Hari ini: Rabu, 01 Desember 2021
Minggu, 15 Agustus 2021, 20:30 WIB

6 Cara Budidaya Ikan Air Tawar yang Mudah untuk Pemula, Siap Berbisnis!

6 Cara Budidaya Ikan Air Tawar yang Mudah untuk Pemula, Siap Berbisnis!

cara budidaya ikan air tawar - koi story

Ingin tahu cara budidaya ikan air tawar yang benar? Jangan sampai salah langkah agar bisnismu semakin sukses. Berikut panduan cara budidaya ikan air tawar

Mengetahui cara budidaya ikan air tawar yang benar sangat diperlukan jika kamu ingin membuka peluang usaha yang kini semakin populer dan menguntungkan.

Pasalnya, budidaya ikan air tawar membutuhkan perawatan yang mudah dan modal yang tidak terlalu banyak.

Apalagi semakin banyaknya inovasi untuk menghemat biaya, seperti pemanfaatan kolam terpal sebagai pengganti kolam beton.

Beberapa jenis ikan tawar yang dapat dibudidayakan adalah ikan lele, ikan gurame, ikan mas, ikan nila, dan ikan patin. Budidaya ikan Nila adalah salah satu usaha yang sedang banyak digemari oleh para peternak ikan saat ini.

Berbagai Cara Budidaya Ikan Air Tawar untuk Pemula

Cara Budidaya Ikan Air Tawar
cara budidaya ikan air tawar - trip 101

Budidaya ikan air tawar adalah sebuah usaha yang menjanjikan dan semakin menggiurkan.

Menurut laporan Badan Pangan PBB, pada tahun 2012 konsumsi ikan perkapita penduduk dunia akan mencapai 19,6 kg per tahun. Nggak hanya ikan laut, konsumsi ikan air tawar pun kini semakin meningkat.

Selain itu, ikan air tawar hias seperti ikan mas juga semakin digandrungi. Tak cuma kolektor, kini juga banyak bermunculan orang yang membudidayakan ikan tersebut.

Apakah kamu tertarik untuk membuka peluang usaha budidaya ikan air tawar? Kalau begitu, ikuti langkah-langkahnya berikut ini!

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Ikan lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Mempersiapkan lahan

Menyiapkan lahan yang tepat, seperti jenis kolam yang disesuaikan dengan jenis ikan yang ingin dibudidayakan. Misalnya kedalaman kolam, pertimbangan paparan sinar matahari.

Dengan mempersiapkan lahan sebaik-baiknya, tentu dapat membantu pertumbuhan ikan menjadi sangat baik. Kamu bisa memilih kolam beton, kolam tanah, kolam terpal, ataupun akuarium sebagai sarana perkembangiakan bibit kamu.

Untuk kamu yang ingin menghemat biaya, kamu bisa menggunakan kolam terpal. Pilihlah terpal yang kuat dan tebal.

Satu hal yang sering dilupakan oleh para peternak ikan air tawar adalah menyediakan lingkungan yang mendukung. Seperti ketinggian lokasi kolam yang dihitung dari atas permukaan air laut dan suhu air.

Hal seperti ini nantinya akan mempengaruhi hidup ikan yang akan kamu budidayakan. Beberapa ikan harus benar-benar dijaga suhu airnya agar ia tetap bisa bertahan hidup. Bahkan suhu air tertentu juga bisa menentukan seberapa kualitas ikan yang dihasilkan saat bertelur.

2. Mempersiapkan bibit

Kemudian, kamu juga harus mempersiapkan bibit ikan air tawar yang berkualitas. Pilih jenis ikan yang sesuai dengan karakteristik wilayah agar perawatannya mudah.

Bibit atau benih yang berkualitas dan unggul harus sehat dan terbebas dari berbagai penyakit. Dengan begitu, kamu bisa mempercepat waktu panen dari 20% hingga 30%.

Ada dua cara yang bisa kamu lakukan dalam tahap ini. Yang pertama, kamu bisa membeli benih secara langsung dari toko ikan yang menjual dan juga mengembangbiakkan bibit unggul.

Kemudian cara kedua, kamu bisa melakukan perkembangbiakan sendiri dari perkawinan indukan ikan air tawar yang unggul. Sehingga hasilnya sudah bisa dipastikan berkualitas.

3. Menebarkan bibit

Selanjutnya adalah menebarkan bibit atau benih ikan air tawar unggul yang sudah dipilih. Tebarkan sesuai dengan luas kolam dan juga kepadatannya.

Sebelum menebarkan, kamu bisa melepaskannya terlebih dahulu ke dalam sebuah tempat yang memiliki suhu air yang sama dengan  kolam yang akan ditempati.

Hal ini bertujuan agar ikan bisa beradaptasi dengan suhu dan kadar oksigen di dalam kolam, dan juga meminimalisir tingkat stres.

Soal pemberian jumlah pakan juga harus kamu perhatikan. Sebaiknya jangan berlebihan dan tidak perlu diberikan setiap hari.

Sebab sudah ada hewan-hewan kecil dan juga plankton yang berada di dalam kolam untuk memenuhi nutrisi ikan air tawar.

Pemberian makanan dilakukan setidaknya dua kali sehari pada pagi dan sore. Kelebihan pemberian makanan bisa menyebabkan ikan jadi keracunan.

Berilah makan sekitar 3% hingga 4% dari bobot ikan tersebut. Kemudian untuk menunjang proses pertumbuhannya agar maksimal, kamu bisa memberikan vitamin.  

4. Mengelola air yang baik

Seperti yang sudah disebutkan di atas, suhu air bisa mempengaruhi pertumbuhan ikan air tawar. Oleh karena itu tetapkan suhu yang baik dan benar.

Agar dapat menghasilkan ikan dengan kualitas unggul, tentukan suhu air antara 25-30 derajat celcius.

Setelah bibit disebarkan, pengelolaan air kolam menjadi sangat penting. Jangan membiarkan air dari awal hingga masa panen.

Perhatikan juga kebersihan kolam dari pencemaran, sampah, daun yang jatuh, dan lain-lain. Pantaulah secara rutin untuk membantu pertumbuhan ikan yang lebih baik.

5. Jaga kondisi dan ekosistem kolam

Salah satu faktor yang bisa menggagalkan budidaya ikan air tawar adalah munculnya hama penyakit yang dapat menyerang, terutama ikan yang masih muda.

Hal ini bisa membuat ikan mati. Oleh karena itu gantilah air kolam secara rutin dan terus pantau kebersihan kolam tersebut.

Kemudian, apabila ada ikan yang terkena penyakit, cepat pisahkan dari ikan lainnya agar tidak menulari ikan lain dan menyebabkan kamu gagal panen.

Lalu obati ikan yang terkena penyakit dari obat di beberapa toko ikan. Pastikan terlebih dahulu masalah dan penyakit yang diidap ikan.

6. Proses panen ikan air tawar

Terakhir setelah kamu melakukan beberapa cara di atas dengan benar dan seksama, kamu bisa melakukan proses pemanenan ikan.

Pilihlah ikan yang sudah memenuhi syarat panen, seperti bobot dan umur yang memadai serta berdasarkan kebutuhan pasar.

Jika belum memenuhi syarat, sebaiknya menunggu terlebih dahulu. Pantau juga proses pemijahan agar berlangsung dengan baik dan sukses.

Nah itulah dia informasi tentang bagaimana cara budidaya ikan air tawar yang sangat mudah dan bisa dimanfaatkan sebagai peluang bisnis.

Merawat berbagai jenis ikan air tawar memang harus disertai dengan kesabaran dan keuletan untuk mendapatkan hasil akhir yang baik dan berkualitas tinggi.

Apakah kamu juga berminat untuk membuka usaha budidaya ikan air tawar? Coba bagikan pendapat kamu di kolom komentar di bawah ini, yuk!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Ikan terbaru lainnya!

Terbit: Kamis, 12 November 2020, 19:00 WIB
Update pada: Minggu, 15 Agustus 2021, 20:30 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://dayaternak.com/cara-budidaya-ikan-air-tawar-kolam-terpal/
  • https://fish.mongabay.com/breeding.htm

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis dan editor situs PintarPet yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, musang, iguana dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar