Hari ini: Sabtu, 01 Oktober 2022
Rabu, 30 Maret 2022, 10:00 WIB

Anti Gagal, Ini 6 Cara Ternak Lobster Air Tawar Bagi Pemula

Anti Gagal, Ini 6 Cara Ternak Lobster Air Tawar Bagi Pemula

cara ternak lobster air tawar - pixabay

Ternak lobster air tawar memang sangat menjanjikan. Apalagi bila kualitas ternakanmu bisa mencapai ukuran jumbo. Berikut cara ternak lobster yang tepat

Halo, sobat pintar. Adakah diantara kalian saat ini yang sedang berpikiran atau tertarik untuk memulai bisnis ternak lobster air tawar? Seperti yang kamu tahu, lobster memang mempunyai nilai jual tinggi dan banyak sekali peminatnya. Jadi, sudah pasti ketika berhasil menjalankan bisnis ini hasil yang akan didapatkan juga besar.

Namun, tentu saja sobat harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana caranya berternak lobster air tawar yang benar sehingga dapat menghasilkan lobster-lobster yang sehat, segar dan tentunya lezat untuk dijadikan santapan.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Budidaya Hewan lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Apa Saja Peluang Usaha Ternak Lobster Air Tawar?

Cara Ternak Lobster Air Tawar
cara ternak lobster air tawar - pixabay

Jika ditanya mengenai peluang dari bisnis ini, tentunya memang menjanjikan dan menguntungkan. Karena banyak sekali orang yang mencari binatang air ini untuk dikonsumsi secara pribadi, dijual di resto atau pasar (tradisional dan supermarket).

Setiap tahun, permintaan akan lobster semakin meningkat dibarengi dengan nilainya yang juga semakin tinggi. Maka tidak mengherankan apabila lobster air tawar semakin digemari oleh para peternak dan banyak yang tertantang untuk menjalaninya.

Berternak lobster air tawar ini terbilang cukup mudah karena metode untuk perawatannya juga tidaklah rumit, biaya pakannya murah serta pasarnya pun masih sangat luas. Disamping itu, untuk memulainya pun tidak membutuhkan lahan yang terlalu besar.

Sobat cukup menyediakan akuarium berukuran 2,5 x 1,5 meter dan perlengkapan lain sebagai penunjang budidaya. Dengan wadah sebesar itu, kamu sudah bisa memelihara sekitar 9 (sembilan) hingga 10 (sepuluh) ekor lobster. Untuk modal awal ternak lobster air tawar sendiri, Sobat Pintar membutuhkan kurang lebih 20 juta rupiah ya.

Bagaimana Cara Ternak Lobster Air Tawar Agar Cepat Besar?

Setelah kalian mengetahui tentang peluang dari bisnis lobster air tawar ini, tentunya sobat perlu mengetahui bagaimana tahapan-tahapan dalam berbudidaya lobster air tawar. Ini bertujuan agar kamu bisa memperoleh keuntungan secara maksimal.

1. Mempersiapkan Kolam

Kolam yang akan dipergunakan untuk pembesaran benih, harus dalam kondisi air dengan suhu 24-31°C dan memiliki pH dengan tingkat 6 hingga 8. Kamu harus selalu melakukan pengecekan suhu air di kolam, bisa dengan menggunakan termometer. Karena bila suhu tiba-tiba berubah, maka lobster akan cepat mati.

2. Melakukan Seleksi Indukan

Indukan yang memang sudah siap untuk bereproduksi setidaknya berusia enam bulan dengan panjang minimal 10 cm dengan bentuk yang ideal. Biasanya indukan yang siap memiliki ciri khas, yaitu muncul bintik-bintik merah pada capit.

3. Melakukan Proses Pemijahan

Untuk pemijahan ada baiknya untuk mempersiapkan wadah atau kolam sendiri, dengan perbandingan 2 jantan dan 3 betina. Tetap jaga kestabilan suhu serta tinggi air dalam kolam, suhu ideal berada di angka 23°C hingga 29°C supaya proses berjalan lancar. Berikan makan 2x sehari.

Sobat pintar, kalian harus menunggu sekitar 2 atau 3 minggu untuk melihat hasilnya, jika induk betina sudah terlihat akan bertelur maka harus segera dipindahkan ke kolam lainnya. Kamu harus memindahkannya bersamaan dengan paralon tempat si induk bersembunyi.

Jika sudah 3 hingga 5 minggu, nantinya telur-telur tersebut akan menetas. Nah, disaat inilah kamu harus memindahkan para burayak ke kolam pendederan dan merawatnya secara terpisah dari induknya.

4. Melakukan Perawatan Kolam

Selalu menjaga kebersihan dari kolam merupakan hal mutlak yang harus Kamu lakukan ketika sudah memutuskan untuk membudidaya lobster. Kamu bisa membuat kolam dari semen maupun terpal atau bak plastik.

Kamu dapat mencampurkan cairan suplemen kedalamnya, biarkan untuk beberapa hari supaya organisme bisa muncul secara alami. Kemudian, jangan lupa untuk selalu mengganti air kolam serta membersihkan paralonnya dalam 2-3 hari.

5. Memberikan Pakan Berkualitas

Agar ternak lobster air tawar sukses dan menguntungkan, tentu saja kamu perlu memberikannya pakan yang berharga murah namun berkualitas tinggi. Selain itu, untuk cara pemberian pakan serta perawatan antara lobster yang masih kecil dengan yang besar tentu akan sangat berbeda. Di bawah ini adalah penjelasannya.

  • Lobster Kecil

Untuk tempat persembunyian atau shelter lobster yang masih kecil, kamu bisa mempersiapkan paralon atau batako atau bisa juga  kayu yang berlubang. Biasanya benih akan dipindah ketika sudah berumur 10 hari dari kolam penetasan ke kolam pembesaran. 

Pada kolam ini benih-benih tersebut akan dirawat selama 2 bulan, sampai akhirnya harus dipindahkan kembali ke kolam pembesaran. Rutinlah memberikan suplemen organik tiap sepuluh hari sekali.

Untuk pakan dari lobster yang masih kecil, yaitu berupa jentik nyamuk, cacing tanah atau sutera dan kutu air yang merupakan pakan alaminya. Bisa juga memberikan pakan racikan, seperti tepung ikan, tepung udang, kacang hijau, sayuran, dan keong mas. Semuanya itu Anda campur menjadi satu.

  • Lobster Besar

Sangat penting untuk selalu memperhatikan tempat para lobster dewasa bersembunyi. Kebanyakan peternak lobster akan menggunakan paralon berukuran 4 inci dengan panjang sekitar 20 cm.

Rutinlah menebarkan suplemen organik khusus untuk lobster, sobat bisa memberikannya setiap sepuluh hari sekali dengan dosis yang sudah ditentukan. Dalam pemberiannya harus merata dan rutin.

Untuk pakannya sendiri, sobat cukup memberikan makanan berupa, sayuran (wortel dan tauge), cacing, pelet khusus untuk lobster. Kamu juga bisa mengkombinasikan dengan pakan yang dibuat sendiri, campurannya seperti ikan tongkol, pelet dan cacing tubifex.

Berikanlah pakan setidaknya dua kali sehari pada waktu yang sama, misal 1x di pagi hari dan 1x di sore hari. Taburkan pada kolam secara merata agar semua lobster mendapatkan bagiannya dengan ukuran yang sama.

6. Memasuki Masa Panen

Cara Beternak Lobster Air Tawar
Cara beternak lobster air tawar - Suksespedia

Sobat harus tahu bila kamu baru dapat memanen bibit ketika mencapai ukuran 1 cm hingga 2 cm, pada usia kurang lebih 20 hari. Kemudian, ketika usia 6 atau 8 bulan barulah lobster-lobster dengan berat setidaknya 100 gram bisa kembali dipanen untuk dijual ke pasar, atau bisa juga dipanen ketika ukurannya lebih besar. Karena semakin besar lobster akan semakin mahal harganya.

Bagaimana sobat pintar, dengan informasi yang petpi berikan mengenai ternak lobster air tawar diatas? Apakah kalian sudah memikirkannya dengan matang, memang modalnya tidak besar. Namun, melakukan bisnis ini cukup menantang.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Budidaya Hewan terbaru lainnya!

Baca juga artikel menarik berikut:

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://blog.amartha.com/peluang-dan-untung-menggiurkan-dari-bisnis-lobster-air-tawar/
  • https://bukukas.co.id/peluang-usaha-dan-tips-penting-budidaya-lobster-air-tawar/

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti burung, amfibi dan juga hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar