Hari ini: Kamis, 28 Oktober 2021
Sabtu, 02 Januari 2021, 16:00 WIB

Ini Tips Mudah Merawat Ikan Louhan Agar Warnanya Terang Bagi Pemula

Ini Tips Mudah Merawat Ikan Louhan Agar Warnanya Terang Bagi Pemula

cara merawat ikan louhan - aquariadise

Ingin tahu memelihara ikan louhan yang benar? Berikut ada panduan cara merawat ikan louhan agar warnanya bagus yang bisa kamu jadikan acuan buat pemula

Kita semua tahu bahwa ikan louhan adalah salah satu ikan hias air tawar yang sangat populer di Indonesia. Ia diminati oleh banyak pecinta ikan karena mempunyai bentuk tubuh yang indah dan menawan. Kepalanya yang berbentuk jenong ini merupakan parameter keindahan dari seekor ikan louhan.

Dengan keunikan dan keindahan warnanya, ikan Louhan menjadi ikan yang cukup banyak diburu orang, bahkan meskipun harganya yang mahal, banyak yang rela merogoh kocek yang fantastis lho.

Tentunya jika kamu menyukai ikan louhan yang cantik ini, kamu juga harus memahami cara merawat ikan louhan ini.

Nah, bagi kamu para pemula yang ingin merawat ikan Louhan kamu bisa memilih jenis ikan louhan yang ingin kamu pelihara. Setelah itu kamu harus tau bahwa cara merawat ikan louhan supaya ikan louhan kamu lebih berwarna.

Daripada kita berlama-lama, yuk ikutin terus cara merawat ikan louhan berikut ini.

Persiapan untuk Merawat Ikan Louhan

Cara Merawat Ikan Louhan Yang Benar
Persiapan untuk merawat ikan louhan - shutterstock

Sebelum PetPi memberikanmu tips mengenai cara merawat ikan louhan yang benar bagi pemula, ada baiknya kamu memperhatikan persyaratan yang harus dipenuhi sebelum memelihara ikan louhan.

Walaupun ikan louhan berbeda-beda karakter setiap jenisnya, namun hal ini adalah persyaratan dasar yang wajib kamu penuhi.

Ukuran Akuarium: Jika kamu ingin berencana langsung memelihara sepasang ikan louhan, kamu harus memiliki akuarium yang lumayan besar. Untuk idealnya saja, kamu harus memiliki akuarium dengan kapasitas air mencapai 568 liter atau jika dihitung dengan volumenya adalah berukuran sekitar 110x60x80 cm. 

Arus di Dalam Akuarium: Ikan louhan merupakan ikan yang cukup kuat dan bisa mudah mentolerir arus yang ada di dalam akuarium. Namun ada juga pasti beberapa ikan Louhan yang tidak kuat dengan arus air yang berada di Akuarium. Pecinta Louhan biasanya akan memasang pompa filter untuk mendorong atau membersihkan akuarium yang disemprot.

Substrat: Sebagian besar ikan yang berukuran lumayan besar yang akan dipelihara dengan substrat kerikil akan beresiko untuk menelannya bersama makananya. Kerikil tersebut bisa menyumbat usus ikan, dan mencegah sistem pencernaan sehingga akan membuat gangguan kesehatan serius pada ikan. Lebih baik tidak memakai substrat atau lebih baik menggunakan substrat pasir.

Kondisi Air Favorit untuk Ikan Louhan

Cara Merawat Ikan Louhan Di Akuarium
Kondisi air favorit ikan louhan - shutterstock

Ada beberapa kondisi air yang menjadi favorit bagi ikan Louhan, jika kamu bisa memberikan suasana seperti ini, harusnya ikan louhan lebih nyaman untuk tinggal ini akuarium kamu. Berikut adalah tips supaya kondisi air pada akuarium ikan Louhan disukainya.

Suhu: Suhu air yang disukai oleh ikan Louhan adalah suhu yang sama dengan ikan tropis lainnya. Namun biasanya, suhu yang disukai berkisar antara 20-30C dan dianjurkan tetap menjaga suhu diantara 28-31C.

Tingkat PH: Ikan Louhan membutuhkan PH air diantara 7,5 - 8,0 yaitu di tingkat PH yang sedang. Yangpasti yang terbaik adalah mengganti air di dalam akuarium secara teratur dengan interval setiap minggu setidaknya satu kali. Periksa tingkatan PH setiap habis membersihkan akuarium, karena perubahan PH yang drastis akan membuat Ikan Louhan bisa mati mendadak.

Filtrasi: Sistem filtrasi yang baik sangat mempengaruhi kehidupan ikan Louhan sehingga menjadi ikan Louhan yang terbaik. Memilih sistem filtrasi yang baik, akan memudahkan kamu dalam membersihkan akuarium serta meminimalisir penyumbatan sehingga ikan Louhan akan tetap mendapatkan air dengan kondisi yang terbaik.

Aliran Air: cara merawat ikan Louhan memang agak sedikit sulit karena banyak yang harus diperhatikan. Salah satunya dengan aliran air ini. Ikan Louhan membutuhkan aliran air yang baik agar suhu air dan oksigen seimbang.

Lingkungan Akuarium: Ikan Louhan sangat bersifat teritorial dan cukup agresif sehingga tidak disarankan buat kamu mencampurkan ikan lain dengan ikan Louhan. Kamu harus membuat partisi jika ingin memelihara ikan Louhan lebih dari satu di dalam satu akuarium dan menempatkan secara terpisah. Ikan Louhan juga membutuhkan lapisan kerikil yang tipis untuk membuat seakan-akan habitat aslinya. Hal ini untuk mencegah ikan Louhan menjadi stres, karena jika ikan Louhan stres sudah pasti akan menyebabkan perubahan warna, menghambat pertumbuhan atau kehilangan jenongnya.

Berbagai Cara Merawat Ikan Louhan

Cara Merawat Ikan Louhan Agar Warnanya Bagus
Cara merawat ikan louhan - shutterstock

Setelah kita mengetahui persiapan apa yang harus kita siapkan dan kondisi air yang favorit bagi ikan Louhan. Sekarang saatnya kita memahami cara merawat ikan Louhan yang bisa kamu terapkan setiap hari. Yuk simak informasinya berikut ini.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Ikan lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Pakan Ikan Louhan

Hal paling penting untuk merawat ikan louhan adalah dengan memberikan pakan yang terbaik. Tujuan kamu memelihara ikan Louhan sudah pasti menginginkan warna dan jenong yang bagus, maka dari itu makanan sangat penting untuk faktor ini.

Kamu bisa memberikan pakan ikan Louhan alami maupun buatan yang sesuai dengan ukuran tubuhnya.

Untuk pakan alami yang bagus untuk ikan Louhan adalah, udang, anakan ikan lele, cacing sutra, cacing darah atau bahkan jangkrik yang sudah kamu putuskan kakinya. Makanan tersebut bisa kamu cari di pasar ikan terdekat dari rumahmu.

Porsi Makanan yang Tepat

Pemberian makanan yang rutin memang sangat baik untuk memberikan nutrisi pada ikan Louhan. Namun kamu perlu juga memperhatikan jumlah makanan ikan Louhan itu sendiri.

Jika kamu memberikan makanan namun ia sudah tidak mau menyambut makanan tersebut, alangkah baiknya jika kamu tidak memberikan makanan lagi. 

Pada pemberian makanan berikutnya kamu wajib mengurangi porsi tersebut, jangan sampai ada makanan tersisa karena itu bisa merusak kondisi air yang ada di dalam akuarium walaupun kamu sudah menggunakan filter air.

Akibatnya jika kondisi air sudah memburuk, maka kesehatan ikan Louhan akan terganggu.

Berinteraksi dengan Ikan Louhan

Tips yang satu ini mungkin akan terdengar aneh, tapi kamu ketahui bahwa berinteraksi dengannya membuat pertumbuhan ikan Louhan semakin lebih baik. Kamu bisa menggunakan jarimu di dinding akuarium lalu menggerakkannya untuk membuatnya bergerak mengikuti perintahmu. 

Ketahui Penyakit Pada Ikan Louhan

Ikan Louhan sendiri juga sangat rentan terinfeksi penyakit, kamu sebagai pemiliknya harus selalu memperhatikan dan mengetahui penyakit yang bisa menginfeksi ikan Louhan. Salah satu caranya adalah dengan cara mencegah penyakit tersebut.

Penyakit yang sering menyerang ikan Louhan adalah white spot. White spot sejenis penyakit yang mengakibatkan bintik putih pada sisik, nah bintik tersebut terjadi karena kondisi air di dalam akuarium tidak baik sehingga muncul jamur pada ikan Louhan.

Cara Merawat Ikan Louhan yang Stres

Cara Merawat Ikan Louhan Yang Stres
cara merawat ikan louhan yang stres - tokopedia

Sama halnya dengan manusia, makhluk hidup pasti juga bisa stres. Hal ini biasanya disebabkan oleh lingkungan tempat tinggal mereka yang tidak nyaman atau tidak mendukung.

Selain itu juga perawatan yang dilakukan sang pemilik cenderung kurang baik sehingga ikan louhan merasa ingin berpindah ke tempat yang lain atau stres.

Nah, berikut ini tips untuk kamu merawat dan menghadapi ikan louhan yang stres.

1. Jaga Suhu Aquarium Tetap Stabil

Kebanyakan penyebab ikan louhan stres adalah tidak nyaman dengan suhu pada aquarium yang mereka tinggali. Terkadang memang suhu air akan berubah-berubah seiring dengan lingkungan kita. 

Nah untuk mengatasinya, akan lebih baik jika kamu memasang water heater untuk memastikan bahwa suhu di dalam akuarium ikan louhan tetap stabil. Suhu yang membuatnya tetap nyaman berada pada kisaran 28 - 30 derajat celcius.

2. Awasi Tingkat PH Air Aquarium

Bukan hanya suhu saja yang harus kalian pantau, namun PH atau tingkat keasaman air di dalam akuarium harus sering-sering kamu cek ya. Hal ini juga bisa menyebabkan tingkat stres pada ikan louhan meningkat. 

Hal yang paling mudah untuk mengontrol pH air ini dengan cara memasang pH meter pada akuarium. Sehingga nantinya jika kondisi air terlalu asam, maka kamu bisa menggunakan air rendaman daun ketapang untuk menaikkan lagi pHnya.

Cara seperti ini bisa menyeimbangkan tingkat keasaman air menjadi lebih normal.

3. Berikan Makanan Secara Teratur

Faktor yang ketiga ini merupakan faktor yang paling cepat mempengaruhi ikan louhan supaya bisa cepat membaik disaat stres. Kamu harus memberikannya makanan secara teratur dengan makanan-makanan yang bernutrisi tinggi untuk ikan louhan. 

Apabila ia ternyata belum mau makan juga, maka kamu lebih baik memberikan vitamin penambah nafsu makan. Setelah nafsu makannya meningkat, kamu baru bisa memberikan makanan ikan louhan secara teratur dan ikan louhan mulai keluar dari stresnya.

Nah itulah dia beberapa cara merawat ikan Louhan untuk pemula biar warna ikan Louhan terang dan menghindarinya dari stres. Jadi semua poin yang kamu dapatkan di artikel ini harus kamu pahami ya sebelum memelihara ikan Louhan.

Untuk mengetahui jenis ikan Louhan apa yang cocok denganmu, kamu bisa baca artikel PetPi tentang jenis ikan Louhan ya. Semoga artikel ini bermanfaat, share jika merasa artikel ini berguna untuk temanmu!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Ikan terbaru lainnya!

Terbit: Rabu, 07 Oktober 2020, 16:00 WIB
Update pada: Sabtu, 02 Januari 2021, 16:00 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • http://flowerhornfarming.com/tips-to-care-flowerhorn-fish/
  • https://sukaikan.com/cara-merawat-ikan-louhan/
  • https://sukaikan.com/ikan-louhan-stres/
  • https://www.buildyouraquarium.com/flowerhorn-fish/

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis dan editor situs PintarPet yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, musang, iguana dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar