Hari ini: Sabtu, 01 Oktober 2022
Minggu, 08 Mei 2022, 16:00 WIB

7 Usaha Ternak Modal 300 Ribu Yang Cepat Menguntungkan

7 Usaha Ternak Modal 300 Ribu Yang Cepat Menguntungkan

usaha ternak modal 300 ribu - tangerang news

Ingin mendapatkan penghasilan tambahan? Yuk ternak hewan saja, berikut 7 rekomendasi usaha ternak dengan modal 300 ribu yang dapat dilakukan di rumah.

Sobat Pintar, ternyata usaha ternak modal 300 ribu dapat menjadi salah satu solusi untuk kamu yang ingin memiliki usaha dengan modal kecil dan mendapatkan hasil yang lumayan.

Saat ini banyak sekali berbagai usaha ternak yang dapat kamu jalankan, khususnya hewan ternak yang dagingnya biasa menjadi lauk untuk masyarakat. Tidak hanya untuk dikonsumsi saja, namun kamu juga dapat beternak hewan peliharaan misalnya seperti ikan hias. 

Pada kesempatan kali ini, Petpi akan merekomendasikan sejumlah usaha ternak dengan modal sedikit yang dapat kamu lakukan untuk memperoleh keuntungan yang berlimpah. Nah, apa saja jenis usaha tersebut? Yuk, langsung saja simak ulasannya berikut ini!

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kelinci lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Apa Saja Usaha Ternak Dengan Modal Kecil?

Usaha Ternak Modal 300 Ribu
usaha ternak modal 300 ribu - pixabay

Di masa pandemi seperti saat ini, usaha dengan modal minim menjadi incaran seluruh masyarakat yang ingin membuka bisnis. Sebab, usaha peternakan sangat tepat untuk pemula sebab dapat dijalankan oleh semua kalangan dan tidak membutuhkan pegawai yang banyak. 

Tetapi, keterbatasan biaya dan lahan selalu menjadi kendala saat ingin membuat bisnis peternakan. Oleh sebab itu, di bawah ini ada beberapa rekomendasi usaha peternakan dengan modal kecil mulai dari 300 ribu yang bisa kamu lakukan di rumah.

1. Ternak Ikan Hias

Usaha ternak modal 300 ribu yang pertama yaitu ikan hias. Jenis ikan yang dapat kamu ternak dan dijual yaitu ikan mas, ikan guppy, dan ikan cupang. Apabila kamu memiliki modal yang cukup banyak, kamu dapat mencoba memulai untuk berbisnis ternak ikan koi yang bisa banyak menghasilkan keuntungan. 

Mengapa usaha ikan hias ini dapat sangat berpotensi memperoleh keuntungan yang besar? Sebab setiap harinya para pecinta ikan hias semakin banyak. Tidak hanya dapat memberikan ketenangan saja, perawatan ikan hias juga sangat mudah. 

2. Ternak Ayam

Hewan ternak yang satu ini tidak perlu diragukan lagi, sebab daging ayam menjadi salah satu makanan yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Terdapat banyak jenis olahan daging ayam saat ini.

Hal tersebut menunjukan bila masyarakat sangat menyukai nya. Dari hal ini kamu bisa menjadikannya sebagai peluang usaha ternak ayam

Selain usaha ini modalnya yang hanya 300 ribu saja, ayam juga dapat dibiakan. Ada beberapa jenis bisnis peternakan ayam, mulai dari ayam kampung hingga ayam negeri. Kedua jenis tersebut mempunyai cita rasanya tersendiri.

Selain itu, kamu juga dapat mencoba usaha ayam petelur dan menjual telurnya di pasaran. Telur juga tidak kalah favorit dengan daging ayam, lho! 

3. Ternak Ikan Lele

Usaha ternak modal 300 ribu berikutnya yaitu bisnis lele, bisnis ternak ini dapat menjadi pilihan kamu untuk mulai masuk ke dalam dunia bisnis. Hampir seluruh masyarakat menyukai ikan lele, dan hal ini menjadi peluang yang sangat besar untuk memberikan untung besar untuk kamu selaku pemilik ternak. 

Hal penting pertama yaitu mempersiapkan kolam lele dan jangan lupa untuk membeli bibit unggul. Ciri-ciri bibit lele yang bagus yaitu benih terlihat gesit, aktif melakukan oksigenasi, badannya cerah, serta ukurannya terlihat sama rata. 

4. Ternak Burung Puyuh

Usaha ternak burung puyuh juga menjadi salah satu usaha yang paling menjanjikan karena bisa mendatangkan keuntungan yang berlimpah dengan modal minim.

Telur dan daging dari burung puyuh terkenal mempunyai cita rasa yang gurih dan lezat. Selain itu, perawatan burung puyuh juga sangat mudah sehingga tidak menyulitkan kamu. 

Tetapi, kamu harus memperhatikan jika burung puyuh usianya kurang dari 3 minggu, berikan pakan tepung supaya burung lebih cepat untuk berkembang. Lalu, setelah 3 minggu, kamu bisa berikan pakannya seperti biji-bijian. 

5. Ternak Kelinci

Usaha Ternak Modal Minim
usaha ternak modal minim - pinimg

Usaha ternak kelinci juga bisa kamu mulai dengan modal 300 ribu saja, lho. Sekarang, banyak daging kelinci yang diolah menjadi berbagai jenis makanan, misalnya abon, sate dan lainnya yang bisa diekspor hingga luar negeri.

Dengan modal yang sedikit, kamu dapat memperoleh keuntungan ratusan juta, sebab pasar yang menjadi target yaitu pasar internasional.

Namun, harus kamu ketahui jika kelinci yang dijadikan sebagai lauk bukanlah kelinci yang biasa dipelihara di rumahan ya! Ada kelinci jenis lainnya yang bisa dijadikan sebagai hidangan makanan. 

6. Ternak Jangkrik

Usaha ternak dengan biaya murah berikutnya yaitu ternak jangkrik yang dapat kamu jalankan hanya dari rumah saja. Sebab jangkrik menjadi pakan wajib bagi sebagian hewan ternak, jadi kamu dapat memanfaatkannya untuk meraup keuntungan sebanyak-banyaknya.

Oleh sebab itu, kebutuhan akan jangkrik saat ini sangat meningkat, khususnya untuk pelaku usaha ternak misalnya burung dan ayam.

Keuntungan yang dapat kamu peroleh bisa secara langsung menutupi modal yang sudah dikeluarkan. Tidak dalam kurun waktu lama, kamu dapat memperoleh penghasilan yang lebih besar dari pendapatan menjadi karyawan. Usaha ini bisa kamu coba mulai sekarang. 

7. Ternak Udang

Rekomendasi usaha ternak modal 300 ribu yang terakhir adalah ternak udang. Khususnya bila kamu membuat ternak udang vaname. Sebab udang tersebut menjadi salah satu udang yang mempunyai rasa lezat dan menjadi udang yang sering kamu temukan di restoran. 

Terlebih, ternak udang ini hanya membutuhkan modal yang sedikit sehingga tidak memberatkan kamu. Tetapi, saat kamu menjalankan usaha ini, kamu harus memperhatikan pakan udang. Kamu wajib memberikan protein tinggi sebesar 30% dan memberikannya sebanyak 3 hingga 4 kali dalam sehari. 

Demikianlah beberapa rekomendasi usaha ternak modal 300 ribu yang bisa kamu coba mulai dari rumah. Semoga informasi di atas bisa membantu kamu ya sekalian, Sobat Pintar!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kelinci terbaru lainnya!

Baca juga artikel menarik berikut:

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://superapp.id/blog/bisnis/usaha-ternak-modal-300-ribu/
  • https://www.ocbcnisp.com/id/article/2021/10/25/usaha-ternak-modal-300-ribu

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti burung, amfibi dan juga hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar