Hari ini: Kamis, 09 Desember 2021
Sabtu, 12 Juni 2021, 16:00 WIB

Ini Dia Rekomendasi Makanan Ikan Channa Terbaik untuk Kesehatannya

Ini Dia Rekomendasi Makanan Ikan Channa Terbaik untuk Kesehatannya

makanan ikan channa - pinterest

Punya ikan gabus yang sedang banyak digandrungi pecinta aquascape? Berikut adalah makanan ikan channa yang direkomendasikan untuk kesehatannya

Hai, Sobat pintar. Ternyata banyak juga loh kolektor ikan hias yang memilih ikan Channa sebagai penghuni akuarium mereka, ikan predator ini memang menarik perhatian dikarenakan karakter, bentuk dan warnanya yang unik.

Tapi, sebenarnya susah atau tidak ya merawat ikan hias ini dan apa makanan ikan Channa? 

Namun sebelum membahas tentang perawatan dan makanan dari ikan ini, kita bahas sedikit tentang si ikan karena Petpi yakin masih banyak sobat pintar yang bingung ikan Channa itu ikan apa?

Simak dulu yuk pembahasan berikut ini.

Asal Usul Ikan Channa

Asal Usul Ikan Channa
asal usul ikan channa - pinterest

Channa sebenarnya adalah ikan Gabus hias yang belakangan ini menjadi ikan buruan para kolektor ikan hias, padahal seperti yang kita tahu jika ikan Gabus biasanya diburu dan dijadikan sebagai lauk makan atau digunakan sebagai obat tradisional yang berfungsi menyembuhkan luka.

Tapi, nyatanya itu tidak berlaku untuk ikan Channa. Bukannya dikonsumsi, ikan yang satu ini malah bisa menarik perhatian para kolektor ikan hias, padahal harga satu ekor ikan ini bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Tentu dengan harga yang fantastis tersebut banyak peternak ikan hias yang berlomba-lomba untuk membudidayakan ikan predator ini. Menariknya ikan Channa memiliki warna yang beragam dan ukurannya juga bisa sangat besar tergantung dengan sub-spesiesnya.

Ikan Channa termasuk ikan yang teritorial, artinya akan lebih baik jika memelihara satu ikan dalam satu akuarium. Karena jika ikan Channa dijadikan satu dengan ikan jenis lainnya, apabila ukurannya tidak sepadan dan secara karakter tidak cocok.

Maka mereka akan bertarung untuk memperebutkan area di dalam akuarium.

Nah, berikut ini Petpi akan kasih tau beberapa rekomendasi makanan terbaik untuk ikan Channa kesayanganmu.

Rekomendasi Makanan untuk Ikan Channa

Makanan Ikan Channa Terbaik
makanan ikan channa terbaik - info akua kultur

Tentunya jika sobat ingin memelihara ikan Channa, sobat harus tahu makanan yang tepat bagi ikan predator ini.

Karena makanan adalah faktor utama kelangsungan hidup si ikan dan tentunya dari makanan juga bisa menghasilkan ikan Channa dengan kualitas terbaik, pakan yang diberikan juga berpengaruh pada warna si ikan

Di bawah ini, Petpi akan memberikan daftar makanan apa saja yang bagus untuk ikan Channa peliharaan kalian :

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Ikan lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Udang

Di habitat aslinya udang adalah salah satu makanan ikan Channa, karenanya pemberian udang untuk ikan predator ini sangatlah baik dan dipercaya dapat memunculkan atau membuat warna si Channa menjadi lebih cantik.

Selain itu, udang juga dapat membantu mempercepat pertumbuhan ikan. Jika kamu tidak bisa memberikan udang segar, kamu juga bisa memberinya udang kering kemasan yang banyak tersedia di pasaran.

Cara pemberian udang untuk makanan Channa juga cukup mudah, sobat hanya perlu memotong udang menjadi beberapa bagian lalu tinggal ditebarkan di dalam akuarium.

2. Maggot

Maggot adalah larva dari lalat hitam besar. Kenapa Maggot menjadi pilihan makanan baik untuk Channa? Karena larva besar ini memiliki tingkat protein yang baik untuk pertumbuhan si ikan predator.

Menurut para kolektor Channa, maggot termasuk makanan eksklusif yang paling direkomendasikan. Salah satu contoh merk maggot yang terkenal untuk makanan channa maru yellow sentarum adalah Maggot BSF Yellow.

Pakan ikan channa berkualitas super ini mengandung protein sebesar 60% dan dilengkapi dengan ekstra pigmen kuning yang bisa meningkatkan warna kuning pada ikan channa peliharaanmu. 

3. Cacing Sutra

Karena memiliki kandungan protein, lemak dan nutrisi yang baik bagi ikan Channa, cacing sutra juga menjadi makanan wajib bagi si ikan predator.

Selain itu, cacing ini juga dapat melancarkan pencernaan ikan Channa karena mengandung serat dan mineral yang tinggi.

4. Jangkrik

Siapa sangka jika serangga yang terkenal suara khasnya ini merupakan makanan yang direkomendasikan untuk ikan Channa.

Karena ternyata jangkrik termasuk makanan favorit dari ikan predator ini, tentu jangkrik yang diberikan juga tidak sembarangan.

Jangkrik harus dipilih yang masih muda dan pastikan saat diberikan kepada si ikan dalam kondisi masih hidup.

Tujuan diberikan jangkrik hidup adalah untuk melihat keaktifan Channa saat berburu makanan, pasti akan tidak menarik jika sobat memelihara ikan predator tapi si ikan tidak memiliki karakter aslinya sebagai pemburu.

5. Ikan Kecil

Selain jangkrik, memberikan ikan-ikan kecil didalam akuarium Channa juga salah satu pilihan melatih insting berburunya dan ikan kecil juga memiliki protein yang cukup dalam membantu pertumbuhan ikan Channa.

6. Pelet

Masukan pelet dalam daftar makanan ikan Channa kalian. Karena selain praktis, pemberian pelet juga disarankan, apalagi biasanya pelet sudah dilengkapi dengan vitamin, nutrisi, protein dan kandungan lain yang memang dibutuhkan oleh Channa.

Jika kamu memiliki ikan channa blue pulchra, merk pelet kingchanna akan sangat cocok untuk ikan peliharaanmu. Lebih dari itu, makanan seharga Rp.19 ribuan ini juga mengandung Spirulina, Astaxanthin, Tanin, dan Flavonoid yang diformulasikan khusus untuk meningkatkan warna dan menjaga kesehatan si Channa.

7. Cacing Tanah

Variasi lain untuk makanan ikan Channa peliharaan kalian adalah cacing tanah. Kenapa cacing tanah direkomendasikan untuk si ikan, dikarenakan cacing tanah memiliki fungsi penyembuhan.

Jika ikan Channa peliharaan kalian memiliki kebiasaan menabrak kaca akuarium atau bertarung dengan ikan lain, tentu akan ada luka pada tubuhnya. Pemberian cacing tanah ini dapat membantu menyembuhkan luka-luka tersebut dengan cepat.

8. Kutu Air

Banyak pemilik ikan Channa yang memberikan kutu air sebagai makanan peliharaan mereka. Karena diyakini jika kutu air baik untuk pertumbuhan ikan Channa apalagi bagi ikan-ikan yang masih kecil, kutu air ini bagus dalam pertumbuhan tulang mereka tapi dengan pemberian takaran yang tepat. 

9. Kecoa Dubia

Kecoa dubia ini memiliki protein yang tinggi,bahkan protein yang dimilikinya jauh melebihi jangkrik dan cacing. Kecoa yang satu ini memiliki panjang rata-rata 4 sampai dengan 5 cm per ekornya, dengan ukurannya yang lumayan besar tentu cukup untuk dijadikan makanan bagi ikan Channa kesayangan kalian.

10. Ulat Hongkong

Ulat Hongkong sangat baik untuk pertumbuhan ikan Channa, karena ulat ini mengandung nutrisi yang cukup untuk lengkap bagi ikan Channa dan dipercaya dapat mempertebal tubuh si ikan.

Bagaimana Sobat pintar, apa rekomendasi makanan ikan Channa dari Petpi dapat membantu kalian dalam pemeliharaan si ikan Channa kesayangan?

Perlu Petpi ingatkan, untuk pemberian makanan usahakan tidak berlebihan karena dapat membuat air dalam akuarium menjadi keruh.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Ikan terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • http://nakamaaquatics.id/2021/03/07/7-pakan-untuk-ikan-channa-rahasia-para-master-urutan-ke-3-wajib/
  • https://www.iwakgalak.com/2020/03/6-rekomendasi-pakan-channa-maruliodes.html?m=1
  • https://www.tokopedia.com/ourfishstore/pelet-pakan-channa-kingchanna-ikan-channa-maru-auranti-blue-pulchra
  • https://www.tokopedia.com/sainthan/maggot-bsf-yellow-grade-a

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar