Hari ini: Kamis, 09 Desember 2021
Senin, 06 September 2021, 08:00 WIB

Dijamin Suka! Ini 8 Jenis Makanan Ikan Aligator Terbaik Agar Tetap Prima

Dijamin Suka! Ini 8 Jenis Makanan Ikan Aligator Terbaik Agar Tetap Prima

makanan ikan aligator - youtube

Makanan ikan aligator banyak sekali macamnya, di mana dalam setiap jenisnya mengandung nutrisi yang sangat dibutuhkan. Berikut adalah pilihan makanannya

Sobat Pintar, mungkin ada yang ingin mencari tahu tentang makanan ikan aligator yang paling disarankan. ikan aligator adalah jenis ikan predator yang banyak dipelihara.

Dinamakan ikan aligator karena memang struktur bagian kepalanya sangat mirip dengan aligator atau buaya, sehingga banyak juga yang menyebutnya dengan ikan buaya. Selain mirip, ikan aligator juga dikenal sangat buas dalam kelasnya. 

Tidak heran jika ikan yang mampu mencapai panjang 3 meter ini menjadi hewan eksotis yang harus dimiliki oleh pecinta aquatic. Pada dasarnya, budidaya ikan alligator tidaklah asing lagi di Indonesia.

Hanya saja, membutuhkan perawatan yang tepat untuk bisa membuat ikan tersebut cepat besar dan sehat. Maka daripada itu, Petpi akan memberikan informasi jenis makanan apa saja yang bisa diberikan ke ikan predator yang satu ini.

Rekomendasi Makanan Ikan Aligator Yang Paling Disarankan

Makanan Ikan Aligator
makanan ikan aligator - youtube

Mengetahui jenis makanan untuk ikan aligator sangatlah penting. Apalagi jika sobat ingin membudidayakan ikan predator yang satu ini. Di bawah ini adalah jenis-jenis makanan untuk ikan buaya: 

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Ikan lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Ikan kecil

Dalam habitat aslinya, ikan aligator memangsa ikan-ikan kecil yang berada dekat dengan mereka. Maka, jika kamu ingin memelihara ikan ini, bisa memberikan ikan kecil sebagai pakan utama.

Protein yang terkandung dalam ikan-ikan kecil ini pun sangat baik untuk pertumbuhan. Tidak ada jenis pasti dari ikan-ikan kecil apa saja yang bisa diberikan. 

Selama itu ikan kecil dan juga masih segar, maka tidak masalah untuk kamu berikan. Perhatikan ketika kamu ingin memberikan pakan dari ikan kecil, usahakan ukurannya tidaklah terlalu besar untuk mulut ikan aligator.

Agar lebih aman, tidak ada salahnya juga untuk memotong lagi pakan ikan aligator ini sehingga mereka dapat dengan mudah memakannya. 

2. Pelet

Pemberian pelet sebagai makanan ikan aligator juga disarankan. Hanya saja, dalam pemilihan pelet ini harus kamu perhatikan. Karena untuk ikan aligator, pelet yang diberikan harus khusus untuk ikan predator.

Banyak pembudidaya yang sudah memasarkan pelet jenis ini. Apabila kamu susah mendapatkan pelet khusus ikan predator, maka bisa menggunakan pelet ikan lele. 

Selain itu juga, kandungan protein pada pelet pun tidak boleh dilewatkan. Sebisa mungkin carilah yang mengandung protein paling tinggi. Dimana memang untuk membuat ikan aligator cepat besar membutuhkan jumlah protein yang tinggi. 

3. Daging Ayam

Jenis makanan ikan aligator selanjutnya adalah daging ayam. Di mana memang daging ayam adalah salah satu pakan yang paling banyak disarankan.

Kendala dari pemberian daging ayam adalah harganya yang sedikit lebih mahal. Tapi kandungan yang ada dalam daging ayam sendiri sangatlah baik sekali untuk pertumbuhan dan kesehatan ikan aligator. 

Hanya saja, pemberian daging ayam ini tidak bisa diberikan kepada ikan buaya yang di bawah ukuran 50 cm. Alasannya adalah ikan aligator yang sudah mencapai ukuran 50 cm ke atas lebih membutuhkan banyak protein dibandingkan anakan ikan buaya. 

4. Kepiting

Kepiting juga menjadi salah jenis pakan yang disarankan untuk ikan aligator. Kandungan protein pada kepiting sangatlah tinggi. Tapi, perlu sobat ketahui bahwa kepiting tidak bisa dijadikan makanan utama.

Pemberiannya tidak boleh berlebihan, hanya bisa diberikan sebagai makanan selingan saja. 

Kelebihan dari kepiting adalah dapat membuat warna pada ikan alligator semakin cantik. Dalam kepiting terdapat kandungan yang disebut astaxanthin yang sangat baik sekali untuk membuat ikan alligator semakin bagus warnanya dan berkilau. 

5. Udang

Selain kepiting, udang juga mempunyai kandungan astaxanthin yang tinggi. Sehingga makanan ikan aligator yang satu ini akan sangat baik sekali untuk menonjolkan warna pada ikan aligator. Tidak hanya itu saja, udang pun juga sangat baik untuk menunjang pertumbuhan maksimal pada ikan predator ini. Namun, sama dengan kepiting, udang pun tidak boleh diberikan dalam jumlah yang berlebihan. 

6. Keong Sawah

Lebih sering dikenal dengan nama tutut, pakan yang satu ini pun juga sangat disarankan untuk diberikan kepada ikan aligator. Hewan yang sering disebut sebagai hama oleh para petani ini merupakan pakan yang baik sekali untuk ikan tersebut.

Kandungan protein pun juga sangat tinggi sehingga baik sekali untuk pertumbuhan dan kesehatan ikan aligator. 

Pemberiannya pun juga tidak boleh sembarangan, di mana sobat lebih baik tetap menjaga jumlahnya agar tidak berlebihan. Untuk cara pemberiannya, Petpi menyarankan memotong tutut terlebih dahulu. Sehingga ikan aligator dapat memakannya dengan lebih mudah. 

7. Kerang

Pakan yang baik untuk ikan aligator memang yang memiliki kandungan protein yang tinggi, di mana kerang pun juga sangat disarankan untuk dijadikan makanan ikan aligator.

Pemberian pakan dari kerang ini lebih banyak direkomendasikan karena mudah didapatkan dan jenisnya pun banyak. 

Sobat pintar pun bisa memberikan kerang laut ataupun kerang air tawar. Untuk cara pemberiannya, lebih baik pecahkan cangkangnya terlebih dahulu. Ini bertujuan agar ikan aligator bisa memakan kerang dengan lebih mudah. 

8. Cacing

Jenis makanan terakhir yang bisa diberikan kepada ikan aligator adalah cacing. Sobat pintar bisa memberikan cacing sebagai pakan utama untuk ikan predator yang satu ini.

Banyak pembudidaya yang menyarankan pemberian cacing karena mempunyai kandungan protein, mineral serta vitamin lainnya yang sangat baik untuk kesehatan dan pertumbuhan ikan. 

Tidak hanya itu saja, jenis cacing yang diberikan pun juga bisa dipilih seperti cacing tanah, cacing darah, cacing kalung dan sebagainya. Pemberiannya pun bisa secara langsung atau dipotong-potong terlebih dahulu.

Sobat Pintar, itulah beberapa jenis makanan ikan aligator yang sangat disarankan. Rata-rata makanan untuk ikan ganas ini memang mengandung protein yang tinggi untuk membuatnya cepat besar dan juga sehat. Semoga informasi yang Petpi berikan bisa bermanfaat. 

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Ikan terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://sukaikan.com/makanan-ikan-aligator/
  • https://www.hewan.id/ikan/makanan-ikan-aligator.html
  • https://www.hewanpeliharaan.org/ikan/aligator/makanan-ikan-aligator/

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar