Hari ini: Senin, 05 Desember 2022
Rabu, 25 Mei 2022, 11:00 WIB

7 Rekomendasi Hewan Ternak Yang Aman & Menguntungkan

7 Rekomendasi Hewan Ternak Yang Aman & Menguntungkan

hewan ternak - pixabay

Ingin memulai beternak? Yuk kethui Jenis-jenis hewan yang bisa diternak dengan mudah dengan modal yang sedikit dan pastinya menguntungkan

Sobat Pintar, banyak hewan ternak dapat dipelihara dan menghasilkan keuntungan yang besar.

Bagaimana tidak, hewan ternak akan menghasilkan banyak hal berguna untuk manusia, misalnya susu dari sapi yang menjadi kebutuhan manusia sehari-hari. Selain itu, hewan ternak juga bisa dijadikan ladang berbisnis bagi sebagian masyarakat. 

Dengan banyaknya manfaat yang diberikan oleh hewan ternak, tidak heran jika kamu bisa memperoleh keuntungan yang berbentuk pendapatan yang sangat melimpah. Berbagai hewan ternak dan cara memeliharanya harus kamu pahami.

Untuk memperoleh keuntungan kamu pastinya harus memperhatikan cara merawatnya dengan benar. Bila tidak, pastinya kamu hanya mendapatkan kerugian. 

Maka dari itu, yuk kita simak ulasan lengkap jenis hewan yang bisa diternak berikut ini.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Ternak Hewan lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Apa Saja Jenis Hewan yang Bisa Diternak Masyarakat?

Hewan Ternak
hewan ternak - pixabay

Untuk kita yang berada di Indonesia, ada banyak sekali jenis hewan ternak yang menguntungkan dan bisa untuk dijadikan ladang berbisnis. Mulai dari ikan air tawar, unggas, hingga hewan ternak besar seperti sapi, dan kerbau.

Untuk kamu yang masih pemula, dan bingung untuk memilih hewan mana yang bisa kamu jadikan menjadi peluang bisnis, maka kalian dapat melihat berbagai jenis hewan berikut ini.

Ada hewan yang mudah untuk dikembangbiakkan, sampai ada pula yang sangat sulit. Kamu juga dapat memulai bisnis ini dengan modal sedikit, lho.

Lalu, apa saja jenis hewan ternak apa saja yang mudah dipelihara di Indonesia? Yuk, langsung saja cek di bawah ini. 

1. Ayam

Ternak Ayam
ternak ayam - bmpa farm

Jenis hewan ternak yang pertama adalah ayam. Mungkin kamu sudah mengetahui jika ayam menjadi salah satu hewan ternak yang bisa mendatangkan banyak keuntungan jika dijadikan bisnis.

Karena ayam menjadi makanan utama yang banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia sebagai menu daging. 

Tidak hewan jika saat ini banyak sekali peternak yang memilih ayam menjadi salah satu hewan ternak untuk bisa mendapatkan banyak keuntungan.

Bukan cuma dagingnya yang bermanfaat, namun ayam juga dapat diambil bulu dan telurnya. Selain itu, untuk merawat ayam peternak ini tidaklah sulit. 

2. Bebek

Ternak Bebek
ternak bebek - youtube

Hewan ternak yang menguntungkan berikutnya yaitu bebek, unggas yang satu ini menjadi hewan ternak yang mudah dipelihara dan banyak diminati di Indonesia.

Ya, karena bebek memang menjadi unggas yang sering dikonsumsi oleh penduduk di Indonesia selain ayam. Kamu juga harus tahu jika bebek ini mudah dipelihara dan bisa menghasilkan banyak keuntungan. 

Bagaimana tidak, daging bebek juga menjadi salah satu hidangan lauk yang diminati oleh masyarakat banyak sehingga hal tersebut dapat kamu jadikan sebagai peluang usaha yang sangat menjanjikan.

Bukan hanya dagingnya saja, sama seperti ayam, bebek juga bisa diambil telurnya untuk dijadikan telur asin. 

3. Burung Puyuh

Ternak Puyuh
ternak puyuh - youtube

Masih dari jenis unggas, hewan yang bisa diternak selanjutnya adalah burung puyuh.

Ya, meskipun masih menjadi makanan yang asing bagi sebagian orang tetapi burung ini dapat kamu ternak dan bisa meraup keuntungan sangat besar, lho. Bagaimana tidak, burung puyuh menjadi hewan yang sangat mudah untuk diternak. 

Hewan ini juga dapat dimanfaatkan daging dan telurnya. Bahkan telur puyuh saat ini lebih mahal daripada telur ayam biasa, meskipun ukurannya tergolong kecil.

Nah jadi untuk kamu yang ingin mulai berbisnis peternakan, kamu dapat mencoba ternak burung puyuh ini sebagai bisnis ya. 

4. Kambing

Ternak Kambing
ternak kambing - eyesonanimals

Selanjutnya ada kambing, mamalia yang satu ini sering menjadi hewan ternak kesayangan para peternak karena perawatan yang mudah.

Kamu hanya perlu merawatnya dengan baik dan teliti sehingga kambing tersebut bisa tumbuh dengan sehat. Kambing juga bisa diambil dagingnya yang biasanya dikonsumsi untuk manusia. 

Umumnya daging kambing bisa diolah menjadi gulai, sate, dan lainnya. Bukan hanya dagingnya saja yang banyak digemari, namun ada pula susu kambing yang belakangan ini banyak diminati oleh masyarakat.

Jadi, untuk kamu yang ingin beternak, kamu dapat mencoba beternak kambing, lho. 

5. Sapi

Ternak Sapi
ternak sapi - Atlanta Dairies

Bukan hanya kambing saja, namun sapi pun bisa menjadi salah satu jenis hewan yang dapat diternak dan bisa memperoleh untung yang banyak.

Sapi memang hewan yang susu dan dagingnya paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Kamu dapat memilih ingin beternak sapi potong atau sapi perah. Semua jenis sapi tersebut sama-sama bisa menguntungkan untuk kamu. 

Untuk perawatannya juga tidaklah sulit. Kamu hanya harus rajin memberinya makan dan membersihkan kandangnya sehingga ia dapat tumbuh dengan baik.

Susu sapi menjadi minuman yang paling banyak dikonsumsi manusia untuk memperoleh kalsium dan dagingnya menjadi protein hewani yang bagus untuk tubuh manusia. 

6. Ikan Lele

Ternak Lele
ternak lele - brufellasfarms

Tidak hanya di darat, kamu juga dapat memakai media air untuk beternak hewan, lho.

Hewan ternak yang sangat mudah dipelihara di air dan tidak mudah mati apalagi kalau bukan ikan lele. Ya, ikan air tawar yang satu ini menjadi ikan yang sangat populer di Indonesia. 

Jenis ikan ini bisa kamu ternak dengan mudah, bahkan tanpa perawatan khusus.

Untuk kamu yang baru saja ingin memulai belajar bisnis ternak ikan, maka kamu bisa memulai dari ikan lele karena ternak ikan air tawar yang satu ini sangat kecil resiko untuk gagalnya. 

7. Udang

Ternak Udang Air Tawar
ternak udang air tawar - intrafish

Hewan selanjutnya yang bisa kamu ternak adalah udang. Nah, untuk beternak udang ini kamu tidak memerlukan biaya yang besar untuk memulainya.

Bahkan udang juga sangat mudah untuk diternak dan peminatnya sangat banyak di pasaran. 

Untuk kamu yang baru ingin memulai peternakan udang, terdapat berbagai jenis udang yang dapat kamu coba seperti udang vaname, udang galah, dan udang air tawar lainnya mulai dari ukuran yang kecil sampai yang besar.

Selain aman, semua jenis udang tersebut bisa mendatangkan keuntungan yang berlimpah, lho. 

Itulah dia beberapa rekomendasi jenis hewan ternak terbaik yang dapat kamu jadikan sebagai peluang usaha di Indonesia dan tentunya bisa mendapatkan banyak keuntungan bagi kalian. Selamat mencoba ya, Sobat Pintar! 

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Ternak Hewan terbaru lainnya!

Baca juga artikel menarik berikut:

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://hot.liputan6.com/read/4580614/12-macam-binatang-ternak-dan-peliharaan-yang-aman-dan-menguntungkan
  • https://plus.kapanlagi.com/13-jenis-hewan-ternak-dan-peliharaan-yang-aman-serta-menguntungkan-di-indonesia-cd6661.html

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti burung, amfibi dan juga hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar