Hari ini: Jumat, 18 Juni 2021
Selasa, 26 Januari 2021, 16:00 WIB

Ingin Bisnis Hamster? Yuk, Ketahui 9 Cara Ternak Hamster Ini!

Ingin Bisnis Hamster? Yuk, Ketahui 9 Cara Ternak Hamster Ini!

cara ternak hamster - quora

Banyak dari pemilik hamster yang belum mengetahui cara ternak hamster untuk mendapatkan keuntungan hampir 2x lipat! Berikut ini adalah panduannya

Lucu, harga jual mahal, dan mudah dirawat. Inilah 3 alasan kenapa banyak orang yang ingin mencari tahu cara ternak hamster di rumah dari berbagai ras hamster yang menggemaskan, khususnya hamster anggora.

Kalau kamu merupakan salah satu dari sekian banyak orang yang ingin budidaya hamster, kamu harus tahu bagaimana cara merawatnya agar hamster yang kamu pelihara mudah menghasilkan anak baru, jinak, dan harga jualnya mahal.

Berikut ini sudah PintarPet bagikan beberapa tips untuk beternak hamster yang mudah diterapkan sekalipun kamu adalah pemula yang sama sekali belum pernah memelihara hamster sebelumnya.

9 Cara Ternak Hamster Budidaya Agar Menghasilkan Banyak Anak Baru

Cara Ternak Hamster
cara ternak hamster - host biz

Empat cakar, dua mata cerah, dan satu set kumis berkedut. Tidak ada yang lebih manis dari hamster peliharaan! Biasanya, hamster dapat hidup hingga dua tahun, meskipun beberapa dapat hidup lebih lama.

Tapi kamu tahu tidak semudah itu budidaya hamster. Kamu harus mengerti perawatan hamster induk dan anak hamster dengan baik yang sebagian besar dilihat dari cara mereka tumbuh, dan lingkungan yang mereka tinggali.

Ikuti langkah-langkah berikut ini agar kamu sukses budidaya hamster dari semua ras hamster yang ada di dunia, termasuk hamster anggora, campbell, winter white, syrian, dan roborovski.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Hamster lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Perhatikan Ras Hamster yang Ingin Kamu Pelihara

Hamster termasuk ke dalam jenis hewan pengerat layaknya tikus, marmut, dan kelinci. Hamster tidak hanya datang dari satu spesies saja. Mereka hidup di segala penjuru dunia sehingga bisa menghasilkan berbagai macam ras yang unik.

Perhatikan ras hamster yang ingin kamu pelihara karena hal ini akan menentukan bagaimana kamu melakukan perawatan, harga jual, dan apakah spesies tersebut termasuk dalam kategori yang kamu sukai.

Berikut ini beberapa ras hamster yang hidup di dunia:

  • Hamster Suriah
  • Hamster Rusia
  • Hamster Roborovski
  • Hamster Tiongkok
  • Hamster Campbell
  • Hamster Eropa
  • Hamster Kerdil Abu-abu
  • Hamster Korea
  • Hamster Allocricetulus
  • Hamster Gansu

2. Pahami Kebutuhan Hidup Seekor Hamster

Tidak ada cara sempurna untuk merawat semua jenis dan spesies hamster. Karena, semua spesies hamster memiliki perawatan yang berbeda sesuai dengan kondisi lingkungan sekitarnya.

Terserah kamu ingin memelihara hamster dari spesies apa, dan merawatnya dengan cara apa. Namun, kamu harus memahami apa saja kebutuhan yang wajib didapatkan oleh seekor hamster.

Pemahaman tersebut meliputi lingkungan hidup, pola makan, perilaku, rumah, kesehatan dan kesejahteraan seekor hamster. Semuanya sudah pernah PintarPet bahas dalam artikel lainnya.

3. Pilih Kandang yang Sesuai

Hal pertama dan terpenting yang harus hamster dapatkan adalah kandang yang akan mereka tinggali. Sebelum membelinya, kamu harus menghitung seberapa besar kebutuhan kandangan tersebut.

Semakin banyak hamster yang ingin kamu ternak, semakin besar kandang yang kamu butuhkan.

Buatlah kandang tersebut nyaman sesuai dengan ukurannya dan jangan pernah lupakan kebersihannya. Hamster merupakan hewan yang cukup sulit untuk dilihat apakah mereka sedang sakit atau tidak, jadi pastikan kandangnya selalu bersih, ya.

4. Tempatkan Kandang di Tempat yang Nyaman Sesuai Kebiasaan Hamster

Hamster adalah hewan nokturnal yang aktif di malam hari dan cenderung selalu tidur di siang hari. Ini artinya, kamu harus menempatkan kandang hamster ternakan milikmu tersebut di tempat yang tenang di siang hari.

Hal ini kamu lakukan agar ritme biologis seekor hewan hamster terjaga, dan mengurangi resiko stress yang dialaminya. Stress pada hewan menyebabkan mereka akan jarang kawin dan kurang produktif dalam menghasilkan anak hamster yang lebih banyak.

5. Tempatkan Dua Sejoli dalam Satu Kandang

Cara Budidaya Hamster
Jodohkan dua sejoli disatu kandang - fact republic

Di dalam tips yang ketiga kamu direkomendasikan untuk menyiapkan satu kandang berukuran besar untuk menempatkan seberapa banyak hamster yang ingin kamu ternak. Tapi, ini bukan berarti kamu bisa menempatkan lebih dari dua sejoli hamster dalam satu kandang.

Adanya lebih dari dua sejoli akan membuat hamster jantan tidak fokus dalam membuahi anak hamster betina. Jadi, kurang produktif juga untuk menghasilkan anak hamster yang lebih banyak.

6. Buatlah Hamster dalam Kondisi Selalu Siap Kawin

Tujuan ternak hamster adalah menghasilkan anakan yang lebih banyak. Ini artinya, cara ternak hamster kamu harus menyiapkan mereka dalam kondisi yang selalu prima, sehat dan siap kawin setiap saat.

Agar kondisi ini tetap terwujud, kamu harus menyiapkan kandang yang bersih, memberikan makanan hamster yang tepat, dan tahu bagaimana cara merawat hamster dengan baik.

Semuanya, bisa kamu baca lebih lengkap pada artikel hamster lainnya yang sudah pernah PintarPet bagikan. Baca lebih lengkap pada kategori hamster untuk mengetahuinya.

7. Ketahui Kapan Hamster Hamil

Setiap peternak hamster harus mengetahui kapan waktu mereka kawin dan kapan waktu hamster betina ternyata sudah hamil atau mengandung anak di dalam perutnya. Hal ini bisa kamu lakukan dengan mengetahui perubahan fisik dan kebiasaan hamster betina.

Umumnya, perut hamster hamil akan membuncit, berat badan naik, lebih sering mencakar dan menggigit kandang atau mainannya dan akan membuat tumpukan jerami di pojok kandangnya.

Tumpukan jerami ini akan hamster betina gunakan untuk membuat proses melahirkan lebih mudah.

8. Pisahkan Hamster Jantan dengan Betina Ketika Melahirkan

Hamster betina memerlukan waktu yang tidak banyak untuk melahirkan anaknya. Ibu dari hamster tersebut akan membersihkan bayi saat lahir dan menyelipkannya di bawah tubuhnya untuk menyusui dan menjaganya tetap hangat.

Kamu tidak perlu repot-repot ikut campur selama proses ini karena bisa menyebabkan ibu hamster stress dan membahayakan bayinya. Satu-satunya urusan yang harus kamu lakukan adalah memindahkan hamster jantan di kandang yang berbeda dengannya.

Bila perlu, masukkan kembali hamster jantan bersama dengan kandang hamster betina lainnya yang belum hamil untuk mempercepat proses perkembang biakan mereka. Sehingga, anak hamster yang kamu hasilkan lebih banyak.

9. Rawatlah Anak Hamster dengan Baik

Cara Ternak Hamster
rawat anak hamster baik-baik - petpintar

Pertama, anak hamster tidak boleh dipisahkan dengan induknya. Kedua, jangan terburu-buru untuk bermain bersama anak hamster yang baru dilahirkan. Biarkan mereka bersama dengan induknya selama proses menyusui agar mereka bisa tumbuh dengan lebih sehat.

Berikan makanan yang tepat dan bernutrisi kepada ibu hamster supaya menghasilkan air susu terbaik pada anaknya.

Kemudian, masukkan beberapa helai kain yang bisa digunakan oleh anak hamster berlindung dari dinginnya suhu ruangan yang kamu gunakan untuk menempatkan kandang hamster.

Kapan Anakan Hamster Bisa Dijual?

Kapan Anakan Hamster Bisa Dijual?
kapan anakan hamster bisa dijual? - squeak and snibbles

Pertanyaan ini mungkin ada juga di dalam pikiranmu. Saat kamu mencoba untuk ternak hamster, kamu juga harus sabar untuk menunggu panen untuk budidaya hamster ini karena tidak secepat itu bisa menjual anakan hamster yang sudah lahir dari indukan yang kamu jodohkan.

Sebenarnya, untuk memanen hamster untuk siap dijual tergantung dengan permintaan pasar.

Ada pembeli yang suka dengan anakan hamster, ada juga diantara mereka yang suka saat hamster beranjak remaja. Semua tergantung permintaan konsumen.

Namun, idealnya untuk menjual anakan hamster dengan kondisi yang baik saat mereka sudah berumur lebih dari 1 bulan atau diatas 28 hari.

Dalam kondisi ini, hamster dinilai sudah kuat dan tidak lagi bergantung pada induk nya. Selain itu, kamu juga sudah bisa membedakan jenis kelamin dari hamster tersebut.

Keuntungan Ternak Hamster

Keuntungan Dari Ternak Hamster
keuntungan dari ternak hamster - pixabay

Berbicara mengenai keuntungan ternak hamster ini sebenarnya relatif atau tidak bisa disama ratakan.

Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah saat kita membuatkan kandang untuk ternak hamster dan modal awal indukan hamster tergantung jenis hamsternya.

Dari situ, keuntungan yang didapatkan juga berbeda-beda setiap peternaknya. Namun, kami disini mencoba memberikan gambaran seberapa besar keuntungan yang kamu dapatkan jika bisa ternak hamster sesuai dengan panduannya.

Modal Awal

Indukan Hamster Campbel siap kawin: Rp 25.000 x 2 = Rp 50.000

Kandang Hamster dan jerami: Rp 60.000

Makanan Hamster selama 2 Bulan: Rp 30.000 x 2 = Rp 60.000

Total Modal: Rp 210.000

Perhitungan Profit

Hamster sendiri merupakan hewan yang termasuk cepat dalam siklus reproduksi karena masa kehamilannya relatif sebentar tergantung dengan jenisnya.

Jika indukan hamster bisa menghasilkan 3-12 anak hamster sekali hamil, maka perhitungannya adalah sebagai berikut.

Apabila anak yang dapat dijual dalam waktu 2 bulan: Rp 20.000 x 10 ekor = Rp 200.000

Profit: Rp 200.000 - Rp 210.000 = - Rp 10.000

Dalam 2 bulan awal atau dalam sekali panen, kamu belum mendapatkan keuntungan.

Barulah di panen kedua, kamu bisa mendapatkan keuntungan dari ternak hamster ini. karena kamu tidak perlu mengeluarkan modal awal lagi seperti indukan hamster.

Profit panen ke-2: Rp 200.000 - Rp 60.000 = Rp 140.000

Jadi dipanen kedua ini kamu baru dapat keuntungan yang sebenarnya. Setelah panen kedua, kamu sudah menjadi juragan hamster karena kamu sudah mempunyai sisa stok anakan yang bisa kamu gunakan untuk ternak di bulan selanjutnya.

Itu dia 9 cara ternak hamster yang bisa kamu lakukan dengan mudah, aman, dan cepat menghasilkan anak baru yang lebih banyak. Pastikan tidak ada langkah-langkah yang kamu lewati dan yang terpenting adalah mereka bisa kawin dan nyaman serta melahirkan dengan aman.

Harapannya, setelah kamu membaca artikel ini, kamu bisa memahami lebih jauh tentang peternakan hamster dan bisa membuatnya sendiri di rumah. Selamat bersenang-senang dengan hamster kesayangan kamu.

Jangan lupa bagikan artikel ini di sosial media agar lebih banyak orang yang tahu bagaimana cara ternak hamster yang baik dan benar.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Hamster terbaru lainnya!

Terbit: Selasa, 06 Oktober 2020, 10:00 WIB
Update pada: Selasa, 26 Januari 2021, 16:00 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://abahtani.com/cara-ternak-hamster/
  • https://animals.mom.me/hamster-having-babies-1451.html
  • https://www.kaytee.com/learn-care/ask-the-small-animal-experts/9-hamster-care-tips-for-beginners
  • https://www.msdvetmanual.com/all-other-pets/hamsters/breeding-and-reproduction-of-hamsters
  • https://www.rspca.org.uk/adviceandwelfare/pets/rodents/hamsters

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, kelinci dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar