Hari ini: Kamis, 26 Mei 2022
Jumat, 25 Februari 2022, 10:00 WIB

10 Pakan Ternak Kambing Alami Terbaik Selain Rumput

10 Pakan Ternak Kambing Alami Terbaik Selain Rumput

pakan ternak kambing - pixabay

Ingin cari alternatif makanan untuk pakan ternak kambing? Yuk, Intip 10 rekomendasi pakan ternak untuk kambing yang mudah didapatkan dan kaya akan nutrisi.

Sobat Pintar, memberi pakan ternak kambing dengan dedaunan hijau memiliki kandungan protein yang sangat tinggi pastinya akan bagus untuk tumbuh kembang kambing supaya lebih cepat gemuk. Jenis hijauan merupakan pakan alternatif ternak kambing yang dapat kamu peroleh di sekitar lingkungan rumah dengan mudah, asalkan lahan tersebut ditanami jenis-jenis hijauan. 

Terdapat sejumlah jenis hijauan yang dapat kamu budidayakan dengan mudah, jenis tersebut diantaranya yaitu singkong daun, kaliandra dan kleresede. Semua jenis hijauan tersebut jika kamu budidayakan sangat berguna untuk makanan kambing.

Dengan mempunyai tanaman hijau untuk pakan ternak, pastinya dapat mengurangi biaya untuk membeli makan ternak lainnya misalnya kulit kedelai dan ampas tahu. 

Namun, ada beberapa jenis pakan alami yang mudah kamu dapatkan, lho. Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Pilihan Jenis Pakan Alami untuk Kambing

Pakan Ternak Kambing
pakan ternak kambing - pixabay

Salah satu ilmu yang wajib dimiliki oleh para peternak kambing yaitu cara memilih bahan pakan yang bagus untuk hewan ternaknya. Kamu tidak harus selalu memberikan rumput untuk makanannya setiap hari karena meskipun kambing adalah hewan herbivora, ia tidak selamanya hanya memakan rumput saja. 

Sebagai pemilik, kamu juga harus bisa memberikan pakan yang bervariasi agar kambing memperoleh nutrisi dan gizi yang baik untuk pertumbuhannya. Lalu, apa saja makanan yang bagus untuk kambing? Yuk, lihat rekomendasinya di bawah ini. 

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Ternak Hewan lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Jerami

Jerami adalah salah satu pakan ternak kambing alami yang bagus sebab memiliki kandungan serat yang bisa membantu proses metabolisme di dalam tubuh kambing. Makanan ini bagus sebagai pengganti rumput saat musim kering datang dan rumput-rumput menjadi kering. 

2. Pelepah Pisang

Pakan alami untuk kambing berikutnya yaitu pelepang pisang. Seperti yang kita ketahui jika pisang merupakan tumbuhan yang seluruh bagian dari pohonnya dapat dimanfaatkan, mulai dari daun, bunga, hingga batangnya juga bisa memberikan manfaat untuk manusia. 

Biasanya pelepah pisang hanya dibiarkan mengering atau membusuk dapat digunakan sebagai pakan untuk kambing. Pelepah pisang sendiri memiliki kandungan mineral dan protein yang bagus untuk tumbuh kembang kambing. 

3. Ampas Kelapa

Jika kamu memasak santan, jangan pernah buang ampas kelapa tersebut. Kenapa demikian? Karena sisa kelapa yang sudah diparut dan diambil sarinya ini masih mempunyai 20% hingga 25% kandungan protein di dalamnya, lho. Maka dari itu, ampas kelapa ini sangat cocok untuk diberikan sebagai pakan ternak kambing pengganti rumput. 

4. Daun Singkong

Pakan alami berikutnya adalah daun singkong yang mengandung protein sangat tinggi, bukan hanya untuk manusia saja tetapi juga untuk hewan ternak. Nilai proteinnya bisa mencapai hingga 16% dan ini sangat bagus untuk menambah berat badan dari anak kambing. Sesekali kamu bisa memberikan daun singkong untuk hewan ternak mu agar kebutuhan akan nutrisinya tetap terjaga. 

5. Kulit Jagung

Siapa sangka kulit dari jagung dapat menjadi salah satu pakan ternak kambing alternatif yang bisa kamu berikan agar mereka cepat gemuk, lho. Tidak hanya mudah didapatkan, pakan alami ini juga memiliki kandungan gula dan serat yang tinggi khususnya yang terdapat pada kulit jagung manis. 

6. Kulit Pisang

Apabila keluargamu pecinta buah pisang, jangan buang kulitnya ketika kamu sudah memakannya ya. Hal ini dikarenakan kulit pisang itu bisa dipakai untuk sumber alternatif jenis pakan kambing selain jerami dan rumput. Sering disangka limbah, ternyata di dalam kulit pisang terdapat kandungan karbohidrat, protein, dan lemak yang baik untuk si kambing, lho. 

7. Daun Nangka

Kamu harus tahu bahwa daun nangka yang juga menjadi sumber pakan ternak kambing yang bisa kamu berikan selain rumput. Jenis pakan alami yang satu ini memiliki kandungan serat kasar yang lumayan tinggi yakni sekitar 20% dan tentu saja bermanfaat bagi si kambing.

8. Daun Pepaya

Daun Untuk Pakan Ternak Kambing
daun untuk pakan ternak kambing - Karousell

Daun ini dapat dikatakan menjadi tanaman obat. Mengapa demikian? Karena memberikan makan daun pepaya pada kambing dapat meningkatkan kekebalan tubuh kambing sebab daun pepaya ini memiliki enzim papain yang fungsinya menjadi antibiotik sehingga bisa terhindar dari berbagai penyakit yang bisa menyerangnya. 

9. Dedak atau Bekatul

Bekatul atau biasa dikenal dengan dedak ini adalah sisa hasil dari penggilingan padi yang biasanya dijadikan bahan pakan hewan ternak. Bukan hanya untuk kambing saja, namun ternak lainnya seperti bebek, ayam, hingga sapi juga dapat mengkonsumsi dedak. Kandungan gizi dalam dedak ini cukup baik yakni memiliki kandungan serat kasar sekitar 13.80%. 

Dedak juga menjadi pakan yang paling sering digunakan oleh para peternak untuk memberi makan hewan ternaknya. Selain harganya yang murah, dedak ini sangat mudah untuk ditemukan dan memiliki kandungan serat yang bagus untuk pertumbuhan dari hewan ternak. 

10. Daun Kacang-kacangan

Kacang tanah, kacang kedelai atau kacang tanah adalah tanaman yang sangat mudah untuk dibudidayakan di Indonesia. Selain kacangnya, ternyata daun kacang-kacangan ini juga dapat kamu manfaatkan menjadi pakan ternak kambing yang baik sebab terdapat kandungan energi dan serat kasar. Biasanya para peternak kambing akan memberikan daun ini sebagai makanan variasi agar kambing tidak bosan. 

Jangan memberinya daun kacang-kacangannya ini secara terus menerus karena khawatir kambing menjadi bosan dan tidak nafsu untuk makan. Berikan juga jenis tumbuhan lain yang bisa dimakannya. 

Itu tadi beberapa jenis pakan ternak kambing selain rumput yang dapat kamu berikan kepada kambing ternak mu. Ada baiknya pemberian pakan tersebut bukan karena kamu kehabisan stok rumput, tetapi karena ingin memberikan makanan yang bervariasi kepada kambing. Nutrisi dan gizi untuk hewan ternak tidak cukup jika kamu hanya memberinya makan rumput saja ya, Sobat Pintar! 

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Ternak Hewan terbaru lainnya!

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://starfarm.co.id/jenis-makanan-kambing-selain-rumput/
  • https://sumbarprov.go.id/home/news/10156-hijauan-pakan-ternak-kambing-berprotein-tinggi

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti burung, amfibi dan juga hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar