Hari ini: Kamis, 09 Desember 2021
Senin, 30 Agustus 2021, 16:00 WIB

7 Rekomendasi Makanan Udang Air Tawar Hias Terbaik, Dijamin Suka!

7 Rekomendasi Makanan Udang Air Tawar Hias Terbaik, Dijamin Suka!

makanan udang air tawar - premium buces

Makanan udang air tawar hias mudah untuk ditemukan dan bisa dibuat sendiri. Berikut ini jenis pakan yang disukai udang hias air tawar.

Sobat Pintar, tertarikkah kamu memelihara udang hias air tawar? Beberapa waktu belakangan ini penggemar aquascape memang bertambah dan membuat hewan tersebut semakin populer di kalangan masyarakat.

Bagi yang belum tahu aquascape, ini merupakan sebuah seni mengatur tanaman, karang, air, batu, kayu dan sebagainya dalam media kotak kaca yang menyerupai akuarium.

Aquascape bisa dibilang hobi yang cukup menarik karena bukan hanya tentang memelihara ikan, tetapi juga memelihara semua komponen yang ada di akuarium.  

Nah, udang hias salah satunya, sebab hewan ini identik terhadap fauna bagi aquascape. Kamu bisa memelihara udang hias bersama dengan ikan di dalam akuarium.

Kehadiran udang hias bukan hanya mempercantik tampilan aquascape-mu, tetapi juga dapat berperan sebagai algae eaters (fauna pemakan alga) yang dapat menjaga kebersihan dinding akuarium.

Jika tertarik memeliharanya, maka kamu harus tahu makanan udang air tawar hias. Simak informasi berikut untuk mengetahuinya!

Apa Makanan Terbaik Untuk Udang Hias Air Tawar?

Makanan Udang Air Tawar
makanan udang air tawar - planted nano tanks

Saat memelihara udang hias tentu kamu harus menyiapkan makanan atau pakan yang bisa menunjang perkembangan dan pertumbuhannya.

Meskipun mereka adalah fauna pemakan alga, sayangnya makanan tersebut tidak dapat menjamin keberlangsungan hidupnya. Jadi, kamu harus memberi pakan tambahan untuk memastikan kebutuhan nutrisi udang air tawar terpenuhi.

Bagi pemula, kegiatan seperti memilih makanan udang air tawar hias bisa dibilang sebuah dilema. Wajar apabila grup-grup Aquascape Indonesia dipenuhi oleh pertanyaan yang berkaitan dengan hal tersebut.

Ada yang menjawab udang hias cukup memakan alga dan sisa pelet ikan hias, tapi ada juga yang mengatakan bahwa pemilik harus memberikan pakan tambahan.

Nah, berikut ada beberapa jenis pakan udang hias air tawar yang bisa kamu pilih untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya.  

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Aquascape lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Kubis Rebus

Ada banyak jenis pakan yang bisa diberikan kepada udang hias, salah satunya adalah kubis rebus. Sayuran ini mengandung banyak gizi dan nutrisi yang bagus untuk keseimbangan hidupnya.

Kubis adalah sayuran yang mudah ditemukan di sekitar kita, kamu bisa membelinya di supermarket ataupun pasar tradisional.

Hampir ada 400 varietas kubis dengan warna dan bentuk berbeda-beda di dunia, salah satunya adalah kubis bulat berwarna hijau muda. Dalam kubis ini terkandung banyak gizi yang sering dimanfaatkan dalam budidaya udang.

Sebelum diberikan kepada udang hias, kamu harus merebusnya terlebih dahulu dan hancurkan supaya lebih mudah dicerna. Usahakan tekstur kubis rebus tidak terlalu lembut, ya.

Bersihkan sisa kubis yang tidak dimakan oleh udang hias supaya air dalam akuarium tidak kotor ataupun tercemar.

2. Sayur Bayam

Makanan udang air tawar hias selanjutnya yang bisa kamu berikan adalah sayur bayam, dimana sayuran segar ini merupakan salah satu pakan favoritnya.

Penyajian sayur bayam sama seperti kubis yaitu direbus terlebih dahulu kemudian dipotong kecil-kecil sebelum dimakan oleh udang. Jenis pakan alami ini bisa kamu jadikan sebagai menu pelengkap supaya udang hias kamu tidak merasa bosan dengan makanannya.

3. Sayur Selada

Udang hias juga suka dengan sayuran selada. Ini bisa dijadikan alternatif pakan biota udang hias saat tidak ada sayur bayam ataupun kubis di rumah.

Untuk penyajiannya cukup mudah, keluarkan selada beku dari freezer atau lemari pendingin, kemudian rebus sebentar sampai teksturnya lembut lalu potong kecil-kecil.

4. Mentimun

Ternyata mentimun juga bisa dijadikan pakan udang hias air tawar. Meskipun bisa menjadi makanan alternatif, sebaiknya kamu tidak terlalu sering memberikan pakan ini.

Hal tersebut karena mentimun yang terlalu lama berada di dalam air dapat mencemari ekosistem dalam akuarium, sehingga berbahaya untuk hewan lainnya. Berikan mentimun saat udang hias kamu lapar, dan buang sisanya jika sudah tidak dimakan.  

5. Kacang Polong

Hampir sama dengan jenis sayuran sebelumnya, kacang polong juga cocok untuk makanan udang air tawar hias.

Karena bentuknya yang bulat dan teksturnya sedikit keras, kamu dapat merebusnya terlebih dahulu kemudian lepaskan kulitnya dari kacang polong tersebut supaya lebih mudah dimakan udang dan tidak mengotori akuarium.

6. Alga atau Ganggang

Alga atau ganggang memang merusak tampilan akuarium. Untungnya ada si udang hias yang siap menjadi “kru bersih-bersih” dan membantu kamu dalam mengendalikan pertumbuhan alga.

Udang hias adalah pemakan alga terbaik untuk akuarium. Namun perlu diingat, mereka tidak bisa menggantungkan hidupnya hanya dengan memakan tumbuhan ini.

Jenis pakan ini hanyalah tambahan untuk si udang sehingga kamu harus tetap memberikannya makanan utama yang sudah disebutkan sebelumnya agar gizi udang hias air tawar tetap terpenuhi.

7. Pelet Udang Hias

Pelet merupakan makanan udang air tawar hias yang paling sering diberikan karena lebih praktis dan mudah ditemukan. Pelet cocok untuk semua jenis udang hias, dan bisa kamu beli toko online maupun offline.

Pelet udang hias juga sudah mengandung zat besi, protein, mineral, kalsium, vitamin, dan kandungan penting lainnya yang baik untuk ketahanan udang.

Berikan pelet sebagai makanan tambahan supaya udang hias kamu terhindar dari penyakit.

Tips Merawat Udang Hias di Akuarium

Tips Merawat Udang Hias
tips merawat udang hias - tfh magazine

Selain memberikan makanan udang air tawar hias yang tepat, tentu kamu harus tahu juga cara merawatnya, kan? Nah, untuk itu PetPi sudah siapkan tips singkat merawat udang hias bagi pemula berikut ini.

  • Pastikan tempat tinggal udang hias selalu dalam kondisi baik.
  • Pahami karakter udang hias, apakah termasuk yang agresif atau bisa berbaur dengan hewan lain.
  • Berikan alas akuarium berupa pasir halus supaya udang hias lebih mudah memakan makanannya.  Pilihlah pasir berwarna coklat, putih ataupun hitam, dan jangan gunakan kerikil besar.
  • Berikan makan secara teratur sesuai jadwalnya. Kamu bisa memberikan pelet udang hias yang mengandung banyak nutrisi penting.
  • Jangan mengganggu proses pergantian cangkang udang, dan kamu tidak disarankan memberi makan udang dari cangkangnya sendiri.

Memelihara udang hias termasuk mudah karena spesies hewan ini sangat kuat dalam bertahan hidup. Bahkan kamu bisa memeliharanya dalam akuarium kecil.

Jadi, itulah beberapa makanan udang air tawar hias dan tips merawatnya yang bisa kamu ikuti. Semoga artikel ini membantu, ya Sobat Pintar.  

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Aquascape terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://trikmerawat.com/cara-merawat-udang-hias/#:~:text=Memberi%20Makan%20Secara%20Teratur&text=Makanan%20yang%20biasanya%20diberikan%20pada,udang%20hias%20yang%20anda%20 pelihara.
  • https://www.hobinatang.com/2018/07/makanan-udang-hias-air-tawar-yang-bagus.html

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar