Hari ini: Minggu, 19 Mei 2024
Selasa, 07 Februari 2023, 23:00 WIB

12 Cara Mengobati Luka Anjing yang Benar Agar Cepat Sembuh

12 Cara Mengobati Luka Anjing yang Benar Agar Cepat Sembuh

cara mengobati anjing yang luka - firstvet

Ketika anjing terluka, maka kamu sebagai pemiliknya harus segera merawatnya agar tidak infeksi. Untuk itu, ketahui segera cara mengobati luka anjing berikut

Sobat Pintar, kecelakaan bisa terjadi kapanpun pada anjing kesayanganmu. Pada beberapa waktu dalam hidupnya, sifat anjing yang bersemangat dan penasaran bisa mengakibatkan luka teriris, tertusuk dan tergores. 

Dengan melakukan cara mengobati luka anjing dengan benar maka bisa membantu menyembuhkan anjing peliharaanmu dan memberikan kamu waktu sebelum membawanya ke dokter untuk mengobatinya.

Menghilangkan luka dengan cara yang tepat bisa mencegah datangnya infeksi penyebab penyakit kulit anjing dan membantu dokter hewan untuk menentukan tingkat cedera pada anjing yang luka tersebut.

Nah agar cepat sembuh, berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat anjing yang terluka dengan tepat dan benar.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Anjing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Lakukan Cara Ini untuk Obati Luka pada Anjing

Anjing Yang Terluka Harus Segera Diobati
anjing yang terluka harus segera diobati - sportdog

Anjing peliharaan kerap kali bermain sampai menimbulkan luka. Luka dalam tubuh anjing ada baiknya tidak kamu biarkan begitu saja. Untuk itu, kamu harus paham langkah-langkah untuk memberikan pertolongan pertama supaya lukanya tidak semakin parah. 

Luka pada anjing yang dibiarkan saja dapat menyebabkan infeksi sampai keluarnya nanah pada lokasi luka tersebut, loh. Pastinya hal tersebut menjadikan anjing kesayanganmu tidak merasa nyaman.

Oleh sebab itu, penting bagi Sobat Pintar memahami berbagai cara mengobati luka pada anjing akibat digaruk, cedera, perkelahian ataupun beragam hal lainnya. Berikut adalah caranya.

1. Tenangkan anjing

Sesudah kamu mengetahui adanya luka pada tubuh anjing peliharaanmu, maka kamu harus bisa mengendalikan reaksinya dan ada baiknya kamu menenangkan anjing jika ia merasa panik.

Sebagai pemilik yang baik, tenangkan dia dengan cara mengusap tubuhnya dengan perlahan secara lembut dan ajak ia berbicara menggunakan nada yang menenangkan. 

Jika kamu juga ikut khawatir, pastikan kamu bisa bersikap tenang di depan anjingmu. Anjing peliharaan yang terluka dapat memahami bahasa tubuh dan mengetahui suaramu, sehingga dia dapat mengikuti tindakan dan perilaku mu.

2. Cek Tubuh Anjing

Apa yang harus dilakukan jika anjing luka? Langkah berikutnya yang harus kamu lakukan adalah dengan mengecek seluruh anggota tubuhnya secara menyeluruh (screening) secara manual tanpa terlewat sedikitpun.

Luka pada anjing dapat terjadi di bagian tubuh mana saja, sebut saja kaki, badan, mata, daun telinga bahkan hingga kepala. Inilah hal yang paling penting kamu perhatikan yaitu apakah ada luka lain pada bagian tubuh anjing tersebut.

Setelah memastikan area mana saja yang terluka, barulah kamu bisa memulai untuk menyembuhkannya. Sebab, apabila ada bagian luka terbuka yang tidak diobati maka bisa saja akan menyebabkan bagian tersebut infeksi hingga menjadi berulat (berbelatung).

3. Pasangkan berangus

Kamu pun perlu memperhatikan keselamatan dirimu ketika menangani anjing yang sedang cedera. Meskipun umumnya anjing peliharaan yang terluka bersifat penyayang dan manis, mungkin dia bisa mengamuk guna melindungi dirinya dari rasa luka yang sangat menyakitkan. 

Oleh karena itu, cara mengobati luka di kulit anjing berikutnya adalah memasangkan beragus pada mulut anjing yang luka bila kamu khawatir akan keselamatanmu, seperti bila anjingmu mulai memukul atau mencakar ke arahmu, atau bila ia menggigit ketika ketakutan.

Berangus adalah suatu alat penutup moncong hewan agar tidak melakukan tindakan yang agresif seperti menyalak atau menggigit. Alat ini biasanya digunakan untuk anak sapi atau anjing yang sedang dalam perawatan tertentu.

Nah, apabila kamu tidak memiliki berangus, kamu bisa melilitkan tali mengelilingi mulut anjing yang sedang terluka. Jika perilakunya membahayakan mu, maka berhentilah dan bawa langsung ke dokter hewan sebagai cara yang sangat aman. 

Lindungi dirimu dengan balutkan handuk atau selimut pada tubuh anjing yang terluka sebelum kamu membawanya ke dokter hewan. Dengan cara tersebut kamu dapat menolong dirinya dan juga diri kalian dari hal-hal yang tidak diinginkan.

4. Atasi pendarahan

Cara Mengobati Kaki Anjing Yang Luka
cara mengobati kaki anjing yang luka - animalwised

Sobat Pintar dapat melakukan cara merawat luka anjing berikutnya yang tidak kalah penting dari menjaga kebersihannya adalah menghentikan pendarahan pada luka tersebut dengan secepatnya.

Apabila darah terlihat keluar dari luka, mungkin cedera terjadi di dalam arteri anjing dan hal tersebut tentunya sangat berbahaya. Darah yang dikeluarkan perlu ditangani secara serius.

5. Pakai alat yang bersih

Saat membersihkan luka pada anjing, kamu harus menggunakan bahan bersih yang bisa menyerap, misalnya perban, kaos, waslap, handuk maupun pembalut wanita guna menekan luka pada anjingmu secara langsung. 

Selain itu, kamu juga harus memberikan tekanan pada lukanya sekitar 3-5 menit sebelum kamu memastikan darah pada luka tersebut sudah berhenti. Apabila tekanan selalu kamu hentikan, proses membekukan darah maka akan melambat dan terganggu.

6. Cukur bulu di area luka

Sesudah kamu bisa mengendalikan pendarahannya, kamu dapat mulai untuk menghilangkan luka. Apabila bulu anjingmu sangat lebat dan panjang, mungkin kamu perlu memotongnya, tetapi pastikan untuk perlahan-lahan melakukannya.

Apabila tidak memiliki alat cukur, pakailah gunting tumpul guna mencukur bulu anjing mu yang sedang terluka, tetapi jangan pernah mencoba untuk memotong sampai ke kulitnya sebab sangat berisiko semakin memperparah cedera anjingmu yang terluka.

Dengan memangkas bulu anjing yang luka bisa menjadikan lukanya terlihat sangat jelas dan menghindari masuknya bakteri maupun kotoran dari bulu serta iritasi karena bulu dalam lukanya terbuka.

7. Gunakan larutan garam hangat

Masukkan sebanyak 2 sendok teh garam laut ke 1 gelas air bersih, lalu aduk sampai larut. Kamu bisa masukan larutan ke dalam botol semprot atau alat suntik tanpa ada jarumnya dan siramkan secara perlahan-lahan ke permukaan luka sampai bersih. 

Jaringan luka wajib terlihat bersih sebelum kamu berhenti menyiramkan air garam hangat ini. Tuangkan air garam ke lokasi luka secara langsung, bila kamu tidak memiliki alat suntik atau botol semprotan. Apabila luka berada di telapak kakinya, kamu bisa merendam kaki anjing di dalam wadah selama 2-5 menit. Lalu, keringkan dengan handuk.

8. Desinfeksi luka

Cara Mengobati Luka Anjing Berkelahi
cara mengobati luka anjing berkelahi - vetadvantage

Apakah luka pada anjing boleh dikasih betadine? Ya, kamu bisa melarutkan betadine atau nolvasan pada air hangat. Pakailah larutan ini untuk membilas dan merendam luka pada anjing.

Selain itu, kamu juga dapat memakai larutan ini menjadi pengganti larutan garam hangat ketika pertama kali kamu mencoba untuk menyembuhkan luka pada anjing kesayanganmu.

9. Keringkan luka

Perban yang steril merupakan pilihan yang tepat, tetapi seluruh bahan yang bersih dan  bisa menyerap dapat kamu gunakan juga. Nah, yang terpenting adalah jangan menggosok atau mengusap lukanya ya.

Sebab, kamu hanya perlu menepuknya secara perlahan-lahan supaya rasa sakit atau nyeri yang dirasakan oleh anjing peliharaanmu tersebut tidak semakin parah.

10. Berikan antibiotik

Cara merawat luka terbuka pada anjing agar cepat kering selanjutnya adalah gunakan antibiotik. Perhatikan jika obat semprot bisa jadi menjadikan anjingmu yang luka sangat ketakutan dan terasa sangat perih.

Tetapi, perlu diperhatikan juga bahwa jangan memakai salep dan krim bila ada pilihan yang lainnya, sebab jenis obat luka anjing tersebut bisa merangkap kotoran ke dalam luka. 

Tidak hanya itu saja, anjing kesayanganmu pun bisa menjilatnya, sehingga hanya pakai salep atau krim bila kamu bisa melindunginya dari masalah anjingmu yang luka. Seperti, dengan membalut dengan perban pelindung dan pasangkan pelindung untuk leher anjing yang luka.

11. Rawatlah dengan hati-hati

Kamu harus berhati-hati supaya obat semprot tidak mengenai mata anjingmu yang sedang terluka. Hanya pakai krim antibiotik, jangan memakai salep yang mempunyai kandungan steroid seperti betametason atau hidrokortison sebab bisa mengganggu tahap penyembuhan luka. 

Berikutnya, jangan memakai krim antijamur seperti clotrimazole atau ketokonazol, kecuali sudah mendapatkan saran dari dokter hewan. Bila terdapat pertanyaan tentang obat luka untuk anjing, kamu bisa menghubungi dokter hewan atau apoteker sebelum mengaplikasikannya pada anjing yang luka.

12. Rutin periksa luka

Anjing Terluka Karena Mengejar Bola
anjing terluka karena mengejar bola - firstvet

Apabila kamu melihat ada infeksi yang terjadi pada luka anjingmu, langsung saja bawa anjing peliharaan ke dokter hewan untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Ciri-ciri luka anjing yang sudah terinfeksi seperti mengeluarkan bau kurang sedap atau keluarnya nanah berwarna abu-abu, hijau atau kuning. 

Sobat Pintar, demikianlah akhir dari ulasan cara mengobati luka anjing peliharaan yang harus kamu ketahui sebagai pertolongan pertama agar lukanya tidak semakin parah.

Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat bagi kalian semua yang membutuhkan informasi terkait pertolongan yang tepat saat anjingmu terluka, ya!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Anjing terbaru lainnya!

Baca juga artikel menarik berikut:

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://arenahewan.com/cara-menghilangkan-luka-pada-anjing
  • https://bobo.grid.id/read/083063639/jangan-sampai-disepelekan-ini-pertolongan-pertama-untuk-anjing-dan-kucing-yang-alami-luka-luar?page=all

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti burung, amfibi dan juga hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar