Hari ini: Kamis, 09 Desember 2021
Rabu, 17 Februari 2021, 10:00 WIB

Rekomendasi 9 Makanan Burung Kacer Biar Gacor, Terbaik!

Rekomendasi 9 Makanan Burung Kacer Biar Gacor, Terbaik!

makanan burung kacer - bukalapak

Ingin burung kacer tetap sehat dan suaranya gacor? Berikan saja makanan burung kacer terbaik ini untuk perawatan kacer yang lebih maksimal

Burung Kacer atau lebih umum dikenal dengan burung Murai merupakan salah satu burung kicau yang paling banyak digemari. Makanan burung Kacer menjadi salah satu faktor penting dalam hal tersebut.

Suara kicaunya yang indah dan merdu memang banyak ditunjang melalui asupan makanannya. Oleh karena itu, banyak pemiliknya mencari makanan terbaik.

Buat Sobat Pintar yang memelihara burung Kacer dan bingung ingin memberikan makanan apa agar Kacer gacor siang malam, kali ini kita akan membahasnya dengan lengkap.

Rekomendasi Makanan Burung Kacer Biar Gacor dan Sehat

Makanan Burung Kacer
makanan burung kacer - liputan 6

Memberikan makanan pada burung Kacer tidak bisa sembarangan lho, Sobat Pintar. Apalagi kalau kamu ingin punya burung Kacer yang gacor alias gemar berkicau dan terhindar dari penyakit.

Kamu juga harus rutin dalam memberikan makanan dan sesuai dengan kebiasaan mereka. Rutinitas ini juga bisa membuatnya lebih berkualitas dan punya harga jual tinggi.

Dengan begitu bagi kamu yang ingin melombakan atau berternak burung Kacer, maka memilih makanan terbaik sangat penting.

Sehingga burung Kacer milik kamu akan menjadi gesit, lincah, bertubuh sehat, perawakan gempal dan kicau yang merdu agar bisa bersaing di ajang kicau.

Apa saja makanan burung kacer terbaik? Simak penjelasannya berikut ini ya!

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Burung lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Serangga

Burung kacer di alam liar sangat menyenangi serangga. Oleh karena itu, salah satu makanan terbaik yang bisa kamu berikan adalah serangga seperti semut, belalang, jangkrik, ulat, dan kelabang.

Bagi Kacer, serangga merupakan daging yang lezat dan mengenyangkan. Selain itu juga bermanfaat karena kandungan proteinnya yang tinggi.

Rutin memberikan pakan serangga mampu menjaga kesehatan dan meningkatkan kualitas kicau burung tersebut.

Untuk pemberian pakannya, kamu bisa memberikan serangga seperti jangkrik di pagi dan sore hari, dengan jumlah kira-kira 5 ekor dalam sekali penyajian.

2. Sayuran dan buah

Selain serangga, kamu juga bisa memberikan sayuran segar seperti selada, kangkung, tauge, atau sawi. Rasa sayuran yang nikmat dan segar bisa membuat burung Kacer selalu bugar.

Kamu bisa memberikan sayuran tiap dua hari sekali sebagai variasi makanannya.

Kemudian, kamu juga bisa memberikan jenis buah tertentu seperti pepaya, pisang, timun, apel, dan jeruk. Buah bisa membantu kelancaran sistem pencernaan mereka.

Sama seperti sayuran, dalam memberikan buah juga harus dipotong kecil-kecil agar bisa dikonsumsi oleh burung Kacer dengan baik.

Untuk tambahan, kamu bisa juga menyiapkan biji-bijian sebagai alternatif. Misalnya seperti beras, jagung, kacang hijau, gandum, dan jewawut.

3. Kroto

Kroto merupakan salah satu jenis makanan burung yang familiar dan paling sering diberikan. Kroto berasal dari telur semut merah atau semut rangrang.

Jenis pakan ini memiliki kandungan protein yang sangat tinggi, maka dari itu sering dijual dengan harga mahal.

Walaupun burung Kacer menyukai kroto, kamu tidak perlu memberikannya setiap hari. Cukup berikan dua kali selama seminggu agar tidak membuatnya gemuk dan sekaligus menghemat biaya.

Selain itu, kroto juga memiliki manfaat untuk merangsang performa kicauannya. Perlu diingat, hentikan pemberian kroto dua hari sebelum melombakan burung Kacer.

4. Ikan

Burung Kacer Makan Ikan
burung kacer makan ikan - omkicau

Burung Kacer juga menyukai ikan. Ikan dapat melengkapi nutrisi penting yang dibutuhkan burung Kacer.

Kamu bisa memberikan ikan apapun yang berukuran kecil, tulang cumi atau sotong. Banyak penggemar burung menyebutkan bahwa ikan bermanfaat baik bagi burung.

Umumnya ikan diberikan pada burung yang stres agar bisa merangsang performa kicauannya. Kandungan omega-3 dan 6 dalam ikan juga dapat meningkatkan kesehatannya.

Saat menyajikan ikan, jangan lupa potong ikan menjadi kecil-kecil agar mudah dimakan oleh burung.

5. Cacing

Nggak hanya menyehatkan, cacing juga bisa meningkatkan tingkat birahi burung Kacer. Baik banget untuk burung peliharaanmu yang sudah mendekati masa kawin.

Cacing juga cocok sebagai pakan harian karena mengandung protein yang cukup dan tidak berisiko membuat burung Kacer jadi kegemukan.

Kamu bisa memberikan beberapa jenis cacing, misalnya seperti cacing tanah dalam bentuk potongan kecil agar mudah dimakan.

Berikan pakan tambahan ini dua kali dalam seminggu sebagai kombinasi dari jenis pakan burung Kacer lainnya.

6. Ulat Hongkong/Cicak

Protein untuk burung Kacer juga bisa kamu dapatkan dari beberapa hewan kecil seperti cicak kecil, ulat daun pisang, dan ulat Hongkong.

Hewan-hewan tersebut juga termasuk beberapa makanan alami yang mereka nikmati selama di alam bebas.

Ulat Hongkong mengandung protein dan kalori yang cukup bagus. Karena bersifat extra fooding atau makanan tambahan, sebaiknya tetap perhatikan takaran pemberiannya.

Pemberian ulat Hongkong tidak boleh berlebihan karena sifat pakan ini menghangatkan tubuh Kacer. Kamu bisa memberikan 6 ekor ulat Hongkong menjelang perlombaan.

7. Voer

Voer merupakan istilah untuk makanan burung buatan yang di dalamnya sudah terdapat beberapa gizi penting, seperti serat, mineral, dan protein.

Gizi dan nutrisi tersebut sangat dibutuhkan oleh burung Kacer agar tetap sehat. Kamu bisa memilih beberapa mereka voer untuk kacer yang tersedia di pasaran.

Voer umumnya berbentuk bulat bisa diberikan setiap hari dengan jumlah takaran yang pas. Kamu juga bisa mencampur voer dengan extra fooding lainnya agar burung tidak bosan.

Setelah memberikan voer, jangan lupa untuk selalu membersihkan sisa-sisanya yang menempel di wadah makanan untuk mencegah tumbuhnya jamur.

Kamu bisa melakukan hal tersebut secara rutin setiap dua hari sekali ya, Sobat Pintar.

8. Daun Mengkudu

Sama halnya dengan buah mengkudu, daun mengkudu mengandung nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh burung yang rajin nyanyi atau burung kicauan. Daun mengkudu mempunyai manfaat seperti membuat tekanan darah dari burung lebih stabil.

Dengan tekanan darah yang stabil, konsentrasi dan stamina dari burung akan meningkat. Apalagi jika burung ini memang dipersiapkan untuk kontes.

Dengan konsentrasi yang maksimal, maka burung akan mudah dilatih saat proses mastering itu dilakukan.

Cara memberikan daun mengkudu ada banyak, kamu bisa memberikannya langsung kepada burung kacer berupa lembaran daun yang sudah dipotong kecil-kecil, atau dengan cara ditumbuk hingga menjadi halus.

9. Jahe

Banyak orang yang tidak menyangka bahwa makanan ini bisa sangat bermanfaat untuk kacer kesayanganmu.

Sebagai produk tradisional, jahe yang sudah terkenal dapat dimanfaatkan manusia untuk obat-obatan herbal, kini bisa kamu manfaatkan juga untuk burung kacer.

Pada burung kacer, jahe mempunyai khasiat untuk meningkatkan stamina menjadi lebih bertenaga. Hal ini sangat dibutuhkan kacer untuk memulihkan stamina pasca berlomba.

Bukan hanya itu, jahe juga berguna untuk membuat sistem pernafasan burung kacer menjadi lebih plong. Hal ini sangat efektif untuk menyembuhkan infeksi tenggorokan dan serak pada burung kacer.

Dengan memanfaatkan jahe sebagai makanan yang bisa kamu berikan, diharapkan kacer mempunyai kualitas suara yang lebih nyaring dengan nafas yang lebih panjang.

Cocok untuk kamu yang ingin mempersiapkan burung kacer kesayangan untuk mengikuti kontes.

Itulah dia makanan burung Kacer yang bisa membantu mereka cepat gacor atau gemar berkicau dan sehat, terhindar dari berbagai macam penyakit.

Berikan makanan yang berkualitas tinggi untuk mendapatkan hasil yang berkualitas tinggi pula.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Burung terbaru lainnya!

Terbit: Rabu, 25 November 2020, 19:30 WIB
Update pada: Rabu, 17 Februari 2021, 10:00 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://hewany.com/makanan-burung-kacer/
  • https://okdogi.com/jenis-pakan-kacer/
  • https://wikicau.com/makanan-burung-kacer/
  • https://www.jalaksuren.net/jenis-makanan-terbaik-untuk-burung-kacer-agar-bisa-gacor/

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar