin dapat dipakai seperti amoksilin. Apabila anjing diare karena kanker, maka sangat disarankan untuk menggunakan obat kemoterapi. 

Pelindung perut dan antasida dapat dianjurkan guna mengobati saluran pencernaan bagian atas dan iritasi lambung. Obat anti mual pun kerap kali ditambahkan ketika anjing muntah atau sedang tidak nafsu makan. 

Untuk mengobati cacingan pada anjing, kamu bisa berikan obat anti radang seperti prednison. Hal yang harus kamu ingat yaitu konfirmasi dosis dan pemakaian jenis obat-obatan guna pengobatan anjing mencret dengan dokter hewan. Jangan memberikan anjingmu obat-obatan manusia.

Kesimpulan

Anjing Yang Mencret Harus Segera Diobati
anjing yang mencret harus segera diobati - wag!

Bukan hanya cara mengobati anjing mencret saja yang harus kamu ketahui. Tetapi sangat penting bagi kamu sebagai pemilik untuk selalu memantau kondisi kesehatan anjing demi mencegah mencret pada anjing. 

Dehidrasi yang dialami anjing merupakan keadaan yang cukup berbahaya untuk anjing. Sehingga, apa saja yang terjadi, kamu harus memastikan anjing peliharaan mu memperoleh asupan cairan yang cukup. 

Anjing dengan kondisi yang sehat merupakan anjing yang aktif. Meskipun begitu, kamu tetap harus memperhatikan semua benda yang dimainkannya termasuk apapun benda yang dimasukkan ke mulutnya.

Apabila anjing memasukan benda asing ini dapat menyebabkan diare. Terlebih bila anjing tidak sengaja atau iseng memakan vitamin D, silika gel dan lainnya. 

Alergi dapat menimbulkan diare pada anjing. Umumnya alergi dibarengi dengan bersin, mata berair, kulit borok atau lembab, sering menggaruk dan selalu menjilati kaki.

Jika kamu melihat beberapa pola tersebut pada anjing, ada baiknya langsung membawanya ke dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Sobat Pintar, demikianlah akhir dari ulasan lengkap terkait cara mengobati diare pada anjing secara alami di rumah yang harus kamu ketahui.

Pada sebagian kasus, kondisi mencret yang terjadi pada anjing sebenarnya bisa hilang dengan sendirinya. Terlebih bila anjing mu masih bisa mengkonsumsi makanannya dengan baik.

Tetapi, kamu bisa juga langsung kunjungi dokter untuk memastikan keadaan kesehatan anjing ketika ia sedang mengalami diare. Diare yang tak kunjung diatas bisa mengakibatkan dehidrasi pada anjing.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Anjing terbaru lainnya!

Baca juga artikel menarik berikut:

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://www.halodoc.com/artikel/4-cara-mengatasi-anjing-yang-diare
  • https://www.halodoc.com/artikel/begini-cara-efektif-mengobati-diare-pada-anjing-peliharaan
  • https://www.halodoc.com/artikel/waspada-diare-pada-anjing-peliharaan
  • https://www.rajapetshop.com/en/news/DIARE-PADA-ANJING-DAN-BAGAIMANA-MENGATASINYA

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti burung, amfibi dan juga hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar