Hari ini: Jumat, 30 Juli 2021
Jumat, 26 Februari 2021, 16:00 WIB

Ini 11 Rekomendasi Makanan Ikan Guppy Biar Cepat Besar, Semua Dimakan!

Ini 11 Rekomendasi Makanan Ikan Guppy Biar Cepat Besar, Semua Dimakan!

Makanan Ikan Guppy - animal wised

Mau memelihara ikan Guppy di rumah? Awas, jangan sampai salah kasih makan! Ini rekomendasi makanan ikan guppy terbaik biar cepat besar!

Punya rencana untuk memelihara ikan guppy di rumah? Kamu harus tahu apa saja makanan mereka supaya cepat besar!

Sebagai informasi, makanan ikan guppy di alam liar sangat bervariasi karena mereka termasuk hewan omnivora alias pemakan segala. Mulai hewan-hewan kecil hingga ganggang, semua dimakan.

Nah, bagaimana dengan ikan guppy yang dipelihara di rumah? Makanan apa yang terbaik untuk tumbuh kembang mereka? Sobat Pintar bisa menemukan jawabannya di bawah ini!

Makanan Ikan Guppy Terbaik

Makanan Ikan Guppy Terbaik
makanan ikan guppy terbaik - shopee

Banyak yang memelihara guppy sebagai ikan hias di rumah karena memiliki warna sisik yang begitu indah.

Karena omnivora, ada banyak jenis makanan yang bisa disajikan untuk ikan guppymu di rumah. Kamu bisa memberikan pelet biasa, hewan-hewan kecil seperti cacing, hingga sayuran!

Jadi, apa saja makanan ikan guppy yang bagus untuk mereka?

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Ikan lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Pelet Khusus Ikan Guppy

Kalau Sobat Pintar merupakan tipe orang yang ogah ribet, kamu bisa memberikan pelet khusus ikan guppy sebagai pakannya.

Ada beberapa merek yang direkomendasikan, seperti Hikari Tropical Fancy Guppy dan Ocean Free Super Guppy.

Pelet-pelet tersebut sudah mengandung berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan oleh ikan guppy, sehingga tidak masalah jika kamu hanya memberikan pakan jenis ini. Makanan ikan guppy alami yang ada di bawah bisa dijadikan sebagai selingan saja.

2. Kutu Air

Salah satu makanan alami ikan guppy adalah kutu air yang bisa kamu temukan di daerah persawahan, sungai yang beraliran tenang, ataupun selokan.

Kalau kamu malas untuk mencarinya sendiri atau memang tinggal di daerah yang tidak memiliki daerah perairan, kamu bisa mendapatkannya dengan mudah di toko hewan.

Kandungan proteinnya yang tinggi, sekitar 66%, menjadi alasan mengapa banyak orang menjadikan kutu air sebagai pakan utama ikan, termasuk ikan guppy. Apalagi, kutu air dipercaya dapat mencerahkan warna sisik ikan.

3. Daphnia Magna

Walaupun namanya terdengar keren, Daphnia Magna merupakan jenis kutu air yang berasal dari Amerika. Mereka banyak dikembangkan peternak Indonesia sebagai pakan ikan.

Sama seperti kutu air lokal, Daphnia Magna mengandung protein rendah lemak dan air. Kalau mau ikan guppymu cepat besar, kamu bisa memberinya ini.

4. Jentik Nyamuk

Kamu juga bisa memberikan jentik nyamuk sebagai pakan ikan guppy. Selain membelinya di toko hewan, kamu juga bisa mencarinya sendiri di sekitar rumahmu, terutama jika kamu memiliki tempat genangan air.

Banyak yang menganggap jentik nyamuk cocok sebagai makanan ikan guppy anakan karena bagus untuk pertumbuhan karena memiliki kadar protein yang tinggi. Jentik nyamuk juga dapat meningkatkan nafsu makan ikan guppy karena pergerakannya yang mengundang.

Oh iya, jentik nyamuk tidak bisa bertahan lama karena ia akan bermetamorfosis menjadi nyamuk yang sering jadi musuh utama manusia!

5. Cacing Beku (Bloodworm)

Kamu juga bisa memberikan cacing beku atau dalam Bahasa Inggris dikenal sebagai bloodworm. Meskipun namanya cacing, sebenarnya bloodworm merupakan larva nyamuk Chironomus!

Mereka diberi nama seperti itu karena sekilas bentuknya seperti cacing yang sedang bergerombol. Apalagi, warnanya juga kemerahan. Biasanya penjual akan menyediakan pakan ini dalam kondisi, seperti namanya, beku agar lebih awet dan praktis. 

Dengan kadar protein 62.5% dan lemak 10%, cacing beku sangat cocok untuk makanan ikan guppy biar cepat beranak.

6. Artemia/Brine Shrimp

Makanan Ikan Guppy
salah satu makanan ikan guppy- aqua mania

Mungkin kamu sedikit merasa asing dengan nama artemia. Artemia bukan penyakit kekurangan darah, melainkan sejenis udang kecil berwarna merah yang lebih kecil dari kutu air.

Artemia atau Brine Shrimp ini merupakan salah satu makanan favorit dari ikan guppy karena mengandung sejumlah nutrisi yang mereka butuhkan. Karena sangat kecil, Artemia cocok sebagai makanan ikan guppy yang baru lahir.

Biasanya, penjual makanan ikan guppy alami ini menjualnya masih dalam bentuk telur, sehingga kamu perlu untuk menetaskannya terlebih dahulu sebelum memberikannya ke ikan peliharaanmu.

Dibandingkan dengan jenis pakan ikan guppy yang lain, Artemia memiliki harga yang paling mahal.

7. Cacing Sutra

Hewan yang paling umum diberikan sebagai pakan ikan adalah cacing sutra karena harganya yang murah meriah. Ikan guppy juga doyan dengan hewan kecil yang satu ini.

Apalagi, cacing sutra mengandung kadar protein yang cukup tinggi dan tersedia dengan harga yang murah. Tapi ingat, kamu harus memberikan cacing sutra dalam kondisi bersih untuk meminimalisir adanya penyakit.

Selain itu, cacing sutra biasanya tidak dapat bertahan lama sehingga jangan membelinya dalam porsi yang terlalu banyak.

8. Microworm

Jenis cacing lain yang bisa kamu berikan untuk ikan guppy adalah microworm yang juga mengandung kadar protein yang tinggi. Microworm memiliki ciri-ciri berwarna putih dan kecil.

Tidak hanya protein, microworm juga mengandung sejumlah nutrisi lain seperti Gilicogen, Lipids, Asam Organik, dan lain sebagainya.

Microworm merupakan pakan alami ikan guppy yang termasuk murah karena mudah berkembang biak, sehingga kamu bisa menernakkannya di rumah.

9. Grindal Worm

Kalau kamu cari cacing yang ukurannya agak besaran sedikit, kamu bisa memberi Grindal Worm yang satu ini.

Kandungan nutrisi yang dimiliki enggak kalah dengan jenis-jenis cacing sebelumnya. Kamu bisa menemukan Grindal Worm dengan mudah di toko hewan maupun toko online.

10. Vinegar Eel

Makanan lain yang bisa jadi alternatif untuk ikan guppy adalah Vinegar Eel. Mereka bisa bertahan di lingkungan dengan range kadar keasaman yang luas, mulai pH 1,6 sampai 11.

Sobat Pintar bisa mengembangbiakkan mereka dengan menggunakan media cuka apel sehingga tidak perlu sering membelinya di toko hewan.

11. Sayuran

Mungkin terdengar aneh, tapi kamu juga bisa memberikan sayuran sebagai pakan ikan guppy, loh! Beberapa jenis sayur yang bisa kamu berikan adalah bayam, selada, mentimun, hingga wortel.

Cara pemberiannya adalah dengan memotongnya kecil-kecil agar ikan guppy bisa memakannya dengan mudah. 

Untuk mentimun, kamu perlu membersihkan bijinya terlebih dahulu. Untuk wortel, kamu perlu merebusnya sampai sedikit lunak karena wortel cukup keras untuk dimakan ikan guppy.

Itulah tadi beberapa jenis makanan ikan guppy biar cepat besar yang bisa kamu berikan untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Sifat ikan kecil yang omnivora ini memudahkan kita untuk membuat variasi makanannya, sehingga mereka tidak merasa bosan dengan makanan yang itu-itu saja.

Ada ikan lain yang kamu ingin tahu harus dikasih makan apa? Tulis di kolom komentar, ya!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Ikan terbaru lainnya!

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://aquapedia.id/makanan-ikan-guppy/
  • https://sukaikan.com/makanan-ikan-guppy/
  • https://www.ikanesia.id/2019/09/6-daftar-pakan-alami-terbaik-ikan-guppy.html

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, reptil dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar