Hari ini: Kamis, 09 Desember 2021
Minggu, 14 November 2021, 21:00 WIB

6 Jenis Hewan Peliharaan Lucu Untuk Anak Yang Mudah Dipelihara

6 Jenis Hewan Peliharaan Lucu Untuk Anak Yang Mudah Dipelihara

hewan peliharaan lucu - wallpaper acces

Hewan peliharaan lucu berikut cocok untuk dipelihara anak di rumah. Inilah nama-nama hewan peliharaan untuk anak dan tips memilihnya.

Sobat pintar, memelihara hewan peliharaan di rumah merupakan hobi menyenangkan bagi sejumlah orang. Selain membuat suasana rumah jadi lebih hidup, hewan peliharaan sendiri sangat baik untuk anak-anak karena bisa jadi teman mereka saat belajar.

Oleh karena itu, sebagian orang tua memutuskan memelihara hewan di rumah supaya anaknya dapat belajar peduli pada kehidupan makhluk hidup.  

Jenis hewan peliharaan juga ada banyak, mulai dari kucing, anjing, burung, bahkan reptil. Anak-anak sendiri biasanya lebih suka dengan binatang yang lucu dan menggemaskan.

Apabila saat ini kamu sedang mencari referensi terkait hewan peliharaan lucu untuk anak di rumah, maka carilah yang tidak punya sifat agresif dan jinak supaya hewan tersebut tidak melukai mereka.

Berikut ini beberapa hewan lucu untuk anak yang mudah dipelihara. Simak Yuk!

Rekomendasi Hewan Lucu untuk Peliharaan Anak Di Rumah

Jika kamu ingin memberikan hewan peliharaan kepada anak, maka Petpi sarankan untuk memilih hewan yang mudah untuk dipelihara. Sebagai pemilik, kamu tidak boleh mengabaikan perawatan, makanan, kesehatan, dan tempat tinggal yang layak untuk diberikan kepada mereka.

Baik itu anjing, kucing, burung, hamster, dan berbagai hewan lainnya tentu membutuhkan perhatian khusus. Sebelum memelihara, pastikan juga kamu sudah memiliki cukup budget untuk menanggung seluruh biaya perawatan hewan peliharaan di rumah.  

Langsung saja, berikut ini adalah hewan peliharaan lucu dan menggemaskan yang cocok diberikan kepada anak.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Rss lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Hamster

Hamster Lucu
hamster lucu - the spruce pets

Hamster adalah hewan istimewa yang menyenangkan dan lucu untuk dipelihara. Meskipun tidak sepopuler anjing atau kucing, nyatanya cukup banyak orang yang suka dengan hewan kecil ini.

Hamster terkenal dengan bulunya yang harus sehingga nyaman untuk dipegang anak-anak. Kamu juga bisa menjadikannya sebagai teman pelepas penat setelah sibuk menjalani rutinitas pekerjaan yang padat.  

Memelihara hamster tidak membutuhkan biaya perawatan yang besar seperti anjing dan kucing. Kamu hanya perlu menyiapkan kandang, pasir, dan mainan yang dijual dengan harga tidak lebih dari Rp. 100 ribuan.

Hewan ini tidak berisik dan tidak perlu diajak jalan-jalan. Sangat cocok untuk menemani aktivitas anak-anak saat di rumah.

2. Kelinci

Kelinci Lucu
kelinci lucu - teahub

Kamu tidak perlu meragukan kelucuan kelinci yang sudah sering dijadikan hewan peliharaan lucu bagi anak-anak. Hewan yang punya kebiasaan melompat ini punya bulu yang tebal dengan gigi depan yang sangat lucu.

Memelihara kelinci itu sangat menyenangkan, dan tidak banyak hal yang harus dilakukan.  Hewan ini sangat jinak dan lucu, gampang dipelihara dan tidak berisik, berbeda dengan kucing maupun anjing yang sering menimbulkan suara.

Memelihara kelinci juga tidak perlu ruangan yang luas, bisa dikurung dalam kandang ataupun dilepas di lingkungan sekitar rumah.

3. Ikan Hias

Ikan Hias Lucu
ikan hias lucu - pinterest

Ikan hias termasuk hewan peliharaan yang mudah dirawat. Memelihara ikan hias dapat menjadi cara yang bagus untuk mengajarkan anak-anak bertanggung jawab, misalnya saat kamu meminta mereka untuk memberikan ikan makan.

Hewan peliharaan ini sangat bagus untuk perkembangan anak-anak, membantu mereka mengasah keterampilan sosial, dan meningkatkan kepercayaan diri mereka. Selain untuk anak-anak di rumah, memelihara ikan hias juga dapat membantu mengurangi tingkat stres kamu, lho.

4. Landak Mini

Landak Mini Lucu
landak mini lucu - hearts apps

Hewan peliharaan lucu yang satu ini tidak berbahaya seperti landak yang berukuran besar. Landak mini adalah hewan peliharaan yang ukurannya kecil seperti hamster, punya duri, tapi tidak akan menyerang jika tidak diganggu.

Landak mini tergolong hewan yang jinak untuk dipelihara, dan kelebihannya adalah mereka tidak butuh banyak perhatian. Selain warna hitam dan putih, landak mini juga tersedia dalam warna coklat.

Landak mini termasuk jenis omnivora atau pemakan segalanya. Kamu dapat memberikan mereka makanan berupa kacang polong, kroto, ulat hongkong dan beraneka buah-buahan lainnya.

5. Kura-kura

Kura Kura Lucu
kura kura lucu - pinterest

Kura-kura juga bisa lho jadi hewan peliharaan untuk anak-anak. Meskipun ada beberapa spesies tertentu yang tidak diizinkan untuk dipelihara, tapi kamu bisa memilih jenis kura-kura air sebagai hewan peliharaan di rumah.

Hal yang perlu diperhatikan adalah pemberian pakan yang tepat untuk kura-kura, karena ini sangat mempengaruhi umur mereka. Kura-kura adalah hewan yang dapat hidup di dua alam, yaitu air dan darat. 

Maka dari itu pastikan kandang kura-kura tetap kering, tidak boleh lembab karena itu bisa membuat hewan ini cepat mati.  

6. Burung Kakatua

Burung Kakatua Lucu
burung kakatua lucu - pixabay

Kita semua tahu bahwa burung kakatua merupakan spesies burung yang sering dijadikan sebagai hewan peliharaan. Hal yang membuat burung ini populer di masyarakat adalah karakternya yang cerdas, aktif, setia, serta punya rasa keingintahuan yang besar.

Terkadang burung kakatua menunjukkan tingkah yang menggemaskan, seperti menari, membentangkan sayap, berteriak, dan bahkan bisa berbicara.

Hal tersebutlah yang membuat mereka termasuk dalam salah satu hewan peliharaan lucu yang direkomendasikan untuk anak-anak.  

Tips Memilih Hewan Peliharaan untuk Anak

Melihat si kecil senang ketika bertemu dengan hewan-hewan lucu seperti kelinci, kucing, anjing, kura-kura dan lainnya mungkin bisa jadi pertimbangan bagi kamu untuk memelihara seekor hewan di rumah.

Tidak hanya menemani mereka bermain, hewan peliharaan juga memberi banyak manfaat lainnya bagi si kecil yang sedang dalam masa perkembangan. 

Sebelum itu, pastikan kamu sudah memperhatikan beberapa hal sebelum memilih hewan peliharaan untuk anak. Seperti berikut ini:

  • Kamu dapat memberikan hewan peliharaan ketika si kecil sudah siap dan mengerti akan hal yang kamu ajarkan tentang menjaga dan merawat peliharaannya.  
  • Pilih jenis hewan sesuai usia anak, jangan yang punya sifat agresif karena dapat membahayakan. Pikirkan keamanan dan kesehatan si kecil sebelum kamu memelihara hewan di rumah.
  • Pilih jenis hewan yang bisa beradaptasi dengan lingkungan rumah.
  • Coba cek apakah si kecil punya alergi terhadap jenis hewan tertentu.

Jadi, itulah beberapa rekomendasi hewan peliharaan lucu dan menggemaskan untuk anak-anak. Nah, gimana? sekarang kamu sudah tahu kan jenis-jenis hewan yang cocok bagi mereka.

Terakhir dan paling penting adalah jangan lupa untuk terapkan beberapa tips memilih hewan peliharaan di atas sebelum memeliharannya ya, demi keamanan dan keselamatan anak Sobat Pintar di rumah.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Rss terbaru lainnya!

Terbit: Sabtu, 04 September 2021, 08:00 WIB
Update pada: Minggu, 14 November 2021, 21:00 WIB

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar