Hari ini: Selasa, 16 April 2024
Rabu, 28 Desember 2022, 16:00 WIB

Wajib Tahu, Ini 10 Penyebab Anjing Mengeluarkan Air Liur Secara Berlebihan

Wajib Tahu, Ini 10 Penyebab Anjing Mengeluarkan Air Liur Secara Berlebihan

kenapa anjing mengeluarkan air liur berlebihan - a-z animals

Anjing yang ngiler terus harus kamu waspadai, karena ada banyak faktor yang menyebabkannya. Berikut adalah ulasan terkait penyebab anjing berliur berlebihan

Sobat Pintar, merawat anjing peliharaan tidak cukup hanya dengan memberikannya makan, tetapi kamu juga perlu memperhatikan kondisi kesehatannya karena ini merupakan hal yang sangat penting.

Ada baiknya kamu mengetahui sejumlah gejala yang memperlihatkan anjing sedang pada keadaan yang tidak baik, seperti anjing berliur secara berlebihan, tidak nafsu makan, dan penurunan aktivitas fisik. 

Walaupun memang terdapat berbagai jenis anjing yang memang berliur sangat banyak, namun tidak salah juga bila kamu mengetahui kondisi kesehatan yang harus diwaspadai.

Oleh karena itu, yuk mari kita simak bersama ulasan mengenai penyebab anjing mengeluarkan air liur berlebihan berikut ini.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Anjing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Apa Saja Penyebab Anjing Berliur Berlebihan?

Penyebab Air Liur Anjing Keluar Terus
penyebab air liur anjing keluar terus - Wag!

Ternyata, ada sejumlah jenis anjing besar yang memang bisa mengeluarkan air liur secara berlebihan, seperti Bloodhounds, Bernards, Saint sampai Mastiff.

Beberapa ras ini memang mempunyai kebiasaan untuk mengeluarkan air liurnya dengan banyak. Hal ini disebabkan dari bibir anjing ini lebih longgar daripada jenis anjing yang lainnya.

Tidak hanya itu, anjing juga bisa mengeluarkan air liur ketika ia sedang mengharapkan sesuatu hal yang enak seperti makanan. Air liur ini menjadi hal yang penting sekali untuk saluran pencernaan anjing.

Ketika anjing mengonsumsi obat yang memiliki rasa kurang sedap pun terkadang bisa membuat mereka berliur lebih banyak daripada biasanya.

Lalu, kapan baiknya kamu harus waspada akan keadaan liur anjing yang berlebihan? Sebagai pemiliknya, pastinya kamu harus mengetahui semua tanda yang diperlihatkan oleh anjing saat ia mengalami masalah kesehatan, salah satunya yakni ketika mereka mengeluarkan liur secara berlebihan.

Kamu harus waspada bila anjing terus-menerus mengeluarkan liur secara berlebihan yang dibarengi dengan beberapa gejala lainnya seperti menurunnya berat badan, bau mulut, batuk, lebih sensitif ketika disentuh pada bagian mulut, diare atau mencret, berubahnya perilaku sampai menurunkan aktivitas fisiknya.

Keadaan ini dapat menjadi gejala adanya masalah kesehatan pada hewan peliharaanmu tersebut. Di bawah ini sejumlah masalah kesehatan yang ditandai dengan keluarnya air liur secara berlebihan pada anjing.

1. Gangguan mulut

Menumpuknya tartar merupakan salah satu hal yang menyebabkan anjing mengeluarkan banyak air liur. Apabila kamu melihat perubahan warna di gigi anjing, pendarahan dan gusi membengkak, ada baiknya langsung melakukan perawatan untuk area mulut anjing supaya keadaan ini bisa kamu atasi dengan baik. 

Tidak hanya itu, terdapat benda asing, kanker, atau tumor di dalam mulut dapat menjadi penyebab lain yang membuat anjing mengeluarkan banyak liur. Tidak ada salahnya untuk kamu rajin melakukan pemeriksaan akan keadaan kesehatan mulut anjing secara mandiri di rumah.

2. Cuaca panas

Di kala musim kemarau tiba maka akan menyebabkan cuaca yang sangat panas, hal ini bisa mengakibatkan anjing mengeluarkan liur secara berlebihan dan terserang heat stroke.

Oleh karena itu, pastikan anjingmu berada di lingkungan dan cuaca yang sangat nyaman supaya mereka terhindar dari kondisi bahaya yang disebabkan dari heat stroke.

3. Fungsi organ bermasalah

Penyebab anjing berliur selanjutnya dari faktor bertambahnya usia, sehingga kamu harus selalu mendatangi dokter hewan secara berkala guna memastikan fungsi organ di dalam tubuh anjing mu berjalan dengan baik.

Adanya masalah pada ginjal dan hatinya juga bisa ditandai dengan munculnya gejala keluarnya air liur secara berlebihan. Maka dari itu, jangan pernah mengganggap hal ini sepele ya.

4. Mengkonsumsi zat berbahaya

Pastikan anjing mu berada pada lingkungan yang sangat aman. Tidak sengaja menelan zat berbahaya yang asalnya dari hewan atau tanaman bisa mengakibatkan anjing keracunan dan air liurnya akan terus-menerus keluar.

Apabila ada suatu hal yang berbahaya di dalam mulut anjingmu, segera ambil dan langsung singkirkan dengan hati-hati benda asing tersebut dari dalam mulutnya.

Sebab, anjing yang tak sengaja menelan, menjilat, atau mengunyah sesuatu yang dilarang untuk dikonsumsi maka bisa menyebabkan air liurnya keluar terus.

5. Masalah gigi dan gusi

Tidak hanya gangguan mulut, anjing juga bisa mengalami masalah kesehatan di mulut yang lebih spesifik seperti pada bagian gusi dan giginya.

Anjing yang mengalami infeksi, patah gigi, sariawan dan sakit pada gigi dan gusinya akan merasakan nyeri yang parah serta akan menunjukkan gejala seperti mengeluarkan air liur berlebihan.

6. Infeksi sistem pernapasan

Masalah Pernapasan Bisa Menyebabkan Anjing Berliur Banyak
masalah pernapasan bisa menyebabkan anjing berliur banyak - Wag!

Keluarnya air liur secara berlebihan pada anjing dapat menjadi gejala terjadinya infeksi pada sistem pernapasan di bagian atas, seperti hidung dan di bagian tenggorokan.

Jika sudah seperti ini, kamu harus segera membawanya ke dokter hewan terdekat yang ada di rumahmu agar anjing kesayanganmu mendapatkan penanganan yang tepat.

7. Gangguan tenggorokan

Anjing yang berliur banyak juga bisa disebabkan adanya masalah pada tenggorokannya akibat menelan sesuatu selama berada di luar sehingga ia kesulitan dalam menelan.

Biasanya hal ini disebabkan oleh pecahan tulang, duri ikan atau menelan benda padat yang tajam. Hal ini biasanya terjadi jika peliharaanmu tersebut dibiarkan bebas berkeliaran.

8. Masalah pencernaan

Ketika anjing mengeluarkan air liur yang sangat banyak, hal ini bisa terjadi akibat adanya masalah pada organ pencernaannya. Sebut saja, gastritis pada anjing, penyakit ginjal, parasit internal, dan berbagai penyakit lainnya.

9. Virus rabies

Air liur anjing bisa menjadi berbahaya ketika membawa virus yang dapat menular ke manusia, seperti rabies. Nah, anjing yang terkena rabies biasanya juga akan mengeluarkan air liur secara berlebihan, lho.

Penyakit rabies yang menginfeksi anjing peliharaan akan membuat rahang dan tenggorokannya mengalami kelumpuhan, sehingga mulutnya akan secara otomatis berliur banyak dan bahkan berbusa. 

10. Gangguan kecemasan (stres)

Tidak hanya manusia, tetapi anjing juga bisa mengalami masalah gangguan kecemasan. Anjing dengan gangguan kecemasan ini biasanya akan mengeluarkan air liur lebih banyak daripada biasanya.

Anjing yang cemas akan terus menerus membuka mulutnya dengan nafas yang terengah-engah. Hal tersebut yang menyebabkan ia mengeluarkan air liur secara berlebihan.

Adakah Cara Mengatasi Anjing yang Keluar Air Liur Berlebihan?

Mengatasi Anjing Berliur Berlebihan
mengatasi anjing berliur berlebihan - petmd

Seperti yang sudah dibahas pada poin sebelumnya jika anjing mengeluarkan air liur berlebihan bisa dikarenakan adanya stres dan gangguan kecemasan.

Nah, untuk mengobati anjing yang terkena gangguan kecemasan ini kamu bisa melakukan beberapa cara seperti berikut:

Lakukan latihan pengondisian klasik

Dalam melakukan latihan Counterconditioning ini kamu harus merubah respon dari anjing mu akan rangsangan yang menjadi faktor kecemasannya.

Seperti mengajarkan ia untuk fokus dan duduk tenang di depan mu dan belajar untuk tidak merespon barang yang menjadikannya cemas.

Memberikan pelatihan desensitisasi

Disini kamu harus memperkenalkan anjing dengan sumber dari kecemasannya tersebut. Misalnya dengan mengajaknya mengobrol secara perlahan-lahan mengenai payung dan biarkan anjingmu berkenalan dengan lebih dekat. 

Cara melatih anjing dengan latihan yang satu ini, kamu harus sangat sabar dan lakukan pengulangan secara berkala, jika memungkinkan kamu bisa meminta bantuan dari pelatih anjing yang sudah profesional di bidang ini.

Terapi dengan obat antidepresan

Terapi obat yang satu ini dapat kamu berikan pada anjing dengan cara konsultasikan kepada dokter hewan. Jangan lakukan terapi ini secara mandiri tanpa petunjuk ahlinya.

Untuk kecemasannya karena suara petir, bepergian jauh atau suara kembang api, umumnya dokter hewan akan memberikan resep obat antidepresan dan benzodiazepine.

Terapi dengan obat selegilin

Anjing yang umurnya sudah tua akan terserang sindrom disfungsi kognitif. Hal tersebut bisa dikurangi dengan melakukan terapi dengan obat selegilin yang bisa kamu dapatkan dari resep dokter.

Dalam fungsi utamanya, selegilin sendiri biasanya digunakan untuk membantu menurunkan gejala CDS. Adanya penurunan tersebut, diharapkan anjing dapat lebih tenang.

Bagaimana Cara Mencegah Anjing Berliur yang Dilanda Kecemasan?

Mencegah Anjing Berliur Terus
mencegah anjing berliur terus - conrad weiser animal hospital

Sebelum anjingmu mengalami kecemasan yang dapat mengeluarkan banyak air liur, ada baiknya kamu mencegah hal tersebut. Beberapa cara yang bisa kamu lakukan diantaranya:

Kenali bahasa tubuhnya

Melihat bahasa tubuh anjing saja kamu langsung dapat mengetahui kapan ia gelisah, cemas, lapar, sedih maupun bahagia.

Dengan demikian, kamu dapat segera mengantisipasi ketika anjing mengeluarkan gejala kecemasan dan bisa mencegahnya untuk melakukan hal-hal buruk.

Ajak anjing bersosialisasi

Anjing juga butuh bersosialisasi seperti manusia. Anjing yang mempunyai banyak teman, mudah beradaptasi dan mudah bergaul akan lebih bahagia daripada anjing yang dikurung di dalam rumah saja.

Oleh karena itu, sebagai pemilik yang baik, kamu perlu untuk belajar mengikat tali pada anjing dan mengajaknya berjalan-jalan. Hal ini juga dapat menjadikannya terhindar dari kecemasan, lho.

Nutrisi dan olahraga yang cukup

Nutrisi dan olahraga bukan hanya bermanfaat untuk manusia saja, namun juga pada anjing peliharaan yang kamu rawat di rumah.

Tidak hanya membuatnya lebih sehat saja, dengan terpenuhinya nutrisi dan olahraga yang cukup bisa membuat anjing mu terbebas dari stres dan cemas. 

Sobat Pintar, itulah dia beberapa penyebab dan tanda anjing berliur secara berlebihan yang harus kamu ketahui. Gimana, seru bukan pembahasan di atas?

Sesudah membaca ulasan di atas, mulai sekarang kamu tidak kebingungan lagi untuk mendiagnosa penyakit anjing yang ditandai dengan keluarnya liur berlebihan.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Anjing terbaru lainnya!

Baca juga artikel menarik berikut:

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://www.halodoc.com/artikel/anjing-mengeluarkan-liur-berlebihan-waspada-gangguan-kesehatan
  • https://www.paw.id/blog/pet-lover/pet-training/4-hal-tentang-anxiety-pada-anjing-yang-perlu-kamu-tahu

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Ilmu Komputer (S.Kom.) Binus University 2013 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, ikan dan juga hewan peliharaan lainnya.

Ingin bekerja sama dengan PintarPet? Hubungi saya disini.

Komentar