Hari ini: Minggu, 19 Mei 2024
Sabtu, 31 Desember 2022, 16:30 WIB

VCO Untuk Anjing: Resiko, Manfaat, dan Cara Memberikannya

VCO Untuk Anjing: Resiko, Manfaat, dan Cara Memberikannya

VCO baik untuk anjing - a z animals

Apakah memberikan VCO itu berbahaya bagi anjing? Agar tidak salah informasi, simak dulu fakta terkait kegunaan minyak kelapa murni untuk anjing berikut ini

Sobat Pintar, apakah kamu tahu bahwa VCO sangat bagus untuk anjing? Harus kamu ketahui jika Virgin Coconut Oil atau minyak dari kelapa murni adalah salah satu minyak yang mempunyai banyak manfaat untuk tubuh. Minyak kelapa memang sudah terkenal mempunyai berbagai kandungan nutrisi yang bisa digunakan untuk perawatan kulit. 

Perawatan kulit yang bisa kamu lakukan seperti menyembuhkan bibir pecah-pecah, melembabkan rambut dan kulit, mengatasi peradangan, mencegah jerawat sampai merawat kulit eksim.

Tidak hanya untuk kecantikan saja, mengkonsumsi minyak kelapa pun bisa memberikan manfaat kesehatan lainnya yang sangat penting juga, lho.

Berbagai manfaat kesehatan seperti menjaga kadar gula darah, menjaga kesehatan mulut dan gigi, membakar lemak sampai mencegah dan mempersingkat pengobatan kanker. Itulah alasan mengapa VCO banyak dikonsumsi menjadi alternatif pengobatan.

Tidak hanya bermanfaat untuk manusia saja, nyatanya minyak kelapa pun bagus digunakan untuk kesehatan anjing peliharaan. Kemudian timbul pertanyaan, bolehkah anjing minum minyak kelapa? Ya, tentu saja boleh asal takarannya tidak berlebihan.

Nah, kira-kira apa saja ya manfaat dari minyak kelapa murni bila diberikan pada anjing? Jika kamu penasaran, yuk simak bersama-sama ulasan lengkap terkait VCO untuk anjing di bawah ini.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Anjing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Apa Manfaat VCO untuk Anjing?

Guna Vco Untuk Anjing
guna vco untuk anjing - dogsnaturallymagazine

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, ada banyak sekali manfaat yang diperoleh dari pemberian minyak kelapa untuk anjing. Manfaat tersebut diperoleh dari kandungan asam lemak yang berfungsi untuk membangun metabolisme tubuh, memberikan sumber energi sampai menjaga kadar kolesterol.

Minyak kelapa pun memiliki sifat antimikroba yang sangat efektif guna melawan menyebarnya jamur dan bakteri dalam tubuh binatang. Apabila kamu mempunyai doggy peliharaan di rumah, selain memberikan vitamin untuk anjing, minyak yang satu ini bisa digunakan demi mendukung kesehatan anjing peliharaanmu.

Dikutip dari Be Chewy, di bawah ini kami sudah merangkumkan sejumlah manfaat VCO untuk anjing yang dapat diperoleh, yaitu:

1. Mengobati masalah kulit

Manfaat VCO untuk anjing yang pertama adalah bisa mengatasi banyak masalah kulit pada anjing peliharaan yang kerap kali terjadi. Vitamin E yang terkandung di dalam minyak kelapa ternyata bisa membantu mengurangi kulit gatal dan kering secara efektif. 

Untuk hal tersebut, minyak kelapa memang selalu dipakai menjadi obat topikal guna mengatasi masalah kulit pada manusia, seperti kulit pecah-pecah dan ketombe. Tidak hanya itu, minyak kelapa pun bisa membantu memproses penyembuhan luka dengan sangat cepat dan mendukung kekebalan tubuh anjing mu agar semakin kuat.

Pastinya ini dapat kamu manfaatkan menjadi alternatif pengobatan bila anjing peliharaan mu mengalami suatu infeksi dan masalah kulit. Sebab dibuat dari bahan yang alami, minyak kelapa sangat aman dipakai dengan efek samping sangat minim.

2. Membantu asupan nutrisi

Manfaat dari VCO selanjutnya yang bisa diperoleh anjing peliharaan mu yaitu membantu asupan nutrisi baik untuk anjing. Untuk hal tersebut, minyak kelapa merupakan jenis minyak yang sangat padat dengan kalori sehingga bisa membantu menjaga berat badan anjingmu dengan sangat baik dan juga sehat. 

Di dalam satu sendok makan VCO ini mempunyai kandungan sebanyak 120 kalori yang sangat efektif guna menghindari bertambahnya bobot tubuh pada anjing peliharaanmu. Apabila ingin memperoleh manfaat yang satu ini, kamu bisa mulai memberikan ¼ sendok teh minyak kelapa pada anjing setiap hari. 

Untuk anjing yang lebih besar, kamu dapat berikan minyak kelapa sebanyak 1 sendok makan yang dapat dikonsumsi secara langsung atau kamu campurkan pada makanan anjing. 

Tidak hanya itu, saat ini ada berbagai produk makanan khusus anjing yang sudah dibuat dengan menambahkan minyak kelapa. Pastinya ini dapat menjadi opsi yang sangat praktis untuk kamu yang ingin memberikannya kebutuhan nutrisi baik dan optimal pada anjing peliharaan.

3. Memperbaiki persendian

Minyak kelapa bisa memberikan dampak positif untuk kesehatan sendi khususnya sendi di area lutut. Menurunkan gangguan infeksi sendi pada anjing yang sudah berusia lanjut atau berukuran besar. 

Tidak hanya minyak kelapa, ada juga bahan organik lainnya yang bermanfaat menjadi suplemen untuk anjing peliharaanmu seperti madu, minyak ikan dan kunyit bubuk. Kamu bisa menggunakan bahan organik tersebut agar tidak monoton memberikan minyak kelapa.

4. Membantu persalinan

MCFA atau lemak jenuh berantai sedang berguna untuk melindungi janin dari berbagai serangan mikroorganisme dan virus lainnya. Hal ini sangat bermanfaat untuk anjing yang sedang hamil muda. Sedangkan pada anjing dengan kehamilan tua, MCFA akan berubah menjadi sebuah energi yang diperlukan ketika melahirkan dan memperbaiki kualitas dan kuantitas air susu indukan anjing. 

Mengkonsumsi minyak kelapa juga bisa memenuhi asupan nutrisi yang sangat diperlukan untuk indukan anjing yang sedang dalam fase hamil atau menyusui. Minyak kelapa yang murni bisa menaikkan MCFA pada indukan anjing yang sedang menyusui hingga 3 kali lipat. 

Memberikan asupan makanan yang mempunyai kandungan MCFA ini pada indukan anjing ternyata dapat menghasilkan susu yang tinggi akan MCFA. Selain itu, minyak kelapa murni bisa membantu proses anjing melahirkan dan bisa memberikan energi sehingga induk anjing memiliki tenaga yang sangat besar. Minyak kelapa murni pun bisa mengembalikan kebugaran induk anjing dengan cepat sesudah persalinan.

Adakah Resiko VCO untuk Anjing?

Bahaya Vco Untuk Anjing
bahaya vco untuk anjing - thesprucepets

Walaupun efek samping dari VCO untuk anjing ini jarang terjadi, terdapat sejumlah hal yang harus kamu pertimbangkan sebelum memberikan minyak kelapa untuk anjing peliharaan. Selalu terdapat resiko alergi ketika memberikan sesuatu yang baru dalam perawatan anjing. 

Apabila terjadi reaksi, kamu harus berhenti memberikan anjingmu minyak kelapa murni tersebut. Selain itu, sejumlah penelitian memperlihatkan jika minyak kelapa bisa mengakibatkan melonjaknya kolesterol pada anjing. Pada kasus ekstrim ini bisa mengakibatkan plak lemak pada arteri berkembang dengan pesat. 

Tidak hanya itu saja, sebab di dalam minyak kelapa mengandung kalori yang sangat tinggi, pemberian minyak kelapa yang tidak sesuai batasan atau berlebihan bisa mengakibatkan bertambahnya berat badan anjingmu secara drastis yang bisa berakhir dengan obesitas. 

Terakhir, terdapat salah satu riset menyimpulkan jika diet tinggi lemak jenuh dapat menurunkan kemampuan anjing dalam mendeteksi aroma. Dibutuhkan penelitian lebih lanjut guna lebih memahami penelitian tersebut, namun mungkin kamu harus tetap waspada dengan pemberian minyak kelapa pada anjing bila kamu mempunyai anjing pekerja. 

Oleh sebab itu, ada baiknya kamu lakukan konsultasi terlebih dahulu kepada dokter hewan langganan sebelum memberikan minyak kelapa ke dalam makanan anjing maupun mengoleskannya pada bulu anjing sebagai perawatan.

Bagaimana Cara Memberikan VCO untuk Anjing?

Takaran Vco Untuk Anjing
takaran vco untuk anjing - yumwoof

Takaran atau dosis untuk memberikan VCO pada anjing yaitu 1 sendok makan setiap 2 kali sehari. VCO yang berbentuk cair bisa kamu campurkan ke dalam makanan anjing.

Tidak hanya berbentuk minyak, VCO pun telah tersedia pada bentuk kapsul lunak yang bisa mempermudah kamu memberikan VCO pada anjing di dalam makanannya. 

VCO yang bagus tidak berbau tengik atau apek. VCO yang bagus mempunyai wangi daging kelapa yang sangat segar dan tidak mempunyai warna. Pastikan kamu hanya memberikan minyak kelapa yang asli pada anjingmu, ya! 

Sobat Pintar, itulah akhir dari ulasan terkait VCO untuk anjing yang harus kamu ketahui mulai dari manfaat, resiko, hingga cara menggunakannya agar bisa mencukupi asupan anjing dengan tepat.

Namun, perlu kamu ingat juga, jangan pernah berlebihan dalam memberikannya meskipun minyak kelapa mempunyai manfaat yang bagus untuk anjingmu.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Anjing terbaru lainnya!

Baca juga artikel menarik berikut:

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://anjingkita.com/artikel/1132/minyak-kelapa-murni-untuk-anjing
  • https://www.kompas.com/homey/read/2021/09/18/140800876/apakah-minyak-kelapa-aman-untuk-anjing-ini-penjelasannya?page=all
  • https://www.merdeka.com/jateng/manfaat-vco-untuk-hewan-meningkatkan-imun-hingga-mencegah-infeksi-kln.html

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti burung, amfibi dan juga hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar