Hari ini: Kamis, 09 Desember 2021
Senin, 21 Desember 2020, 19:30 WIB

Pasti Akurat! 7 Cara Membedakan Hamster Jantan dan Betina Tanpa Alat

Pasti Akurat! 7 Cara Membedakan Hamster Jantan dan Betina Tanpa Alat

cara membedakan hamster jantan dan betina - petpintar

Masih bingung membedakan kelamin hamster jantan dan betina? Tenang saja, dengan 7 langkah ini kamu akan tau cara membedakan hamster jantan dan betina

Membedakan kelamin hamster jantan dan hamster betina adalah sebuah tantangan tersendiri. Apalagi ketika hamster tersebut masih di usia yang sangat muda. Karena, beberapa faktor yang bisa dijadikan untuk membandingkan mana hamster jantan dan betina belum terlalu terlihat layaknya hamster dewasa.

Walaupun setiap jenis hamster memiliki perbedaan yang dapat dikatakan hampir sama, tiap jenis punya karakteristik masing-masing, loh. Sangat penting bagi kamu yang ingin memelihara hamster untuk tahu perbedaan dasar antara jantan dan betina terlebih dahulu. Simak beberapa cara untuk mengetahui apakah hamster yang kamu miliki adalah hamster jantan atau betina berikut ini.

7 Cara Membedakan Hamster Jantan dan Betina Paling Mudah

Ada 3 jenis hamster yang banyak dimiliki yaitu jenis hamster Dwarf, hamster Syrian, dan hamster Chinese. Masing-masing jenis memiliki karakteristik dan fisik mereka berbeda. Nah, dari karakteristik tersebutlah, kamu bisa membedakan mana yang jantan dan mana yang betina.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Hamster lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Pegang Hamster yang Kamu Miliki

Cara Membedakan Hamster Jantan Dan Betina
cara membedakan hamster jantan dan betina - hamsters 101

Cara pertama adalah dengan memegang hamster milikmu dengan perut menghadap ke arahmu. Secara perlahan, pegang dan balik hamster yang sudah ada ditanganmu. Beberapa pemilik hewan pun menyarankan untuk memegang bagian leher milik hamstermu secara lembut untuk menenangkan hewan menggemaskan ini.

Selanjutnya, lihatlah apakah hamster yang ada digenggamanmu ini memilik testis atau tidak. Sama seperti hewan lainnya, testis ini hanya dimiliki oleh hamster jantan dan tidak dimiliki oleh hamster betina.

Namun, testis di hamster ini sangat kecil dan hampir tidak terlihat. Cukup sulit bagimu untuk mendefinisikan hamster yang kamu pegang secara cepat hanya melalui testisnya.

2. Tentukan Letak Kelamin Milik Hamster

Perbedaan Hamster Jantan Dan Betina
Menentukan kelamin hamster - petpintar

Cara yang paling mudah dan juga teruji untuk mengetahui jenis kelamin dari hamster yang kamu miliki adalah dengan melihat jarak antara anus dan alat kelamin milik hamster tersebut. Hamster jantan memiliki jarak yang cukup jauh antara alat kelamin dan anus.

Sedangkan, hamster betina memiliki jarak yang dianggap sangat dekat. Jarak tersebut dapat menjadi tantangan yang cukup sulit bagi hamster betina untuk dilihat karena alat kelamin dan anus tersebut hanya dipisah kurang dari 2 cm.

3. Lihat Bentuk Badan Hamster

Terdapat beberapa perbedaan umum antara hamster jantan dan betina. Namun, hal ini akan sangat sulit dilihat karena faktor-faktor seperti usia dan spesies juga sangat berpengaruh.

Pertama, lihatlah pada bagian belakang hamster peliharaan kamu, bagian belakang hamster jantan jauh lebih panjang dan berbentuk lebih bulat dan melingkar dibandingkan hamster betina.

Kedua, hamster jantan memiliki semacam bola di bagian testis yang akan mulai terlihat ketika hamster tersebut berumur 4 minggu. Ketiga, hanya hamster betina lah yang memiliki puting, hamster jantan tidak memiliki sama sekali.

4. Perbedaan Bau antara Hamster Jantan dan Betina

Hamster sangat terkenal sebagai hewan yang memiliki bau menyengat ketika tidak dibersihkan dalam waktu ke waktu. Namun, bau inilah yang dapat membedakan antara hamster jantan dan juga betina. Tergantung pada jenisnya, hamster jantan lebih cenderung memiliki bau dibandingkan hamster betina pada umumnya.

Bau tersebut pun dapat dikategorikan menjadi dua, yaitu bau alami yang muncul atau bau ketika hamster tidak dibersihkan secara rutin. Kedua kategori tersebut pun memiliki bau yang berbeda antara satu sama lain. Perbedaan ini bisa jadi lebih mudah jika kamu tahu cara memandikan hamster dengan baik dan rutin.

5. Perbedaan Hamster Syrian Jantan dan Betina

Penting bagimu untuk mengetahui juga jenis atau spesies hamster apa yang kamu miliki. Melihat kelamin dari hamster jenis Syrian sangat mudah jika dibandingkan dengan hamster jenis lainnya.

Pertama, hamster Syrian betina memiliki 2 puting yang terlihat secara sejajar antara puting satu dengan yang lain. Puting ini akan terlihat jika jenis hamster tersebut hanya memiliki bulu yang tergolong sedikit ataupun jarang. Ditambah lagi, hamster betina jenis Syrian memiliki pigmentasi yang gelap.

Perlu diingat, akan cukup sulit bagimu untuk melihat apakah hamster yang kamu miliki adalah jantan atau betina ketika hamster betina memiliki bulu yang sangat panjang. Oleh sebab itu, lihatlah juga perbedaannya dari hamster Syrian jenis betina yang cenderung memiliki bau lebih menyengat ketika dalam keadaan panas (birahi) dibandingkan pejantan.

6. Perbedaan Hamster Dwarf Jantan dan Betina

Hamster jenis ini memiliki tambahan cara untuk membedakan apakah hamster tersebut adalah jantan atau betina. Hamster Dwarf jenis jantan memiliki aroma yang berbeda jika dibandingkan dengan yang lain. Hal ini dikarenakan kelenjar aroma yang dimiliki oleh hamster Dwarf jantan. Kelenjar aroma ini dapat dilihat di bagian perut hamster tersebut.

Kelenjar aroma milik hamster Dwarf jenis jantan ini terkadang berwarna kuning dan juga sangat berminyak tergantung kondisi sekitar hamster tersebut.

Namun, meskipun hamster Dwarf jenis betina juga memiliki kelenjar aroma, karakteristiknya tetap berbeda. Kelenjar tersebut sangat kecil jika dibandingkan dengan kelenjar aroma milik hamster jantan jenis Dwarf. Gunakanlah kapas telinga yang digunakan untuk melihat kelenjar aroma tersebut.

7. Karakteristik Hamster Chinese Jantan dan Betina

Berbeda dengan hamster dari spesies lainnya, hamster Chinese jantan dan betina memiliki karakteristik bentuk yang berbeda di bagian belakang mereka. Hamster jantan dari jenis ini memiliki punggung yang lebih panjang dan lebih bulat pada bagian akhirnya.

Jika dibandingkan dengan hamster Chinese betina, perbedaan bentuk tersebut sangat signifikan. Namun akan sangat sulit jika kamu tidak memiliki 2 hamster dari kelamin yang berbeda untuk membandingkan.

Kamu harus melihat jarak anus dan alat kelamin jika tidak memiliki pembanding antara hamster Chinese jantan dan betina. Kamu harus sangat teliti dalam melihat jenis kelamin dari hamster Chinese milikmu.

Cara Menentukan Kelamin Hamster Kecil

Cara Membedakan Kelamin Hamster Kecil
cara membedakan kelamin hamster kecil - youtube

Bagi kamu yang memiliki hamster kecil, kamu juga bisa menentukan kelamin hamster dengan mudah. Nah, berikut ini adalah cara yang tepat untuk membedakan kelamin pada hamster kecil.

  1. Disini kamu bisa menemukan dua bukaan di bagian bawah hamster. Bukaan ini biasanya nampak setengah lingkaran merah muda dengan pinggiran yang agak sedikit menonjol. Anus hamster terletak pada persis di bawah ekornya, nah bukaan urogenital yaitu organ kemih dan genital ini berada tepat di atas anus menuju bagian tengah abdomen.
  2. Lalu setelah itu kamu bisa menelaah jarak antara anus dan bukaan urogenital. Perbedaan jenis kelamin memang agak sulit ditemukan pada anak hamster, tetapi masih ada yang bisa kamu lakukan untuk melihatnya. Kamu bisa melihat antara jarak antara anus dan bukaan urogenital terdapat vulva, dan apabila anus dan bukaan urogenital nampak lebih dekat, maka kamu bisa memastikan bahwa hamster tersebut adalah betina. Pada hamster jantan, kedua bukaan ini mempunyai jarak yang lebih jauh.
  3. Jika kamu masih belum yakin juga untuk jenis kelamin hamster, kamu bisa melakukan cara-cara lainnya. Apabila kamu hanya menemukan satu bukaan namun ukurannya cukup besar, kemungkinan besar jenis kelamin yang kamu temukan adalah betina. Namun sebisa mungkin cek ulang apabila kamu ragu dengan cara-cara diatas dengan berkonsultasi ke dokter hewan terdekat.

Kesimpulan

Untuk lebih jelas cara membedakan hamster jantan dan betina, lihatlah tabel berikut ini:

Tabel Perbedaan Hamster Jantan dan Betina

Perbedaan

Hamster Jantan

Hamster Betina

Alat kelamin

Memiliki testis

Tidak memiliki testis

Letak kelamin

Alat kelamin dan anus berjauhan

Alat kelamin dan anus berdekatan

Bentuk badan

Panjang dan bulat

Lebih pendek

Bau badan

Lebih menyengat

Normal

Jumlah Puting

0

2

Kelenjar Aroma

Berwarna kuning dan berminyak

Sangat kecil dan tidak terlihat

Bentuk Punggung

Panjang dan bulat

Lebih pendek

Itu dia 7 cara membedakan hamster jantan dan betina dilihat dari fisik dan jenis hamsternya sendiri. Sekarang, ketika kamu sudah tahu perbedaannya, kamu bisa memilih calon hamster peliharaanmu dengan tepat.

Jangan lupa juga untuk melakukan perawatan pada hamster dengan baik. Karena, perawatan antara hamster jantan dan betina juga berbeda, loh.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Hamster terbaru lainnya!

Terbit: Selasa, 18 Agustus 2020, 14:00 WIB
Update pada: Senin, 21 Desember 2020, 19:30 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://animals.mom.me/gender-hamster-1143.html
  • https://hamsterguru.com/how-to-tell-the-sex-of-a-hamster/
  • https://id.wikihow.com/Menentukan-Jenis-Kelamin-Hamster
  • https://www.hamstersociety.sg/hamster-care-blog/2019/6/18/identifying-gender
  • https://www.omlet.us/guide/hamsters/should_i_get_a_hamster/male_or_female
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, kelinci dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar