Hari ini: Kamis, 09 Desember 2021
Rabu, 23 Desember 2020, 10:00 WIB

Rahasia Makanan Burung Pleci Agar Cepat Gacor dan Ngeplong, Jaminan Jawara!

Rahasia Makanan Burung Pleci Agar Cepat Gacor dan Ngeplong, Jaminan Jawara!

makanan burung pleci - ams birds cornell

Makanan burung pleci liar tentu tidak sama dengan pleci peliharaan, terutama untuk kontes. Inilah rahasia makanan burung pleci agar cepat gacor & ngeplong!

Walaupun termasuk salah satu jenis burung kicau kecil, namun burung pleci dikenal dengan suara kicauannya yang keras dan lantang, lho.

Untuk suaranya kian gacor dan ngeplong, maka salah satu hal yang perlu Sobat Pintar perhatikan saat merawat burung pleci adalah mengenai pemilihan makanannya.

Memilih asupan makanan burung pleci terbaik sangat penting untuk menjaga kondisi kesehatan, agar tubuh merekaa tetap sehat dan bugar.

Terlebih untuk burung pleci yang diikutsertakan dalam kontes, tentu memerlukan makanan khusus. Misal ditambahkan dengan berbagai vitamin burung kicau yang direkomendasikan.

Penasaran apa saja makanan kesukaan pleci yang bagus untuk kesehatan tubuhnya? Berikut PetPi sudah rangkum berbagai pilihan makanan burung pleci yang perlu kamu perhatikan.

Mengenal Jenis Makanan Burung Pleci di Alam Liar

Makanan Burung Pleci Di Alam Liar
makanan burung pleci di alam liar - nhpbs

Burung pleci yang tergolong ke dalam famili Zosteropidae ini mudah dikenali dengan adanya ciri corak putih di sekitar area mata (white-eye) yang mirip seperti kacamata.

Dari sekitar 100 spesies burung pleci, umumnya memiliki ukuran panjang sayap kurang lebih 11 cm. Warnanya pun mulai dari keabuan, kecoklatan, hingga kuning kehijauan.

Jenis burung kicau peliharaan ini menyebar luas, mulai dari kawasan Afrika, Asia Selatan, Asia Tenggara, Australia, hingga Selandia Baru dengan habitat bersuhu hangat.

Melansir laman Britannica, burung pleci menghabiskan sebagian besar waktunya di atas pepohonan (arboreal) yang tentu mempengaruhi pilihan makanan mereka.

Adapun jenis makanan burung pleci liar, mulai dari serangga, nektar, buah-buahan lunak atau berukuran kecil, dan biji-bijian.

Rekomendasi Makanan dan Minuman Burung Pleci Biar Gacor dan Ngeplong

Makanan Burung Pleci
makanan dan minuman burung pleci - cage and aviary birds

Ada berbagai jenis burung pleci yang populer dipelihara, seperti burung pleci dada kuning, burung pleci bustomi, burung pleci auri, burung pleci papua, dan burung pleci lombok.

Harga burung pleci pun bervariasi, hal ini tergantung dari jenis dan kualitasnya. Makin sering burung pleci menjuarai kontes, maka semakin mahal harganya.

Jika Sobat Pintar menginginkan burung yang sehat dan suaranya gacor, berikut pilihan makanan burung pleci alami dan racikan yang bisa kamu berikan.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Burung lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Pakan Pabrikan (Voer)

Sama halnya seperti burung kicau peliharaan lainnya, voer banyak dipilih sebagai pakan pokok burung pleci karena praktis dan sudah memiliki kandungan nutrisi yang memenuhi kebutuhannya.

Untuk mendapatkannya pun cukup mudah, di mana Sobat Pintar bisa menemukannya di pet shop, toko perlengkapan burung, dan ecommerce.

Pakan pabrikan ini hadir dalam berbagai merek yang bisa disesuaikan keperluan pemilik masing-masing. Adapun beberapa merek voer yang bagus buat pleci, di antaranya:

  • Voer 220 Volt, merupakan pilihan voer yang paling bagus untuk jenis burung pemakan serangga dan buah. Jenis voer ini cocok sebagai pakan harian atau kontes. Harga voer 2020 Volt berkisar antara Rp30.000 - Rp35.000 per kemasan.
  • Voer Golden Cup, merupakan salah satu pilihan makanan burung pleci impor yang memiliki harga relatif terjangkau dibanding merek lain. Jenis voer ini memiliki kandungan protein tinggi dan multivitamin untuk menjaga penampilan bulu, kondisi sehat energik, menghindari stres, dan suara kicauan gacor. Harga voer Golden Cup berkisar Rp40.000 - Rp55.000 per kemasan.
  • Voer Leopard, merupakan merek voer burung pleci termurah yang bisa ditemukan di pasaran saat ini. Voer ini memiliki kandungan gizi cukup untuk menjaga kondisi tubuh dan mencegah stres. Harga voer Leopard berkisar antara Rp6.000 - Rp8.000 per kemasan.

2. Buah-Buahan

Seperti makanan burung pleci liar, Sobat Pintar juga bisa memberikan buah-buahan sebagai pakan yang bersifat sebagai tambahan saja.

Artinya kamu bisa memberikan buah-buahan pada saat tertentu saja, sebagai selingan voer sebagai pakan harian burung pleci.

Jenis buah-buahan yang diberikan pada burung pleci umumnya yang memiliki tekstur lembut, seperti:

  • Pisang;
  • Pepaya;
  • Apel;
  • Pir;
  • Jambu;
  • Kelengkeng;
  • Wolfberry (goji berry);
  • Jeruk; dan
  • tomat

Sebaiknya hanya berikan buah-buahan segar yang masih mengandung banyak nutrisi dan tinggi kandungan air.

Jangan lupa untuk mencuci bersih dan potong kecil buah sebelum diberikan. Untuk beberapa buah, seperti apel dan pir sebaiknya buang biji dan kulitnya.

Hal ini karena biji apel dan pir mengandung senyawa amygdalin (hidrogen sianida) yang beracun bagi burung pleci dan bisa menyebabkan kematian.

3. Sayur-Sayuran

Beberapa sayuran juga bisa dijadikan sebagai makanan burung pleci berkualitas, dikarenakan kandungan vitamin dan mineral yang dimilikinya.

Sayuran juga memiliki kandungan air tinggi yang berfungsi sebagai pengganti air dan menjaga tubuh burung pleci tetap terhidrasi dengan baik.

Sebelum memberi sayuran, jangan lupa untuk mencuci bersih terlebih dulu dan memberinya dalam kondisi segar. Adapun beberapa jenis sayur-sayuran untuk burung pleci, di antaranya:

  • Mentimun;
  • Sawi;
  • Wortel; dan
  • Gambas/Oyong.

4. Kacang-Kacangan

Sebagai tambahan protein nabati, Sobat Pintar juga bisa memberikan kacang-kacangan, misalnya kacang tanah, kacang kenari, atau kacang hijau sebagai pilihan makanan burung pleci.

Makanan kesukaan pleci umumnya memiliki tekstur lembut, sehingga kamu perlu merebus kacang-kacangan terlebih dulu sebelum memberikannya.

Atau tidak kamu juga bisa memberikan kecambah yang mudah ditemukan dan memiliki nutrisi sebanding dengan kacang-kacangan.

5. Serangga

Burung pleci juga termasuk golongan burung pemakan serangga di alam liar. Namun sebagai peliharaan, serangga secara umum hanya dijadikan sebagai pakan tambahan alias extra fooding (EF).

Serangga yang memiliki protein tinggi ini bisa diberikan sesekali untuk meningkatkan stamina, sehingga burung pleci bisa memiliki suara gacor dan ngeplong.

Sobat Pintar bisa memberikan ulat hong kong, kroto, atau jangkrik. Saat memberikan jangkrik, sebaiknya buang bagian kaki tajam agar mempermudah burung pleci saat memakannya.

6. Air Minum

Hal yang tak kalah penting dalam asupan makanan burung pleci adalah air minum yang harus selalu tersedia dalam kondisi yang bersih sepanjang waktu.

Pastikan kondisi wadah air minum selalu bersih. Sobat Pintar bisa rutin mengganti air dalam wadah sehari sekali atau kalau sudah dirasa sudah kotor dan tidak layak minum.

7. Racikan Minuman

Khusus untuk burung pleci kontes, beberapa pemilik juga memberikan racikan minuman untuk memancing suara burung pleci dan membuatnya berkicau terus-menerus.

Beberapa racikan minuman pleci alami dan yang sering dipergunakan saat kontes sebagai berikut.

  • Racikan air gula, sebagai pengganti nektar dengan perbandingan 1:4 antara takaran air dan gula yang dipergunakan.
  • Racikan air minum dengan multimineral, sebagai penambah nutrisi agar burung pleci tidak mudah terserang penyakit dan staminanya terjaga.
  • Racikan bawang putih dan jeruk nipis, didapatkan dengan mencampur bawang putih, jeruk nipis, gula merah, madu, dan air yang berfungsi sebagai doping burung pleci saat kontes.
  • Racikan larutan penyegar, didapat dengan mencampur larutan penyegar, vitamin, dan madu dan hanya digunakan saat hendak kontes untuk mengatasi suara serak dan melancarkan suara burung pleci.

Racikan di atas mungkin tidak terlalu dibutuhkan, terutama bagi Sobat Pintar yang memelihara burung pleci sebagai peliharaan di rumah saja.

Namun untuk yang hendak mengikuti kontes burung kicau, tentu pemberiannya perlu diawasi dengan terlebih dahulu meminta saran pakar atau pecinta burung pleci, ya.

Itulah dia ulasan lengkap mengenai pilihan makanan burung pleci terbaik, baik yang ditujukan sebagai hewan peliharaan di rumah maupun hendak diikutsertakan dalam kontes.

Semoga informasi yang sudah PetPi rangkum di atas bermanfaat dan sampai jumpa di lain kesempatan. 

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Burung terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://burungnya.com/18-makanan-dan-minuman-yang-bagus-untuk-pleci-biar-gacor-ngalas/
  • https://kacer.co.id/pakan-burung-pleci/
  • https://www.britannica.com/animal/white-eye
  • https://www.encyclopedia.com/environment/encyclopedias-almanacs-transcripts-and-maps/white-eyes-zosteropidae

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, reptil dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar