Hari ini: Senin, 15 April 2024
Rabu, 15 Februari 2023, 18:30 WIB

Mengenal Ciri-ciri Ikan Mas Beserta Manfaat dan Jenis Makanannya

Mengenal Ciri-ciri Ikan Mas Beserta Manfaat dan Jenis Makanannya

keunikan ikan mas - arenatani

Ikan mas merupakan hewan air yang sangat populer di Indonesia. Selain enak, ikan mas juga memiliki banyak manfaat bagi manusia sehingga kerap dibudidayakan.

Sobat Pintar, pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan binatang air yang satu ini, bukan? Ya, ikan mas merupakan jenis ikan air tawar yang hidup di sungai-sungai yang ada di Indonesia.

Selain itu, ikan ini juga menjadi ikan budidaya sejak tahun 1920-an. Mungkin ini adalah sebuah fakta yang jarang atau bahkan belum kamu dengar sebelumnya dan bahkan mungkin saja kamu juga belum tahu lebih dalam tentang ikan mas.

Maka dari itu, yuk mari langsung saja kita bersama-sama simak ulasan lengkap dari PetPi terkait ikan yang satu ini untuk mengetahui manfaat, ciri-ciri dan makanan ikan mas di bawah ini.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Ikan lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Apa itu Ikan Mas? Ikan Favorit Banyak Orang

Mengenal Ikan Mas Lebih Dekat
mengenal ikan mas lebih dekat - gramedia

Mungkin bagi sebagian orang sudah tahu tentang ikan yang satu ini. Namun, tidak jarang masih banyak orang yang belum tahu secara pasti tentang ikan air tawar yang bisa dicampur ini.

Perlu kamu tahu bahwa ikan mas atau ikan karper (Cyprinus carpio) adalah ikan populer yang hidup di habitat air tawar yang berada di Indonesia. Karena digemari masyarakat, membuat budidaya ikan mas meningkat dari tahun ke tahun.

Meskipun populer, ternyata ikan ini berasal dari China, Taiwan, Eropa dan Jepang. Hingga saat ini, ada lebih dari 10 jenis ikan mas yang telah teridentifikasi berdasarkan ciri fisik atau morfologinya.

Dalam beberapa daerah Indonesia, ikan ini memiliki julukan masing-masing. Mulai dari ikan raja, ikan tombro, ikan kancra, ikan rayo dan masih banyak lainnya.

Manfaat Ikan Mas bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Khasiat Ikan Mas
khasiat ikan mas - theconversation

Ikan ini sendiri termasuk golongan ikan populer dan favorit dari berbagai kalangan. Karena rasa dan kandungan nutrisi di dalamnya sangat baik untuk kesehatan.

Kamu pasti penasaran apa saja manfaatnya, bukan? Berikut ini ada beberapa manfaat ikan mas yang perlu kamu ketahui, yaitu:

Mengontrol Berat Badan

Salah satu manfaat dari mas adalah mampu membantu menjaga dan mengontrol berat badan. Ini karena kandungan penting dalam minyak yang berfungsi untuk mengurangi kadar lemak jahat.

Selain itu, ikan tawar mas juga rendah kalori. Sehingga bisa Sobat Pintar masukkan ke dalam menu diet.

Mencerdaskan Otak

Banyak yang belum tahu bahwa ikan tawar mas jika kamu konsumsi dalam membantu mencerdaskan otak. Kamu pasti sering kali menemui suplemen produk kecerdasan untuk anak.

Sebenarnya suplemen tersebut berasal dari ikan tawar mas, tepatnya dari minyak ikan. Tentu saja minyak ikan mengandung nutrisi DHA atau Docosahexaenoic Acid.

Kandungan ini dapat membantu merangsang perkembangan otak pada anak-anak.

Mencegah Kanker Payudara

Salah satu manfaat dari konsumsi ikan tawar mas adalah dapat membantu mencegah kanker payudara pada wanita. Berdasarkan penelitian, ikan dapat menghambat pertumbuhan sel kanker terutama kanker payudara.

Bahkan juga bisa membantu meminimalisir beberapa jenis kanker lainnya seperti kanker usus dan kanker prostat.

Menjaga Kesehatan Jantung

Tidak boleh terlewat manfaat yang satu ini yaitu ikan yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Kandungan Omega 3 di dalam ikan ini dapat mengontrol detak jantung agar tetap dalam keadaan normal.

Menunda Penuaan Dini

Manfaat terakhir dari ikan tawar mas adalah membuat kamu terlihat lebih muda. Hal ini terjadi karena ikan mas memberikan nutrisi yang baik untuk kulit wajah, sehingga kerutan tumbuh lebih lambat. Siap-siap deh, kamu akan jadi lebih awet muda!

Ciri-ciri Ikan Mas yang Perlu Kamu Ketahui

Mengenal Ikan Mas Lebih Dekat
mengenal ikan mas lebih dekat - umn.edu

Bukan hanya soal manfaat, namun PetPi kali ini juga akan menjelaskan tentang ciri-ciri dari ikan tawar mas itu sendiri.

Lantas, apa saja ciri-ciri ikan mas yang penting untuk Sobat Pintar ketahui? Agar tidak tertukar dengan ikan koi, simak ciri-ciri lengkapnya berikut ini.

1. Sirip Punggung

Ikan ini memiliki bentuk sirip punggung yang memanjang dengan bagian belakang terdapat jari yang keras. Berbeda dengan sirip ketiga dan sirip keempat yang terlihat bergerigi. Sirip punggung ikan ini terletak berseberangan dengan permukaan sirip perut.

2. Sirip Dubur

Selanjutnya ada sirip dubur yang berbentuk tidak jauh berbeda dengan sirip punggung. Sirip ini memiliki jari-jari yang keras dengan bagian akhir yang bergerigi.

Berbeda dengan garis rusuk, gurat sisi atau linea lateralis ikan ini tergolong lengkap. Letaknya yaitu pada bagian tengah tubuh dengan bentuk  melintang mulai dari tutup insang hingga ke ujung belakang pangkal ekor.

3. Ciri Sirip Lainnya

Ikan yang satu ini juga memiliki sepasang sirip perut, sirip dada dan sirip punggung. Pada bagian sirip ekor memiliki tipe homoserkal karena bercabang dua yang sama panjang.

4. Sungut Ikan

Sadar atau tidak bahwa ikan mas juga memiliki sungut yang berukuran pendek pada bagian sekitar mulut. Ikan ini juga memiliki penutup insang (operculum).

5. Ukuran Tubuh

Jangan lupakan soal ukuran tubuh, ikan dewasa biasanya akan memiliki panjang tubuh sekitar 30-60 cm. Dengan rata-rata berat badan sekitar 0,5-4 kg. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa ikan dewasa bisa tumbuh mencapai berat 15-20 kg.

6. Perbedaan Ikan Jantan dan Betina

Ikan jantan dewasa akan memiliki sirip perut yang lebih besar daripada sirip perut betina. Kamu juga bisa melihat semua perbedaan dari bentuk dan ukuran ikan itu sendiri.

7. Ikan Mas adalah Hewan Omnivora

Ikan ini dapat memakan tumbuhan air dan juga ikan yang ukurannya lebih kecil. Bahkan tidak jarang juga akan memakan zooplankton, Moluska, krustasea, telur ikan, udang dan makro invertebrata lain.

8. Alam Hidup Ikan Tawar Mas

Secara alami, kamu bisa menemui ikan ini dalam danau atau sungai berair jernih, segar dan arus yang lambat.

Rekomendasi Makanan Ikan Mas Terbaik

Makanan Untuk Budidaya Ikan Mas
makanan untuk budidaya ikan mas - agrifarming

Setelah mengetahui manfaat dan ciri-cirinya, selanjutnya kamu juga bisa mengetahui apa saja makanan untuk ikan tawar mas yang tepat. Makanan yang tepat akan berpengaruh terhadap pertumbuhan ikan air tawar ini sendiri.

Agar ikan mas peliharaanmu cepat tumbuh besar, langsung saja simak beberapa rekomendasi pakan ikan mas berikut ini.

Ulat Daun Pisang

Ulat daun pisang adalah salah satu makanan alami ikan tawar mas yang mengandung gizi tinggi. Kandungan nutrisi lengkap dan protein yang tinggi sangat bagus untuk perkembangan ikan.

Kroto

Kroto sendiri adalah telur semut rangrang yang juga bisa kamu gunakan sebagai pakan untuk ikan tawar ini. Pakan ini juga termasuk salah satu pakan yang membantu mempercepat pertumbuhan ikan dengan kandungan protein yang tinggi.

Jangkrik

Bukan hanya ikan nila yang menyukainya, jangkrik juga merupakan salah satu makanan favorit ikan tawar mas yang dapat kamu pilih. Ini karena jangkrik mengandung protein tinggi bahkan 3 kali lebih tinggi daripada daging ayam.

Sekam Padi

Tidak lupa ada sekam padi yang bisa menjadi alternatif pakan agar ikan dapat berkembang dengan cepat. Sekam padi ini bisa kamu campur dengan tepung ikan, kotoran sapi, tetes tebu, arang kelapa yang dibuat menjadi pelet.

Cacing Tanah

Sama seperti ikan patin, kamu juga bisa memanfaatkan cacing tanah sebagai pakan ikan yang sudah pasti mengandung banyak protein. Sehingga akan lebih baik untuk perkembangan ikan.

Sobat Pintar, demikianlah ulasan lengkap terkait ciri-ciri ikan mas beserta manfaat hingga pakan yang tepat. Bagaimana menarik, bukan?

Terakhir, jangan lupa untuk konsumsi jenis ikan ini dalam jumlah yang cukup agar kesehatan tubuh kita tetap prima dan terjaga dengan baik, ya! 

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Ikan terbaru lainnya!

Baca juga artikel menarik berikut:

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://efishery.com/makanan-ikan-mas/
  • https://hewanpedia.com/mengenal-ciri-ciri-lengkap-ikan-mas/amp/
  • https://m.briliofood.net/amp/foodpedia/7-manfaat-ikan-mas-untuk-kesehatan-turunkan-risiko-sakit-jantung-2105035.html
  • https://manfaat.co.id/manfaat-ikan-mas/amp
  • https://rimbakita.com/ikan-mas/
  • https://www.ikan.info/mengenal-ciri-ciri-ikan-mas-secara-morfologi/
Share

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Ilmu Komputer (S.Kom.) Binus University 2013 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, ikan dan juga hewan peliharaan lainnya.

Ingin bekerja sama dengan PintarPet? Hubungi saya disini.

Komentar