Hari ini: Kamis, 09 Desember 2021
Selasa, 22 Juni 2021, 16:00 WIB

7 Jenis Makanan Ikan Gurame Agar Makin besar dan Cepat Panen

7 Jenis Makanan Ikan Gurame Agar Makin besar dan Cepat Panen

makanan ikan gurame - bibitkan

Makanan ikan gurame terdiri dari beberapa jenis makanan yang bergizi sehingga bisa memaksimalkan pertumbuhan. Berikut rekomendasi makanan untuk ikan gurame

Sobat Pintar, ikan gurame adalah salah satu jenis ikan yang popular untuk dibudidayakan, mengingat bahwa ikan ini dikenal akan rasanya yang gurih.

Bagi sobat pintar yang memang ingin memelihara ikan gurame serta ingin membudidayakannya, sudah pasti harus mengetahui jenis makanan ikan gurame apa saja agar cepat besar dan siap panen. 

Jenis Makanan Ikan Gurame

Makanan Ikan Gurame
makanan ikan gurame - daya ternak

Memberikan makan untuk ikan gurame sendiri harus memperhatikan kebutuhan dari si ikan. Apalagi jika sobat pintar ingin membudidayakan ikan gurame ini, maka sudah pasti harus paham jenis makanan apa saja yang dapat diberikan.

Berikut ini telah Petpi rangkum jenis makanan untuk ikan gurame, berikut adalah daftarnya: 

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Ikan lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Pelet

Jenis makanan untuk ikan gurame yang pertama adalah pelet. Jenis makanan yang satu ini sendiri adalah yang paling umum, karena dalam jenis pakan ini terdapat nutrisi yang sudah cukup untuk diberikan kepada ikan gurame.

Ada dua jenis pelet yang ada di pasaran yaitu pelet apung serta pelet tenggelam. 

Untuk pelet tenggelam biasanya diberikan pada jenis ikan yang berada di tengah air atau pun dalam, seperti jenis ikan laut yaitu, kerapu.

Sedangkan untuk ikan gurame, pelet apung lah yang harus diberikan karena ikan ini termasuk ke dalam ikan permukaan. 

Dalam pemilihan pelet sendiri juga harus diperhatikan ukurannya. Karena ukuran pelet yang diberikan harus sesuai dengan bukaan dari mulut ikan gurame.

Tidak hanya itu saja, pemberian pelet pun ada takaran sendiri, di mana takaran pemberiannya adalah 8% dari ukuran ikan gurame. Berikanlah pelet ini 2 kali sehari pada pagi dan sore hari. 

2. Maggot

Ikan Gurame memang dikenal sebagai hewan pemakan segala, di mana maggot bisa menjadi salah satu makanannya.

Maggot sendiri adalah larva dari lalat, di mana jenis larva lalat ini sendiri mempunyai protein sekitar 44%. Dengan kadar protein tersebut mampu membuat ikan gurame cepat besar dan juga siap panen. 

Untuk mendapatkan jenis larva lalat ini sendiri, Kamu bisa melakukannya di rumah dengan menyediakan ampas tahu dengan ikan kering.

Kedua bahan tersebut nantinya Kamu fermentasikan terlebih dahulu. Apabila sudah, maka Kamu tinggal membuka fermentasi dari kedua bahan tersebut untuk mengundang lalat datang. 

Setelah lalat datang, maka mereka akan bertelur dalam jumlah banyak dan saat menetas akan menjadi maggot.

Apabila maggot atau larva ini sudah menetas, maka Kamu tinggal berikan saja kepada ikan gurame sesuai dengan takaran.

Perlu diingat jangan terlalu berlebihan memberikan pakan jenis ini, karena ikan yang kelebihan protein akan menyebabkan ikan sakit.

3. Daun Sente

Makanan ikan gurame yang selanjutnya adalah daun sente yang banyak sekali tumbuh di dekat kolam, apabila kolam yang Kamu gunakan adalah kolam tanah.

Daun sente ini sendiri memang sering kali ditemukan dekat dengan kolam ikan gurame, di mana para peternak ikan gurame percaya bahwa daun ini adalah salah satu makanan dari ikan tersebut. 

Daun ini sendiri sering disebut dengan daun talas, di mana bentuknya melebar dan batangnya tebal, namun lunak. Pemberian daun ini untuk menjadi pakan ikan gurame adalah dengan memisahkan antara daun serta batangnya.

Untuk daun sente sendiri Kamu bisa memberikannya secara langsung, sedangkan batangnya disarankan untuk dipotong tipis terlebih dahulu. 

4. Daun Pepaya

Selain daun Sante, makanan yang bisa diberikan ke ikan gurame adalah daun pepaya. Daun jenis yang satu ini mempunyai kandungan anti bakteri yang dapat memperkuat imun tubuh ikan gurame.

Satu lembar daun pepaya bisa cukup untuk sekitar 50 ekor ikan gurame. Namun, perlu diperhatikan bahwa daun ini memiliki getah yang cukup banyak. 

Sangat disarankan bagi Kamu yang ingin memberikan makan ikan gurame dengan daun pepaya untuk melakukannya terlebih dahulu.

Caranya sendiri sangatlah mudah, Kamu cukup memetik daun pepaya yang masih muda, kemudian jemur 2 hingga 3 hari sampai layu. Setelah itu bisa Kamu berikan utuh atau lebih baik diiris tipis.

5. Ampas Tahu

Makanan lainnya yang bisa diberikan kepada ikan gurame adalah ampas tahu. Bahan sisa dari pembuatan tahu ini sendiri sering dijadikan limbah, di mana ternyata ampas tahu dapat menjadi makanan yang menyehatkan bagi ikan gurame.

Dalam ampas tahu sendiri, terdapat kandungan protein sekitar 32% hingga 44 %, lalu juga ada kandungan lemak sekitar 18% hingga 22%.

Dengan kandungan protein dan lemak yang cukup tinggi tersebut, membuat pakan ini sangat cocok diberikan kepada ikan gurame kecil maupun besar. Selain itu, ampas tahu juga mampu memaksimalkan pertumbuhan ikan gurame sehingga dapat dipanen dengan lebih cepat.

Namun, perlu Kamu perhatikan bahwa kandungan protein pada ampas tahu tergantung dari cara pembuatannya. Apabila dibuat secara tradisional, kandungan proteinnya lebih tinggi dibanding cara mekanis.

6. Bekicot

Hewan yang satu ini mudah sekali untuk didapatkan, apalagi jika di area persawahan ataupun pedesaan. Bekicot sendiri mengandung protein hingga 60%, di mana ini cukup untuk memaksimalkan pertumbuhan pada ikan gurame.

Selain itu, kandungan lemaknya pun terbilang cukup yaitu sekitar 6%. 

Cara memberikan pakan dari bekicot ini adalah dengan mengeluarkannya dari cangkang, karena cangkang bekicot tidak dapat diberikan. Kamu juga bisa merebusnya terlebih dahulu selama 15 menit hingga 20 menit agar bekicot bisa mudah dikeluarkan dari cangkang.

Lalu bisa Kamu potong-potong kecil ataupun dihaluskan dengan menggunakan mesin penggiling daging. 

7. Jagung Rebus

Bagi Kamu yang ingin mempersingkat masa pemijahan dari ikan gurame, jagung rebus adalah pakan yang tepat. Pemberian jagung ini sendiri harus diperhatikan, di mana harus meletakan jagung dekat dengan lokasi di mana ikan gurame berkumpul.

Pemberiannya sendiri juga harus sesuai takaran yaitu sekitar 5% hingga 6% dari berat tubuh ikan gurame. 

Sobat Pintar, itulah beberapa jenis makanan ikan gurame yang sudah Petpi rangkum, agar bisa cepat dipanen. Di mana dengan memberikan pakan yang tepat dan juga sesuai takaran, maka ikan gurame bisa bertumbuh maksimal.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk sobat pintar. 

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Ikan terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://bacaterus.com/makanan-ikan-gurame-biar-cepat-besar/
  • https://berkebun.co.id/makanan-ikan-gurame/

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar