Hari ini: Kamis, 26 Mei 2022
Rabu, 09 Maret 2022, 12:00 WIB

Cepat Panen! Inilah 9 Makanan Ikan Lele Alami Supaya Cepat Besar

Cepat Panen! Inilah 9 Makanan Ikan Lele Alami Supaya Cepat Besar

makanan ikan lele - pixabay

BIngung mau kasih makan pakan lele apa yang bergizi? Ini 9 Rekomendasi pakan ikan lele kaya akan nutrisi untuk kamu yang baru memulai usaha ternak lele!

Sobat Pintar, kamu baru memulai budidaya ikan lele? Masih bingung memberi makanan ikan lele yang tepat supaya bisa tumbuh cepat? Nah, bila kamu tidak tahu, mari simak jenis makanan yang bisa kamu berikan pada ikan lele disini! 

Hal paling penting yang wajib kamu ketahui yaitu saat membudidayakan ikan lele yaitu pemberian pakan yang tepat. Salah satu cara supaya ikan lele bisa tumbuh dengan cepat yakni dengan memberikan makanan alternatif mulai dari pakan alami maupun buatan. 

Penasaran makanan apa saja yang tepat diberikan untuk lele? Yuk, simak beberapa jenis makanan lele berikut ini.

Rekomendasi Jenis Pakan Ikan Lele Terbaik

Makanan Ikan Lele
makanan ikan lele - pixabay

Bila kamu sedang berencana untuk memulai bisnis ternak lele, kamu harus memperluas wawasan mengenai cara memelihara ikan lele dengan benar sehingga bisa mempercepat perkembangan ikan lele. Hal penting lainnya yang wajib kamu perhatikan juga yaitu pakan ikan lele. 

Saat ini sudah banyak jenis pakan ikan lele yang bernutrisi dan dapat membantu pertumbuhan dari ikan lele agar lebih cepat. Beberapa makan tersebut antara lain ikan rucah, belatung lalat, pelet ikan lele hingga bekicot. Tidak hanya itu saja, kamu juga dapat menanam tumbuhan eceng gondok di dalam kolam lele untuk mendukung pertumbuhan dan kesehatannya. 

Di bawah ini telah Petpi rangkum beberapa jenis pakan ikan lele bernutrisi yang harus kamu ketahui. 

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Ikan Lele lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Belatung Lalat

Belatung lalat ini biasa disebut maggot yang menjadi salah satu makanan ikan lele alami yang bisa membuat ikan lele bisa tumbuh besar dengan lebih cepat. Black soldier fly menjadi salah satu jenis belatung lalat yang cocok kamu berikan untuk pakan lele. Di dalam maggot lalat ini mengandung protein yang tinggi pada belatung sehingga bisa meningkatkan metabolisme pada ikan.

2. Ikan Rucah

Pakan ikan lele selanjutnya yaitu ikan rucah. Ikan ini juga masuk menjadi pakan lele yang memiliki kandungan protein sangat tinggi. Tentu saja kandungan tersebut bisa membantu lele tumbuh besar dan cepat berkembang.

Selain itu, ikan rucah juga mempunyai rasa yang lezat dan sudah pasti disukai lele. Dengan demikian, ternak lele bisa makan dengan lahap. Peternak juga biasa menggunakan ikan rucah menjadi pakan harian, lho. 

3. Bekicot

Tidak kalah dengan sejumlah jenis pakan lele lainnya, bekicot juga mengandung banyak protein dan gizi yang sangat bermanfaat untuk pertumbuhan ikan lele. Ini juga masuk dalam jenis makanan yang disukai oleh lele. Lalu, lele yang diberi pakan bekicot ini bisa tumbuh lebih besar dengan cepat. 

4. Cacing

Cacing merupakan salah satu jenis makanan ikan lele yang bagus untuk kamu berikan kepada lele supaya cepat besar, lho. Mengapa demikian? Sebab cacing memiliki kandungan tinggi protein, bahkan lebih tinggi daripada daging sapi maupun daging kambing. Namun, untuk pakan lele, gunakanlah cacing tanah atau cacing sutra. 

Sayangnya, pemberian cacing untuk pakan lele biasanya menjadikan air kolam lebih cepat keruh. Oleh sebab itu, jika kamu ingin memberikan cacing sebagai pakan nya, terlebih dulu kamu harus membersihkan cacing tersebut ya. 

5. Tanaman Azolla

Tidak hanya hewan saja, kamu pun bisa memberikan dedaunan dan tanaman menjadi makanan untuk ikan lele. Lalu, tanaman apa saja yang bisa untuk pakan lele? Salah satu tanaman yang cocok untuk kamu berikan kepada lele yaitu azolla.

Tanaman ini merupakan salah satu jenis tumbuhan paku yang selalu dicari oleh peternak lele karena selain cocok untuk menjadi pakan lele, tanaman ini juga bisa digunakan sebagai saluran irigasi yang menjadikan tanah lebih lembab. 

6. Daging Unggas

Pakan untuk ikan lele bernutrisi berikutnya yaitu daging unggas. Kamu bisa memberikan daging unggas yang telah matang menjadi makanan untuk ikan lele. Coba lah untuk bermitra dengan para peternak unggas atau ayam potong, supaya unggas yang sudah mati bisa kamu beli untuk pakan lele dengan harga yang jauh lebih terjangkau. 

Namun, tetap jangan lupa untuk membersihkan dan merebusnya lebih dulu unggas tersebut supaya ikan lele mu terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh pakan unggas yang belum matang. 

7. Fermentasi Ampas Tahu

Ampas tahu yang difermentasi ini biasanya memang sering digunakan menjadi salah satu bahan untuk makanan ikan lele ternak. Karena ampas tahu memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga bisa menjadikan ikan lele mu lebih cepat tumbuh besar. Cara untuk membuat pakan dari ampas tahu ini sangat mudah. 

Kamu bisa mencampurkan 5 kg dedak dengan 5 kg ampas tahu, 1 kg tepung ikan, 1 kg molase, 2 sendok makan ragi untuk tempe dan 200 ml probiotik EM4 perikanan. Gunakan wadah yang tertutup untuk mencampurkan semua bahan tersebut dan beri lubang selang supaya oksigen bisa tetap masuk ke wadah. Lalu, tunggu selama 5 hari dan pakan ampas tahu dapat kamu gunakan menjadi makanan lele. 

8. Pelet Ikan Lele

Pakan ikan lele selanjutnya yaitu pelet ikan lele. Ini adalah jenis makanan lele yang sangat sering dipakai oleh para peternak lele. Pelet ini bisa kamu temukan dengan mudah di toko khusus peternakan. Biasanya pelet tersebut terbuat dari bungkil kedelai, tepung, air, bungkil kelapa, minyak, dan vitamin untuk membantu ikan bertumbuh dengan lebih cepat. 

9. Eceng Gondok

Pakan untuk ikan lele terakhir yaitu eceng gondok. Kamu dapat menanam tanaman ini di kolam lele supaya lele dapat menyerap nutrisinya menjadi pengganti makanan yang lain. Daun makanan ikan lele ini hanya sebagai pakan pengganti bila kamu kesulitan mendapatkan pakan lele seperti pelet atau unggas. Jika sudah mendapatkannya, kamu harus langsung mengangkat tanaman ini, ya! 

Nah, itulah dia rekomendasi jenis makanan ikan lele alami agar cepat besar yang bisa kamu coba sendiri di rumah. Tidak sulit bukan? Semoga informasi di atas bermanfaat untuk kalian semua ya! 

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Ikan Lele terbaru lainnya!

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://www.99.co/blog/indonesia/pakan-lele-alami-dan-buatan/
  • https://www.merdeka.com/jateng/9-makanan-ikan-lele-kaya-nutrisi-mempercepat-pertumbuhan-secara-efektif-kln.html

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti burung, amfibi dan juga hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar