Hari ini: Selasa, 29 November 2022
Rabu, 23 Februari 2022, 10:00 WIB

Anti Gagal, Inilah 7 Cara Ternak Bebek Petelur Bagi Pemula

Anti Gagal, Inilah 7 Cara Ternak Bebek Petelur Bagi Pemula

cara ternak bebek - pixabay

Ingin belajar memulai bisnis kecil-kecilan? Yuk, lihat panduan cara beternak bebek petelur untuk para pemula yang bisa menghasilkan keuntungan besar!

Sobat Pintar, cara ternak bebek untuk pemula menjadi satu-satunya modal yang penting guna meminimalisir kegagalan di masa panen nantinya. Menjalankan ternak bebek mempunyai banyak keuntungan jika kamu lihat dari sisi bisnis, yakni bebek petelur. Saat ini telur bebek memiliki permintaan yang sangat tinggi sesudah dagingnya. 

Telur bebek mempunyai kandungan nutrisi yang sangat kaya sehingga banyak peminatnya di pasaran. Cara ternak bebek petelur pun mempunyai keunggulan tersendiri dibandingkan dengan ternak ayam. Sehingga tidak heran jika usaha ternak telur bebek sekarang banyak diminati oleh masyarakat. 

Berikut ini Petpi akan mengulas secara lengkap cara beternak bebek untuk para pemula. Yuk, simak ulasannya di bawah ini. 

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Ternak Hewan lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Bagaimana Cara Beternak Bebek Petelur Yang Benar?

Cara Ternak Bebek Petelur
cara ternak bebek petelur - pixabay

Untuk beternak petelur harus kamu siapkan dengan sebaik-baiknya agar mendapatkan hasil yang memuaskan. Cara ternak bebek ini bisa kamu mulai dengan menyiapkan anggaran, membuat kandang, memilih bibit, melakukan perawatan sampai pemanenan. Berikut beberapa cara beternak bebek yang sudah Petpi rangkum untuk kamu. 

1. Menyiapkan Anggaran

Cara pertama yang bisa kamu lakukan yaitu membuat dan menyiapkan anggarannya. Untuk kamu yang memutuskan untuk bergelut di bisnis yang satu ini pasti memerlukan biaya yang cukup banyak sehingga kamu harus mencatat semua kebutuhan mulai dari kandang, bibit, pakan, sampai perawatan bebek.  

Di modal awal kamu harus melakukan pencatatan secara menyeluruh. Modal awal ini mulai dari sewa lahan, membeli bibit, membuat kandang dan harga pakan untuk bebek. Jika kamu sudah mencatatnya secara detail, maka kamu dapat menyesuaikannya dengan dana yang kamu miliki saat itu. Kamu bisa menggunakan uang pribadi maupun pinjaman untuk modal awalnya. 

2. Menyiapkan Lahan

Jika modal sudah ditetapkan, kamu dapat melanjutkan ke tahap berikutnya yaitu mencari lahan untuk beternak. Untuk beternak bebek kamu membutuhkan lahan bersih dan kering agar bebek nyaman. Selain itu, harus kamu ketahui juga jika tempat beternak bebek wajib memiliki pencahayaan yang cukup. 

Jangan lupa untuk memastikan peternakan bebek tidak dekat dengan pemukiman warga. Kamu harus membuat kandang bebek yang layak serta sesuaikan lahan dengan jumlah bebek yang ingin kamu ternak. Jangan membuat kandang yang terlalu sempit untuk beternak bebek. 

3. Membuat Kandang Sederhana

Sebelum beternak bebek petelur, langkah yang harus kamu lakukan adalah membuat kandang bebek. Harus kamu ketahui bila ada 3 jenis kandang yang biasa digunakan untuk beternak bebek, yaitu kandang litter, kandang sistem baterai dan kandang panggung. Kandang panggung berbentuk layaknya panggung dan terletak di atas permukaan tanah sehingga menjadikan kandang bebek tetap kering dan terhindar dari penyakit. 

Lalu, untuk kandang litter adalah kandang yang dibuat dari pagar dengan ruang terbuka dan tertutup. Pembuatan kandang yang satu ini terbilang sangat murah. Dan untuk kandang baterai merupakan kandang yang bentuknya mirip dengan kandang panggung namun bertingkat, bisa bertingkat 3 atau 4. 

Di bagian alasnya harus dibuat miring sampai 30 derajat, sehingga memudahkan kamu untuk mengambil telur bebek. Buatlah kandang sesuai kebutuhan, modal dan lahan yang kamu miliki. 

4. Memilih Bibit Berkualitas

Selanjutnya adalah cara ternak bebek petelur yang berhasil itu dimulai dengan memilih bibit bebek yang unggul. Bibit bebek petelur biasanya disediakan saat bebek masih muda atau bisa juga bebek yang telah siap bertelur. Harga bibit bebek ini tentunya bervariasi sesuai dengan jenis dan kualitas dari bebek. 

Ketika kamu memilih bibit bebek, kamu harus bisa memastikan jika keadaannya sehat dan merupakan bibit unggul. Biasanya bibit bebek dikenal sebagai DOD (Day Old Duck) di dunia peternakan bebek. Selain itu, perlu kamu ketahui juga jika bibit bebek dapat kamu beli saat 1 hingga 10 hari sesudah menetas. 

Pilih bebek dengan berat 38 sampai 40 gram, tidak ada cacat fisik, gerakannya lincah, suaranya bagus, paruh mengkilap, dan bulunya halus adalah ciri-ciri bebek yang sehat. 

5. Memilih Pakan Bebek

Untuk memperoleh kualitas telur yang bagus, bebek harus diberi pakan yang berkualitas. Pakan bebek wajib bisa memenuhi kebutuhan protein, energi serta mineral. Sekarang pakan bebek dapat kamu temukan dengan mudah sebab dijual di toko peternakan. 

Selain itu, kamu juga bisa memberikan pakan bebek petelur yang alami seperti keong, biji-bijian, sayuran, ikan, ayam cincang, serangga dan yang lainnya. 

6. Melakukan Perawatan

Merawat Ternak Bebek Petelur
merawat ternak bebek petelur - The Faisol Times

Tidak cukup hanya memberikan pakan saja, cara ternak bebek petelur agar menghasilkan banyak telur yang berkualitas adalah dengan melakukan perawatan secara rutin pada bebek. Hal tersebut sangat penting kamu lakukan agar kandang bebek tetap bersih dan bebek terhindar dari penyakit. 

Karena pertumbuhan bebek yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Maka kamu harus melakukan pengelompokan bebek dari dilihat dari ukurannya supaya mencegah bebek dewasa menyakiti bebek muda. Lalu, lakukan pemisahan jika ada bebek yang sakit maka segeralah melakukan pengobatan ya. 

Hal lain yang harus kamu perhatikan yaitu kamu harus memastikan jika kandang bebek memperoleh sinar matahari yang cukup agar kandang tidak mudah lembab yang akhirnya mendatangkan penyakit. 

7. Memanen Telur

Diketahui bebek mulai akan bertelur sesudah usianya menginjak 5 hingga 7 bulan, Di masa awal tersebut, biasanya jumlah telur bebek belum stabil.

Bebek bisa bertelur setiap hari dan kamu dapat memanennya setiap hari juga. Ketika 5 hingga 7 bulan pertamanya, dengan jumlah bebek 100 ekor, maka kamu bisa memperoleh 30 sampai 50 telur. Jumlah tersebut bisa terus bertambah saat usia bebek juga telah lebih produktif juga. 

Itulah tadi penjelasan lengkap cara ternak bebek petelur bagi pemula yang bisa kamu coba sebagai peluang bisnis dan mendapatkan banyak keuntungan darinya. Semoga usahamu berhasil ya, Sobat Pintar! 

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Ternak Hewan terbaru lainnya!

Baca juga artikel menarik berikut:

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://hot.liputan6.com/read/4309312/7-cara-beternak-bebek-petelur-untuk-pemula-dari-modal-sampai-panen
  • https://www.merdeka.com/trending/7-cara-beternak-bebek-bagi-para-pemula-bikin-enggak-gagal-panen-kln.html

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti burung, amfibi dan juga hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar