Hari ini: Jumat, 18 Juni 2021
Senin, 09 November 2020, 10:00 WIB

Susah-Susah Gampang! Ternyata Begini Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina

Susah-Susah Gampang! Ternyata Begini Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina

cara membedakan lovebird jantan dan betina - cuteness

Terdapat berbagai cara membedakan lovebird jantan dan betina, baik yang dilakukan sendiri atau dengan bantuan dokter hewan. Lalu manakah yang paling akurat?

Bagi kalangan kicau mania alias pecinta burung, nama lovebird mungkin sudah tak asing lagi dan jadi salah satu burung peliharaan yang paling diminati saat ini.

Lovebird juga termasuk ke dalam burung kicau karena memiliki kemampuan kicauan panjang atau "ngekek" dalam sekali tarikan nafas. Maka tidak heran, kalau lovebird juga sering dikompetisikan.

Nama lovebird atau burung cinta pun nggak asal disematkan pada hewan peliharaan yang punya ukuran kecil dan corak warna yang menarik, nih.

Lovebird dikenal sebagai jenis burung sosial yang hanya memiliki sebuah pasangan sepanjang hidupnya.

Selain itu, lovebird juga memiliki kebiasaan untuk berdekatan dalam satu kandang yang membuatnya kian tampil kian mesra dan menggemaskan.

Namun apakah kamu sudah tahu bagaimana cara membedakan lovebird jantan dan betina? Terlebih buat kamu yang hendak memiliki lovebird anakan, nih.

Maka dari ini kali ini PetPi bakal mengulas apa saja perbedaan lovebird jantan dan betina yang bisa kamu lakukan sendiri dan hasilnya lumayan akurat.

Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina, Mulai Fisik dan Tingkah Lakunya

Perbedaan Lovebird Jantan Dan Betina
Cara membedakan lovebird jantan dan betina - wide open pets

Membedakan lovebird jantan dan betina memang agak susah-susah gampang. Terlebih pada beberapa jenis, lovebird jantan dan betina memiliki corak dan bentuk fisik yang hampir sama persis.

Terlebih buat kamu yang mau membuat ternakan lovebird, jangan sampai ketipu hingga kamu memelihara sepasang lovebird yang isinya jantan semua atau betina semuanya.

Pasalnya walau diletakkan dengan sesama jenis kelaminnya, lovebird cenderung memiliki tingkah laku yang sama persis dengan saling menempel satu sama lain, lho. Bikin kamu makin bingung, kan?

Biar kamu nggak salah dalam memilih pasangan lovebird, sobat PetPi bisa ikuti cara-cara yang sudah dirangkum dari berbagai sumber seperti di bawah ini, deh.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Burung Lovebird lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Perbedaan Warna dan Corak Bulu

Pada beberapa kasus, cara membedakan lovebird jantan dan betina terbilang sangat mudah karena tergolong ke dalam kelompok dimorfik.

Kelompok dimorfik pada lovebird sendiri dalam artian burung peliharaan ini dapat dibedakan antara jantan dan betina lewat perbedaan warna dan corak bulu yang dimilikinya.

Adapun tiga jenis yang termasuk kelompok dimorfik adalah lovebird kepala abu-abu (Agapornis canus), lovebird muka merah (Agapornis pullarius), dan lovebird sayap hitam (Agapornis taranta).

  • Lovebird kepala abu-abu: Jantan memiliki kepala, dada, dan leher belakang berwarna abu-abu dengan sisanya berwarna hijau; Betina hanya berwarna hijau pada seluruh bagian tubuhnya.
  • Lovebird muka merah: Jantan memiliki tubuh berwarna hijau terang dengan bagian dada dan bawah bercorak kuning, bagian kepalanya berwarna jingga-kemerahan dengan bagian atas (mahkota) berwarna hijau dan sayap bercorak hitam; Betina punya bagian wajah yang lebih berwarna jingga terang dan sayap tanpa corak hitam.
  • Lovebird sayap hitam: Jantan memiliki bagian atas kepala berwarna merah yang juga mengelilingi matanya, sayapnya juga memiliki garis berwarna hitam; Betina sama sekali tidak memiliki corak merah dan sayapnya punya garis cenderung abu-abu.

2. Pemeriksaan Fisik

Selain ketiga lovebird yang diulas pada poin sebelumnya, hampir secara keseluruhan tergolong kelompok monomorfik yang artinya antara jantan dan betina hampir sama dan sulit dibedakan.

Adapun lovebird dengan kelompok monomorfik adalah lovebird kacamata topeng (Agapornis personatus), lovebird kacamata Fischer (Agapornis fischeri), lovebird kacamata Nyasa (Agapornis lilianae), lovebird kacamata pipi hitam (Agapornis nigrigenis), lovebird muka salem (Agapornis roseicollis), dan lovebird kerah hitam (Agapornis swindernianus).

Untuk mencari perbedaan lovebird jantan dan betina dari kelompok monomorfik ini, umumnya kamu bisa melakukan pemeriksaan fisik seperti.

  • Perbedaan ukuran: Secara umum banyak kalangan meyakini ukuran lovebird betina lebih kecil dibanding lovebird jantan. Namun hal ini tampak kurang akurat.
  • Bentuk kepala: Bagian kepala pada lovebird jantan terlihat kurang bulat apabila dibanding lovebird betina.
  • Bentuk lubang hidung: Lubang hidung pada lovebird jantan berbentuk lonjong atau oval, sementara pada lovebird betina akan berbentuk bulat lebar.
  • Corak kacamata: Pada jenis lovebird kacamata, ukuran corak di sekitar matanya lebih tebal pada lovebird betina ketimbang pada lovebird jantan.
  • Bentuk paruh: Lovebird betina memiliki bentuk paruh yang lebih panjang dan lebar ketimbang lovebird jantan yang cenderung lebih tajam
  • Cek tulang pubis (supit urang): Tulang pubis bisa diperiksa di antara dua kaki burung lovebird. Bentuk tulang pubis lovebird jantan akan terasa menyempit saat diraba dan terasa keras, lalu bentuk tulang pubis lovebird betina akan terdapat jarak antara keduanya dan lebih elastis untuk dapat mengeluarkan telur.
  • Bentuk ekor: Lovebird jantan memiliki ekor yang runcing dan mengecil dari pangkal ke ujung, sementara lovebird betina tampak lebih rata dan melebar.
  • Bentuk anus (kloaka): Lovebird jantan memiliki anus atau kloaka yang lebih kecil dan tampak seperti menonjol, sementara kloaka pada lovebird betina akan terlihat lebih rata dan melebar.
Tabel Perbedaan Lovebird Jantan dan Betina

Perbedaan

Lovebird Jantan

Lovebird Betina

Ukuran

Besar

Lebih Kecil

Bentuk kepala

Kurang bulat

Bulat

Bentuk Lubang Hidung

Lonjong atau oval

Bulat dan lebar

Bentuk paruh

Tajam

Panjang dan lebar

Bentuk ekor

Runcing dan mengecil

Rata dan melebar

Bentuk anus (kloaka)

Kecil dan menonjol

Rata dan melebar

3. Perhatikan Tingkah Laku

Bedanya Lovebird Jantan Dan Betina
Tingkah laku yang berbeda - squeaks and nibbles

Selain melakukan pemeriksaan fisik, ada pula cara membedakan lovebird jantan dan betina dengan memperhatikan tingkah lakunya, mulai dari cara bertengger hingga siklus bertelurnya.

Dari cara bertengger, umumnya lovebird jantan berdiri tegak dengan sayap menyilang di belakang. Sementara lovebird betina berdiri dengan kaki melebar dan sayap sejajar di bagian tepi tubuhnya.

Selain itu kamu bisa meletakkan sepasang lovebird di dalam kandang untuk mengetahui pasangan tersebut adalah jantan-betina, jantan-jantan, atau betina-betina.

Siapkan juga bahan-bahan untuk membangun sarang di dalamnya. Saat hendak bertelur, lovebird betina akan aktif dan terampil dalam membangun sarang dibanding lovebird jantan.

Selain itu kamu bisa meletakkan sepasang lovebird di dalam kandang yang sudah disiapkan sarang untuk mengetahui pasangan tersebut adalah jantan-betina, jantan-jantan, atau betina-betina.

Jika lovebird betina-betina, maka kamu tetap akan mendapatkan telur yang tidak dibuahi dan tidak bisa menjadi anakan lovebird. Umumnya kamu akan mendapatkan hingga 8-9 butir telur.

Sementara untuk lovebird jantan-jantan tentu sebaliknya, kamu tentu tidak akan mendapatkan telur dalam waktu yang lama.

Pada pasangan lovebird jantan-betina, kamu kemungkinan akan mendapatkan telur sekitar 4 butir yang sudah dibuahi dan akan menetas kurang lebih setelah 23 hari dierami, nih.

4. Perubahan Saat Birahi

Saat memasuki fase siap kawin, baik lovebird jantan maupun betina akan mengalami siklus birahi yang ditunjukkan dari perubahan tingkah laku mereka.

Ciri-ciri lovebird jantan birahi adalah dengan mengeluarkan bunyi kicauan yang khas guna menarik perhatian pasangannya. Lovebird jantan juga akan mendekati betina dan manggut-manggut.

Sementara itu lovebird betina birahi akan cenderung menunduk dan membentangkan sayap yang sering disebut sebagai "ngeleper".

Tingkah laku yang dilakukan lovebird betina ini bertujuan untuk menarik perhatian dan mempermudah lovebird jantan saat hendak melakukan perkawinan.

5. Melakukan Tes DNA

Kalau benar-benar kesulitan, ada cara mudah yakni dengan melakukan tes DNA untuk mengetahui jenis kelamin lovebird peliharaanmu.

Tes DNA pada lovebird dilakukan dengan mengambil sampel darah yang selanjutnya akan diperiksa di laboratorium. Sayangnya metode ini cukup membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

6. Pembedahan Organ Reproduksi

Untuk metode yang lebih murah, kamu bisa juga melakukan pembedahan untuk mengetahui jenis organ reproduksi pada lovebird. Hal ini bisa dilakukan dengan mendatangi dokter hewan terdekat.

Setelah melakukan pembedahan dan mengetahui jenis kelaminnya, umumnya lovebird akan diberikan tanda pengenal khusus secara permanen.

Sayangnya cara membedakan lovebird jantan dan betina ini lebih berisiko untuk mendatangkan penyakit hingga risiko kematian terkait dengan proses operasi yang dilakukan.

Kurang lebih begitulah cara membedakan lovebird jantan dan betina yang bisa kamu lakukan sendiri. Bagaimana cukup mudah, kan?

Selain itu jika kamu hendak mendapatkan pasangan lovebird yang tepat, pastikan kamu mencari peternak lovebird yang terpercaya, ya. Selamat mencoba!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Burung Lovebird terbaru lainnya!

Terbit: Rabu, 30 September 2020, 19:30 WIB
Update pada: Senin, 09 November 2020, 10:00 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://animals.mom.me/tell-male-female-lovebirds-6326.html
  • https://burungnya.com/10-cara-membedakan-lovebird-jantan-dan-betina-paling-akurat/
  • https://sexadodeaves.com/vlog/en/how-to-know-if-you-have-a-male-or-female-lovebird/
  • https://www.cuteness.com/article/difference-male-amp-female-lovebirds
  • https://www.cuteness.com/article/tell-gender-lovebird

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, reptil dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar