search
Jumat, 18 Desember 2020, 19:30 WIB

Kucing Kamu Galak dan Penakut? Ketahui 4 Cara Menjinakan Kucing Paling Ampuh!

Mau memelihara kucing liar? Atau punya kucing peliharaan yang galak dan penakut? Yuk, ketahui cara menjinakkan kucing dengan mudah dan cepat berikut ini!

Apakah Sobat Pintar berencana ingin memelihara kucing di rumah? Ingin tingkah kucing barumu menjadi lucu dan menggemaskan saat kamu berinteraksi dengan mereka? 

Semua hal tersebut bisa kamu dapatkan jika mengetahui dengan benar bagaimana cara menjinakan kucing dengan tepat. Dengan menjinakkan kucing, kamu tidak perlu khawatir terhadap keamanan peliharaan dengan anggota keluarga lain, termasuk anak-anak

Apapun jenis kucingnya, baik kucing kampung maupun kucing ras memiliki langkah-langkah yang harus kamu lakukan agar mereka jinak dan tidak menyerang ketika berhadapan denganmu.

Berikut beberapa tips dan cara menjinakkan kucing galak dan penakut yang bisa kamu lakukan dengan cepat dan mudah.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Begini Cara Menjinakan Kucing Galak dan Penakut

Merawat kucing tidaklah mudah, aktivitas kita sehari-hari dengan kucing dapat menentukan bagaimana sikap kucing terhadap kita. Apakah dia akan menjadi galak, penakut, penyayang, atau justru jadi tukang maling makanan.

Cara menjinakkan kucing kampung maupun kucing ras kurang lebih sama, yang mana bisa kamu simak langkah-langkah mudahnya seperti di bawah ini.

1. Kenali Bahasa Tubuh Kucing

Kenali bahasa tubuh kucing - petpintar

Dari semua teknik untuk menjinakan, mengenali bahasa tubuh kucing adalah langkah paling utama yang harus kamu ketahui. Ini akan menentukan bagaimana sikap kamu ketika kucing melakukan bahasa tubuh seperti mendengkur, ekor naik ataupun yang lainnya.

Dari sekian banyak bahasa tubuh kucing, ada 2 yang wajib kamu tahu:

  • Ekor kucing bergerak dengan cepat (kucing galak): pertanda dia sedang mengintimidasi dan tidak ingin kamu mendekatinya. Sebaiknya jangan bermain-main dengan si kucing ketika mereka memberi isyarat ini.
  • Selalu bersembunyi dan tidak mau keluar (kucing penakut): pertanda dia tidak suka dengan kehadiran kamu, atau takut.

2. Perkirakan Usia Kucing dan Kebiasaannya

Perkirakan usia kucing - petpintar

Umur kucing sangat menentukan seberapa mudah mereka untuk dijinakkan. Anak kucing yang masih berusia di bawah 1 bulan lebih mudah dijinakkan. Sedangkan, kucing tua jauh lebih sulit, terlepas dari mereka berasal dari kucing galak maupun penakut.

Kalau kamu mengadopsi kucing umur lebih dari 1 bulan dari salah satu pemilik, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu bagaimana latar belakang kucing ini, apa kebiasaan yang sering dia lakukan sehari-hari, punya riwayat penyakit atau tidak, pernah muntah kuning atau tidak, dan tempat tidurnya seperti apa.

Dua hal di atas sangat membantu kamu untuk menentukan langkah-langkah yang tepat untuk menjinakan kucing.

3. Dekati Kucing Perlahan-lahan

Dekati kucing perlahan - Petpintar

Setelah kamu paham dengan berbagai bahasa tubuh kucing, kini saatnya kamu mulai untuk memberanikan diri mendekati kucing melalui langkah-langkah berikut ini.

Loading ...
No ad for you

Langkah pertama: Temani kucing tanpa menyentuh

Cara menjinakan kucing galak dan penakut paling awal adalah mendekati dan menemaninya tanpa melakukan kontak fisik terlalu banyak sampai mereka tidak memberikan sinyal bahwa mereka tidak suka.

Untuk kucing galak, langkah ini mungkin sedikit lebih mudah. Karena, mereka tidak akan terlalu banyak lari ketika kamu dekati. Sedangkan, untuk kucing penakut, mereka akan lebih banyak berlarian ketika kamu mendekat.

Langkah kedua: Beri makan di dekat kamu

Tidak ada kucing yang tidak suka diberi makan. Perbedaannya hanya mereka kenal dan suka dengan kamu atau tidak. Kucing galak dan penakut lebih susah untuk diberi makan, mereka selalu mengeram dan lari ketika berada di dekatmu.

Siapkan makanan jenis apapun, entah itu kering, basah ataupun daging yang dibawa di tangan kamu secara langsung.

Loading ...
No ad for you

Jangan sekali-kali menggunakan piring atau sendok kalau kamu ingin mereka jinak. Biarkan makanan itu membawa aroma tubuh kamu agar indra penciuman kucing bisa mengenalinya secara perlahan.

Berilah makan secara rutin pada waktu yang sudah kamu tentukan secara berulang-ulang setiap hari. Ini bisa membantu kucing semakin jinak ke kamu. Perhatikan jenis kucing yang ingin kamu jinakan. Kalau itu adalah kucing kampung, berilah makanan yang cocok untuk kucing kampung.

Langkah ketiga: Sentuh kucing pada bagian punggung

Ketika kamu memberi makan, sekali-kali perhatikan posisi badan kucing galak dan penakut tersebut. Punggung adalah bagian badan yang paling mudah dijangkau dan posisi paling sulit untuk direspon kucing.

Pertama kali, kamu cukup perlu menyentuhnya saja. Jika ini sudah kamu lakukan minimal 3x, gunakanlah tangan kamu untuk mengelus punggung mereka. Jangan lupa untuk memperhatikan bahasa tubuh kucing, jika mereka mendesis dan mengeram, ini pertanda kamu harus melepas tanganmu dari tubuh mereka.

Langkah keempat: Beri makan langsung di tangan kamu

Loading ...
No ad for you

Proses ini jauh lebih sulit dari proses yang lainnya. Kamu harus berani dengan kucing galak untuk sedikit mencakar tangan kamu demi meraih makanan yang ada di telapak tangan kamu.

Sama halnya dengan cara merawat kucing persia baru, menjinakan kucing penakut juga cukup sulit. Kamu harus mencoba berulang-ulang agar mereka mau makan di tangan kamu secara langsung.

Langkah kelima: Angkat atau gendong kucingnya

Jika keempat langkah pada tahap ketiga ini sudah kamu lakukan, dan sukses. Langkah terakhir pada tahap ini kamu harus mengangkatnya di pelukan kamu. Sewaktu-waktu, mereka akan mencengkeram tangan perut kamu. Ini wajar.

Perlu kesabaran ekstra dan kehati-hatian untuk menangkap dan menggendong kucing galak atau kucing penakut.

4. Persiapkan Lingkungan Nyaman Bagi Kucing

Persiapkan lingkungan yang nyaman - fear free pets

Lingkungan sangat menentukan langkah-langkah menjinakan kucing liar, galak, dan penakut. Layaknya manusia, mereka tidak akan bisa jinak jika berada di lingkungan yang tidak sesuai dengan mood mereka. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk memberikan lingkungan yang nyaman pada kucing.

Loading ...
No ad for you

Langkah pertama: Beri tempat persembunyian dan siapkan rumah

Menentukan tempat tidur bagi kucing yang belum jinak memang cukup sulit. Mereka akan mencari tempat tidur sehari-hari yang menurut mereka sendiri nyaman. Langkah awal pada tahap ini sebaiknya adalah menyiapkan berbagai macam tempat persembunyian menggunakan kardus.

Biarkan si kucing memilih sendiri dimana tempat mereka akan tidur berhari-hari. Buang satu per satu tempat persembunyian yang tidak dipilih oleh kucing agar dia tidak berpindah tempat setiap hari.

Selama satu minggu, kamu bisa menentukan sisi mana dari rumah kamu yang harus dibuat rumah bagi si kucing. Persiapkanlah rumah kucing selayak-layaknya. Jaga kehangatan, dan alas yang tepat.

Langkah kedua: Siapkan pasir untuk pup kucing

Pertama kali untuk kucing yang belum jinak, mereka akan pup dan kencing di sembarang tempat. Kamu harus sabar dan rela memindahkan pup dan air kencing tersebut ke pasir yang sudah kamu siapkan.

Loading ...
No ad for you

Jangan buang pup dan air kencing kucing selama 3 hari. Ini bisa membantu kucing kamu agar lebih jinak dalam membuang kotoran. Karena, kucing akan mengendus bau tersebut dan menganggap tempat tersebut sebagai tempat pembuangan kotoran mereka.

Kalau kucing sudah bisa kamu angkat dan gendong. Tapi, mereka tiba-tiba buang kotoran di sembarang tempat, angkat lagi kotoran itu ke pasir yang sudah kamu siapkan. Lalu, angkat kucingnya ke hadapan kotoran tersebut untuk diendus selama beberapa menit. Besoknya, si kucing akan buang kotoran di tempat itu.

Langkah ketiga: Perlakukan dengan lembut dan jangan dibentak

Merawat kucing layaknya merawat anak manusia, semakin lembut kamu memperlakukan mereka, rasa sayang mereka semakin besar. Begitu pula sebaliknya, semakin kamu kasar dengan kucing, semakin besar amarah dan rasa takut kucing.

Menyisir bulu dengan tangan, mengelus bagian kepala dan dagu adalah cara menjinakan kucing terbaik yang harus kamu lakukan setiap hari. Hindari membentak jika memang kucing kamu tidak pernah melakukan kesalahan.

Adakah Tips Khusus untuk Menjinakkan Kucing Liar?

cara menjinakan kucing liar - coconuts

Lain halnya dengan memelihara kucing yang diadopsi dari pemilik sebelumnya, menjinakkan kucing liar tentu membutuhkan proses khusus untuk memastikan kondisinya sehat dan aman apabila tinggal bersama anggota keluarga lain di rumah.

Loading ...
No ad for you

Memelihara kucing liar yang berkeliaran di sekitar rumah bisa jadi salah satu opsi murah apabila kamu menginginkan peliharaan secara gratis tanpa perlu mengeluarkan modal besar.

Cara menjinakkan anak kucing liar yang ditinggalkan induknya terbilang lebih mudah dan cepat. Namun apabila kamu memeliharanya saat sudah remaja atau dewasa, berikut beberapa hal yang perlu kamu untuk kamu perhatikan.

  • Dekati kucing liar secara perlahan dengan memberikan makanan kesukaannya secara rutin setiap hari.
  • Berikan makanan kucing di dekat area rumah untuk memperkenalkan kucing liar dengan lingkungan tinggal barunya..
  • Mulai perkenalkan kucing liar dengan lingkungan dalam rumah. Hal ini bisa dilakukan mulai dari area terluar rumah, misal teras dan ruang tamu.
  • Segera isolasi kucing liar yang sudah terbiasa tinggal di dalam rumah. Perhatikan kondisi kesehatan (kucing cacingan, kucing kutuan, dsb) dan pertimbangkan untuk memberikan vaksin kucing.
  • Jika kamu memelihara kucing sebelumnya, perkenalkan kucing liar sebagai penghuni baru rumah secara perlahan. Selalu perhatikan interaksi keduanya untuk menghindari pertengkaran antarkucing.
  • Proses ini setidaknya membutuhkan waktu beberapa bulan hingga kucing liar terbiasa tinggal di dalam rumah.

Itu dia kumpulan cara menjinakan mudah dengan cepat dan mudah untuk mengatasi kucing yang sangat galak atau sangat penakut. Metode di atas pun bisa kamu praktikkan untuk menjinakkan kucing liar yang ada di sekitar lingkungan rumahmu.

Memang hal-hal yang PetPi ulas di atas terlihat cukup sulit. Namun dengan penanganan yang benar dan penuh kasih sayang, prosesnya bakal bisa lebih cepat, lho.

Itu dia 4 cara menjinakan mudah dengan cepat dan mudah untuk mengatasi kucing yang sangat galak, atau sangat penakut. Memang terlihat cukup sulit. Tapi, langkah-langkah di atas tidak memerlukan waktu yang lama, kok.

Sayangi kucing kamu layaknya menyayangi anak manusia. Karena, kucing adalah hewan peliharaan yang lucu, dan sangat tidak pantas untuk diperlakukan secara kasar.

Loading ...
No ad for you

VIDEO: Kucing kamu galak dan penakut? Begini cara menjinakkannya!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Baca juga artikel menarik berikut:

Terbit: Selasa, 18 Agustus 2020, 17:00 WIB
Update pada: Jumat, 18 Desember 2020, 19:30 WIB

Referensi Tulisan

  • https://kucingpedia.com/cara-menjinakan-kucing/
  • https://mrfrs.org/6-steps-to-taming-a-semi-feral-cat/
  • https://www.catster.com/lifestyle/adopt-a-stray-cat
  • https://www.petio.com/useful/petlife_cat_index/?wovn=en
  • https://www.wikihow.com/Tame-a-Cat

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, kelinci dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.