Hari ini: Jumat, 18 Juni 2021
Minggu, 03 Januari 2021, 19:30 WIB

Akuarium Kotor? 10 Ikan Pembersih Akuarium Ini Bisa Bantu

Akuarium Kotor? 10 Ikan Pembersih Akuarium Ini Bisa Bantu

Ikan pembersih akuarium - petpintar

Khawatir jika akuarium kotor karena sisa makanan ikan & lumut? Tenang, kamu bisa pelihara jenis ikan pembersih akuarium yang bisa bikin bersih & cantik

Memelihara ikan di akuarium adalah hobi yang menyenangkan. Karena, tidak hanya mengenai kecantikan ikannya saja yang menjadi objek unik untuk dilihat, melainkan pengaturan dan kecantikan akuariumnya.

Itulah sebabnya, ikan pembersih akuarium merupakan hewan yang dibutuhkan oleh pemilik akuarium.

Meski sudah menjadi suatu hal yang umum dan wajib dilakukan bagi pemilik akuarium untuk membersihkan akuariumnya minimal seminggu sekali. Ikan pembersih akuarium tetap menjadi makhluk yang dibutuhkan.

Karena, mereka bisa memakan segala macam jenis kotoran dan hama yang bisa membuat akuarium tidak cantik.

Penasaran dengan apa saja jenis-jenis ikan pembersih akuarium terbaik yang bisa kamu pelihara tanpa perlu khawatir akan menyerang ikan lain yang kamu pelihara di dalamnya?

Cek artikel ini lebih lengkap.

Deretan Ikan Pembersih Akuarium Paling Cepat dan Murah

Dari sekian jenis ikan hias akuarium, baik dari spesies ikan tawar maupun laut. Mereka tidak bisa hidup sendiri di dalam akuarium untuk menjaga ekosistemnya tetap sehat.

Mereka tetap membutuhkan ikan pembersih akuarium yang handal yang dapat membantu ekosistemnya tetap bagus.

Berikut ini daftar ikan pembersih akuarium yang dapat membersihkan kotoran, lumut, dan kaca yang sudah menguning.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Ikan lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Ikan Molly (Poecilia Sphenops)

Ikan Pembersih Akuarium
Ikan molly - seruni

Ikan Molly dengan nama latin Poecilia Sphenops adalah ikan pembersih akuarium yang cukup handal dan efektif untuk membersihkan ganggang yang tumbuh di bebatuan dan tanaman hidup akuarium.

Konsumen banyak yang mencari ikan jenis ini karena kekuatannya untuk membersihkan ganggang dan tubuhnya yang cukup menarik untuk dipelihara dan tidak mengganggu pemandangan dalam kolam.

Ikan Molly sendiri dijual dengan harga yang cukup murah, hanya mulai dari Rp1.000,- sampai dengan Rp5.000,- saja. Kamu bisa menemukannya di berbagai toko online di Indonesia.

2. Ikan Platy (Xiphophorus Maculatus)

Ikan Yang Bisa Bersihkan Akuarium
Ikan platy - petpintar

Selanjutnya, ada ikan Platy dengan nama latin Xiphophorus Maculatus yang memiliki kemampuan untuk membersihkan segala macam kotoran di dalam akuarium, mulai dari ganggang, lumut, hingga tanin.

Ikan Platy identik dengan warna biru keunguan yang cantik dengan fisik yang menyerupai ikan Molly. Uniknya, ikan ini tidak agresif dan cenderung bersembunyi di bebatuan dan tanaman hidup dalam akuarium.

Banyak dari pecinta ikan yang memiliki aquascape menjadikan ikan Platy sebagai daftar pertama ikan pembersih akuarium yang harus dibeli dan dipelihara.

3. Ikan Alga Cina (Chinese Algae Eaters)

Ikan Pembersih Akuarium
Ikan alga cina - vugreen

Sesuai dengan namanya, Alga Cina adalah jenis ikan yang sangat menyukai tanaman alga sebagai makanannya. Meskipun begitu, tidak berarti mereka tidak terbiasa dengan makanan ikan lainnya.

Tidak hanya itu, ikan Alga Cina pun dapat hidup di dalam akuarium dengan ekosistem ikan di dalamnya yang bersifat agresif karena kelincahannya dalam berenang dan berkomunikasi.

Sayangnya, kamu tidak bisa memelihara ikan ini terlalu lama di dalam akuarium. Seiring bertambahnya usia ikan Alga Cina, mereka akan semakin agresif dan harus segera dipindahkan ke dalam kolam akuarium yang lebih besar dari sebelumnya.

4. Ikan Sapu-sapu (Plecostomus)

Ikan Sapu Sapu Untuk Membersihkan Akuarium
ikan sapu-sapu - petpintar

Ikan Sapu-sapu atau Plecostomus adalah jenis ikan yang paling terkenal di dunia ikan akuarium, sekalipun orang tersebut tidak memiliki akuarium di rumahnya.

Kepopuleran ini dikarenakan kehebatan ikan Sapu-sapu yang dapat mencengkeram sisi tangki dengan mulutnya.

Cengkeraman mulutnya tersebutlah yang disebut-sebut mampu membersihkan kaca akuarium yang sudah sangat kotor. Karena, ikan Sapu-sapu adalah konsumen ganggang, lumut dan alga yang cukup rakus.

Sayangnya, ketika mereka mencengkeram dasar kolam dengan mulutnya tidak bisa memilah mana alga yang sebagai kotoran akuarium dan mana tanaman hidup yang sebagai hiasan akuarium.

Sehingga, sering pemilik ikan Sapu-sapu yang menyesal memeliharanya karena dapat merusak tanaman.

5. Ikan Brushmouth Pleco

Ikan Pembersih Akuarium
ikan brousmouth pleco - petpintar

Ikan Brushmouth merupakan salah satu ikan Sapu-sapu yang jauh lebih eksotik dari ikan Sapu-sapu biasa. Brushmouth dapat tumbuh hingga berukuran 15 cm dan bertanduk halus pada sekitar area wajahnya.

Kehebatan ikan Brushmouth dalam membersihkan akuarium sepadan dengan ikan Sapu-sapu biasanya.

Hanya saja, keunikan tanduk dan warna ikan ini menjadi daya tarik tersendiri untuk dipelihara daripada harus membeli ikan Sapu-sapu biasa.

6. Ikan Lele Otocinclus (Otocinclus Catfish)

Ikan Pembersih Paling Bagus
Ikan lele otoncinclus - petpintar

Jika akuarium kamu terlalu kecil untuk memelihara ikan Sapu-sapu dan Brushmouth Pleco, pertimbangkan ikan Lele Otocinclus kecil sebagai ganti pembersih akuarium.

Ikan ini hanya akan tumbuh beberapa cm, dan mereka menyerupai ikan Sapu-sapu yang menempel di kaca akuarium untuk membersihkannya.

Perlu diingat, ikan Lele Otocinclus adalah hewan kawanan yang hanya akan hidup sehat dan bahagia bila hidup bersama dengan kawanannya.

Jadi, pikirkanlah untuk membeli tidak hanya 1 atau 2 ikan Lele Otocinclus untuk satu akuarium. Minimal, belilah 10 ikan Lele Otocinclus untuk 1 satu akuarium.

7. Ikan Alga Siam (Siamese Algae Eater)

Ikan Penjernih Akuarium
ikan alga siam - petpintar

Setelah kamu membaca ada ikan pembersih akuarium dengan nama Alga Cina, sekarang kamu sedang membaca ikan Alga Siam, spesies ikan pembersih akuarium yang terkenal karena nafsu makannya besar terhadap alga dan lumut.

Sayangnya, Alga Siam atau ikan Siamese Algae Eater tidak bisa hidup terlalu lama di dalam akuarium yang ukurannya cukup kecil.

Seiring bertambahnya usia, ikan Alga Siam akan tumbuh sedikit lebih besar sehingga membutuhkan ruang akuarium dengan ukuran sedang ke atas.

8. Ikan Corydoras

Ikan Pembersih Lumut
ikan corydoras - dictio

Ikan ini bukan ikan terakhir yang bisa kamu jadikan ikan pembersih akuarium. Terdengar dari namanya memang agak asing, ikan ini memang berasal dari bahasa yunani Corydoras yang berarti Cory itu helm dan Doras itu artinya kulit.

Jika dilihat baik-baik, ikan ini memang masuk ke dalam subfamily Coradinae atau yang dikenal dengan subfamily dari ikan lele.

Ikan yang satu ini sangat cocok untuk berbagai fungsi salah satunya adalah pembersih akuarium karena ikan ini memang memakan sisa-sisa makanan dan lumut.

Selain untuk membersihkan akuarium, ikan ini juga cocok sebagai hiasan akuarium di rumah karena bentuk tubuhnya yang lumayan cantik dan sifatnya yang memang pendiam.

9. Ikan Bunglon Pasir

Ikan Pembersih Akuarium Air Laut
ikan bunglon pasir - bukalapak

Nah, buat kamu yang memang memelihara ikan hias air laut di dalam akuarium, jangan khawatir deh. Kamu bisa menggunakan ikan ini untuk membersihkan akuarium kesayanganmu di rumah.

Ikan ini bernama ikan bunglon pasir yang sudah cukup populer untuk membantu para pemilik akuarium air laut untuk membersihkan sampah-sampah yang ada di akuarium.

Walaupun ukuran ikan ini cukup kecil, sekitar satu jari tangan orang dewasa, namun ikan ini dinilai ampuh untuk membersihkan lumut dan sisa-sisa makanan yang menempel di dinding akuarium.

Bentuk tubuhnya juga lumayan oke, jadi ikan ini bisa menjadikan akuarium bersih dan juga cantik. Untuk kamu yang ingin membeli ikan ini, kamu bisa merogoh kocek hingga Rp 35.000 untuk satu ikan bunglon pasir. Hmm lumayan mahal ya.

10. Udang Amano

Udang Pembersih Akuarium
udang amano - petpintar

Sedikit berbeda dengan jenis yang lainnya, kali ini PintarPet memberikan rekomendasikan pengganti ikan akuarium dengan udang Amano. Udang Amano dikenal dengan udang pemakan alga yang memiliki ukuran tubuh kecil, berwarna kuning dan lucu.

Menarik, bukan? Memiliki udang Amano sebagai pembersih akuarium sekaligus penambah sisi estetika akuarium dengan udang berwarna kuning.

Tertarik membelinya? Jangan ragu lagi, udang Amano itu kuat dan mudah dirawat, kok.

Itu dia 10 ikan pembersih akuarium air tawar dan air laut yang mampu membersihkan alga, kotoran ikan, lumut, dan sisa-sisa makanan ikan yang tidak habis.

Seluruh jenis ikan pemakan lumut kolam di atas bisa kamu dapatkan dengan harga yang cukup murah di berbagai toko online di Indonesia.

Silahkan pilih salah satu atau 2 jenis dari 10 jenis di atas, dan selamat bersenang-senang kembali dengan akuarium milikmu.

Jika ada sesuatu yang kamu butuhkan, tinggalkan pertanyaan kamu di kolom komentar, atau hubungi PintarPet melalui sosial media.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Ikan terbaru lainnya!

Terbit: Jumat, 18 September 2020, 16:00 WIB
Update pada: Minggu, 03 Januari 2021, 19:30 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://nualgiaquarium.com/best-algae-eaters-freshwater-aquarium/
  • https://pethelpful.com/fish-aquariums/Top-5-Freshwater-Aquarium-Fish-and-Critters-that-Eat-Algae
  • https://www.akuatik.id/ikan-pemakan-lumut/#1_Ikan_Bunglon_Pasir
  • https://www.fishkeepingworld.com/13-must-have-algae-eaters-for-your-aquarium/

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, kelinci dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar