Hari ini: Selasa, 16 April 2024
Minggu, 05 Februari 2023, 09:00 WIB

8 Jenis Serangga Terbesar di Dunia, Ada yang Sebesar Burung!

8 Jenis Serangga Terbesar di Dunia, Ada yang Sebesar Burung!

serangga paling besar di dunia - blendspace

Serangga dikenal memiliki ukuran yang kecil. Namun siapa sangka, ada spesies serangga terbesar di dunia yang bahkan berukuran sama dengan burung pipit.

Sobat Pintar, serangga adalah makhluk hidup yang hidup berdampingan dengan manusia. Kamu mungkin menyadari, ketika sedang asyik menonton televisi atau membaca buku, serangga-serangga kecil seperti nyamuk dan lalat itu kerap datang dan selalu mengganggu konsentrasi.

Namun, apakah Sobat Pintar tahu bahwa ada banyak sekali serangga yang lebih besar dari nyamuk dan lalat? Bahkan, besarnya ada yang sampai berukuran telapak tangan manusia dan seukuran burung pipit.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Serangga lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Jenis-jenis Serangga Terbesar di Dunia Beserta Gambarnya

Setelah mengetahui fakta di atas, pasti kamu penasaran dengan hewan apa saja yang termasuk ke dalam jenis serangga paling besar di dunia, bukan? Maka dari itu, yuk simak daftar selengkapnya di bawah ini.

1. Titan Beetles

Gambar Kumbang Titan
gambar kumbang titan - eol.org

Serangga terbesar di dunia yang pertama adalah titan beetles atau kumbang titan. Serangga yang juga memiliki nama Titanus Giganteus ini merupakan hewan yang bertempat tinggal di hutan amazon dan berukuran sangat besar.

Selain di hutan amazon, kamu juga dapat menemukan kumbang titan di hutan hujan Bolivia, Brazil Utara-Tengah, Kolombia, Ekuador, Guyana, dan Peru. Untuk saat ini, mereka dapat dikatakan sebagai kumbang terbesar karena kumbang titan memiliki tubuh hingga sepanjang 6,6 inci.

Tidak hanya itu saja, kumbang titan juga termasuk serangga terkuat. Hal ini dikarenakan mereka memiliki rahang bawah yang sangat kuat dan dikatakan bahwa rahangnya bisa mematahkan pensil bahkan sampai merobek daging manusia, loh!

2. Stick Insects

Gambar Serangga Tongkat
gambar serangga tongkat - eol.org

Selain kumbang titan, Sobat Pintar juga perlu tahu bahwa jenis serangga raksasa selanjutnya adalah stick insects atau serangga tongkat. Hewan yang juga dikenal sebagai serangga batang ini dikategorikan sebagai serangga terpanjang dan termasuk dalam anggota ordo Phasmatodea.

Ukuran serangga ini sangat bervariasi tergantung pada spesiesnya. Sebagian besar dari mereka berukuran lebih dari satu kaki. Serangga tongkat ini juga disebut sebagai tongkat berjalan dan rekor dunia mencatat bahwa serangga jenis ini ditemukan di China pada tahun 2018 dengan ukuran 25,2 inci.

3. Giant Wetas

Gambar Weta Raksasa
gambar weta raksasa - wired

Serangga terbesar di dunia yang pernah ada berikut ini pasti mengherankan Sobat Pintar. Pasalnya, serangga yang juga berkerabat dekat dengan jangkrik dan dikenal sebagai weta raksasa (Deinacrida) ini merupakan hewan endemik yang ditemukan di Selandia Baru.

Giant wetas atau weta raksasa ini memiliki tubuh yang panjang mencapai 4 inci, dan beratnya bisa mencapai 1,2 ons dan diperkirakan seberat burung pipit. Oleh karena itu, hewan ini dikategorikan sebagai serangga paling berat di bumi. Bahkan, serangga jenis ini pernah ditemukan dengan berat 2,5 ons.

4. Goliath Beetles

Gambar Kumbang Goliath
gambar kumbang goliath - thoughtco

Goliath beetles atau kumbang goliath ini merupakan sebuah kumbang yang berukuran besar dan salah satu anggota dari genus kumbang Goliathus. Kumbang ini termasuk dalam kumbang terbesar di dunia dan ditemukan di seluruh Afrika. Pada jenis kelamin jantan, kumbang goliath ini dapat berukuran lebih dari 4 inci dan beratnya mencapai 2 ons.

Serangga ini memiliki bentuk seperti kumbang pada umumnya dengan warna merah yang pekat dan warga putih yang seperti bergaris hitam. Adapun larva dari kumbang goliath ini juga memiliki berat yang cukup masif yaitu mencapai 3,5 ons. Hal ini menjadikan larva yang paling berat di dunia.

5. Atlas Moths

Gambar Ngengat Atlas
gambar ngengat atlas - a-z-animals

Atlas moths atau ngengat atlas adalah ngengat kepulauan Melayu yang berukuran seperti seekor burung. Bahkan, ngengat ini dikategorikan sebagai ngengat terbesar di dunia. Saking besarnya ngengat jenis ini sehingga kepompongnya terkadang digunakan sebagai dompet untuk uang receh di berbagai tempat di negara Asia.

Ukuran sayap atlas moths atau ngengat atlas ini mencapai 10 sampai 11 inci. Sementara luas permukaan total sekitar 25 inci persegi. Ngengat ini memiliki bentuk yang sangat eksotis. Selain itu warnanya yang sangat terang juga membuat ngengat ini sangat mudah dijumpai ketika menampakkan diri.

6. Tarantula Hawks

Gambar Tawon Tarantula Elang
gambar tawon tarantula elang - wired

Selanjutnya, serangga paling besar di dunia yang juga memiliki ukuran yang mengagumkan adalah tarantula hawks atau tawon tarantula elang. Hewan ini termasuk dalam anggota genera Pepsis dan Hemipepsis dan tergolong sebagai tawon terbesar di muka bumi.

Saking besar dan ganasnya tawon ini bahkan dikatakan mampu berburu tarantula dan digunakan sebagai sumber makanan mereka. Tawon tarantula hawks ini bahkan bisa mencapai panjang sekitar 2,7 inci dengan lebar sayap 4,5 inci. Tawon ini dikenal memiliki sengatan yang sangat menyakitkan di dunia, bahkan dikatakan sengatan tersakit kedua setelah semut peluru.

7. Mydas Flies

Gambar Lalat Mydas
gambar lalat mydas - maryland

Mydas flies atau lalat mydas merupakan keluarga dari lalat Mydidae. Lalat jenis ini memiliki ukuran yang sangat bervariasi. Lalat mydas memiliki ukuran sebesar 2,4 inci.

Salah satu spesies dari lalat ini yaitu yang bernama Gauromydas heros, merupakan spesies lalat terbesar di bumi. Lalat spesies tersebut memiliki panjang 2,8 inci dengan lebar sayap 3,9 inci.

8. Hercules Beetles

Gambar Kumbang Hercules
gambar kumbang hercules - gagebeasley

Kumbang hercules adalah spesies kumbang yang berukuran paling panjang di bumi. Serangga ini dikategorikan sebagai serangga terbang terbesar di dunia. Kumbang hercules ini memiliki tanduk yang panjang. Tubuh

kumbang hercules jika tidak termasuk tanduk dapat mencapai panjang hingga 2 sampai 3 inci. Jika ditambah dengan tanduknya, panjangnya mencapai 7 inci ukuran tanduk dari kumbang hercules ini mencapai lebih dari setengah panjangnya. Sedangkan lebar tubuhnya antara 1,1 inci sampai 1,7 inci.

Tanduk pada kumbang hercules ini hanya bisa ditemukan pada kumbang berjenis kelamin jantan. Tanduk yang mereka miliki digunakan ketika mereka sedang mengalami perselisihan untuk memperebutkan pasangan.

Sobat Pintar, demikianlah akhir dari ulasan terkait jenis-jenis serangga berukuran raksasa yang ada di dunia yang perlu kamu ketahui. Sekarang kamu jadi tahu deh bahwa serangga itu ada yang berukuran besar juga.

Tentunya, beberapa serangga di atas hanyalah sebagian kecil dari ribuan atau bahkan jutaan serangga yang tersebar di seluruh bumi. Namun nama-nama di atas sudah sangat mewakili jenis atau spesies serangga terbesar di dunia.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Serangga terbaru lainnya!

Baca juga artikel menarik berikut:

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://a-z-animals.com/blog/the-top-10-largest-insects-in-the-world/
  • https://www.treehugger.com/largest-insects-in-the-world-4869366
Share

Tentang Penulis

Saya adalah alumni dokter hewan FKH Universitas Airlangga 2023 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar