Hari ini: Kamis, 09 Desember 2021
Selasa, 05 Oktober 2021, 16:00 WIB

Fantastis! 11 Burung Kicau Termahal di Dunia yang Harganya Hingga Miliaran

Fantastis! 11 Burung Kicau Termahal di Dunia yang Harganya Hingga Miliaran

jenis burung kicau termahal - scoopwhoop

Mengenal beragam burung termahal di dunia, termasuk jenis burung kicau yang memiliki harga fantastis hingga puluhan miliaran rupiah. Penasaran ada apa saja?

Burung menjadi hewan peliharaan yang umum dimiliki oleh banyak kalangan di Indonesia berkat keindahan bentuk dan corak bulunya.

Selain karena alasan tersebut, ada banyak faktor yang membuat burung menarik untuk dimiliki. Seperti kicauannya yang merdu dan kecepatan terbang yang digunakan untuk beradu balap.

Layaknya sebuah aset yang dapat dibanggakan, beberapa orang juga rela menebus biaya mahal untuk memiliki hewan peliharaan yang diinginkan.

Tidak mengherankan apabila terkadang bujet yang dikeluarkan bisa terbilang fantastis, mulai dari puluhan juta hingga miliaran, lho!

Termasuk untuk beberapa jenis burung kicau termahal di dunia berikut yang sudah PetPi rangkum dari berbagai sumber. Penasaran ada apa saja?

Kumpulan Burung Kicau Termahal di Dunia dengan Harganya yang Fantastis!

Bukan hanya burung kicau saja, dalam jajaran burung termahal di dunia ini ada berbagai macam jenis unggas yang tercatat punya harga fantastis dan diperjualbelikan hingga saat ini.

Banderol harga fantastis yang dilabeli pada burung-burung berikut tentu didapatkan melalui beberapa faktor, mulai dari corak tubuh hingga kelangkaannya.

Tidak jarang pula, jajaran burung aduan yang sering memenangi berbagai kejuaraan juga menjadi incaran para kolektor yang rela menebusnya dengan harga mahal.

Daripada berlama-lama, langsung saja kamu simak ulasan daftar burung termahal di dunia berikut ini.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Burung lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Burung Merpati Balap - 20,4 Miliaran

Burung Kicau Termahal
Burung Merpati Balap - google

Siapa sangka, pemuncak daftar burung paling mahal di dunia jatuh pada merpati balap atau yang banyak kalangan dunia kenal sebagai racing pigeon.

Walaupun bentuknya terkesan biasa saja, namun merpati balap memiliki kalangan penggemar tersendiri yang rela menggelontorkan banyak uang untuk memiliki burung jawara.

Seperti burung merpati balap bernama Armando, yang terjual hingga 1,4 juta dolar AS atau sekitar 20,4 miliaran rupiah oleh pembeli asal Tiongkok pada Maret 2019 lalu, nih.

Bukan sembarangan, Armando merupakan merpati balap asal peternak Belgia yang bahkan dijuluki sebagai jawara merpati balap jarak jauh terbaik sepanjang masa.

2. Burung Kakatua Raja - 230 Jutaan

Burung Paling Mahal Di Dunia
Burung kakatua raja - forbes

Lalu ada burung Kakatua Raja yang jadi salah satu burung terbesar di dunia dari jenis paruh bengkok yang harganya bisa mencapai 230 jutaan rupiah.

Burung dengan nama Latin Probosciger aterrimus ini punya habitat asli di Papua Nugini hingga Australia. Kakatua Raja mudah dikenali dengan bulu berwarna hitam dengan corak merak di sekitar area pipi.

Keunikan lain dari Kakatua Raja adalah umurnya yang sangat panjang, yakni berkisar 40-90 tahunan. Mulai langkanya Kakatua Raja di alam liar pun juga membuat burung ini dibanderol sangat mahal.

3. Burung Makaw Hyacinth - 204 Jutaan

Burun Termahal Di Dunia
Burung Hakaw - ams birds

Ada pula jenis paruh bengkok lain, yakni burung Makaw Hyacinth atau yang punya nama Latin Anodorhynchus hyacinthinus yang termasuk ke dalam jajaran burung kicau termahal di dunia.

Burung dengan habitat di hutan hujan Amerika Selatan ini memiliki ciri khas bulu berwarna biru indigo dengan corak kuning yang ada disekitar mata dan pangkal paruhnya.

Harga burung Makaw Hyacinth bervariasi, di mana termahal bisa dibanderol hingga 204 jutaan rupiah.

Sayangnya menurut data BirdLife.org, Makaw Hyacinth tergolong ke dalam spesies rentan kepunahan dengan populasi yang kini hanya berkisar empat ribuan di alam liar, lho.

4. Burung Toucan - 117 Jutaan

Burung Mahal
Burung Touchan - ams birds

Ada sekitar 40 jenis burung Toucan yang mudah dikenali dengan bentuk paruhnya yang super besar. Salah satu yang cukup terkenal adalah Toco Toucan atau dengan nama Latin Ramphastos toco.

Burung termahal dan eksotis di dunia ini umumnya mendiami wilayah tropis di bagian Amerika, seperti Meksiko, Amerika Selatan, dan kawasan Karibia.

Paruh besar dengan corak beraneka ragam tentu jadi sebuah keindahan dan daya tarik utama bagi para kolektor.  Diperkiraan burung Toucan punya kisaran harga hingga 117 jutaan rupiah.

5. Ayam Cemani - 36,5 Jutaan

Burung Paling Mahal
Ayam cemani - the happy chicken coop

Masih dari keluarga unggas, ada juga ayam Cemani yang merupakan ras ayam asli Indonesia yang memiliki keunikan dari warna tubuhnya yang seluruhnya berwarna hitam.

Bukan hanya bulunya saja, ayam dengan nama Latin Gallus gallus domesticus ini seluruh bagian tubuhnya berwarna hitam, mulai dari paruh, lidah, daging, organ dalam, dan tulangnya, lho!

Jenis ayam yang sering dikaitkan dengan perayaan berbau mistis ini punya harga tidak main-main.

Ayam Cemani dibanderol dengan kisaran harga 36,5 jutaan, sehingga beberapa kalangan menyebutnya sebagai ayam "Lamborghini" karena saking mahalnya.

6. Burung Flamingo - 14,6 Jutaan

Burung Mahal
Burung Flamingo - ams birds

Burung Flamingo dengan nama Latin Phoenicopterus roseus identik sebagai jenis burung yang umumnya memiliki habitat di kawasan perairan, seperti sungai, rawa, hingga pantai.

Jenis burung ini pun terbilang punya sebaran sangat luas, mulai dari kawasan Afrika, Asia Selatan (seperti Pakistan dan India), serta sebagian Eropa Selatan (seperti Spanyol, Turki, dan Italia).

Hal ini kemungkinan besar karena burung Flamingo suka bermigrasi dalam kawanannya. Kecepatan terbangnya pun bisa mencapai 56 kilometer per jam, lho.

Flamingo yang identik dengan burung berkaki panjang dan berwarna merah muda ini dibanderol dengan harga kisaran 14,6 jutaan rupiah per ekornya.

7. Burung Scarlet Tanager - 13 Jutaan

Burung Paling Mahal Dan Langka
Burung Scarlet Tanager - sdakotabirds

Kemudian ada burung Scarlet Tanager yang paling banyak diincar kolektor karena suaranya yang merdu. Selain itu burung ini juga punya corak yang indah dan menarik saat dipandang.

Scarlet Tanager dengan nama Latin Piranga olivacea ini memiliki bulu berwarna merah menyala dengan bagian hitam gelap pada bagian sayap dan ekor pada pejantannya.

Sementara betina punya bulu berwarna olive kekuningan juga dengan corak hitam pada sayap dan ekor.

Karena keunikannya ini, burung Scarlet Tanager dihargai sekitar 13 jutaan. Hal ini pula kemungkinan karena jenis burung kecil ini susah ditangkap di alam liar sekaligus ditangkarkan, nih.

8. Burung Baltimore Oriole - 12,4 Jutaan

Burung Termahal Di Dunia
Burung baltimore - all about birds

Jenis burung kicau termahal di dunia berikutnya ada Baltimore Oriole atau Northern Oriole yang datang dari kawasan Amerika Utara. Namun beberapa juga bisa ditemui di kawasan Irlandia dan Inggris.

Secara umum, jenis burung dengan nama Latin Icterus galbula ini memiliki corak jingga dan hitam pada jantan dan jingga kekuningan dan abu-abu pada betinanya.

Baltimore Oriole juga termasuk golongan burung kecil dengan suara merdu. Harga dari burung Baltimore Oriole ini berkisar antara 12,4 jutaan rupiah.

9. Burung Mountain Bluebird - 12,4 Jutaan

Burung Kicau Paling Mahal
Burung mountain bird - all about birds

Sesuai dengan namanya, Mountain Bluebird merupakan jenis burung yang umumnya mendiami wilayah pegunungan dengan pepohonan oak yang rimbun.

Burung Mountain Bluebird pun mudah diidentifikasi dengan warna bulu biru turquoise dengan paduan putih pada bagian dada hingga bawahnya.

Burung dengan nama Latin Sialia currucoides ini di alam liar punya makanan pokok berupa serangga kecil. Selain itu Mountain Bluebird juga mengonsumsi kacang-kacangan hingga buah kecil.

Jenis burung ini juga tergolong berukuran kecil, yang mana punya bobot hanya 30 gram saja. Di pasaran, Mountain Bluebird di harga sekitar 12,4 jutaan rupiah.

10. Burung Kardinal Merah - 11,6 Jutaan

Burung Kicau Paling Mahal Di Dunia
Burung kardinal merah - national prod

Selanjutnya ada burung Kardinal Merah atau Northern Cardinal yang mudah dikenali dengan warna merah menyala dan jambul tinggi di bagian atas kepala yang jadi ciri khasnya.

Burung dengan nama Latin Cardinalis cardinalis ini punya ukuran kecil, dengan panjang tubuh sekitar 12 cm dan bobot hanya 85 gram saja.

Berkat keindahan warna dan kicauannya yang merdu, membuat burung Kardinal Merah ini dibanderol cukup mahal, yakni sekitar 11,6 jutaan rupiah.

11. Burung Goldfinch Amerika - 10,7 Jutaan

Burung Goldfinch Amerika
Burung Goldfinch Amerika - Birds and Blooms

Jenis burung kicau termahal di dunia yang terakhir adalah American Goldfinch (Carduelis tristis). Burung asli amerika ini hanya memiliki panjang tubuh 11-14 cm dan bobot sekitar 11-20 gram.

Corak bulunya yang berwarna kuning cerah dengan variasi warna hitam pada bagian kepala dan sayapnya membuat ras burung import ini banyak diminati oleh para kicau mania.

Meskipun berukuran kecil, kamu perlu merogoh kocek sebesar 10,7 jutaan rupiah untuk mendapatkan seekor American Goldfinch, lho.

Kamu pasti cukup kaget juga kalau melihat harga dari jajaran burung termahal di dunia yang sudah PetPi rangkum secara lengkap tadi, kan?

Mengenal Ragam Burung Kicau Termahal di Indonesia

Burung Kicau Termahal Di Dunia
Burung kicau termahal di dunia - nus

Berbicara mengenai burung kicau, tentu Sobat PetPi tidak boleh ketinggalan membahas komunitas pecinta burung kicau atau kicau mania di Indonesia, nih.

Berbagai daerah di Indonesia pun memiliki beragam burung kicauan termahal yang banyak diincar oleh berbagai kalangan.

Semakin langka dan sulit ditemukannya suatu jenis burung, tentu akan membuat harga burung kicau tersebut semakin mahal.

Selain itu burung kicau yang memiliki karakteristik suara khas atau bahkan sering menjadi jawara kontes pun, juga akan meningkatkan harganya pula, lho.

Adapun beberapa jenis burung kicau termahal dan harganya di Indonesia, seperti:

  • Burung kacer (Copsychus saularis); memiliki ciri khas bulu berwarna hitam legam dengan bagian putih pada sayap dan bagian bawah tubuh serta memiliki ekor berukuran panjang. Memiliki suara khas yang merdu dan tingkah laku atraktif dalam kandang. Harga burung kacer berkisar antara Rp250 ribuan hingga Rp1,5 jutaan.
  • Burung cucak rowo (Pycnonotus zeylanicus); termasuk ke dalam jenis burung kicau berukuran sedang, dimana memiliki ciri bulu berwarna hijau keabuan dengan corak berwarna hitam, putih, dan keabuan di sekitar area kepala dan bagian bawah tubuhnya. Karakter suaranya melengking seperti bersahut-sahutan. Harga burung cucak rowo berkisar antara Rp5 jutaan hingga Rp10 jutaan.
  • Burung kenari (Serinus canaria); memiliki ukuran kecil, pilihan warna beragam, postur bagus, atraktif, dan suara kicauan yang khas. Merupakan salah satu jenis burung kecil untuk pemula hingga profesional. Harga burung kenari gacor berkisar antara Rp200 ribuan hingga Rp900 ribuan.
  • Burung pleci (Zosterops); dikenal juga dengan nama burung kacamata berkat corak putih melingkar di sekitar area mata. Secara umum burung pleci berwarna hijau-kuning dengan corak abu-abu dan hitam. Memiliki suara yang lantang dan atraktif. Harga burung pleci berkisar antara Rp200 ribuan hingga Rp2 jutaan.
  • Burung murai batu (Copsychus malabaricus); memiliki bulu mayoritas berwarna hitam dengan bagian bawah berwarna jingga kusam. Bagian ekor panjang dengan bulu berwarna putih pada bagian bawah. Selain keindahan fisik, murai batu juga pandai berkicau. Harga burung murai batu berkisar antara Rp1 jutaan hingga Rp3 jutaan.

Kamu pasti cukup kaget juga kalau melihat harga dari jajaran burung termahal di dunia, kan? Termasuk juga dengan burung kicauan termahal di Indonesia yang ternyata juga tak kalah menarik.

Tentu harga di atas sebanding dengan keindahan corak dan nilai eksotis dari masing-masing jenis burung di atas. Bagaimana kalau menurutmu?

VIDEO: Pelihara Jenis Burung Kicau Termahal Ini Pasti Cuma Sultan!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Burung terbaru lainnya!

Terbit: Sabtu, 14 November 2020, 10:00 WIB
Update pada: Selasa, 05 Oktober 2021, 16:00 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://jejakpiknik.com/burung-termahal-di-dunia/#10_Goldfinch_Amerika
  • https://moneyinc.com/most-expensive-types-of-birds-in-the-world/
  • https://www.allpetbirds.com/black-palm-cockatoo
  • https://www.businessinsider.com/a-pigeon-sold-for-14-million-in-an-auction-2019-3?r=US&IR=T
  • https://www.jalaksuren.net/5-burung-kicau-termahal-indonesia/
  • https://www.mostfamouslist.com/top-10-most-expensive-birds-in-the-world/
  • https://www.scoopwhoop.com/Most-Expensive-Pets/
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, reptil dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar