Hari ini: Kamis, 09 Desember 2021
Sabtu, 10 Juli 2021, 16:00 WIB

9 Ciri-Ciri Kucing Lapar dan Haus, Pemilik Harus Tahu!

9 Ciri-Ciri Kucing Lapar dan Haus, Pemilik Harus Tahu!

ciri ciri kucing kelaparan - meme arsenal

Ciri-ciri kucing lapar mulai dari mengeong tanpa henti hingga mencuri makanan tetangga. Supaya tidak kelaparan, pastikan memberi kucing makan secara teratur

Sobat Pintar, kucing merupakan hewan peliharaan yang banyak disayang orang. Hewan ini tidak bisa berbahasa manusia, jadi para pemilik harus memahami berbagai macam perilakunya yang menjadi tanda bahwa mereka sedang melakukan komunikasi.

Seperti saat lapar dan ingin meminta makan, biasanya kucing akan mengeong berkali-kali.

Selain itu, kucing juga meminta perhatian dari para pemiliknya melalui berbagai bentuk komunikasi.

Nah, berikut ini merupakan pembahasan tentang ciri-ciri kucing lapar dan haus yang harus diketahui sang pemilik. Yuk, simak apa saja tanda lucu dari kucing saat ingin minta makan darimu.

Tanda Kucing Minta Makan

Ciri Ciri Kucing Kelaparan
ciri ciri kucing kelaparan - freepik

Sebagai pecinta kucing, kamu tentunya paham dengan berbagai tingkah laku mereka yang mungkin tidak diketahui orang lain.

Misal ketika kucing mengeong berkali-kali, mendadak manja, dan melakukan berbagai tindakan unik lain yang seperti minta perhatian kamu yang merupakan pemiliknya.

Kamu harusnya sih sudah tahu apa yang mereka inginkan. Nah, apakah kamu juga tahu ciri-ciri kucing yang sedang lapar berikut ini?

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Menarik-narik Celana atau Baju

Kucing yang sedang lapar biasanya ingin meminta perhatian dari kamu dengan cara menarik-narik celana atau baju. Mereka juga akan terus mengejar dan mengikuti langkah kakimu.

Jika bisa bicara bahasa manusia, mungkin kucing akan berkata:

“Ayo dong kasih aku makan, aku janji habis itu nggak bakal ganggu lagi.”

Lucu banget ya, dan mereka akan terus bertingkah seperti ini jika kamu masih belum paham dengan keinginannya.

2. Mengobrak-abrik Tempat Sampah

Jika melihat kucing kesayangan sedang mengobrak-abrik tempat sampah, itu tandanya mereka ingin diberi makan. Kamu tentu tidak tega membiarkan mereka kelaparan, bukan?

Melihat kucing liar yang mengais-ngais makanan dari tempat sampah saja kasihan, apalagi jika ini dilakukan oleh kucing kesayangan yang menjadi teman bermain setiap hari.

Jadi, jangan biarkan mereka kelaparan, ya. Segera beri makan saat kucing menunjukkan gelagat tersebut.

Jika sudah benar-benar lapar dan ingin diperhatikan, mereka akan mengorek tempat sampah karena berharap menemukan sisa makanan.

3. Mencakar Gorden, Dinding, dan Barang-barang Lainnya

Jika kucing sudah lapar, barang-barang rumah bisa jadi sasaran empuknya. Kalau bukan celana atau baju, pasti dinding atau gorden rumah yang dicakar-cakar.

Pecinta kucing pasti pernah melihat gelagat ini, tidak jarang sampai ada yang mengganti barang-barang yang rusak karena cakaran kucing kesayangannya yang meminta perhatian saat lapar.

Sebelum kucing bertambah usil dan mencakar setiap barang di rumah, segera berikan mereka makanan kesukaannya.

Jadi, jangan hanya melarang atau menariknya, kucing tidak akan diam dan menuruti keinginanmu sampai mereka mendapatkan makanan.

4. Mendadak Manja dan Minta Dielus-elus

Sama seperti manusia, terkadang kucing juga bisa mendadak manja jika menginginkan sesuatu dari kamu. Kucing akan meminta perhatian dengan cara menggosok-gosokkan tubuhnya ke tubuhmu ataupun ke benda lain yang membuatnya merasa nyaman.

Sambil mengeong, kucing akan menggosok-gosokan badan ke tubuh pemiliknya untuk sekedar meminta perhatian atau saat merasa lapar. Jika sudah manja begini, kamu sebaiknya memberi mereka makan sambil mengelus-elus tubuh si kucing kesayangan.

5. Terlihat Lemas

Berkali-kali memanggil si kucing namun tidak mendapat respon? Ini tandanya mereka sedang lemas karena kelaparan. Kamu tentu tidak tega membiarkan hewan berbulu kesayanganmu ini sampai lesu dan lemas begitu, kan?

Ingat, jika sudah memutuskan untuk mengadopsi kucing, kamu juga harus berkomitmen dan bertanggung jawab terhadap makanannya.

6. Sembunyi di Kolong Meja atau Lemari

Kaget karena tidak menemukan keberadaan kucing di rumah? Tidak perlu khawatir, si kucing bukan hilang atau sudah kabur. Bisa saja saat ini mereka sedang sembunyi di lemari atau kolong meja kamu.

Ketika kamu telat atau lupa memberi makan sebelum pergi, kucing biasanya akan merasa kebingungan. Mereka akan terus menunggu pemiliknya pulang ke rumah sambil berharap kamu membawa makanan favorit si kucing.

Jika sudah begitu, kucing akan mencari perhatianmu dengan sembunyi di lemari atau di kolong meja.

7. Mengeong Berkali-kali

Kucing tidak bisa berkomunikasi menggunakan bahasa manusia, maka dari itu mereka akan mengeong berkali-kali pada saat meminta makan. Mengeong tanpa henti adalah salah satu cara mendapat perhatian dari pemiliknya.

Jadi, jangan keburu marah saat mendengar kucing mengeong berkali-kali, ya. Karena kamu dapat memberikan mereka makanan favoritnya seperti daging atau ikan, kemungkinan besar mereka sedang lapar sehingga ingin diperhatikan.

8. Lari Keluar Rumah

Jika kucing sudah lari keluar rumah, itu bukan lagi gelagat mengajak kamu bermain karena merasa bosan. Bisa jadi karena ingin mencari makanan di luar karena di rumah pemiliknya tidak ada makanan yang tersedia.

Umumnya kucing akan memutuskan mencari makan di luar jika tidak menemukan makanan yang diinginkannya di rumah. Jadi, jangan kaget bila kucing kamu langsung keluar begitu melihat pintu terbuka, ya.

9. Mencuri Makanan Tetangga

Saat lapar dan sudah tidak bisa melakukan apa-apa, kucing akan mencuri makanan tetangga. Insting kucing adalah berburu, ketika kamu telat memperhatikan, maka jalan terakhir yang dilakukan kucing adalah mencuri. 

Seperti yang kita tahu, indera penciuman kucing sangatlah tajam. Jika tidak tega melihat kucing kelaparan sehingga mencuri makanan tetangga, segera beri mereka makanan kesukaanya.

Cara Mengatasi Kucing Kelaparan

Cara Mengatasi Kucing Kelaparan
cara mengatasi kucing kelaparan - freepik

Supaya kucing kesayangan kamu tetap sehat, pastikan untuk memberinya makan makanan bergizi secara teratur. Ini merupakan solusi terbaik supaya kucing tidak sampai kelaparan dan berakhir mencuri makanan tetangga.

Dengan memilih makanan sehat yang tinggi kandungan protein, vitamin, dan mineral, kamu dapat menjaga kesehatan tubuh dan kulit kucing, menguatkan tulang serta memelihara jaringan tubuhnya.

Sobat pintar, itulah beberapa ciri-ciri kucing kelaparan dan haus. Segera berikan kucing kesayanganmu makan jika mereka sudah menunjukkan gelagat-gelagat di atas, ya.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://www.hipwee.com/tips/sebagai-pecinta-kucing-sejati-tahukah-kamu-8-tanda-kucingmu-lapar-dan-minta-perhatian/
  • https://www.liputan6.com/citizen6/read/4403941/6-tanda-kucing-minta-perhatian-kamu-dan-ingin-diberi-makan
Share

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar