Hari ini: Selasa, 29 November 2022
Rabu, 20 April 2022, 16:00 WIB

Cepat Panen! Begini Cara Budidaya Ternak Lebah Madu Untuk Pemula

Cepat Panen! Begini Cara Budidaya Ternak Lebah Madu Untuk Pemula

budidaya lebah madu - pixabay

Jangan salah langkah dalam membudidayakannya, begini cara ternak budidaya lebah madu yang aman untuk pemula agar bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat

Sobat Pintar, apakah kamu ingin mencoba untuk budidaya lebah madu? Sobat Pintar bisa mencobanya karena caranya mudah sekali dan tidak memakan banyak biaya. Lebah madu diyakini menjadi binatang yang membawa banyak sekali manfaat, khususnya untuk kesehatan tubuh manusia.

Selain itu, membudidayakan lebah juga bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah untuk Anda. 

Tidak perlu berlama-lama lagi, mari kita simak bersama-sama cara untuk budidaya lebah madu bagi pemula beserta keuntungannya berikut ini.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Budidaya Hewan lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Panduan Berbudidaya Ternak Lebah Madu Untuk Pemula

Budidaya Lebah Madu
budidaya lebah madu - pixabay

Madu yang dikeluarkan dari lebah ini sudah terbukti ampuh guna menjaga daya tahan tubuh dan mengobati segala macam penyakit.

Untuk manfaat yang lebih utuh dapat kamu peroleh dengan membudidayakan lebah madu ini sendiri, baik untuk konsumsi maupun komersial, dibandingkan dengan membeli madu di pasaran yang mungkin saja sudah dicampur dengan air atau gula. 

Nah, jika kamu berminat untuk membuka usaha bisnis dalam bidang peternakan, segera pahami dan lakukan langkah-langkah untuk membudidayakan lebah madu seperti berikut ini. 

1. Menyiapkan Modal Awal

Tentu saja setiap usaha akan membutuhkan modal dan modal yang harus kamu siapkan untuk membuat budidaya lebah madu ini tidaklah menguras kantong, kecuali kamu akan membuat budidaya dengan skala besar. 

Apabila kamu masih pemula, cukup siapkan modal sekitar Rp 600 ribu saja yang akan dipakai guma memelihara 4 kotak sarang. 

Jika kamu ingin budidaya berskala besar, maka minimal kotak yang dibutuhkan yaitu 40 kotak. Tetapi idealnya yaitu 100 kotak yang hanya boleh dihuni oleh 1 koloni lebah saja. 

2. Menyiapkan Lokasi dan Perlengkapan

Budidaya lebah madu ini dapat memberikan resiko apabila Sobat Pintar tidak mempersiapkan lingkungan untuk lokasinya serta peralatan yang memadai untuk para lebah tersebut. Di bawah ini merupakan hal-hal yang wajib kamu siapkan sebelum membudidayakan lebah, seperti:

  • Papan kayu suren atau mahoni yang ketebalannya 3 cm. 
  • Alat pengasap guna menjinakan lebah ketika sedang panen. 
  • Bingkai kayu guna sarang lebah, jangan lupa bila ratu lebah tidak boleh sama sekali keluar. 
  • Gunakan pelindung seperti masker dan tudung kepala. 
  • Sarung tangan yang tebal untuk menghindari tersengat lebah. 
  • Tanam sejumlah bunga di area budidaya. 
  • Suhu idealnya adalah 25 derajat celcius. 
  • Jauhkan dari tempat yang ramai. 

3. Membuat Kotak Lebah

Selanjutnya adalah Sobat Pintar harus membuat kotak lebah yang difungsikan menjadi rumah lebah, kamu bisa membuatnya dengan sederhana saja. Lalu ketika koloni lebah sudah dikembangkan dan terdapat ratu lebah yang baru maka kamu dapat membuat rumah lebah yang lebih bervariasi.

Berikut ini adalah panduan ukuran dalam membuat rumah untuk ternak lebah madu yang baik, yaitu:

  • Memiliki panjang 30 sampai 40 cm.
  • Berbentuk seperti peti kayu.
  • Tempat bingkai kayu merupakan rumah dari lebah.
  • Berikan wadah khusus yang berfungsi untuk memberi makan lebah.
  • Masukkan air gula pada wadah, karena lebah senang air gula.

4. Memilih Bibit Lebah Madu Unggul

Agar sukses berbudidaya lebah yang satu ini maka Sobat Pintar harus memilih bibit lebah madu yang berkualitas dan unggul. Spesies lebah yang dapat menghasilkan madu dengan kualitas tinggi yaitu spesies dari Apis mellifera

Lalu, untuk bibit lebahnya sendiri kamu membutuhkan lebah jantan, lebah ratu, dan lebah pekerja. Bibit lebah tersebut selanjutnya harus kamu pindahkan ke kotak lebah yang sudah disiapkan sebelumnya.

5. Melakukan Pemeliharaan Lebah Madu

Di awal Sobat Pintar memindahkan lebah, kamu bisa mengoleskan air gula di bagian dalam dari bingkai kayu yang sudah dibuat ataupun di wadah khusus. Hal ini berfungsi sebagai sumber makanan utama untuk para lebah. 

Berikutnya kamu hanya perlu melakukan pengecekan secara rutin dan juga membersihkan bingkai kayu dari rayap agar tidak rapuh. Kemudian, tidak lupa juga untuk membersihkan area sekitar kotak, misalnya jika kamu menemukan rumput liar.

6. Memulai Proses Panen Lebah Madu

Proses untuk memanen lebah madu ini dapat dikatakan sedikit merepotkan, sebab Sobat Pintar harus mempersiapkan semuanya dengan matang mengingat lebah tersebut dapat menjadi sangat agresif bila terganggu. 

Selain itu, ketika panen itu kamu juga harus memastikan memakai peralatan yang lengkap dan terlebih dahulu mengasapi kotak kayu tersebut secara perlahan lahan. Jika kamu melihat telur di dalam sarang tersebut, ada baiknya kamu mengambilnya dan memasaknya sebab kandungan dari telur tersebut baik untuk tubuh.

Beragam Keuntungan Berbudidaya Ternak Lebah Madu

Keuntungan Budidaya Lebah Madu
keuntungan budidaya lebah madu - pixabay

Pada dasarnya, untuk membudidayakan lebah madu tidaklah begitu sulit dan bahkan Sobat Pintar pun tidak perlu mengeluarkan energi untuk mengelolanya. Sebab lebah bisa mengurus dirinya sendiri, yang Sobat Pintar harus siapkan yaitu tempat yang layak untuk lebah dan koloninya tinggal. 

Budidaya yang satu ini dapat dijadikan bisnis sampingan, sebab tanpa kamu sadari, mereka akan memproduksi madu dengan sendirinya dan kamu bisa mendapatkan banyak keuntungan dari madu yang dijual. 

Jika kamu ingin tahu lebih lanjut, berikut ini merupakan sejumlah keuntungan yang bisa didapatkan apabila kamu menggeluti bidang bisnis budidaya lebah madu ini.

  • Budidaya lebah madu bisa dikatakan sangat murah daripada budidaya hewan lainnya dengan modal awal yang sama. Kenapa? Karena kamu tidak harus menyediakan biaya khusus untuk makanannya sebab lebah dapat mencari makanannya sendiri.
  • Selama proses budidaya, kamupun tak harus repot repot untuk mengawinkan lebah madu guna meningkatkan jumlahnya. Lebah yang berada pada koloni akan melakukan perkawinan nya secara sendiri dan alami.
  • Hasil panen dari ternak lebah madu itu sangat menjanjikan, karena harga madu saat ini berada di rentang harga Rp80.000 hingga Rp90.000-an, lho. 
  • Ketika beternak lebah madu, lingkungan yang digunakan menjadi tempat budidaya tidak akan kotor seperti jika kamu memelihara hewan lainnya.
  • Lebah madu jarang sekali terkena penyakit maupun hama, sehingga kamu tidak perlu gelisah akan keadaan dari koloni yang sedang dipelihara.
  • Penjualan madu itu bisa dibilang cukup mudah, sebab saat ini terdapat banyak sekali pemilik toko, pengumpul, ataupun pelanggan yang siap membeli produk kamu.

Demikianlah, ulasan lengkap dari proses budidaya lebah madu untuk pemula dari awal hingga panen serta beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari membudidayakan-nya. Selamat mencoba di rumah ya, Sobat Pintar!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Budidaya Hewan terbaru lainnya!

Baca juga artikel menarik berikut:

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://dpmd.jatimprov.go.id/component/content/article/90-berita/371-ternak-lebah-madu
  • https://www.99.co/blog/indonesia/budidaya-lebah-madu-di-rumah/
  • https://www.gramedia.com/best-seller/budidaya-lebah-madu/

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti burung, amfibi dan juga hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar