Hari ini: Kamis, 09 Desember 2021
Selasa, 29 Desember 2020, 16:00 WIB

Gacor terus! Begini Cara Merawat Burung Kacer Bahan agar Rajin Bunyi

Gacor terus! Begini Cara Merawat Burung Kacer Bahan agar Rajin Bunyi

cara merawat burung kacer - biolib

Kacer merupakan jenis burung kicau yang paling banyak diminati. Bagi pemula yang ingin memelihara, ini panduan lengkap cara merawat burung kacer biar gacor

Bagi sebagian orang memelihara burung menjadi suatu kesenangan tersendiri karena bisa mendengar bunyi burung setiap hari di rumahnya.

Namun ada juga beberapa kontroversi yang menyebutkan bahwa memelihara burung sama saja dengan menyiksanya. Anggapan itu tidak membuat para pecinta burung bergeming.

Di Indonesia sendiri banyak sekali jenis burung kicau yang dimiliki oleh para pecintanya di rumah. Salah satu jenis burung yang biasanya menjadi andalan adalah burung kacer.

Burung ini menjadi burung favorit karena memiliki suaranya yang cukup merdu. Banyak orang bilang burung kacer ini sangat cocok bagi orang yang tidak mempunyai banyak waktu.

Nah merawat burung kacer memang tidaklah sulit, namun ada beberapa perawatan yang mungkin harus kamu ketahui agar burung menjadi gacor atau rajin bunyi. Kira-kira apa cara merawat burung kacer agar suaranya gacor?

Nah untuk mengetahui lebih lanjut, yuk simak artikel di bawah ini.

Cara Memilih Burung Kacer yang Bagus

Cara Merawat Burung Kacer
cara memilih burung kacer - thai national parks

Sebelum kamu memutuskan untuk merawat burung kacer, sebaiknya kamu harus mengetahui terlebih dahulu burung kacer mana sih yang suaranya gacor. Burung kacer yang gacor itu bisa dilihat dari jenis kelaminnya.

Mengapa demikian? Karena burung kacer berkelamin jantan memiliki suara yang merdu dibandingkan burung kacer berjenis kelamin betina.

Jadi sebelum kamu bisa merawatnya sampai gacor, kamu harus memilih jenis kelaminnya. Burung kacer betina lebih cocok dipelihara  untuk kamu yang ingin membudidayakan burung kacer ini.

Nah, kira-kira bagaimana ciri-ciri burung kacer jantan yang bunyinya gacor. Simak tanda-tanda kacer jantan berikut ini.

  • Kacer jantan memiliki postur kepala yang terlihat lebih rata dibanding betinanya.
  • Kacer jantan memiliki paruh yang lebih pendek daripada betinanya.
  • Bulu pada ayam kacer jantan biasanya lebih berwarna hitam pekat.
  • Postur tubuhnya terlihat lebih ramping dengan permukaan dada yang lebih tegak dibanding kacer betina.
  • Burung kacer jantan memiliki suaranya yang lebih merdu dibanding kacer betina.

Cara Merawat Burung Kacer Agar Gacor

Cara Merawat Burung Kacer Agar Bunyi
Cara merawat burung kacer - discovering birds

Burung kacer mempunyai nama ilmiah Copsychus saularis atau biasa yang dikenal juga dengan kucica kampung. Burung ini suka menjelajah di berbagai lingkungan dengan kecepatan yang cukup tinggi seperti burung kerabatnya yaitu murai batu.

Burung kacer banyak ditemukan di beberapa daerah di wilayah Asia selatan dan Asia tenggara.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Burung lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Memberikan Pakan dan Minuman untuk Burung Kacer

Setelah kamu mengetahui profil dan sedikit tips untuk memilih burung kacer yang gacor, kamu bisa memulainya dengan membaca tips merawat burung kacer yg satu ini. Pertama-tama kamu harus memperhatikan cara memberikan pakan dan minuman untuk burung kacer. 

Asupan burung kacer agar suaranya gacor adalah makanan yang merupakan makanan alami dan buatan. Biasanya pecinta burung akan memberikan makanan dari berbagai macam jenis, tidak hanya dengan satu jenis saja.

Tujuannya untuk mencukupi asupan nutrisi yang baik agar burung kacer bisa tumbuh dengan sehat.

Sudah pasti, dengan asupan yang baik maka burung kacer akan menghasilkan suara yang lantang dan juga gacor deh. 

Pakan yang biasa diberikan antara lain adalah jangkrik, kroto, belalang, cacing tanah dan juga ulat hongkong. 

Membersihkan Kandang Kacer Secara Berkala

Salah satu cara merawat burung kacer yang benar adalah dengan menjaga lingkungan tempat tinggalnya. Faktor lingkungan yang dimaksudkan disini adalah kebersihan dari kandang burung kacer ini.

Jika kandang bersih, pastinya kacer akan terhindar dari berbagai penyakit yang bisa menyerangnya. 

Ini bisa terlihat dari gerakan burung kacer yang gesit, lincah serta aktif dalam berkicau setiap hari. Perilaku ini juga bisa menunjukan bahwa burung kacer yang kamu pelihara terhindar dari suasana yang stres.

Nah oleh karena itu, sebaiknya kamu membersihkan kandang burung kacer secara rutin setiap sekali sehari.

Memandikan Burung Kacer

Saat kita berbicara tentang tips kesehatan untuk burung kacer berarti kita tidak boleh melewatkan hal ini.

Cara merawat burung kacer selanjutnya adalah dengan cara menjaga kebersihannya. Sebagai pemilik kamu harus rutin memandikan burung kacer lalu menjemurnya. 

Kamu bisa membersihkan burung kacer dengan cara menyemprotkan air menggunakan sprayer. Atur sprayer hingga mendapatkan butiran air yang lembut lalu semprotkan ke arah burung kacer secara merata.

Kamu bisa memandikan burung kacer pada pagi hari karena ini adalah waktu terbaik untuknya. Jangan lupa untuk menjemur burung kacer selama 20 menit di rentang pukul 8-10 pagi hari.

Melakukan Pemasteran Pada Burung Kacer

Nah  jika kamu sudah memperhatikan kesehatan dan kebersihan kandang dari burung kacermu, kali ini kamu harus melatih dan mematangkan suara gacor burung kacer dengan cara melatihnya menggunakan burung kacer lain.

Burung kacer yang kamu cari adalah burung kacer yang benar-benar memiliki suara yang merdu dan gacor. 

Hal ini agak sedikit sulit, karena kamu tidak akan mudah mendapatkan burung kacer yang gacor untuk dijadikan tandem. Tapi ada beberapa hal seperti download suara burung kacer di youtube atau website lain yang bisa kamu pasang untuk diperdengarkan pada burung kacer kamu.

Waktu terbaik untuk melatih burung kacer adalah di sore hari karena sore hari suhu udaranya cukup pas bagi burung kacer.  Lakukan proses ini secara rutin setiap harinya.

Menempatkan Burung Kacer di Lingkungan yang Tepat

Burung kacer termasuk burung yang tidak suka dengan keramaian. Mak dari itu sebaiknya kamu bisa memilih lokasi kandang yang lebih tenang dan jauh dari kegaduhan.

Saat kamu taruh burung kacer di tempat yang tidak tenang, burung ini bisa saja mengalami stres lalu tidak mau mengeluarkan suaranya.

Tapi bukan berarti kamu taruh burung ini di gudang kosong yang tidak terpakai ya. Sesekali kamu juga harus melatih mentalnya supaya tidak takut dengan orang lain atau burung lainnya.

Kamu bisa sesekali menaruhnya berdampingan dengan kandang burung lain agar dia belajar berinteraksi satu sama lain. 

Membuat Burung Kacer Menjadi Jinak

Setelah melakukan beberapa perawatan, dengan mengikuti panduan cara merawat burung kacer yang sudah dijelaskan di atas kali ini kamu perlu mengetahui bagaimana cara menjinakkan burung kacer kesayanganmu.

Hal ini akan memudahkan kamu dalam melatih burung kacer agar suaranya gacor.

Cara menjinakkannya cukup mudah. Tapi kamu harus memiliki sifat dasar yang sabar ya karena burung kacer tidak bisa langsung cepat untuk jinak di tangan kita.

Kamu bisa memulai menjinakkannya dengan cara mengelus secara rutin bulu-bulunya sambil memberikan makanan kacer

Selagi kamu mengelus dan memberikannya makanan, kamu bisa mengajak kacer berbicara dengan tujuan memberikan rangsangan terhadap burung kacer untuk mengeluarkan suaranya.

Bentuk rangsangan lain bisa kamu lakukan dengan cara bersiul menirukan suara burung kacer. Lakukanlah secara rutin saat kamu sedang dekat dengan kandangnya. 

Menutup Kandang Kacer Pada Saat Tertentu

Saat kondisi cuaca yang cukup dingin, kamu bisa menutup kandang burung kacer dengan kerodong burung yang kamu miliki. Hal ini berguna untuk menjaga kesehatan burung kacer peliharaanmu dari ancaman penyakit.

Burung kacer bisa saja terkena penyakit karena ketidakstabilan suhu pada tubuhnya sehingga tubuhnya menjadi rentan.

Fungsi lain dari pengerodongan antara lain bisa membuat suhu kandang menjadi hangat serta kacer akan merasa nyaman, mencegah pemangsa burung kacer untuk memangsanya di malam hari atau menjauhkan dari kebisingan-kebisingan yang terjadi saat disekitar kandang kacer banyak orang yang beraktivitas.

Nah itulah dia beberapa cara merawat burung kacer dengan mudah agar suaranya gacor. Dengan mengikuti saran di atas, kamu tidak bisa langsung memiliki burung kacer yang gacor, butuh waktu dan konsistensi dalam melatih burung kacer agar menjadi gacor.

Semoga informasi ini bermanfaat buat kamu yang ingin memelihara burung kacer ini, sampai jumpa!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Burung terbaru lainnya!

Terbit: Selasa, 29 September 2020, 16:00 WIB
Update pada: Selasa, 29 Desember 2020, 16:00 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • http://birdcare.com.au/magpie_robin.htm
  • https://en.wikipedia.org/wiki/Oriental_magpie-robin
  • https://hot.liputan6.com/read/3927967/6-cara-merawat-burung-kacer-agar-sehat-dan-gemar-berkicau
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Kucica_kampung
  • https://www.beautyofbirds.com/orientalmagpierobins.html

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis dan editor situs PintarPet yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, musang, iguana dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar