Hari ini: Selasa, 19 Oktober 2021
Rabu, 07 April 2021, 16:00 WIB

8 Jenis Ras Kucing Termahal di Dunia, Harganya Sampai Tembus Miliaran, Lho!

8 Jenis Ras Kucing Termahal di Dunia, Harganya Sampai Tembus Miliaran, Lho!

kucing termahal di dunia - crazy rich pets

Beberapa pecinta kucing rela menghabiskan uang jutaan hingga miliaran untuk peliharaannya. Inilah jenis ras kucing termahal di dunia dengan harga fantastis!

Hayo, siapa yang tidak tergoda akan kegemasan hewan peliharaan yang satu ini? Kucing merupakan salah satu peliharaan populer dan banyak dicintai oleh berbagai kalangan.

Bahkan di Amerika Serikat saja, kucing menjadi peliharaan terpopuler kedua setelah anjing, dengan total lebih dari 47,1 juta rumah tangga mengadopsi hewan peliharaan ini.

Mungkin kamu sudah mengenal ras kucing Persia atau kucing Anggora yang punya harga dan biaya perawatan relatif mahal. Padahal itu belum seberapa, lho!

Ada beberapa jenis ras kucing termahal di dunia yang harganya bahkan tembus hingga miliaran rupiah. Penasaran ada apa saja? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Kumpulan Jenis Kucing Termahal di Dunia, Harganya Fantastis!

Selain ras anjing termahal di dunia, ada pula beberapa pilihan ras kucing termahal yang tak kalah eksotis dan menawan penampilannya.

Menurut data dari The International Cat Association atau TICA terbaru hingga 2018 lalu, tercatat ada 73 ras kucing murni yang tersebar di seluruh penjuru dunia.

Rata-rata pemilik kucing peliharaan di Amerika Serikat saja menghabiskan sekitar 1.200 dolar AS atau sekitar Rp17 jutaan setahun untuk biaya perawatannya saja.

Bahkan, memelihara ras kucing murni bisa saja membutuhkan biaya lebih, lho. Lantas, apa saja ras kucing termahal di dunia yang memiliki banderol harga fantastis?

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Ashera - 1,8 Miliar

Kucing Termahal Di Dunia
ashera - finances online

Walaupun harganya tembus hingga miliaran, Ashera bukanlah jenis kucing yang berasal dari ras murni dan diakui oleh TICA. Kucing ini adalah hibrida dari kucing macan tutul Asia, kucing domestik, dan serval Afrika.

Hal yang membuat kucing ini jadi termahal di dunia adalah kelangkaannya. Dalam satu tahun, induk kucing Ashera hanya mampu melahirkan 5 anak kucing saja, lho.

Walaupun penampilannya sangar, namun dari segi kepribadian Ashera memiliki tingkah laku yang penyayang, sangat cerdas, dan setia dengan pemiliknya.

2. Savannah - 726 Jutaan

Kucing Paling Mahal Di Dunia
savannah - about cats

Bagi pecinta kucing bertubuh besar, ras kucing Savannah bisa jadi pilihan hewan peliharaan dengan harga fantastis. Savannah merupakan hasil persilangan antara kucing serval Afrika liar dan kucing Persia domestik.

Savannah memiliki karakteristik tubuh yang tinggi, kurus, dan anggun. Bulu-bulunya memiliki corak bintik-bintik gelap mencolok, mirip seperti macan tutul.

Biarpun dikenal setia dengan pemiliknya, kucing Savannah yang belum terbiasa dengan orang asing mungkin akan menggeram dan mendesis untuk mempertahankan diri.

3. Bengal - 363 Jutaan

Kucing Termahal Yang Pernah Ada
bengal - about cats

Sama halnya seperti dua ras kucing di atas, kucing Bengal merupakan hasil persilangan antara kucing macan tutul Asia dengan kucing domestik. 

Tubuh kucing Bengal cenderung kekar dengan pola pada bulu mirip seperti macan tutul. Ras kucing termahal di dunia ini juga memiliki kepribadian yang sangat aktif, cerdas, dan memiliki rasa ingin tahu yang besar.

Bagi sebagian pemilik, memelihara kucing Bengal di rumah menjadi tantangan tersendiri. Mereka bisa saja melompat ke akuarium, berlarian ke berbagai penjuru rumah, dan aktivitas lain yang kadang cukup merepotkan.

4. Persia - 80 Jutaan

Kucing Paling Mahal Di Dunia
persia - rover

Pasti Sobat Pintar sudah mengenal ras kucing Persia, kan? Kucing Persia juga diklaim sebagai salah satu ras kucing tertua di dunia, bahkan telah ada sejak ratusan tahun sebelum Masehi.

Kucing Persia memiliki ciri khas bulu panjang pada hampir seluruh bagian tubuhnya. Wajahnya pun tampak bulat dengan hidung datar, tak seperti kucing kebanyakan.

Mereka memiliki tingkah laku lembut, pendiam, dan mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Untuk ras kucing Persia murni, harganya memang cenderung sangat mahal.

5. Peterbald - 73 Jutaan

Kucing Paling Mahal Di Dunia
petersbald - cats pro

Peterbald merupakan ras kucing yang relatif baru dan tergolong cukup langka. Ras kucing ini pertama kali ditemukan di Rusia dari hasil persilangan antara kucing Donskoy dan Oriental Shorthair.

Mirip seperti kucing Sphynx, jenis kucing termahal di dunia ini juga tidak memiliki mantel bulu. Beberapa mungkin memiliki bulu-bulu tipis, mirip seperti pada kulit buah persik.

Kucing Peterbald memiliki tingkah laku yang ramah, menyenangkan, dan mudah berteman dengan peliharaan lain di rumah. Untuk perawatan, Sobat Pintar perlu memperhatikan bagian kulit yang sangat sensitif karena tidak berlapis bulu.

6. Sphynx - 43 Jutaan

Kucing Paling Mahal Sedunia
sphynx - clarks on village vet

Jika berbicara ras kucing tidak berbulu, pasti Sobat Pintar akan langsung menyebut nama kucing Sphynx, kan? Penampilannya yang unik membuat kucing ini banyak dicari dan harganya menjadi sangat mahal.

Kucing Sphynx merupakan hasil mutasi genetik yang ditemukan pada tahun 1966, di mana ketika sepasang kucing melahirkan anak kucing tak berbulu dengan kulit keriput.

Ras kucing ini buka berasal dari Mesir, melainkan Ontario, Kanada. Penamaan kucing Sphynx terinspirasi dari bentuknya yang mirip seperti patung kucing Mesir kuno, Sphinx.

7. Scottish Fold - 43 Jutaan

Kucing Dengan Harga Tertinggi
scottish fold - ctf

Ras kucing termahal di dunia selanjutnya adalah Scottish Fold yang memiliki ciri khas telinga yang melipat, seperti sedang mengenakan topi.

Walaupun wajahnya tampak murung dengan telinga melipat, kucing Scottish Fold memiliki kepribadian yang manis dan menawan. Mereka juga sangat cerdas dengan rasa ingin tahu yang cukup besar.

Sayangnya, untuk memelihara Scottish Fold perlu perhatian ekstra. Kucing ini rentan akan penyakit sendi degeneratif akibat mutasi genetik, sehingga perlu biaya lebih untuk perawatannya.

8. Russian Blue - 43 Jutaan

Kucing Mahal
russian blue - zooplus

Russian Blue memiliki daya tarik pada bagian mata hijau cemerlang dan bulu biru keperakan yang dimilikinya. Ras kucing ini sangat mudah beradaptasi dengan kepribadian yang cerdas sekaligus menyenangkan.

Beberapa kalangan juga mengenal jenis kucing termahal ini dengan mana “Archangel cat” atau “kucing Malaikat Agung” karena penampilannya. Selain itu penamaannya juga didasari oleh asal usul kucing ini dari kota Arkhangelsk, Rusia.

Kucing ini juga tergolong ras yang sehat dan berumur relatif panjang, bahkan hingga 25 tahun dengan perawatan yang tidak terlalu merepotkan.

Nah, itulah dia beberapa jenis ras kucing termahal di dunia yang harganya sudah bikin Sobat Pintar terkaget-kaget, kan?

Harga tersebut mungkin belum termasuk dengan biaya perawatan. Hal ini dikarenakan beberapa ras kucing memerlukan perawatan khusus, seperti bulu panjang, kulit sensitif, hingga masalah kesehatan yang umum terjadi.

Nah, kalau Sobat Pintar memiliki dana yang tidak terbatas, mana ras kucing yang bakal dipelihara di rumah? Tuliskan pendapatmu pada kolom komentar di bawah, ya!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://financesonline.com/top-12-most-expensive-cat-breeds-in-the-world-savannah-bengal/
  • https://www.hillspet.com/cat-care/new-pet-parent/how-many-cat-breeds-are-there
  • https://www.tica.org/breeds/browse-all-breeds
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, reptil dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar