Hari ini: Senin, 26 Februari 2024
Rabu, 21 September 2022, 10:00 WIB

Bolehkah Kucing Memakan Buah? Ini Penjelasan Lengkapnya!

Bolehkah Kucing Memakan Buah? Ini Penjelasan Lengkapnya!

buah makanan kucing - Farmers' Almanac

Apa benar jika kucing itu tidak boleh memakan buah? Agar tidak salah informasi, segera temukan informasi terkait buah untuk kucing di artikel berikut ini

Kalau kamu sering melihat video kucing di media sosial, pasti pernah melihat ada kucing yang makan buah-buahan, seperti buah naga maupun semangka, ‘kan?

Terkadang pasti kamu berpikir, apakah buah-buahan yang dimakan itu aman bagi pencernaan kucing?

Sebenarnya, ada beberapa buah yang boleh dimakan kucing, namun ada juga yang dilarang untuk dikonsumsi si hewan berbulu tersebut.

Oleh karena itu, penting sekali bagi Sobat Pintar mengetahui apa saja makanan yang terlarang di makan oleh si kucing dan mana yang tidak.

Lantas, bolehkah kucing memakan buah-buahan? Untuk mengetahui jawabannya, kamu bisa simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Apakah Kucing Boleh Memakan Buah?

Buah Boleh Dimakan Oleh Kucing
buah boleh dimakan oleh kucing - daily paws

Ya, tentu saja kucing boleh memakan buah, hanya saja dalam porsi sedikit dan tidak terlalu sering. Selain itu, kamu harus perhatikan buah apa saja yang aman dan baik untuk dikonsumsi kucing.

Satu lagi, jangan lupa untuk mengupas kulit serta membuang bijinya jika ada karena kedua hal itu bisa membuat kucing mulas dan sistem pencernaannya terganggu.

Melansir dari Cat-World, ada beberapa buah yang boleh dimakan kucing, seperti apel tanpa biji, semangka tanpa biji, pisang, kiwi, berbagai macam buah beri, hingga pir tanpa biji.

Namun, ada juga buah-buahan yang terlarang untuk dimakan kucing. Beberapa jenis buah seperti anggur, jeruk dan lemon sangat perlu untuk dihindari, karena apabila tidak sengaja termakan maka bisa menimbulkan reaksi negatif pada tubuhnya.

Nah, jika Sobat Pintar penasaran dengan buah apa saja yang boleh dan tidak boleh dimakan kucing, maka bisa simak informasinya di bawah ini.

Daftar Jenis Buah yang Boleh Dimakan kucing

Buah Yang Aman Untuk Kucing
buah yang aman untuk kucing - daily paws

Mengutip dari Pet MD, sama seperti memberikan sayur pada kucing, buah-buahan atau makanan berserat untuk kucing juga mesti dibatasi pemberiannya, yaitu hanya sekitar 2 persen atau 1 inci dari porsi makanan kucing tersebut setiap harinya.

Untuk cara pemberiannya sendiri, buah biasanya akan diberikan dalam bentuk utuh atau dicampurkan pada makanannya tergantung apa jenis buahnya.

Agar tidak salah pilih, di bawah ini ada daftar buah-buahan yang aman dimakan oleh kucing, yaitu:

1. Semangka

Ada beberapa kucing yang terlihat doyan memakan buah semangka. Jangan-jangan, kucing peliharaan kamu pun termasuk? Tenang saja, kamu tidak perlu khawatir kalau melihat ada kucing yang sedang makan buah semangka.

Pasalnya, mengutip dari Pet MD, semangka termasuk ke dalam salah satu buah yang boleh dimakan kucing karena aman dan tidak menimbulkan racun.

Hanya saja, kamu tidak boleh memberikan buah semangka dalam porsi banyak dan setiap hari, ya. Berikan kadang-kadang atau 1-2 kali saja dalam seminggu.

Selain itu, pastikan biji semangka sudah kamu bersihkan, supaya kucing tidak tersedak saat sedang menikmati buah segar ini.

2. Buah Naga

Dikutip dari Gerava, tidak hanya semangka saja, buah naga juga sangat aman diberikan sebagai camilan yang menyehatkan untuk kucing kesayanganmu.

Buah yang identik dengan warna merah ini memiliki rasa yang manis dan legit. Selain enak, buah naga juga mengandung karotenoid dan vitamin C yang berguna untuk meningkatkan imun dari tubuh si kucing.

Meski memiliki banyak manfaat, tapi kamu juga perlu berhati-hati dalam porsi pemberiannya. Sebab, jika terlalu banyak, buah ini juga bisa menimbulkan alergi pada sebagian kucing.

3. Pisang

Apakah kucing boleh makan pisang? Ya, kamu bisa memberikan buah pisang pada kucing kesayangan karena mengandung berbagai macam vitamin, seperti vitamin B, C, Kalium serta Karbohidrat.

Proses penyajiannya pun cukup praktis, cukup buang kulitnya, lalu potong-potong menjadi ukuran kecil dan pisang untuk kucing kesayanganmu sudah siap disajikan.

Ingat, kamu bisa memberikan potongan pisang kecil sedikit saja alias tidak boleh terlalu banyak, ya. Hal ini untuk menjaga sistem pencernaan kucing yang sensitif terhadap berbagai macam makanan.

4. Berbagai Jenis Buah Beri

Buah makanan kucing berikutnya adalah dari berbagai macam jenis buah beri, seperti Strawberry, raspberry, blueberry, blackberry, hingga cranberry. Buah-buahan ini kaya akan vitamin A,C,E dan K, lho.

Sebelum mulai memberikan buah beri kepada kucing kesayangan, kamu harus mencuci buah-buahan itu terlebih dahulu.

Selanjutnya, potong-potong dalam ukuran sangat kecil, sehingga kucing tidak akan tersedak dan tercekik karena menelan buah dengan ukuran besar.

5. Apel

Buah apel memiliki banyak kandungan nutrisi seperti kalsium, pektin, vitamin C dan vitamin K. Berbeda dengan jenis buah-buahan lain, kulit apel ternyata aman diberikan kepada kucing, lho.

Hal ini karena kulit apel kaya akan nutrien (fitonutrien) yang dihasilkan oleh tanamannya sendiri. Nutrien itu sendiri memiliki manfaat seperti, menambah energi bagi yang mengkonsumsinya.

Kamu bisa menikmati apel bersama kucing kesayangan, tapi jangan diberikan setiap hari atau dalam jumlah banyak, ya. Berikan satu atau dua potong kecil apel untuk kucing, sisanya bisa kamu nikmati sendiri.

Saat memotong buah apel, kamu bisa memotongnya dalam bentuk kubus kecil serta kulitnya, lalu berikan kepada si hewan berbulu yang selalu setia bersamamu itu.

6. Nanas

Buah yang bagus untuk kucing selanjutnya adalah nanas. Buah berwarna kuning ini terkenal memiliki rasa yang cenderung asam. Meski demikian, nanas ternyata masih boleh diberikan pada kucing, tapi sangat sedikit, ya.

Untuk porsinya sendiri, mungkin hanya sekitar satu potong ukuran kecil, dan itu pun juga harus kamu potong-potong lagi ukurannya menjadi sangat kecil.

Selain itu, nanas segar lebih direkomendasikan, ketimbang nanas kalengan yang sudah direndam dengan sirup manis, dimana sudah memiliki kandungan pengawet.

Kamu bisa mengupas kulit nanas secara seksama dan pastikan benar-benar bersih, ya. Soalnya, kulit nanas ini sangat keras dan kalau tertelan, bisa membuat kucing kamu tersedak dan sulit menelan makanan nantinya.

Nanas juga termasuk ke dalam buah-buahan yang kaya nutrisi, seperti vitamin A, B6, C, folat, mineral, magnesium serta kalium.

7. Mangga

Mangga termasuk jenis buah atau makanan berserat untuk kucing yang direkomendasikan. Selain serat, buah mangga kaya akan vitamin A, C, dan B6.

Cara memberikannya pun mudah, kamu bisa membuang kulit dan bijinya, lalu potong-potong buah mangga dalam ukuran kecil.

Berikan sedikit potongan buah mangga pada kucingmu untuk sekadar cemilan penambah nutrisi atau serat bagi tubuhnya. Tidak perlu setiap hari, cukup satu atau dua minggu dengan porsi sedikit saja.

8. Melon Orange (Cantaloupe)

Buah melon orange alias cantaloupe termasuk ke dalam salah satu jenis buah-buahan yang relatif rendah kalori. Buah ini menjadi favorit para kucing karena baunya mirip dengan bau protein yang terdapat pada daging.

Kamu bisa memberikan potongan kecil buah melon orange yang sudah dibuang kulitnya. Cukup berikan sedikit saja dan jangan terlalu berlebihan.

Selain jenis buah-buahan diatas, masih banyak buah lain yang aman dan bisa kamu berikan pada hewan kesayanganmu ini, seperti:

  • Mentimun,
  • Kiwi,
  • Pir,
  • Melon putih,
  • Nektarin, hingga
  • Aprikot.

Hindari Beberapa Buah yang Tidak Boleh Dimakan Kucing Ini

Buah Yang Berbahaya Untuk Kucing
buah yang berbahaya untuk kucing - daily paws

Selain buah-buahan yang boleh dimakan kucing, nyatanya ada beberapa buah yang tidak boleh dan tidak aman bagi kucing, yaitu:

1. Anggur dan Kismis

Buah anggur dan kismis tidak boleh kamu berikan pada kucing peliharaanmu karena dapat menimbulkan masalah pencernaan yang serius, seperti diare.

Selain itu, kucing yang mengonsumsi buah anggur maupun kismis akan mengalami muntah-muntah hingga gagal ginjal akut.

Jadi, jangan coba-coba memberikan jenis buah-buahan ini, ya. Sebab, anggur dan kismis tidak memiliki manfaat bagi si kucing.

2. Jeruk Nipis, Lemon, dan Jenis Jeruk Lainnya

Selain anggur dan kismis, kamu juga tidak diperkenankan untuk memberikan aneka macam jenis jeruk, seperti lemon, jeruk nipis, jeruk biasa dan lainnya, ya.

Walaupun cuma sedikit memakannya, tapi efek yang ditimbulkan jeruk dapat membuat kesehatan kucing memburuk seketika, lho.

Mengutip dari Pet MD, ketika hewan ini mengonsumsi berbagai jenis jeruk maka biasanya kucing tersebut akan mengalami diare, muntah-muntah, iritasi lambung hingga depresi pada sistem saraf pusat.

Pertanyaan Lain yang Sering Ditanyakan

Buah Untuk Makanan Kucing
buah untuk makanan kucing - daily paws

Selain penjelasan di atas, PetPi sudah menyiapkan beberapa informasi mengenai pertanyaan-pertanyaan umum yang mungkin sering ditanyakan seputar buah untuk kucing seperti berikut ini.

Apakah Anak kucing Boleh Makan Buah?

Selain kucing dewasa, anak kucing juga boleh saja memakan buah untuk membantu sistem pencernaannya. Namun, perlu diperhatikan buah apa saja yang aman dimakan serta tidak perlu diberikan setiap hari, ya.

Itulah informasi mengenai beberapa buah yang boleh dimakan kucing, baik kucing dewasa maupun anak kucing. Kini, Sobat Pintar sudah tidak bingung lagi terkait buah yang boleh dan tidak boleh diberikan pada kucing peliharaan, kan?

Meskipun buah memiliki banyak kandungan vitamin yang dibutuhkan oleh kucing, tapi selalu ingat untuk berikan dalam jumlah sedikit saja dan jangan terlalu sering supaya kesehatan pencernaannya tetap terjaga dengan baik.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Baca juga artikel menarik berikut:

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://lifestyle.kontan.co.id/news/apakah-kucing-boleh-makan-buah-begini-penjelasannya
  • https://www.kompas.com/wiken/read/2022/03/15/214256181/daftar-buah-buahan-yang-aman-dimakan-kucing

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, serangga, dan juga hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar