Hari ini: Senin, 15 April 2024
Rabu, 26 Oktober 2022, 10:30 WIB

8 Jenis Makanan Anjing Yang Bagus untuk Mengatasi Bulu Rontok

8 Jenis Makanan Anjing Yang Bagus untuk Mengatasi Bulu Rontok

makanan alami ini cocok untuk anjing bulu rontok - pet place

Memberikan makanan yang tidak tepat bisa menyebabkan kerontokan pada bulu anjing. Untuk itu, simak ulasan terkait makanan anjing untuk bulu rontok berikut

Sobat Pintar, apakah kamu memelihara anjing di rumah? Jika iya, kamu tentu ingin memberikan perawatan terbaik. Mulai dari tempat tinggal, kebersihan, kesehatan, bahkan memperhatikan makanannya.

Makanan yang berkualitas dan bagus pastinya akan menjadi sumber energi yang baik untuk menunjang aktivitas dan menentukan kondisi kesehatan mereka.

Sebagai pemilik yang baik, tentu saja kamu harus mengetahui jenis makanan aman yang dikonsumsi dan tidak menyebabkan bulu anjing rontok.

Para dog lovers tentu tidak ingin bulu anjing kesayangannya mengalami kerontokan, bukan?

Nah untuk itu, jika kondisi seperti ini terjadi pada peliharaan kamu, PetPi sudah menyiapkan ulasan tentang makanan anjing yang bagus untuk bulu rontok beserta tips untuk mengatasinya di bawah ini.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Anjing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Penyebab Kerontokan Bulu Anjing

Makanan Juga Bisa Menjadi Faktor Kerontokan Bulu Pada Anjing
makanan juga bisa menjadi faktor kerontokan bulu pada anjing - dogs best life

Sebenarnya adalah hal normal apabila anjing peliharaan mengalami kerontokan bulu. Penyebabnya pun ada banyak, mulai dari infeksi hingga parasit yang mengiritasi kulit.

Mengutip dari beberapa sumber yang terpercaya, berikut ini adalah beberapa penyebabnya, antara lain:

  • Infeksi bakteri atau jamur seperti kurap atau infestasi parasit tungau dan kutu. Tanda-tandanya adalah peradangan, gatal-gatal, dan kemerahan.
  • Ruam atau biduran karena bahan shampo, bahan kimia, tumbuhan, atau gigitan serangga yang menyebabkan bintik-bintik kebotakan. Jika ruam karena alergi, anjing akan terlihat lesu, nafsu makan berkurang, demam, bahkan muntah.
  • Terdapat luka pada bagian tulang yang bersentuhan dengan permukaan keras, contohnya siku. Kondisi ini sering terjadi pada anjing tua atau berat. Seiring berjalannya waktu, tekanan tersebut dapat menebalkan kulit, merontokkan bulu, dan membentuk kapalan.
  • Bawaan genetik, seperti yang terjadi pada anjing Mexican Hairless dan Chinese Crested. Tapi ada juga beberapa ras anjing yang cenderung botak, seperti bulldog, dachshund, chihuahua, dan whipped. Bintik-bintik botak akan terlihat di bagian bawah leher, paha, perut, dada, dan telinga luar.
  • Alergi terhadap makanan atau lingkungan. Umumnya terjadi karena gigitan kutu.
  • Penyakit cushing atau hiperadrenokortisisme, yaitu kondisi dimana produksi hormon kortisol yang berlebihan. Cenderung dialami oleh anjing berusia diatas 6 tahun.
  • Sering bergonta ganti merk makanan, memberikan makanan yang dilarang untuk dikonsumsi anjing, atau mereka tidak cocok dengan makanannya.

Rekomendasi Makanan Alami Anjing yang Bagus Untuk Bulu Rontok

Ikan Merupakan Makanan Alami Untuk Anjing Bulu Rontok
ikan merupakan makanan alami untuk anjing bulu rontok - Native Pet

Salah satu cara ampuh mengatasi kerontokan bulu pada anjing peliharaan adalah dengan memperhatikan dan memberikan makanan sehat.

Sehingga, kamu harus memilih makanan anjing dari bahan daging, dan hindari makanan yang terbuat dari zat yang bisa mengenyangkan dan sulit dicerna seperti biji-bijian dan jagung.

Berikut adalah beberapa jenis makanan anjing untuk bulu rontok yang alami dan mudah ditemukan, seperti:

1. Ikan Salmon

Ikan salmon kaya akan omega 3 yang bagus untuk anjing peliharaan. Kandungan lemak tersebut bisa membantu menjaga kesehatan (mata, kulit, jantung, fungsi ginjal, dan otak), meningkatkan daya tahan tubuh, serta menjaga keindahan bulunya.

Sajikan ikan salmon yang sudah matang karena lebih disukai dan menjadi makanan favorit mereka. Sebagai variasi, kamu juga bisa memberikan ikan sarden atau ikan berukuran kecil lainnya.

Kulit ikan juga baik, namun tidak dengan tulang ikan yang bisa melukai dan membuat anjing tersedak jika tidak dibuang.

2. Jeroan

Jeroan seperti babat, otak, hati, dan lainnya baik yang sudah diolah atau disajikan mentah merupakan komponen penting dari makanan anjing yang bagus untuk bulu rontok.

Jenis makanan alami untuk anjing yang bulunya rontok ini memiliki manfaat dalam pembentukan sel darah merah, meningkatkan stamina, serta memelihara daya tahan tubuh.

3. Kaldu Tulang

Sobat Pintar pasti tahu bahwa makanan kesukaan anjing setelah daging adalah tulang. Ya, anjing sangat menyukai tulang.

Nah selain bisa disantap langsung, kamu juga dapat merebus tulang ayam atau tulang daging sapi untuk membuat kaldu, lho.

Caranya pun sangat mudah, cukup rebus beberapa tulang tersebut selama beberapa jam sampai kuah menjadi kental dan keruh.

Dengan memberikannya kaldu tulang, maka dapat memberikan manfaat bagi kesehatan anjing, seperti:

  • Meningkatkan kekebalan tubuh,
  • Memelihara pencernaan,
  • Mengurangi peradangan,
  • Membantu detoksifikasi hati, serta
  • Memperkuat ligamen, otot tendon, sendi, dan tulang.

4. Susu Kambing Mentah

Salah satu makanan anjing yang kaya nutrisi untuk mengatasi bulu rontok adalah susu kambing mentah yang mengandung enzim untuk membantu proses metabolisme mereka.

Karena mengandung laktosa yang lebih rendah dibandingkan sapi, susu kambing mentah pun juga akan lebih mudah dicerna oleh anjing dibandingkan dengan susu sapi.

Kamu dapat memanfaatkan kandungan lemak sehat omega-3, mineral, serta protein/asam amino dalam jenis susu ini dengan cara memberikannya pada anjing peliharaan untuk:

  • Mengurangi reaksi alergi,
  • Memperkuat sistem kekebalan, dan
  • Mengatasi kerontokan bulu.

5. Makanan Fermentasi

Makanan fermentasi bagus untuk mendukung fungsi kekebalan, membantu detoksifikasi usus karena menjadi sumber bakteri baik, dan mendukung pencernaan anjing.

Terdapat banyak kandungan nutrisi dalam jenis makanan fermentasi, seperti vitamin B, vitamin K2, vitamin C, asam laktat, kolin, asetilkolin, dan enzim untuk metabolisme.

Nah, khusus makanan anjing untuk bulu rontok pilihannya adalah kombucha, kecap ikan fermentasi, kaldu ikan fermentasi, sayuran yang difermentasi, yoghurt, dan kefir.

Khusus produk olahan susu seperti yoghurt, kamu perlu memastikan terlebih dahulu bahwa anjing peliharaan tidak alergi ketika mengkonsumsinya.

Jika sudah terlanjut dan muncul tanda-tanda reaksi alergi setelah mengkonsumsi produk tersebut, segera hentikan pemberiannya dan bawa periksa ke dokter hewan.

6. Minyak Zaitun atau Flaxseed

Tambahkan minyak zaitun atau flaxseed ke dalam makanan anjing kamu sesuai takaran ideal. Minyak-minyak ini akan meningkatkan tekstur keseluruhan bulu anjing.

Selain merawat tekstur, minyak ini juga dapat menenangkan kulit yang meradang berkat kandungan asam lemak omega 3 yang ada di dalamnya.

Kamu bisa mendapatkan rekomendasi pilihan terbaik untuk anjing kesayangan jika berkunjung langsung ke dokter hewan terdekat.

Tapi, saat ini pun cukup banyak toko hewan peliharaan yang menjual suplemen berbentuk bubuk atau kapsul yang bisa mengatasi kerontokan bulu anjing.

7. Camilan Sehat

Memberikannya camilan berkualitas berupa buah makanan anjing seperti mentimun, pisang, apel tanpa biji yang sangat bagus untuk mengurangi bulu rontok.

Bukan hanya buah-buahan saja, daging bebas lemak tanpa tulang pun juga dapat membebaskan anjing kesayangan kamu dari kerontokan bulu, lho.

Nah beberapa diantara camilan sehat tersebut bukan cuma mampu mengatasi kerontokannya saja, namun juga menunjang kadar air dalam tubuh.

8. Air Segar dan Bersih

Dehidrasi dapat menyebabkan kulit anjing kering, menimbulkan penyakit, bahkan membuat bulu rontok secara berlebihan.

Jadi, pastikan anjing kamu selalu minum air bersih dan segar. Tambah asupan air dari makanan lembab atau basah. Ini menjadi salah satu sara terbaik memastikan anjing tetap terhidrasi.

[BONUS] Tips Mengatasi Bulu Anjing yang Rontok

Mandikan Anjing Agar Bulunya Tidak Rontok
mandikan anjing agar bulunya tidak rontok - dogs best life

Kamu memang tidak dapat sepenuhnya menghentikan kerontokan bulu pada anjing, namun lebih kepada menjaga dan memberikan perawatan agar bulunya tetap sehat. Dengan demikian, kerontokan pun bisa dikurangi.

Selain memberikan makanan-makanan di atas, di bawah ini ada beberapa tips mengatasi bulu anjing peliharaan yang sedang rontok.

1. Menyisir Bulu Anjing Secara Rutin

Sobat Pintar dapat mengatasi kerontokan bulu pada anjing dengan rajin menyisirnya. Hal ini dilakukan untuk membuang bulu berlebih dan longgar.

Kamu bisa melakukannya sendiri dengan sisir atau sikat bulu kejur, rake, atau slicker. Proses ini akan kembali menyalurkan minyak di kulit ke bulu-bulu anjing.

Untuk kasus kerontokan yang ekstrem hingga botak, gunakan peralatan-peralatan yang tepat seperti sisir dari karet dan pisau pencukur.

2. Rajin Memandikan Anjing

Tentu dengan cara memandikan anjing secara rutin akan membersihkan bulu-bulu rontok yang sering mengotori perabotan rumah.

Namun jangan terlalu sering, lakukan sesuai jadwal dari dokter hewan. Karena antar ras anjing memiliki jadwal mandi yang disarankan.

Sebab, terlalu sering mandi bisa membuat kulit anjing lebih kering dan berakhir dengan kerontokan bulu juga, lho.

Setelah sesi mandi, kamu bisa menggunakan pengering rambut dengan tingkat panas terendah atau bisa juga menggunakan handuk terlebih dahulu.

3. Memberikan Vitamin Bulu

Dengan rajin memberikannya vitamin bulu untuk anjing, pastinya mereka akan lebih sehat karena mendapatkan nutrisi tambahan yang berguna untuk kesehatan bulunya.

4. Menemui Dokter Hewan

Kamu wajib untuk mengunjungi dokter hewan jika bulu anjing tetap rontok meski kamu sudah melakukan berbagai upaya pengobatan pada bulu anjing yang rontok dan tak kunjung berhasil.

Karena besar kemungkinan penyebabnya adalah parasit, infeksi, atau alergi kulit yang membutuhkan penangan yang tepat sesuai penyebab kerontokannya.

Sobat Pintar, itulah dia ulasan dari beberapa jenis makanan anjing yang bagus untuk bulu rontok, baik itu yang alami maupun fermentasi.

Semoga informasi dari PetPi dapat membantu kalian semua para pemilik anjing yang bulunya sedang mengalami kerontokan.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Anjing terbaru lainnya!

Baca juga artikel menarik berikut:

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://www.halodoc.com/artikel/6-hal-yang-sebabkan-bulu-anjing-sering-rontok
  • https://www.halodoc.com/artikel/tips-mengatasi-bulu-anjing-yang-sering-rontok
  • https://www.ruparupa.com/blog/makanan-anjing/

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti burung, amfibi dan juga hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar