Hari ini: Selasa, 19 Oktober 2021
Selasa, 02 Maret 2021, 19:30 WIB

Ini Cara Ampuh Agar Kucing Tidak Buang Kotoran Sembarangan!

Ini Cara Ampuh Agar Kucing Tidak Buang Kotoran Sembarangan!

Cara Agar Kucing Tidak Buang Kotoran Sembarangan - web md

Kucing di rumah suka buang kotoran sembarangan? Tenang, ketahui penyebab dan cara agar kucing tidak buang kotoran sembarangan di sini!

Kamu pelihara kucing di rumah? Suka pusing karena si pus suka buang kotoran sembarangan? Mau tau gimana cara supaya dia bisa pintar buang kotoran di tempatnya?

Mau apapun jenis hewan peliharaan yang kita pilih, salah satu masalah yang pasti kita hadapi adalah ketika mereka buang kotoran sembarangan.

Kucing juga termasuk. Meskipun kita sudah menyediakan litter box lengkap dengan pasir wanginya, mereka tetap suka buang kotoran tidak pada tempatnya.

Kalau Sobat Pintar ingin tahu bagaimana cara agar kucing tidak buang kotoran sembarangan, simak beberapa tipsnya berikut ini!

Kenapa Kucing Buang Kotoran Sembarangan?

Cara Agar Kucing Tidak Buang Kotoran Sembarangan
Kenapa kucing buang kotoran sembarangan - the spruce pets

Ada beberapa alasan mengapa kucing tidak bisa buang kotoran di tempatnya dan justru melakukannya di tempat yang membuat kita susah.

Biasanya, kucing akan memilih tempat seperti karpet atau keset. Alasannya adalah karena si kucing bisa menggaruk benda-benda tersebut seperti ketika ia melakukannya di atas pasir.

Dengan mengetahui penyebabnya, kita bisa melakukan penanganan dan pencegahan agar si kucing tidak melakukan “dosa” tersebut.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Alasan Kesehatan

Jangan langsung menghakimi kucing yang buang kotoran sembarangan! Bisa saja ia melakukan hal tersebut karena sedang mengalami masalah kesehatan yang tidak bisa disepelekan.

Jika kucingmu menunjukkan gejala seperti lesu, perubahan nafsu makan, muntah, hingga diare, ada kemungkinan ia sedang sakit sehingga mempengaruhi perilaku buang airnya.

Penyakit sederhana seperti sembelit bisa menyebabkan kucing buang kotoran sembarangan. Untuk kucing yang sudah berusia lanjut, bisa jadi kucingmu mengalami demensia yang dapat mempengaruhi kebiasaan-kebiasaannya.

Selain penyakit, stres pada kucing juga bisa menyebabkannya buang kotoran sembarangan.

2. Merasa Tidak Nyaman dengan Litter Box

Kalau litter box yang kamu sediakan terlalu kecil atau tidak nyaman, besar kemungkinan kalau si kucing akan memilih tempat yang lebih leluasa seperti di atas karpet.

Bisa juga ia merasa tidak cocok dengan pasir yang kamu berikan, apalagi kalau pasir tersebut dalam kondisi basah. Kucing juga tidak suka jika tempat buang airnya terlalu penuh dengan kotorannya sendiri.

Cara Agar Kucing Tidak Buang Kotoran Sembarangan

Tips Kucing Tidak Buang Kotoran Sembarangan
cara agar kucing tidak buang kotoran sembarangan - the wire cutter

Tidak ada pemilik yang ingin kucingnya buang kotoran sembarangan. Pasti mereka akan menyiapkan tempat khusus agar kotorannya tidak tersebar ke mana-mana.

Kalau kucingmu seperti itu, ini ada beberapa cara agar kucing tidak buang kotoran sembarangan!

1. Melatih Kucing

Kalau kamu baru saja mengadopsi kucing, kamu bisa segera melatihnya agar terbiasa buang air di tempat yang telah disediakan.

Caranya ada bermacam-macam, seperti segera mengangkatnya ke litter box jika ia menunjukkan gelagat akan buang kotoran.

Selain itu, buat si kucing menghindari tempat-tempat yang berpotensi jadi tempat ia membuang kotorannya. Gunakan trik seperti meletakkan benda yang aromanya tidak disukai kucing menthol.

Dibutuhkan kesabaran dan konsistensi dalam melatih kucing, jadi kamu harus telaten ya ketika mendidik kucing! 

2. Menempatkan Litter Box di Tempat yang Tepat

Meskipun terkesan remeh, pemilihan lokasi litter box bagi kucing itu sangat penting, loh! Kalau kamu sampai salah memilih lokasi, bisa jadi kucing akan melakukan protes dengan buang kotoran sembarangan.

Yang jelas, jangan letakkan litter box di dekat tempat makannya. Sama seperti manusia, kucing pun bisa merasa ilfeel jika harus makan di dekat toiletnya.

Untuk itu, letakkan litter box agak jauh dari tempat makannya. Jika memiliki tempat terpencil namun masih bisa dijangkau oleh kucing (seperti garasi atau gudang), letakkan litter box di sana dan latih si kucing agar mengetahui tempat tersebut. 

Kalau kucingmu sudah memiliki spot favorit untuk buang air, kamu bisa meletakkan litter box di tempat tersebut.

3. Mengganti dan Menjaga Kebersihan Litter Box

Kucing termasuk pemilih dalam hal litter box. Untuk itu, kamu harus memastikan kalau kucingmu merasa nyaman dengan litter box yang telah kamu sediakan.

Coba pilih litter box yang berukuran besar agar kucing leluasa bergerak ketika akan buang hajat. Kalau kamu punya kucing lebih dari satu, sebaiknya kamu memberikan litter box yang berbeda.

Tidak hanya itu, kebersihan litter box juga penting. Kucing adalah makhluk yang menyukai kebersihan, sehingga ia akan merasa nyaman dengan litter box yang bersih.

4. Mengganti Pasir

Di atas telah disinggung kalau kucing tidak suka jika tempat buang airnya terlalu penuh dengan kotorannya sendiri. Artinya, kamu harus rajin membersihkan kotorannya di litter box setiap hari.

Jika sudah terlalu bau, kamu juga bisa mengganti pasirnya dengan yang baru. Pergantian pasir juga dilakukan ketika basah seperti terkena air hujan. Si kucing juga bisa saja tidak menyukai tekstur pasir yang kamu gunakan.

Selain itu, kadang kucing juga tidak menyukai pasir wangi yang sering digunakan untuk menutupi bau kotoran. Ingat, kucing memiliki indera penciuman yang lebih tajam dari manusia, sehingga bisa saja ia terganggu dengan aroma pasir tersebut.

5. Membersihkan Kotoran dari Tempat yang Tidak Seharusnya

Kucing punya kecenderungan untuk tertarik pada tempat ia buang kotoran sebelumnya. Untuk itu, kamu harus memastikan untuk membersihkan tempat di mana ia buang kotoran sembarangan.

Cuci atau laundry benda tersebut, entah keset, karpet, kain, ataupun lainnya sampai benar-benar bersih dan tidak ada kotoran yang tertinggal.

Jika buang kotorannya di lantai, pel dengan pewangi hingga baunya benar-benar hilang.

6. Periksakan ke Dokter Hewan

Jika penyebab kucing buang air sembarangan adalah sakit atau stres, kamu bisa segera memeriksakannya ke dokter hewan.

Penyakit pencernaan bisa menjadi penyebab utama. Ada juga beberapa kondisi yang menyebabkan kucing tidak bisa menahan kotorannya keluar sebelum sampai ke litter box.

Kamu juga bisa berkonsultasi bagaimana cara melatih kucingmu agar mau buang kotoran di litter box yang telah kamu sediakan.

Itulah tadi beberapa penyebab dan cara agar kucing peliharaan tidak buang kotoran sembarangan yang bisa kamu coba praktekkan di rumah.

Selain beberapa tips di atas, menjaga lingkungan rumah tetap bersih juga menjadi salah satu cara agar mereka merasa “sungkan” untuk buang kotoran di sudut-sudut rumah.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://journeydogtraining.com/cat-pooping-on-the-floor/
  • https://pethelpful.com/cats/How-to-Stop-Cats-from-Pooping-Outside-the-Litter-Box
  • https://www.thesprucepets.com/help-with-cat-pooping-on-rug-554023
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, reptil dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar