Hari ini: Selasa, 21 Mei 2024
Jumat, 24 Februari 2023, 18:00 WIB

Rekomendasi Merek Pasir Hamster Terbaik dan Harganya, Wangi Bisa Dicuci!

Rekomendasi Merek Pasir Hamster Terbaik dan Harganya, Wangi Bisa Dicuci!

pasir hamster terbaik - amazon

Apa itu pasir hamster? Bagi pecinta hamster, keberadaan pasir toilet dan pasir mandi hamster sangatlah penting terutama untuk kebersihan dan kesehatannya.

Ukurannya yang mungil dan lucu membuat hewan pengerat ini menjadi primadona di kalangan pecinta hewan. Tapi, apa iya merawat hamster semudah itu? Sobat Pintar tidak hanya membutuhkan kandang tapi juga pasir hamster untuk mandinya.

Hewan omnivora ini rentan dengan kelembaban sehingga kurang cocok jika kamu memandikannya menggunakan air. Butiran pasir yang halus akan membantu membersihkan hamster sekaligus menghilangkan bau yang tak sedap.

Fungsi lainnya, pasir mandi hamster juga efektif untuk membuat bulu semakin lembut. Cara mandi hewan yang lucu ini juga sangat sederhana di mana kamu hanya perlu membiarkannya bermain pasir dalam beberapa menit.

Fakta lain yang perlu kamu ketahui adalah pasir mandi untuk hamster juga cocok sebagai pasir toilet. Agar higienis, kamu bisa menyediakan pasir toilet yang jumlahnya lebih sedikit daripada pasir mandi.

Lantas, apa saja jenis pasir hamster yang tersedia di pasaran? Lalu, merek pasir apa yang terpercaya dan bagus untuk hamster? Apabila kamu penasaran, yuk simak ulasan di bawah ini.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Hamster lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Daftar Jenis Pasir Hamster yang Perlu Kamu Ketahui

Jenis-jenis Pasir Untuk Hamster
jenis-jenis pasir untuk hamster - supremepetfoods

Adalah hal yang normal mencari tahu berbagai informasi sebelum memelihara hewan. Kamu yang memilih hamster sebagai peliharaan wajib mengetahui apa saja jenis pasir yang cocok untuk hewan mungil tersebut.

Berikut ini ada beberapa jenis bahan dari pasir hamster yang mungkin belum kamu ketahui, yaitu:

1. Pasir Mineral (Bentonit dan Zeolit)

Sobat Pintar yang belum memiliki pengalaman memelihara hamster tidak perlu bingung saat ingin membeli pasir. Pasir mineral merupakan jenis pasir yang paling PetPi rekomendasikan karena mengandung bentonit serta zeolit.

Tekstur dari pasir zeolit hamster ini tampak seperti partikel halus yang menyerupai pasir alam. Karena sudah terbiasa dengan teksturnya, hamster tidak membutuhkan waktu lama untuk membuang kotoran di pasir ini.

2. Pasir Kayu

Kotoran yang tidak kamu bersihkan dengan baik pada kandang hamster akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Oleh karenanya, kamu membutuhkan pasir hamster yang bagus dari bahan utama kayu.

Saran PetPi, sebelum membeli pasir kayu kamu harus bertanya terlebih dahulu perihal jenis kayunya pada sang penjual. Mengapa? Karena pasir kayu dari cedar dan kayu pinus tidak cocok untuk hamster menyebabkan gangguan pernapasan.

3. Pasir Kertas

Jenis kertas yang produsen manfaatkan untuk pembuatan pasir hamster adalah kertas berdaya serap tinggi. Fungsi utama dari pasir kertas adalah untuk memonitoring kesehatan hamster dengan cara memeriksa warna urinnya.

Pasir yang terbuat dari kertas juga tidak meninggalkan debu. Namun berbeda dari pasir mineral, hamster membutuhkan waktu lebih lama untuk terbiasa dengan pasir ini.

4. Pasir Bahan Makanan

Jenis pasir mandi hamster dan toileting selanjutnya yang PetPi rekomendasikan adalah pasir dari bahan makanan. Adapun bahan makanan yang paling umum digunakan adalah jagung.

Keunikan dari pasir ini adalah kandungan deodorantnya yang bagus dalam menghilangkan bau. Tapi perlu Sobat Pintar ingat selalu, jangan menggunakan jenis pasir ini jika hamster peliharaan memiliki nafsu makan tinggi.

Setelah mengetahui jenis pasir apa saja yang cocok untuk digunakan oleh si hamster, maka akan muncul pertanyaan berikutnya yaitu apakah pasir kucing bisa untuk hamster? Sayangnya, jawabannya adalah tidak disarankan.

Sama halnya dengan pasir kucing, pasir pantai untuk hamster pun juga tidak direkomendasikan meskipun sah-sah saja untuk kamu gunakan. Kenapa demikian? Karena tidak diformulasikan untuk hamster, maka tentu akan berbeda hasilnya.

Tidak hanya itu saja, tingkat kepadatan yang terdapat pada pasir kucing ataupun pantai itu berbeda dengan pasir hamster. Sehingga, ada baiknya tidak memberikan pasir tersebut pada hamster kamu ya.

Nah agar kamu tidak salah dalam membelinya, kamu perlu untuk mengetahui beberapa brand pasir hamster yang bagus dengan harga terjangkau seperti di bawah ini.

Pilihan Merek Pasir Hamster Terbaik Beserta Harga Terbarunya

Membuat pasir hamster secara mandiri memang tidak mustahil tapi lebih praktis dan bijaksana apabila kamu membeli yang sudah siap pakai. Berikut ini beberapa jenis brand pasir terpopuler.

1. Pasir Hamster ToSand

ToSand Bathing Sand
ToSand Bathing Sand

Apakah kamu sedang mencari pasir hamster untuk mandi yang dijual dengan harga terjangkau? ToSand Bathing Sand for Hamster merupakan pasir mandi yang diproses dengan sterilisasi suhu tinggi.

Harga ToSand Bathing Sand Pasir Mandi 500 + 100 gram adalah Rp9.500. Kamu bisa pilih varian mulai dari yang original, lemon atau rasa apel. Pasir ini bagus untuk menghilangkan aroma bau dari hamster juga anti jamur.

2. Frontera Pasir Hamster

Frontera Hamster Bathing Sand
Frontera Hamster Bathing Sand

Apakah pasir hamster bisa dicuci? Jawabannya bisa tapi khusus untuk produk ini kamu wajib menggunakannya 1-2 kali setiap hari dan wajib ganti setelah 4 kali penggunaan. Harga satu produk per 500 gram di pasaran mulai dari Rp9.000.

Pasir ini hadir dengan dua varian wangi yakni wangi apel juga stroberi. Manfaat Frontera- Hamster Bathing Sand sangat beragam seperti membersihkan kotoran hamster, mengurangi rambut rontok hingga menghilangkan bau.

3. Pasir Mandi Jolly

Jolly Sand Bathing Hamster
Jolly Sand Bathing Hamster

Ketika memelihara satu hamster kamu harus memusatkan perhatian sepenuhnya pada hewan mungil tersebut. Butuh pasir mandi hamster yang bagus? Kamu bisa belanja produk dari Jolly.

Pasir hamster wangi ini hadir dengan varian dua aroma yakni aroma mint dan stroberi. Kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp10.850 untuk mendapatkan Jolly Bathing Sand 500 gram dengan varian aroma yang diinginkan.

4. Sanbbi Bathing Sand

Sanbbi Bathing Sand
Sanbbi Bathing Sand

Instruksi pemakaian yang perlu kamu ketahui setelah membeli Sanbbi Bathing Sand di antaranya adalah pemakaiannya yang hanya bisa kamu lakukan sebanyak 4x saja. Hitung jam mandi hamster di mana tidak boleh mandi lebih dari 20 menit.

Sanbbi Bathing Sand termasuk produk populer karena harga jualnya yang ekonomis. Sanbbi 1 kg dijual mulai harga Rp20.000. Cukup membayar biaya tersebut, hamster kamu sudah bisa mandi 1-2 kali setiap hari.

5. Sweet Pet Bathing

Sweet Pet Bathing
Sweet Pet Bathing - Nayaka Petshop

Kamu mungkin memiliki pertanyaan seputar memelihara hamster mulai dari pasir hamster diganti berapa kali hingga rutinitas mengganti air minum. Pasir hamster sebaiknya diganti seminggu sekali atau ikutilah aturan pemakaian dari merek ini.

Jika kamu belum cocok dengan brand pasir sebelumnya saran PetPi beli saja Sweet Pet Bathing. Pasir hamster ini dijual dengan harga yang sangat terjangkau mulai dari Rp12.000 per 500 gram-nya.

6. Pasir Hamster Helly Syrian No.1

Helly Syrian No.1
Helly Syrian No.1

Produk selanjutnya yang PetPi rekomendasikan untuk kamu adalah Pasir Hamster Jumbo Helly Syrian No.1. Pasir hamster ini mengalami proses pencucian sampai 50 kali, pengeringan dan pemanasan untuk hilangkan bakteri.

Harga per 1.500 gram Pasir Hamster Jumbo Helly Syrian No.1 mulai dari Rp22.000. Selain proses pembuatannya yang higienis, pasir hamster ini juga mengandung zeolite yang bagus untuk hamster.

7. Newage Pasir Mandi Hamster

Newage Bathing Sand
Newage Bathing Sand

Sobat Pintar tertarik untuk membeli pasir mandi untuk hamster dengan variasi wangi yang berbeda? Newage Hamster Bathing Sand menawarkan banyak pilihan aroma mulai dari wangi apel, lemon, stroberi sampai anggur.

Pasir hamster yang wangi membantu menghilangkan bau tidak sedap dari hamster. Hamster kamu juga menjadi lebih lembab dan bulu hamster juga tetap bersih dan sehat. Harga produk ini mulai dari Rp25.000 per kilogram.

8. KINTZ Bath Sand

Kintz Bathing Sand
Kintz Bathing Sand

Rekomendasi terakhir PetPi adalah pasir hamster produksi KINTZ. Pasir ini memiliki banyak pilihan aroma mulai dari wangi lemon, mint, lavender dan rose. Tiap 750 gram KINTZ Bath Sand for Hamster dijual mulai harga Rp15.400.

Kesimpulan

Agar lebih mudah dalam memilih merek pasir apa yang cocok buat hamster peliharaan kamu di rumah, lihatlah tabel berikut ini:

Tabel Merek Pasir Untuk Hamster

Merek

Harga (500 g)

Helly Syrian No.1

Rp7.500

Frontera

Rp9.000

ToSand

Rp9.500

Sanbbi

Rp10.000

KINTZ

Rp10.250

Jolly

Rp10.850

Sweet

Rp12.000

Newage

Rp12.500

Harga pasir hamster yang terjangkau dan berkualitas tentu akan membantumu menjaga kebersihan dan kesehatan hamster. Karena sama seperti manusia, hamster juga butuh mandi secara teratur.

Hubungan istimewa yang terjalin antara manusia dan hewan merupakan hubungan unik yang tidak mustahil untuk terjadi. Sebagai pecinta hewan, beberapa orang bahkan rela mengeluarkan uang lebih banyak demi memberikan perawatan terbaik.

Saat memilih hamster kamu wajib tahu apa saja hal yang harus dipersiapkan untuk pemeliharaannya. Hamster tidak hanya memerlukan minum, makanan atau kandang tapi juga pasir mandi yang berkualitas.

Pasir mandi hamster membuat hewan nokturnal ini akan merasa lebih nyaman karena terbebas dari resiko jamur. Pasir mandi juga bisa Sobat Pintar alih fungsikan sebagai toilet. Kamu cukup pilih pasir yang sekiranya sesuai dengan sang hewan.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Hamster terbaru lainnya!

Baca juga artikel menarik berikut:

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://my-best.id/45495
  • https://shopee.co.id/Jolly-Bathing-Sand-500gr-All-Varian-Pasir-Mandi-Hamster-i.309263241.11445141927
  • https://shopee.co.id/Pasir-Hamster-SANBBI-ALICE-1kg-Pasir-Wangi-Pasir-Mandi-Hamster-Sanbi-Bathing-Sand-1-Kg-i.76841945.1424877226
  • https://shopee.co.id/TOSAND-Bathing-Sand-Pasir-Mandi-Hamster-500GR-FREE-100GR-i.121099489.12058550154
  • https://www.idntimes.com/hype/fun-fact/viola-fladia-hendardy/pelihara-hamster-ini-5-tips-mudah-untuk-merawatnya-c1c2
Share

Tentang Penulis

Saya adalah alumni dokter hewan FKH Universitas Airlangga 2023 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar