Hari ini: Kamis, 09 Desember 2021
Jumat, 09 April 2021, 20:30 WIB

Anjingmu Galak? Yuk, Simak 5 Tips Agar Anjing Tidak Agresif Ini

Anjingmu Galak? Yuk, Simak 5 Tips Agar Anjing Tidak Agresif Ini

Tips agar anjing tidak agresif - PetPintar

Anjingmu terlihat lebih agresif dari biasanya? Untuk mencegahnya, kamu harus melakukan 5 tips agar anjing tidak agresif berikut ini

Sering kali banyak orang mengira jika melihat anjing yang agresif adalah tingkah laku bawaan. Padahal, anjing tidak dilahirkan seperti itu.

Pemilik anjing jenis ini mungkin tidak sepenuhnya memahami cara melatih anak anjing dan berbagai tips agar anjing tidak agresif.

Kurangnya pelatihan ini sering menyebabkan perilaku agresif pada anjing karena mereka merespons situasi menggunakan naluri mereka, dan bukan pelatihan yang tepat karena mereka tidak pernah diajarkan secara berbeda.

Pelajari mengapa hal itu terjadi dan bagaimana menghentikannya.

5 Cara Ampuh untuk Melatih Anjing Agar Tidak Agresif

Pemilik yang gagal melihat tanda-tanda agresi saat berkembang akan segera mendapati dirinya bersama anjing yang benar-benar di luar kendali setelah terlambat.

Hal ini pun merupakan tanggung jawab pemiliknya, dan tidak berarti bahwa anjing tersebut adalah "anjing nakal".

Hal ini adalah tanda-tanda saatnya untuk melakukan beberapa tips ampuh pelatihan anjing agresif menjadi hewan peliharaan yang lebih manis.

Berikut adalah beberapa tips agar anjing tidak agresif lengkap dengan cara menerapkannya.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Anjing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Pelatihan untuk Mengekang Anjing

Tips Agar Anjing Tidak Agresif
Melatih anjing untuk mengontrol sifat agresifnya - PetPintar

Untuk menjadikan dirimu sebagai alfa atau tuan rumah, kamu mungkin harus menggunakan tali di dalam rumah. Hal ini dilakukan agar kamu dapat mengontrol kemana anjing peliharaanmu dapat pergi.

Misalnya, jika kamu tidak ingin anjing kesayanganmu berada di atas perabotan rumah tangga, cukup injak tali pengikatnya saat si anjing akan naik ke sofa.

Hal seperti ini mungkin terkesan kasar bagi sebagian pemilik anjing, namun sangat esensial untuk dilakukan agar anjing peliharaanmu dapat mengerti batasan.

Hal yang tidak kalah penting adalah memilih tali pengikat yang cocok untuk anjing, agar tidak menyiksa anjing tersebut. Pilihan yang tepat adalah kerah cabang dan tali besi.

Kedua benda tersebut bekerja dengan baik untuk jenis pelatihan ini karena tidak mencekik anjing saat sedang dibimbing, tetapi membatasi apa yang dapat si anjing ini lakukan.

Sistem ini sangat efektif untuk mengatasi anjing yang agresif. Bahkan, sistem pengekangan pun dapat berlaku untuk hal lain, seperti mengatur tempat buang air besar dan kecil mereka.

2. Tempat Tidur

Jika anjing peliharaanmu adalah si pemimpin atau sering disebut anjing alfa, mereka akan memilih tempat tidur di manapun mereka sukai.

Untuk itu, kamu harus menjalin hubungan antar anjing terlebih dahulu. Dalam piramidanya, anjing alfa haruslah mulai dari kawanan paling bawah lalu naik menjadi anjing alfa. 

Dalam hal tempat tidur, peranmu disini adalah mengatur tempat tidur para anjing ini.

Caranya, biarkanlah anjing untuk tidur di kandang terlebih dahulu.

Hal ini dilakukan agar para anjing ini memahami rantai komando yang harus dipatuhi agar mereka tidak menjadi agresif kepada satu sama lain dan kepada pemiliknya.

3. Mengatur Waktu Makan

Anjing alfa memiliki pilihan pertama dalam hal waktu makan. Ketika kamu memulai memberi makan anjing dari yang paling kecil, maka anjing alfa akan menjadi anjing yang terakhir untuk diberi makan. 

Sama halnya dengan manusia, anjing pun juga memiliki rasa cemburu, apalagi jika si anjing merasa bahwa dirinya adalah anjing alfa yang seharusnya mendapat waktu makan paling pertama.

Peranmu disini adalah untuk mengurung anjing ini selama waktu makan. Mungkin hal ini terkesan jahat, namun sangat penting untuk dilakukan.

Dengan mengurung anjing ini, mereka dapat berkembang dan memiliki waktu makan yang sama dengan anjing-anjing lainnya. Mereka pun akan tahu batasan yang sudah kamu tetapkan. 

4. Atur Waktu Bermain

Tips Mudah Supaya Anjing Tidak Agresif
Atur waktu bermainnya - dogs pro tips

Waktu bermain adalah salah satu waktu terbaik untuk fokus melatih anjing peliharaanmu. Pertama, kamu harus menjaga mainan-mainan lalu berikanlah mainan tersebut.

Hal ini akan menunjukkan bahwa kamu lah yang berkuasa. Saat waktu bermain selesai, barulah kamu bereskan mainan-mainan tersebut.

Jika anjing peliharaanmu tidak terkontrol atau lepas kendali dengan membawa mainan dan kamu mengejarnya, secara tidak langsung kamu akan memberitahu si anjing tersebut bahwa merekalah yang bertanggung jawab, bukan kamu.

Daripada mengejar anjing, tunggulah sampai mereka membawa kembali mainan itu, lalu simpan dan jangan pernah memberikannya lagi. Kamu pun harus tahu kapan memberikan mainan dan kapan harus mengambilnya kembali.

Ini mengajarkan atau melatih anjing supaya lebih disiplin saat bermain. Di situ pula mereka akan belajar jinak kepada majikannya sehingga ia ke depannya bisa menuruti kemauanmu.

Jangan segan untuk bertindak tegas pada anjing kesayanganmu ya.

5. Agresi Bukan Bentuk Hukuman Kepada Anjingmu

Saat kamu melatih anjing peliharaanmu, pastikan untuk memberi penghargaan atas perilaku baiknya. Kamu bisa melakukannya dengan memberikan mainan, camilan, atau pujian yang secukupnya.

Hal ini dilakukan untuk memberitahu anjing bahwa dia telah menyenangkan anjing alfa, dalam konteks ini adalah kamu, dan dapat segera dipindahkan dari bagian belakang kawanannya.

Bersabarlah dan perkenalkan anjing kesayanganmu pada peraturan-peraturan baru sedikit demi sedikit.

Jika anjing kamu terlihat gugup saat berada di sekitar orang, tunjukkan anjing ini kepada orang-orang sekitar hanya untuk waktu yang singkat, pertama-tama, belai mereka, dan tenangkan anjing milikmu sepanjang waktu.

Jika kamu masih mengalami masalah, sangat  disarankan untuk mencari pelatihan anjing profesional. Tidak ada waktu terlambat untuk segera melatih anjingmu agar tidak menjadi anjing yang agresif, baik kepada kawannya maupun kepada manusia.

Itu dia 5 tips agar anjing tidak agresif, entah itu dari ras manapun. 5 tips di atas berlaku untuk semua jenis dan ras anjing.

Harapannya, setelah membaca artikel ini kamu bisa mengontrol anjing kesayangan kamu dan dapat bermain bersama-sama tanpa khawatir saling melukai.

Kunci dari semua kesuksesan tips di atas adalah kesabaran. Tidak ada yang instan di dunia ini, terutama masalah merawat anjing. Dari sekian banyak pemilik anjing, bukan kamu satu-satunya yang mengalami masalah seperti ini.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Anjing terbaru lainnya!

Terbit: Minggu, 18 Oktober 2020, 10:00 WIB
Update pada: Jumat, 09 April 2021, 20:30 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://pethelpful.com/dogs/train-aggressive-dog-with-safety-word
  • https://www.cesarsway.com/understanding-dog-aggression/
  • https://www.hillspet.com/dog-care/behavior-appearance/training-aggressive-dogs
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, kelinci dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar