Hari ini: Senin, 05 Desember 2022
Minggu, 13 Maret 2022, 13:00 WIB

Kenapa Kucing Tidak Boleh Makan Nasi? Ini 6 Alasannya!

Kenapa Kucing Tidak Boleh Makan Nasi? Ini 6 Alasannya!

kenapa kucing tidak boleh makan nasi - hewany

Kenapa kucing tidak boleh makan nasi? Ternyata ada fakta dibalik nasi yang tidak baik untuk kesehatan kucing lho. Berikut penjelasannya

Sobat Pintar, siapa yang memelihara kucing dan memberikan nasi untuk makanan mereka? Banyak yang mengatakan bahwa memberikan nasi kepada kucing itu tidak akan menyebabkan masalah berarti. 

Tapi, nyatanya ada beberapa alasan kenapa kucing tidak boleh makan nasi, lho. Lantas, apakah kucing boleh makan nasi? Maka dari itu, PetPi akan membahas lebih jauh apa saja alasannya dalam artikel ini. Simak, ya.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Beragam Alasan Kenapa Kucing Tidak Boleh Makan Nasi

Kenapa Kucing Tidak Boleh Makan Nasi
kenapa kucing tidak boleh makan nasi - unchatalamaison

Pada dasarnya nasi adalah bahan makanan yang terbilang aman dan tidak beracun untuk kucing. Hanya saja, ada beberapa hal yang harus Sobat Pintar perhatikan kenapa kucing tidak boleh makan nasi. Dimana ini akan membantu kamu memahami kebutuhan pokok kucing kesayangan di rumah. Berikut ini adalah alasannya, yaitu: 

1. Kucing adalah Hewan Karnivora

Sobat Pintar harus ingat bahwa kucing sejatinya adalah hewan karnivora atau pemakan daging. Jadi, pemberian nasi sepertinya memang tidak tepat mengingat kebutuhan alami mereka. Karena kucing adalah hewan pemakan daging, maka sudah jelas dalam anatomi pencernaan mereka juga khusus untuk mencerna daging. 

Kucing sangatlah unik, karena membutuhkan asam amino serta protein yang terbilang tinggi untuk kelangsungan hidup mereka. Dimana kedua kandungan tersebut sudah jelas hanya bisa didapatkan dari hewan lain seperti ikan, ayam atau daging sapi. Dengan adanya penjelasan ini, maka sudah jelas kenapa kucing tidak diharuskan memakan nasi. 

2. Gizi dari Nasi Campur Ikan Tidaklah Cukup

Lalu, bagaimana jika kucing memakan nasi yang dicampur dengan ikan? Tetap saja masih tidak baik untuk kucing. Kenapa? Karena kandungan gizi dari nasi campur ikan tidaklah cukup untuk kucing. Apalagi jika kamu memberikan porsi nasi yang lebih banyak dari ikan, bisa jadi kucing akan mengalami kekurangan nutrisi seperti vitamin E, vitamin b12, Zinc serta lemak. 

Kekurangan nutrisi yang telah disebutkan dapat menyebabkan kucing mengalami masalah metabolisme. Tentu saja ini juga bisa menghambat pertumbuhan serta kesehatan kucing. Jadi, memang seharusnya kucing diberikan makan dari daging-dagingan yang mempunyai nutrisi tepat untuk kebutuhan mereka. 

3. Tubuh Kucing Butuh Nutrisi yang Beda

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, pada dasarnya kenapa kucing tidak boleh makan nasi adalah karena tubuh kucing itu didesain untuk menjadi pemakan daging. Maka tidak heran jika kebutuhan nutrisi juga akan sangat berbeda dengan hewan omnivora atau herbivora.

Nutrisi yang sangat diperlukan oleh kucing adalah seperti asam amino, vitamin B, Vitamin A, asam linoleat, taurine, asam arakidonat serta arginine. 

Nutrisi-nutrisi tersebut tidak ada dalam bahan makanan dari tumbuhan, dimana memang hanya ada pada hewan yang seharusnya diburu oleh kucing. Jadi, sudah jelas bahwa nasi tidak akan memberikan nutrisi yang kucing perlukan setiap harinya. Sehingga, sobat pintar juga harus lebih memperhatikan masalah pemberian nasi ini kepada kucing. 

4. Bisa Mengalami Gangguan Pencernaan

Perlu kamu tahu bahwa kucing tidak mempunyai enzim amilase dengan jumlah yang banyak. Enzim yang satu ini sendiri mempunyai fungsi untuk mengubah nutrisi karbohidrat menjadi lebih sederhana sehingga bisa dicerna. Karena kurangnya enzim tersebut, bisa dipastikan bahwa kucing tidak mampu mencerna nasi dengan baik. 

Lalu, apa yang terjadi jika kucing makan nasi? Akibatnya jika Kamu terlalu banyak memberikan nasi kepada kucing akan menyebabkan gangguan pencernaan. Karena secara otomatis akan ada peningkatan produksi mikroba yang terlalu berlebihan. Hasilnya adalah kucing bisa mengalami diare berkepanjangan. Tidak hanya itu saja, kotoran kucing juga jadi sangat bau karena mengandung asam yang sangat tinggi. 

Memberikan nasi dalam jumlah banyak kepada kucing dapat meningkatkan fermentasi pada bakteri di dalam pencernaan mereka. Ketika hal ini terjadi, maka kucing bisa mengalami kembung. Kalau didiamkan, kucing bisa mengalami kesakitan dalam waktu lama. Jadi, jika ingin memberikan nasi kepada anabul, lebih baik pikirkan akibat ini. 

5. Nasi Bisa Beracun untuk Kucing

Bahaya Nasi Untuk Kucing
bahaya nasi untuk kucing - KasKus

Loh, bukannya tadi disebutkan bahwa nasi tidak berbahaya? Ya, tidak berbahaya kalau yang diberikan adalah nasi polos dan jumlahnya sangat sedikit. Tapi, jika kamu memberikan nasi yang sudah diberikan bumbu rempah, misalnya nasi goreng. Maka, bisa jadi racun untuk mereka. 

Dalam nasi yang sudah diberikan berbagai macam bumbu terdapat bahan beracun untuk kucing, contohnya adalah bawang-bawangan. Bahan makanan tersebut sangatlah beracun untuk para anabul. Bawang-bawangan sendiri bisa menyebabkan masalah seperti anemia ringan hingga berat. Itulah alasannya kenapa kucing tidak boleh makan nasi yang sudah tercampur bahan-bahan masakan.

6. Bisa Menyebabkan Muntah

Ketika kucing kesayangan tidak terbiasa diberikan nasi, maka ada kemungkinan reaksi yang terjadi adalah kucing akan muntah. Hal ini sendiri karena tubuh kucing tidak dapat menerima kandungan dari nasi tersebut. Seperti yang sudah Petpi ingatkan berkali-kali, pada dasarnya kucing adalah karnivora. 

Sehingga kalau memang tidak terbiasa memberikan nasi pada anabul, lebih baik tidak coba-coba. Terutama untuk anak kucing yang baru saja belajar makan. Pemberian nasi sendiri sangatlah tidak disarankan sama sekali. Karena dapat mengganggu pencernaan dan juga pertumbuhan mereka. 

Dari penjelasan di atas, maka bisa disimpulkan bahwa pemberian nasi boleh saja. Tapi, tetap harus mengerti kebutuhan alami dari kucing dan jangan pernah berlebihan. Tapi, memang memberikan nasi kepada kucing sangat tidak disarankan. Selain secara genetik mereka adalah karnivora, nutrisi yang diperlukan juga tidak ada dari nasi. 

Sobat Pintar, bagaimana penjelasan akan kenapa kucing tidak boleh makan nasi ini? Apakah sudah jelas? Petpi menyarankan agar tidak memberikan nasi kepada kucing kecuali jika ada suatu kondisi darurat saja. 

Untuk itu, alangkah baiknya jika Sobat pintar memberikannya makan daging-dagingan atau makanan yang mengandung protein hewani saja. Namun, jika ingin lebih mudah, maka makanan kucing kemasan di petshop sudah yang paling baik. Jadi, jangan percaya mitos kalau kucing akan gemuk jika diberikan nasi, ya.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Baca juga artikel menarik berikut:

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://kucingpedia.com/kucing-makan-nasi/
  • https://tanyadokterhewan.com/2017/04/07/bolehkah-kucing-makan-nasi/
  • https://www.halodoc.com/artikel/beri-nasi-untuk-makanan-kucing-adakah-bahayanya

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti burung, amfibi dan juga hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar