Hari ini: Kamis, 09 Desember 2021
Kamis, 20 Mei 2021, 20:30 WIB

Berbagai Cara Melatih Burung Beo Agar Cepat Bisa Ngomong, Mudah dan Efektif!

Berbagai Cara Melatih Burung Beo Agar Cepat Bisa Ngomong, Mudah dan Efektif!

Cara melatih burung beo - flickr

Kamu ingin punya burung beo yang jago banget bicara? Mudah ko, Ikutin aja cara melatih burung beo agar bisa ngomong dengan cepat berikut ini

Burung Beo adalah salah satu burung pintar yang terkenal dengan kicauannya yang bisa meniru berbagai suara termasuk suara manusia berbicara. Bukan hanya suaranya saja, namun burung beo juga terkenal dengan penampilannya yang khas.

Paruh kuning yang berwarna sedikit keorenan membuatnya gampang dikenali bagi orang awam. 

Beo memang sangat terkenal dengan suaranya yang unik, oleh karena itu banyak pemilik beo yang mencari informasi untuk melatih burungnya bisa berbicara.

Dengan suaranya yang unik ini, beo pun bisa mengikuti kontes kicau burung yang banyak diperlombakan. Sudah pasti ini menjadi kebanggan tersendiri jika beo milikmu memenangkan kontes.

Melatih burung beo berbicara bukanlah perkara yang mudah untuk kita lakukan. Kita harus memiliki sifat kesabaran dan ketekunan untuk melatihnya agar bisa berbicara layaknya suara manusia.

Kira-kira bagaimana cara melatih burung beo agar bisa berbicara? Berikut ini PetPi akan berikan metode apa saja yang bisa kamu lakukan untuk melatih beo bicara.

Cara Melatih Burung Beo Agar Bisa Ngomong

Cara Melatih Burung Beo
Cara melatih burung beo - solopos

Pada dasarnya burung beo bisa kita latih dengan cepat untuk menirukan suara yang kita ucapkan. Namun, burung beo tidak bisa memaknai kata-kata yang diucapkannya. Oleh karena itu, kamu wajib melatih burung beo dengan kata-kata yang sopan.

Berikut ini adalah langkah-langkah cara melatih burung beo.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Burung lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Ajarkan Burung Beo Sejak Usia Dini

Bagi para pemilik burung beo yang memeliharanya sejak kecil, ini bisa jadi keuntungan tersendiri buat kamu. Melatih burung Beo dari usia muda, semakin banyak kalimat yang mampu diingat dan dicernanya untuk bisa ia katakan.

Memasuki usia 2 bulan saja, burung Beo sudah mulai bisa diajarkan dengan berbagai kata, namun untuk kelancarannya kamu bisa menunggu hingga ia berusia lebih dari 4 bulan.

Beberapa kalimat yang kamu latih di usia 2 bulan tidaklah sia-sia, hanya saja burung Beo akan menyimpan berbagai kalimat tersebut di dalam otaknya yang pintar. Setiap kalimat yang kamu ajarkan mungkin akan dimunculkan padai usianya yang berumur 4 bulan.

Jangan bingung ketika nanti setelah 4 bulan, kamu mendengar burung Beo yang kamu latih sangat cerewet dan berisik. Melatih burung Beo sejak dini akan menjadi hal yang mudah untuk membentuk karakter suaranya. 

Jadi jangan khawatir dan kecewa saat kamu terlihat gagal melatihnya di usia 2 bulan. Tunggu burung beo sampai usia remaja karena kemampuannya akan semakin meningkat.

Membuat Jadwal Latihan

Cara melatih burung beo selanjutnya, kamu bisa memulainya dengan membuat jadwal latihan setiap harinya. Misalkan setiap pagi hari kamu bisa melatih burung beo sekitar 30 - 60 menit.

Jadwal tersebut harus rutin untuk kamu lakukan setiap hari. Setelah latihan kamu bisa memberikannya makanan kesukaannya sehingga burung beo bisa merasakan teratur dalam berlatih.

Jadwal latihan yang kamu buat juga harus memperhatikan waktu yang tepat.

Misalkan pada pagi hari, sebaiknya kamu berlatih dibawah jam 11.00. Sedangkan pada sore harinya kamu bisa berlatih pada rentang jam 15.00 - 17.00. Jam-jam inilah yang dipercaya baik untuk melatih burung beo sehingga ia lebih mudah menghafal kata-kata yang kamu ucapkan.

Ajarkan Kata-Kata yang Mudah

Sebagai permulaannya, kamu akan mengajarkan kata-kata yang mudah dihafalkan terlebih dahulu. Sama saja ketika kita belajar kata-kata pertama saat usia kita kecil, pasti yang diucapkan adalah kata-kata yang mudah.

Di tahap ini kamu mulai diuji kesabarannya untuk mengajarkan burung Beo kata-kata yang mudah dihafalkan.

Saran dari PetPi, mulai lah dari kata-kata sambutan seperti selamat pagi, selamat sore dan sebagainya. Berikan satu kata terlebih dahulu hingga ia bisa mengingat dan mengucapkannya.

Jika sudah bisa beberapa kata, kamu bisa merangkai kata tersebut menjadi satu kalimat agar dia bisa menirukannya. Pada dasarnya mereka akan hanya menirukan dari apa yang pemiliknya ucapkan. Maka dari itu melatih burung beo bicara tidak boleh dengan sembarang kata ya.

Menggantungnya di Tempat yang Ramai

Cara Melatih Burung Beo Agar Bisa Ngomong
Cara melatih burung beo agar bisa ngomong - nus

Saat kalian tidak sedang melatihnya, burung beo bukan tidak bisa mengikuti ucapan-ucapan lain yang bisa disebutkan oleh orang lain selain pemiliknya.

Nah, untuk merangsangnya agar ia selalu bisa mengikuti suara manusia, kamu bisa menggunakan metode ini. Gantung burung beo ditempat yang ramai seperti di depan rumah, atau pinggir jalan.

Dengan begini, burung beo akan terbiasa merekam suara-suara yang ia dengarkan di sekitarnya.

Terkadang burung beo akan mengikuti suara seperti tukang jualan yang lewat di depan rumah, atau suara anak kecil yang bermain, karena biasanya suara-suara tersebut secara rutin akan muncul pada jam-jam tertentu sehingga burung beo akan hafal dengan sendirinya.

Merawatnya dengan Baik

Seperti beberapa hewan peliharaan pada umumnya, perawatan yang baik akan menghasilkan hewan yang sehat juga. Begitu pula dengan burung beo yang kamu rawat saat ini.

Memandikan dan menjemurkan juga perlu kalian lakukan agar burung beo selalu dalam keadaan yang bersih dan fit.

Kalian bisa memindahkan sangkar burung ke tempat terbuka dengan tujuan untuk menjemurnya. Memandikan burung beo dan menjemurnya minimal kalian lakukan 2 kali dalam satu minggu.

Selain membuatnya tetap bersih dan sehat, cara ini efektif untuk mendekatkan diri kamu dengannya, Burung beo akan merasa kamu sebagai pemiliknya yang selalu merawatnya.

Oleh karena itu bisa saja membuat burung beo akan menjadi jinak sehingga bisa menuruti ucapan-ucapan yang kamu berikan saat jam latihan.

Selain kebersihan burung beo itu sendiri, kamu juga harus menjaga kebersihan dari kandangnya. Kebersihan kandang akan membuat burung beo terhindar dari stres. Burung beo pun akan menghabiskan banyak persediaan makanan yang membuat kotoran pada kandangnya akan menumpuk.

Jika kamu tidak membersihkannya, ini bisa membahayakan kelangsungan hidup burung beo karena banyak virus dan bakteri jahat yang akan menghampirinya.

Itulah dia beberapa cara melatih burung beo agar bisa ngomong dengan cepat. Perlu diperhatikan lagi bahwa melatih burung beo harus mempunyai sifat kesabaran dan ketekunan karena bukan perkara mudah untuk melatihnya.

Jika ada metode lain yang efektif, PetPi akan kasih tau kalian dengan memperbarui artikel ini. Semoga bermanfaat artikel dari PetPi, ya!

VIDEO: Panduan Cara Melatih Burung Beo Agar Cepat Bicara dan Bisa Ngomong

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Burung terbaru lainnya!

Terbit: Sabtu, 29 Agustus 2020, 19:00 WIB
Update pada: Kamis, 20 Mei 2021, 20:30 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://arenahewan.com/cara-membuat-burung-beo-cepat-bicara
  • https://hewan.carakami.net/beo/melatih-beo-berbicara.html
  • https://kacer.co.id/cara-melatih-burung-beo-agar-bisa-ngomong/
  • https://www.ekor9.com/cara-merawat-dan-melatih-burung-beo-cepat-berbicara-meniru-suara-manusia/

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis dan editor situs PintarPet yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, musang, iguana dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar