Hari ini: Kamis, 08 Desember 2022
Jumat, 11 Maret 2022, 12:00 WIB

Cepat Besar, Inilah 16 Jenis Makanan Ternak Jangkrik Terbaik

Cepat Besar, Inilah 16 Jenis Makanan Ternak Jangkrik Terbaik

makanan ternak jangkrik - pixabay

Bingung kasih makanan ternak jangkrik? Coba Yuk, intip jenis-jenis makanan untuk pakan ternak jangkrik yang sehat dan mudah didapatkan berikut ini

Sobat Pintar, memilih makanan ternak jangkrik yang tepat dapat membuat usaha kamu mendapatkan keuntungan 3 kali lipat. Baik untuk pakan burung maupun di jual. Pakan jangkrik adalah hal yang sangat penting dan memakan banyak biaya untuk bisnis ternak jangkrik

Pemberian pakan yang tepat dapat menghasilkan berat jangkrik yang lebih bagus dan waktu pemanenan pun tidak akan lama. Tidak hanya jenis pakannya saja, nafsu makan jangkrik pun tergantung pada suhu. Biasanya ketika dingin jangkrik akan kurus sebab tidak nafsu makan. 

Oleh karena itu, tak perlu berlama-lama lagi, mari kita simak ulasan berikut ini agar kamu mengetahui pakan yang tepat untuk jangkrik. 

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Ternak Hewan lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Apa Saja Jenis Pakan Ternak Jangkrik Yang Bagus?

Makanan Ternak Jangkrik
makanan ternak jangkrik - raja jangkrik

Bukan hanya bisa membuat jangkrik cepat besar saja, sekarang makanan ternak jangkrik pun wajib kamu seleksi agar hasil ternak tersebut banyak diminati oleh para pecinta burung sebab semakin besar jangkrik, maka semakin bagus untuk pakan burung. Berikut adalah jenis-jenis pakan jangkrik yang harus kamu tahu. 

1. Voor Ayam

Voor atau biasanya dikenal dengan pur ini sebenarnya makanan untuk ayam pedaging yang berumur 1 hingga 18 hari. Faktanya jenis pakan ternak jangkrik yang satu ini sangat baik untuk jangkrik yang berumur 1 hingga 20 hari. Pur yang bagus tentunya yang mempunyai kandungan protein di atas 20%. 

Beberapa orang meyakini paling bagus yaitu sekitar 20 hingga 23%. Biasanya beda wilayah akan beda pula iklimnya. Sangat disarankan kamu mencoba dulu, hingga menemukan campuran yang pas dan ulangi kembali. Ternyata pur ini terbuat dari beberapa biji-bijian yang ditumbuk. 

Biji-bijian tersebut terdiri dari kacang, beras, jagung, dan kedelai. Tentunya pur banyak memberikan protein untuk jangkrik sehingga membantu mempercepat pertumbuhannya. Kamu bisa memberi pur ayam merk comfeed, voer ayam 511, LY, PQ dan bravo. 

2. Sawi

Untuk sayuran yang satu ini sangat disarankan diberikan untuk jangkrik dewasa saja. Sawi putih merupakan salah satu sayuran yang bagus untuk jangkrik. Sawi menyimpan banyak air dan teksturnya juga lunak. Kamu dapat membeli sawi di pasar atau menanam sawi sendiri. 

Jangan lupa pastikan sawi yang ingin kamu berikan pada jangkrik telah dibersihkan supaya tidak ada pestisida yang tersisa dan membuat jangkrik mati karena mencuci sawi yang tidak bersih. 

3. Gedebog dan Daun Pisang

Daun pisang sangat bagus untuk perkembangan jangkrik. Di habitatnya jangkrik memakan tumbuhan ini yang banyak mengandung air. Tidak hanya daunnya saja yang bermanfaat kamu juga dapat memberikan gedebog pisang untuk jangkrik. Namun, tidak disarankan untuk memberikannya secara terus menerus. 

4. Rumput

Makanan selanjutnya yang bisa kamu berikan kepada jangkrik yang berusia lebih dari 20 hari yaitu rumput. Kamu dapat menggunakan rumput hijau yang daunnya kecil serta hidupnya menjalar. Jangan lupa untuk membersihkan rumput sebelum memberikannya kepada jangkrik. 

5. Krokot

Tumbuhan yang satu ini merupakan salah satu tanaman liar yang daunnya berwarna hijau pada bagian atasnya dan merah pada bagian bawah. Jangkrik sangat menyukai tumbuhan menjalar ini, umumnya untuk jangkrik dewasa. Beberapa orang mengira krokot merupakan rerumputan. Padahal tumbuhan ini dapat dikonsumsi manusia bila telah dimasak. Yang berarti, mencerna krokot tak sesulit mencerna rerumputan. 

6. Batang dan Daun Pepaya

Jangkrik yang berusia di atas 10 hari dapat kamu berikan daun pepaya. Namun, untuk jangkrik yang sudah dewasa, kamu bisa memberikan batang pepaya. Gizi yang terkandung di dalam batang pepaya sangat bagus untuk jangkrik. 

7. Kangkung

Dedaunan yang satu ini pun bagus untuk makanan ternak jangkrik. Kangkung biasanya hidup di area yang banyak airnya misalnya sungai, sawah dan selokan sehingga memiliki banyak kandungan air. Kamu dapat menanam kangkung atau membelinya di pasar. Jika ingin memberikan pakan ini pada jangkrik pastikan kangkung sudah bersih. 

8. Daun Singkong

Pakan selanjutnya yang bagus untuk pertumbuhan jangkrik yaitu daun singkong. Ketika kamu ingin memberikannya pakan daun singkong pilih daun singkong yang masih muda dan jemur daun nya terlebih dahulu, lalu berikan ketika sudah tidak panas. 

9. Kol

Kol merupakan pakan alternatif ternak jangkrik yang sangat bagus diberikan pada jangkrik yang berusia di atas 10 hari. Biasanya kol yang kurang bagus akan dibuang begitu saja. Nah, daripada membuangnya, kamu bisa memberikannya pada jangkrik. 

10. Wortel

Apakah kamu tahu jika jangkrik merupakan pakan kesukaan ikan arwana. Tentunya para pemilik arwana sangat senang bila ikan arwana berwarna merah. Salah satu cara supaya arwana menjadi berwarna merah yaitu dengan memberikan pakan jangkrik yang makanannya adalah wortel. 

11. Kentang

Pakan berikutnya yang bisa kamu berikan pada jangkrik yaitu kentang yang mempunyai banyak kandungan air. Kamu bisa memberikan potongan kecil kentang untuk jangkrik. 

12. Protein

Tentunya pakan tambahan untuk ternak jangkrik misalnya seperti dubia diet itu sangat mudah ditemukan di pasaran. Biasanya para peternak jangkrik menyebutnya sebagai suplemen, protein dan pakan alternatif. Berdasarkan beberapa peternak, jangkrik bisa diberikan protein minimal 20%. 

13. Minyak Ikan

Kamu bisa memberikan minyak ikan ini sebagai pakan jangkrik dengan melarutkannya dengan air dan semprotnya ke sawi atau sayuran lainnya yang ingin kamu berikan pada jangkrik. 

14. Pelet Ikan

Bagi Sobat Pintar yang ingin memberikan konsentrat lain sebagai pakan untuk ternak jangkrik, coba saja memberikannya pelet ikan. Namun sebaiknya jangan diberikan secara utuh ya, tetapi campurkan juga voor ayam agar mudah dicerna oleh jangkrik.

15. Pakan Jangkrik Kemasan

Seiring perkembangan peternakan jangkrik, sekarang banyak merk pakan siap saji khusus jangkrik, seperti bral brul, crystal dan lainnya. Setiap merk tentu memiliki kandungan yang berbeda-beda, maka itu kamu harus memastikan kandungan proteinnya tidak diatas 20% ya. 

16. Pakan Jangkrik Buatan Sendiri

Pakan jangkrik yang dibuat sendiri maupun pakan buatan yang terbuat dari campuran bahan alami yang ada di rumah seperti buah, sayur, dan biji-bijian. Hebatnya, campuran ini ternyata dapat menghemat biaya membeli pakan dan juga membantu pertumbuhan jangkrik, lho. 

Sobat Pintar, demikianlah penjabaran lengkap mengenai jenis makanan ternak jangkrik terbaik yang bisa kamu berikan. Semoga informasi diatas berguna untuk kamu yang sedang memulai usaha peternakan jangkrik.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Ternak Hewan terbaru lainnya!

Baca juga artikel menarik berikut:

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://erakini.com/pakan-jangkrik/
  • https://www.merdeka.com/jatim/6-makanan-jangkrik-yang-bagus-agar-cepat-panen-mudah-didapat-kln.html

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti burung, amfibi dan juga hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar