Hari ini: Rabu, 22 September 2021
Kamis, 29 Juli 2021, 16:00 WIB

5 Cara Merawat Ikan Oscar Agar Tumbuh Indah dan Menarik

5 Cara Merawat Ikan Oscar Agar Tumbuh Indah dan Menarik

cara merawat ikan oscar - fish laboratory

Cara merawat ikan oscar memang terbilang agak sulit dan butuh pengalaman lebih, apabila sembarangan akan berpengaruh pada kesehatannya.

Sobat pintar, Ikan Oscar berasal dari lembah Amazon, Amerika Selatan ini dikenal memiliki bentuk warna yang mencolok, cerdas, dan tingkah yang menyenangkan.

Tidak mengherankan ikan satu ini banyak dicari dan dipilih oleh pecinta ikan hias. Ikan yang dikenal juga sebagai Velvet Cichlids atau astronotus ini dikenal agresif dan merawatnya tidak mudah. 

Untuk itu, ikan hias satu ini tidak direkomendasikan untuk dipelihara oleh pemula dan butuh tempat tersendiri untuk memeliharanya.

Pada artikel kali ini, Petpi mencoba menjelaskan mengenai cara merawat ikan oscar agar dapat berkembang dengan fit dan sehat, simak penjelasannya secara lengkap berikut ini. 

Cara Merawat Ikan Oscar

Cara Merawat Ikan Oscar
cara merawat ikan oscar - wallpaper acces
Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Ikan lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Menyiapkan dan Menentukan Akuarium

Jenis ikan oscar termasuk hewan yang besar, karena ukuran dewasanya saja mencapai 25 cm - 30 cm. Selain itu, ikan hias satu ini termasuk yang doyan makan, sehingga akan menimbulkan banyak kotoran apabila kamu meletakkannya pada akuarium yang kecil.

Untuk menjaganya tetap leluasa bergerak dan kualitas airnya tetap jernih, pilih minimal aquarium dengan panjang 1 meter. 

Lebih baik lagi apabila memilih ukuran yang lebih besar, sehingga akan semakin enak dalam memandang dan melihat ikan peliharaanmu tersebut.

Apalagi jika kamu memelihara lebih dari satu, maka akan terlihat keelokannya. Karena ikan oscar termasuk jenis yang suka hidup berkelompok yang membuat kamu betah untuk berlama-lama memandangnya. 

Pastikan ketika sudah menentukan akuariumnya untuk meletakkannya pada tempat yang rata dan jangan memilih tempat yang berat sebelah, sebab akan mempengaruhi tekanan.

Untuk kebutuhan aksesorisnya kamu bisa dengan menambahkan aerator sebagai pembuat gelembung air dan pasir pada bagian dasarnya serta tidak lupa akar tumbuhan. 

2. Melepaskan Ikan Ke Akuarium

Tahap ini menjadi sangat penting untuk benar-benar diperhatikan, apabila tidak dilakukan dengan baik tentu saja akan berpengaruh pada kesehatan ikan dan mengalami stres.

Sebelum melepaskan ikan ke akuarium lebih baik untuk mengukur suhu airnya terlebih dahulu, pastikan dalam keadaan suhu yang normal agar tidak mengalami permasalahan. 

Untuk melepaskannya sendiri jangan langsung memasukkan ikan kedalam akuarium, lebih baik untuk memasukkan ikan beserta kantong plastiknya ke dalam akuarium.

Beri jeda sekitar 1 jam supaya suhu antara kantong dan akuarium sama terlebih dahulu, lalu tinggal pisahkan saja ikan beserta dengan plastiknya tersebut. 

Keadaan ini untuk membuat ikan mengenali lingkungan barunya dan tidak merasa kaget dengan suasana tersebut. Hal ini harus diperhatikan, karena apabila kamu langsung melepaskan begitu saja akan berdampak pada aspek kesehatannya.

Sehingga jika tidak dilihat secara menyeluruh, bisa-bisa ikan oscar yang kamu pilih akan mati sia-sia saja. 

3. Memahami Pakan Ikan

Cara merawat ikan oscar selanjutnya tinggal memahami pakan yang akan diberikan, karena perlu diketahui ikan jenis ini termasuk dalam kategori ikan karnivora, sehingga kamu harus memberikan binatang-binatang kecil.

Dalam tahap ini kamu bisa memberikan udang rebon, cacing rambut, dan bisa sesekali memberikan ikan-ikan kecil yang masih hidup. 

Apabila kamu tidak ingin repot untuk memberikan pakan hidup, alternatifnya kamu bisa memilih dengan memberikan pakan khusus berupa pelet karnivora.

Biasanya beberapa toko ikan hias menyediakan dengan berbagai merek yang ada. Apabila ikan oscar tidak mau makan, ada kemungkinan ia bosan akan makanannya. Untuk mengatasinya kamu bisa memberikan pakan hidup dan pelet ini secara bergantian, ya.

Kemudian pastikan kamu tidak memberikan pakan terlalu berlebihan, tetap memperhatikan ketentuan waktu yang tepat dalam memberikannya.

Tindakan ini selain menjaga kualitas air juga baik untuk kesehatan ikannya. Berikan dalam porsi yang wajar dan tidak terlalu banyak, apabila ada sisa makanan langsung diangkat dari akuarium dan jangan dibiarkan membusuk.

Untuk itu, hal ini menjadi pemahaman dasar untuk diperhatikan agar ikan yang kamu pelihara tersebut tetap aktif dan sehat.

4. Proses Perawatan

Jenis ikan ini akan mudah dipelihara apabila kamu sudah memahami proses perawatannya, cara merawat ikan oscar berikutnya adalah selalu rutin dan disiplin dalam memantaunya.

Terpenting kamu selalu rajin memberikan pakan pada ikan dan selalu memeriksa aeratornya. Pastikan untuk rutin mengganti air dalam akuarium, lakukan tahap ini selama 1 minggu sekali. 

Lakukan pengurasan total selama 1 bulan sekali, hal ini diperuntukkan untuk menjaga kebersihan dalam akuarium dan nutrisi yang tercampur di dalamnya.

Apabila kamu lalai dan tidak memperhatikannya, kondisi ini akan berpengaruh pada kesehatan. Selain itu, tindakan ini hanya akan membuat ikan kamu mati mendadak jika diabaikan. 

Kunci untuk merawat ikan oscar itu memang harus disiplin dan tidak sembarangan dalam melakukannya. Proses ini menjadi sangat penting untuk dipahami, apalagi jika ini pengalaman pertama kamu dalam merawat ikan oscar.

Jangan sampai lengah dan tidak memperhatikannya, karena butuh konsisten yang tinggi untuk ikan tersebut tetap sehat. 

5. Cek Keadaan Air

Sebenarnya ikan ini akan tumbuh dengan cantik dan indah ketika kondisinya dalam keadaan fit, tetapi jika salah dalam menentukan kadar airnya akan berpengaruh pada kesehatannya.

Apabila kondisi airnya terlalu kotor dan keadaannya tidak baik-baik saja,biasanya ada beberapa penyakit yang mengintai ikan tersebut. 

Biasanya penyakit lubang pada kepala dan tubuhnya. Hal ini disebabkan oleh parameter air yang menentukan kesehatan ikannya.

Apabila kamu tidak mengontrolnya dengan baik, maka beberapa penyakit tersebut akan muncul dan tidak terkendali. Untuk itulah kamu harus benar-benar bisa melihat dan merawat kondisi airnya secara berkala. 

Jangan sampai kamu melewatkannya dan tidak memperhatikan kualitas airnya tersebut, sehingga keadaan ini harus diperhatikan. 

Sobat pintar, itulah beberapa cara merawat ikan oscar yang harus kamu ketahui dan pahami secara menyeluruh. Pastikan kamu memperhatikannya agar ikan oscar yang kamu rawat tersebut dapat tumbuh sehat dan indah.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Ikan terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://www.diminimalis.com/cara-memelihara-ikan-oscar/
  • https://www.ekor9.com/ikan-oscar/

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar