Hari ini: Rabu, 22 September 2021
Rabu, 04 Agustus 2021, 10:00 WIB

Mengenal Beberapa Jenis Makanan Ikan Nemo Air Tawar dan Air Laut

Mengenal Beberapa Jenis Makanan Ikan Nemo Air Tawar dan Air Laut

makanan ikan nemo - unsplash

Makanan ikan nemo terbagi menjadi ikan air tawar dan laut, semuanya tersedia dalam beberapa pilihan makanan yang bisa kamu berikan berikut ini

Sobat pintar, siapa yang tidak mengenal ikan nemo? Jenis ikan yang ada pada film animasi Finding Nemo ini benar-benar menyita perhatian.

Dikenal juga sebagai ikan badut yang memiliki corak warna dan bentuk yang menggemaskan membuat banyak orang ingin untuk memeliharanya dan melihat tingkahnya secara langsung melalui akuarium di rumah. 

Apabila kamu ingin memilikinya, maka ada beberapa persiapan yang harus diperhatikan. Mulai dari cara merawatnya dan mengenal beberapa jenis makanan ikan nemo tersebut.

Nah, pada artikel kali ini Petpi mencoba mengupas lengkap mengenai beberapa makanan untuk ikan badut tersebut, yuk kita bahas bersama-sama. 

Makanan Ikan Nemo Air Tawar

Makanan Ikan Nemo Air Tawar
Makanan ikan nemo air tawar - sf
Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Ikan lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Cacing Tanah

Jika kamu sudah memelihara ikan nemo yang memasuki usia dewasa mungkin kamu bisa mencoba memberikannya cacing tanah. Jenis makanan ini juga mudah ditemukan dan tidak sulit untuk mendapatkannya.

Makanan satu ini termasuk banyak dipilih oleh para penghobi, selain praktis untuk memberikannya juga murah untuk didapatkan. 

Apabila kamu tertarik untuk mencoba memberi cacing tanah pada ikan nemo yang kamu miliki tersebut, prosesnya sangat mudah untuk dilakukan.

Caranya kamu tinggal langsung memotongnya kecil-kecil dahulu dan langsung memberikannya. Hal ini tentunya untuk mempermudah agar ikan tidak terlalu kewalahan sangat ingin menyantapnya. 

Berikan makanan ini sesuai takaran saja dan jangan terlalu berlebihan, lebih baik seimbangkan dengan menu yang lainnya agar ikan kamu tetap sehat dan tumbuh besar. 

2. Pelet

Apabila kamu tidak ingin repot dalam mencari beberapa menu untuk ikan nemo atau badut mungkin bisa memberikannya pelet.

Makanan ini termasuk yang banyak digunakan dan dicari oleh para penggemar ikan, karena prosesnya cepat dan praktis digunakan. Apalagi harga yang ditawarkan pun relatif murah dan sangat terjangkau. 

Namun, makanan ini harus kamu haluskan terlebih dahulu jika ikan yang kamu pelihara tersebut masih sangat kecil, karena untuk mempermudahnya dalam mengonsumsi.

Tetap padukan makanan ini dengan jenis lainnya agar tidak mempengaruhi kondisi fisik ikan nantinya. Oleh karena itu, proses ini harus tetap diperhatikan dan dipahami secara menyeluruh. 

3. Cacing Sutra

Untuk kamu yang ingin melengkapi kebutuhan nutrisi pada ikan nemo kamu dirumah itu, bisa memberikannya cacing sutra.

Kandungan yang terdapat pada cacing tersebut sangat baik untuk tumbuh kembang si ikan, karena terdapat protein dan lemak yang baik untuk mempengaruhi pertumbuhannya secara maksimal. 

Hal ini tentunya bisa menjadi alternatif dan pilihan yang tepat untuk kamu coba, apalagi ikan-ikan kamu dirumah masih berukuran kecil.

Tidak ada salahnya untuk mencoba dan memberikan cacing sutra pada ikan badut kamu tersebut. Untuk mendapatkan cacing ini biasanya pada penjual pakan ikan menyediakan semuanya secara lengkap. 

Tetapi, tetap berikan jumlah pakan yang sesuai dan tidak terlalu berlebihan. Sebab sesuatu hal yang berlebihan juga tidak baik dan berpengaruh juga pada kualitas air nantinya. 

4. Artemia

Jenis makanan ikan nemo lainnya yang bisa kamu berikan adalah artemia. Bentuk hewan satu ini sangat berukuran kecil, tetapi memiliki kandungan yang tepat untuk memenuhi berbagai kebutuhan nutrisi pada ikan kamu tersebut.

Untuk yang baru memelihara ikan nemo, biasanya jenis pakan ini diberikan untuk ikan yang masih berukuran kecil. 

Ukuran artemia ini sangat cocok diberikan pada ikan yang baru berusia 2 sampai 3 hari, sehingga bisa menjadi rekomendasi kamu untuk memberikannya.

Apabila kamu ingin memelihara dan mengembangbiakkannya, mungkin ini bisa menjadi alternatif untuk kamu berikan pada anak-anak ikan nemo kamu nantinya. 

Untuk mendapatkannya pun tidak begitu sulit, beberapa toko pakan ikan biasanya menyediakan kebutuhan ini untuk makanan ikan kamu di rumah tersebut. 

Makanan Ikan Nemo Air Laut

Makanan Ikan Nemo Air Laut
Makanan ikan nemo air laut - amazonaws

1. Roti

Jika kamu sudah terbiasa dengan olahraga diving atau snorkling pasti sering menemukan ikan nemo dan memberikannya makanan roti.

Nah, sebenarnya roti termasuk makanan yang dipilih oleh para pembudidaya ikan nemo laut. Nyatanya jenis makanan ini digemari oleh ikan nemo dan tentunya bisa menjadi alternatif untuk kamu berikan pada ikan kamu dirumah. 

Terpenting kamu tidak begitu rutin atau sering memberikan roti pada ikan nemo, karena pilihan tersebut akan membuat ketergantungan.

Lebih baik untuk tidak terlalu sering dan berikan saja pada beberapa waktu saja. Karena apabila kamu terlalu rutin memberikannya akan membuat ikan ketergantungan dan tidak ingin lagi mencoba menu lainnya. 

Hal ini perlu diperhatikan, jangan sampai kamu tekor nantinya. Cara yang paling untuk mixing makanannya dan berikan sesuai takaran yang dibutuhkan saja. 

2. Cacing Darah

Makanan ini termasuk sama dengan kandungan yang terdapat dalam cacing sutra. Apabila kamu ingin memberikan ikan nemo air laut agar cepat dalam proses pertumbuhannya, pilihannya bisa kamu berikan cacing darah.

Namun, untuk memberikannya kamu tidak bisa langsung memberikannya secara langsung. 

Prosesnya kamu harus membekukan cacing darah terlebih dahulu, lalu dihaluskan. Selanjutnya kamu baru bisa memberikannya.

Tahapan ini memang tidak begitu praktis, tetapi demi pertumbuhan ikan yang semakin menarik dan menggemaskan tidak ada salahnya kamu memberikannya. 

Sobat pintar, itulah beberapa jenis makanan ikan nemo baik tawar dan laut. Pastikan kamu memberikan sesuai takaran dan tidak terlalu berlebihan agar tumbuh kembang ikan tetap terjaga.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Ikan terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://sukaikan.com/makanan-ikan-nemo/
  • https://www.99.co/blog/indonesia/cara-merawat-ikan-badut/

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar