Hari ini: Kamis, 09 Desember 2021
Minggu, 11 Juli 2021, 16:00 WIB

10 Vitamin Alami untuk Kucing Sakit, Pasti Bikin Sehat

10 Vitamin Alami untuk Kucing Sakit, Pasti Bikin Sehat

vitamin alami untuk kucing - petfinder

Vitamin alami untuk kucing sakit berikut ini bermanfaat untuk memulihkan kondisi kesehatannya. Kamu dapat memberikan vitamin berikut sesuai kebutuhan.

Sobat Pintar, apakah nafsu makan kucing kesayanganmu berkurang? Atau terlihat malas beraktivitas? Ini merupakan masalah bagi pemiliknya, karena kucing bisa benar-benar sakit jika stamina mereka menurun.

Untuk itu, selama fase penyembuhan kamu harus memberikan vitamin tambahan guna meningkatkan daya tahan tubuh kucing.

Vitamin apa yang baik untuk mengembalikan kesehatan kucing sakit? Jika ingin segera memulihkan kesehatannya, kamu harus memberikan perawatan terbaik.

Salah satunya adalah dengan mengetahui vitamin alami untuk kucing sakit. Mari cari tahu bersama-sama melalui pembahasan berikut ini.

Vitamin Kucing yang Bagus dan Bikin Sehat

Vitamin Alami Untuk Kucinga
vitamin alami untuk kucing - two crazy cat ladies

Para pecinta kucing tentu ingin hewan peliharaannya senantiasa sehat dan tidak gampang sakit. Lalu, bagaimana jika kucing kamu tiba-tiba tidak mau makan dan semakin kurus?

Tidak perlu khawatir, saat ini sudah banyak vitamin kucing yang bagus dan bisa mengembalikan kesehatannya. Vitamin memang dibutuhkan oleh kucing dan kamu bisa memberikannya sesuai kebutuhan.

Apa saja fungsi vitamin ini? Selain membuat tubuh kembali sehat, vitamin juga membantu meningkatkan daya tahan tubuh, menambah nafsu makan, serta merawat bulu kucing.

Kucing yang sehat dan cantik bulunya tentu semakin menggemaskan, bukan? Agar tubuh kucing kamu tetap sehat, pastikan asupan nutrisi tubuhnya telah terpenuhi.

Kamu juga bisa memberikan beberapa vitamin berikut ini:

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Vitamin C untuk Meningkatkan Pertahanan Tubuh

Seperti tubuh manusia, tubuh kucing juga membutuhkan tambahan vitamin C untuk meningkatkan perlindungan tubuhnya dari virus infeksi sakit.

Sebenarnya, vitamin C ini dapat dihasilkan secara alami oleh tubuh kucing yang sedang dalam kondisi sehat.

Namun, saat sakit, tubuh kucing membutuhkan lebih banyak vitamin C sehingga kamu perlu memberikan asupan tambahan dari luar.

Vitamin C memiliki kemampuan memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menyembuhkan luka akut sehingga sangat cocok diberikan pada kucing yang sedang sakit.

Dengan demikian, kucing kamu bisa lebih cepat sembuh dari sakit luka, penyakit kulit, dan lain sebagainya. Selain itu, obat yang masuk ke dalam tubuh kucing juga dapat bekerja lebih maksimal dengan mengkonsumsi vitamin C ini.

2. Vitamin A untuk Mempercepat Penyerapan Nutrisi

Penyerapan nutrisi dalam tubuh kucing bisa lebih cepat dengan mengkonsumsi vitamin A. Oleh karena itu, kucing kesayangan membutuhkan asupan Vitamin A yang cukup untuk senantiasa bugar dan sehat setiap saat.

Jadi bukan hanya manusia saja yang membutuhkannya, apalagi vitamin A ini diketahui mempunyai efek yang bagus untuk pertumbuhan tulangnya.

Kamu dapat memberikan vitamin A untuk menjaga kesehatan mata kucing. Vitamin A juga bisa membantu meningkatkan daya tahan mereka dari penyakit mata, serta menghindari penyakit yang lebih serius.

3. Vitamin K untuk Mempercepat Penyembuhan Luka

Kucing sakit perlu diberikan vitamin K untuk menjaga sistem metabolisme tubuhnya. Terutama saat kucing sedang terluka, kamu harus memberikan vitamin yang dapat memperbaiki kondisinya seperti vitamin K ini.

Vitamin ini berfungsi untuk melancarkan peredaran darah dan mencegah terjadinya pembekuan, sehingga luka pada tubuh kucing bisa lebih cepat sembuh.

4. Vitamin E untuk Meningkatkan Kesehatan

Vitamin E bagus untuk kesehatan kucing sakit, juga bermanfaat untuk meningkatkan kekebalannya terhadap cuaca buruk, memperlancar sirkulasi darah, menyuburkan pertumbuhan bulu kucing, dan lain sebagainya.

Jika kucing kamu sakit, berikan vitamin E yang bisa mencegah efek buruk dari penyakit yang menyerang. Ini bisa mempengaruhi keberlangsungan hidupnya karena sangat efektif dalam meningkatkan kesehatan kucing.

5. Vitamin D sebagai Anti-Jamur

Manfaat vitamin D ada banyak, terutama untuk penyembuhan kulit. Vitamin D ini berperan sebagai anti-jamur dan agen antibakteri, sehingga bagus untuk kucing kamu yang mempunyai masalah dengan kesehatan kulitnya.

Bukan hanya itu saja, manfaat yang dimiliki vitamin D juga baik untuk kesehatan tulang kucing, sehingga baik untuk diberikan pada kucing yang mempunyai penyakit terkait tulang dan persendian.

6. Vitamin B Kompleks untuk Melancarkan Pencernaan

Sama seperti manusia, kucing juga membutuhkan vitamin B kompleks, terutama vitamin B6 dan B12 yang bagus untuk pencernaannya. Kedua vitamin ini juga dibutuhkan dalam proses penggemukan.

Vitamin B6 akan diperlukan selama masa pertumbuhannya, selain itu juga dimanfaatkan untuk menjaga pertumbuhan sistem saraf kucing. 

Sedangkan vitamin B12 bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan menambah nafsu makannya. Dengan mengkonsumsi vitamin B kompleks, kucing kamu bisa cepat gemuk dan tumbuh dengan sehat.

7. Vitamin H untuk Mengatur Kelancaran Kerja Enzim

Jika ingin menggemukan tubuh kucing peliharaan, maka berikan mereka vitamin H yang lebih dikenal dengan sebutan biotin ini.

Kerja enzim di seluruh tubuh kucing bisa lebih lancar berkat bantuan biotin, sistem pencernaan juga semakin sehat karena enzim bekerja secara maksimal.

Kucing yang memiliki pencernaan sehat tentu nafsu makannya akan jauh meningkat karena merasa nyaman ketika makan.

8. Squalene untuk Meningkatkan Gairah Hidup

Vitamin Squalene terbuat dari steroid dan kolesterol yang katanya bisa membantu meningkatkan gairah hidup kucing.

Ini adalah vitamin yang bisa memaksimalkan kinerja vitamin D dan memperlancar metabolisme kucing, sehingga kesehatan tulang dan antusiasme mereka terhadap makanan menjadi lebih baik pada saat sakit.

Dengan vitamin Squalene, rasa sakit yang dirasakan kucing kamu tidak akan membuatnya lemah ataupun malas untuk beraktivitas.

9. Zinc untuk Meningkatkan Nafsu Makan

Nutrisi dalam tubuh kucing bisa lebih cepat terserap apabila kamu memberikan asupan vitamin Zinc. Vitamin ini juga dapat memperlancar proses penggemukan kucing, karena bisa meningkatkan nafsu makanannya.

10. Taurine untuk Mencegah Daya Tahan Tubuh Menurun

Merupakan vitamin yang terdapat dalam daging. Taurine ini bagus untuk kucing sakit, karena bisa mencegah daya tahan tubuh menurun secara drastis dan menghindari kondisi lemah dengan memberikan tambahan energi.

Jadi Sobat Pintar, itulah beberapa vitamin alami untuk kucing sakit yang bisa kamu berikan sesuai kebutuhan. Semoga informasi kami membantu, dan semoga kucing kamu cepat kembali sehat, ya. 

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://bukuipa.co.id/vitamin-untuk-kucing-sakit/
  • https://merkbagus.id/vitamin-kucing/

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar