Hari ini: Senin, 29 Mei 2023
Kamis, 06 Oktober 2022, 19:30 WIB

Jenis Buah-Buahan yang Boleh Dimakan Kelinci, Bukan Alpukat!

Jenis Buah-Buahan yang Boleh Dimakan Kelinci, Bukan Alpukat!

buah-buahan ini boleh dimakan kelinci - smallpetjournal

Sebelum memberikan buah-buahan sebagai camilan untuk kelinci, sebaiknya kamu simak dulu artikel tentang jenis buah-buahan yang boleh dimakan kelinci berikut

Memberikan makanan dan minuman yang tepat untuk kelinci merupakan tugas dan tanggung jawab kamu sebagai pet owner. Nyatanya, makanan kelinci tidak terbatas pada sayuran dan tumbuhan saja, tetapi bisa diberikan berbagai buah-buahan.

Sebelum memberikannya buah, kamu juga harus memperhatikan dengan baik jenis buah apa saja yang aman dimakan oleh kelinci supaya mereka terhindar dari segala hal yang tidak diinginkan.

Nah, bagi Sobat Pintar yang ingin mengetahui apa saja jenis buah-buahan yang boleh dimakan dan tidak boleh untuk kelinci, maka bisa simak selengkapnya berikut ini.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kelinci lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Rekomendasi Buah-buahan yang Bagus untuk Kelinci

Apel Boleh Dimakan Kelinci
apel boleh dimakan kelinci - hutch and cage

Beda dengan jerami dan rumput untuk kelinci, perlu diingat bahwa buah-buahan tidak bisa kamu jadikan sebagai makanan utama. Sebab, jenis pakan ini tidak bisa memenuhi kebutuhan nutrisi bagi tubuh kelinci.

Selain itu, porsi buah-buahan yang dapat kamu berikan kepada kelinci tidak boleh lebih dari 10% dan cukup diberikan maksimal satu atau hingga dua kali per minggu saja, ya.

Adapun beberapa rekomendasi buah yang boleh dimakan kelinci, yaitu:

1. Apel

Apel menjadi salah satu jenis buah-buahan yang disukai kelinci. Kandungan vitamin yang terdapat pada apel sangat baik bagi kesehatan tubuh kelinci.

Sebelum memberikan buah ini, pastikan kamu cuci bersih terlebih dahulu supaya sisa pestisida yang menempel hilang sepenuhnya. Selain itu, pastikan kamu mengupas buah apel kecil-kecil dan hilangkan bijinya.

Soalnya, biji apel berbahaya bagi kelinci dan bisa membuat kelinci tersedak atau mengalami masalah lainnya.

2. Pepaya

Pepaya termasuk ke dalam jenis buah-buahan yang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Tak hanya untuk manusia, manfaat ini bisa dirasakan pula oleh kelinci, lho.

Buah pepaya memiliki kandungan serat dan vitamin tinggi, sehingga baik untuk kesehatan. Kamu bisa memberikan buah pepaya untuk kelinci dengan porsi secukupnya dan tidak berlebihan supaya tidak ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada kelinci kesayanganmu.

3. Melon

Kalau kamu memiliki sisa buah melon yang masih bagus, maka boleh diberikan kepada kelinci peliharaan. Namun, porsi yang diberikan hanya dalam jumlah kecil dan tidak terlalu sering. Ada baiknya kamu memberikan melon untuk kelinci sebanyak satu sendok makan saja setiap dua kali dalam seminggu.

Tentunya, buah melon memiliki banyak kandungan nutrisi, seperti beta karoten, vitamin A, hingga antioksidan yang berguna untuk melawan radikal bebas. Selain itu, melon memiliki kandungan vitamin C, potasium serta kadar air tinggi.

Saat memberikan buah melon kepada kelinci, kamu harus membuang biji-bijinya terlebih dahulu, ya. Sebab, biji melon bisa membuat kelinci tersedak hingga muntah-muntah.

4. Tomat

Tomat memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang sangat baik untuk tumbuh kembang kelinci, terutama bagi kelinci yang masih kecil. Kamu bisa mencampurkan tomat dengan makanan lainnya saat diberikan kepada kelinci.

Selain itu, berikan tomat dengan porsi sedikit saja dan tidak boleh berlebihan. Kamu dapat menambahkan tomat dengan jenis makanan kelinci yang lain maksimal dua kali dalam seminggu.

5. Anggur

Buah anggur memiliki kandungan serat, potasium, mineral dan banyak vitamin lainnya. Tak heran, kalau buah ini dapat membuat tubuh sehat melalui kandungan nutrisi yang ada didalamnya.

Hanya saja, kalau kamu ingin memberikan buah anggur untuk kelinci, maka berikan sesekali atau kadang-kadang saja. Porsi yang diberikan pun hanya boleh dalam jumlah sedikit saja, yaitu beberapa buah anggur untuk satu atau dua kali dalam seminggu.

Jika diberikan dalam porsi cukup, buah anggur dapat meningkatkan kesehatan usus. Sebaliknya, kalau kamu memberikan anggur dalam jumlah banyak, maka dapat menyebabkan masalah saluran pencernaan serta penyerapan nutrisi tidak berjalan dengan baik.

6. Pisang

Kelinci Boleh Makan Pisang
kelinci boleh makan pisang - twitter @keatxngrant

Buah pisang aman dikonsumsi oleh kelinci, termasuk bagian kulitnya juga. Namun, kamu tetap harus mencuci bersih pisang sebelum diberikan kepada kelinci peliharaan.

Seperti jenis buah makanan kelinci lainnya, pisang memiliki kandungan gula yang cukup tinggi, sehingga hanya bisa dikonsumsi sebagai camilan saja alias tidak boleh dijadikan makanan kelinci sehari-hari.

Kamu bisa memberikan pisang maksimal 1 sendok makan saja, ya. Selain itu, ada baiknya kamu memberikan pisang yang sudah matang supaya rasanya lebih manis. Jadi, kelinci pun akan menyukainya dan menghabiskan buah pisang yang diberikan sampai habis.

7. Semangka

Buah untuk kelinci yang bagus berikutnya adalah semangka. Sebab, tidak ada kandungan di dalam semangka yang beracun bagi kelinci, jadi kamu dan dia bisa saja saling berbagi camilan ringan bersama, lho.

Selain dapat memberikan tambahan nutrisi, semangka juga merupakan buah yang memiliki kandungan air yang tinggi yaitu 90%, sehingga dapat membantu kelinci kesayangan tetap terhidrasi dengan baik.

Namun karena tinggi gula, kamu hanya dianjurkan untuk memberikan buah semangka sebagai "hadiah" bagi si hewan imut ini dalam jumlah kecil yakni hanya sebanyak satu hingga dua buah selama beberapa kali saja dalam seminggu.

8. Stroberi

Mengutip dari The Dodo, stroberi menjadi buah yang dapat menjadi camilan aman untuk kelinci. Perawat hewan di DodoVet bernama Kaitlyn Tulio mengungkapkan bahwa stroberi memiliki banyak manfaat untuk kelinci karena banyak mengandung vitamin C, tinggi mangan, rendah kalsium, mineral dan kaya akan serat.

Bagian lain dari stroberi, seperti daun juga aman dikonsumsi oleh kelinci. Namun, kamu tetap bisa membuang bagian daunnya kalau mau, ya.

Selain itu, kamu tidak boleh memberikan stroberi pada kelinci dalam jumlah banyak karena buah ini memiliki kandungan gula tinggi. Pasalnya, mengonsumsi banyak gula dapat menyebabkan obesitas serta berdampak buruk terhadap kesehatan gigi kelinci.

Kamu juga hanya bisa memberikan stroberi segar dan organik pada kelinci peliharaan. Soalnya, stroberi beku atau kalengan bisa menyebabkan gangguan pencernaan serta mengandung aditif maupun pengawet yang tidak diinginkan.

Selanjutnya apabila beberapa daftar buah tersebut dirasa masih kurang, masih ada buah-buahan lainnya yang bisa dan aman kamu berikan pada hewan lucu berbulu ini, seperti:

  • Blackberry,
  • Blackcurrant,
  • Bluberi,
  • Cranberry,
  • Ceri,
  • Jeruk,
  • Kismis,
  • Nanas,
  • Pir, dan
  • Raspberry.

Hati-hati, Jenis Buah-buahan Ini Tidak Boleh Dimakan Kelinci

Kandungan Alpukat Berbahaya Bagi Kelinci
kandungan alpukat berbahaya bagi kelinci - pixabay

Tidak semua jenis buah-buahan itu boleh dimakan oleh kelinci, lho. Sebab, ternyata ada beberapa buah yang dilarang untuk dikonsumsi kelinci, lho.

Agar tidak salah dalam memberikannya, berikut adalah beberapa jenis buah yang dilarang untuk kelinci, yaitu:

1. Biji Buah

Perlu kamu tahu bahwa biji buah, seperti biji apel, persik, aprikot dan plum tidak boleh dimakan oleh kelinci. Pasalnya, biji yang terdapat pada buah-buahan itu memiliki kandungan sianida yang beracun bagi hewan lucu peliharaanmu ini.

Sehingga, ketika kamu ingin memberikan buah-buahan tersebut, pastikan untuk membuang bijinya terlebih dahulu secara keseluruhan, ya. Pokoknya jangan sampai ada yang masih tersisa, walaupun hanya satu biji.

Jika kelinci peliharaanmu tak sengaja menelan biji dari buah-buahan tersebut, segera datangi dokter hewan supaya langsung ditindaklanjuti dengan cepat. Kalau tidak, maka nyawa hewan peliharaan kamu ini bisa melayang, lho. Gak mau sampai seperti itu, ‘kan?

2. Alpukat

Jangan sekali-kali kamu memberikan buah alpukat kepada kelinci, ya. Soalnya buah ini bisa menyebabkan perubahan perilaku, gagal jantung kongestif, gangguan pernapasan hingga kematian pada kelinci.

Hal itu terjadi karena jenis buah yang tidak boleh untuk kelinci ini memiliki persin yang bersifat racun untuk kelinci. Tidak hanya itu, kandungan serat yang rendah dan kadar lemak tinggi dalam alpukat bisa membuat masalah pencernaan pada kelinci, seperti diare.

Jadi, supaya kelinci peliharaanmu tetap tumbuh sehat, sebaiknya hindari buah alpukat untuk dijadikan cemilan atau makanan kelinci, ya.

Itulah beberapa jenis buah yang boleh dimakan kelinci dan tidak boleh dimakan. Pastikan sobat pintar mengetahuinya dengan baik supaya dapat memilih buah yang sehat untuk tumbuh kembang kelinci peliharaan.

Selain itu, jadikan buah-buahan yang diperbolehkan untuk dikonsumsi kelinci sebagai camilan yang diberikan satu atau dua kali dalam seminggu dengan porsi sedikit untuk menghindari berbagai macam masalah yang bisa saja terjadi.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kelinci terbaru lainnya!

Baca juga artikel menarik berikut:

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://faunaku.com/kelinci-makan-anggur/
  • https://katadata.co.id/sitinuraeni/berita/616585186cd85/13-makanan-kelinci-bergizi-dan-mudah-didapat
  • https://keluyuran.net/makanan-yang-baik-untuk-kelinci/
  • https://www.alodokter.com/kenali-4-jenis-makanan-kelinci-yang-bergizi
  • https://www.industrikelinci.com/2020/05/bolehkah-kelinci-makan-buah-melon.html
  • https://www.kompas.com/homey/read/2022/09/15/134900676/bolehkah-kelinci-makan-stroberi-ini-faktanya
  • https://www.smallpetjournal.com/can-rabbits-eat-watermelon/

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, serangga, dan juga hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar