Hari ini: Minggu, 07 Maret 2021
Rabu, 04 November 2020, 16:00 WIB

Kumpulan Manfaat Ikan Sapu-Sapu Si Pembersih Akuarium, Apakah Bisa Dikonsumsi?

Kumpulan Manfaat Ikan Sapu-Sapu Si Pembersih Akuarium, Apakah Bisa Dikonsumsi?

manfaat ikan sapu-sapu - petcentral

Selain sebagai pembersih akuarium, apa saja manfaat ikan sapu-sapu yang bisa diperoleh? Apa ikan sapu-sapu bisa dimakan? Temukan ulasan lengkapnya di sini!

Apa yang terpikirkan dalam benak Sobat PetPi ketika mendengar nama ikan sapu-sapu? Pasti jadi jenis ikan yang kotor dan umumnya dihindari, kan?

Ikan sapu-sapu (Hypostomus plecostomus) atau ikan bandaraya ini memperoleh nama dari perilakunya yang suka memakan lumut dan alga hingga bersih, baik di akuarium maupun di habitat aslinya.

Perilaku pada ikan yang berasal dari wilayah perairan Amerika Selatan, seperti pada Sungai Amazon dan Sungai Orinoco ini juga didukung bentuk mulutnya yang mirip penyedot debu atau vacuum cleaner.

Berkat kebiasaannya ini, tentu membuat ikan sapu-sapu memiliki beberapa manfaat. Terutama bagi Sobat PetPi yang memiliki akuarium atau aquascape di rumah.

Untuk mengetahuinya secara lengkap, kali ini PetPi bakal mengulas mengenai manfaat ikan sapu-sapu yang sudah dirangkum dari berbagai sumber dan perlu untuk kamu ketahui, nih.

Inilah Manfaat Ikan Sapu-Sapu untuk Akuarium dan Ikan Lainnya

Manfaat Ikan Sapu-sapu
Manfaat ikan sapu-sapu untuk akuarium - tfhmagazine

Melansir dari laman FishBase.se, ikan sapu-sapu memiliki karakteristik yang aktif pada malam hari alias nokturnal. Makanya penting untuk mempersiapkan tempatnya untuk bersembunyi di siang hari.

Banyak pemilik akuarium mengincar ikan air tawar ini dikarenakan sejumlah alasan. Mulai dari bentuk tubuhnya yang unik, perawatannya mudah, hingga fungsinya yang esensial.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut manfaat ikan sapu-sapu untuk akuarium dan ikan lainnya.

1. Memakan Sisa Makanan Ikan Lain

Dalam memelihara ikan sapu-sapu bersama jenis ikan lain dalam akuarium, mungkin kamu tidak perlu memberinya makan dan perawatan ekstra, nih.

Sesuai dengan namanya, ikan sapu-sapu akan membersihkan akuarium dari sisa-sisa makanan ikan lain yang jatuh ke dasar akuarium.

Pasalnya jika tidak dibersihkan oleh ikan yang merayap di dasar akuarium, sisa-sisa makanan tadi akan berpotensi menimbulkan senyawa nitrat dalam air yang berbahaya bagi ikan, lho.

Ukurannya yang bisa mencapai 50 cm pun, tentu juga akan membawa manfaat ikan sapu-sapu untuk kolam yang ukurannya jauh lebih besar dibanding akuarium.

Baca Juga: Akuarium Kotor? 10 Ikan Pembersih Akuarium Ini Bisa Bantu

2. Mengurangi dan Menjaga Pertumbuhan Alga

Selain dari sisa-sisa makanan, ikan sapu-sapu juga memiliki makanan utama lain, yakni alga. Ikan sapu-sapu juga memiliki manfaat dalam mengurangi dan menjaga pertumbuhan alga dalam air.

Sebenarnya pertumbuhan alga adalah hal yang lumrah. Selain tidak sedap dipandang, pertumbuhan alga berlebih, baik pada substrat maupun kaca, juga berbahaya bagi ikan dan tanaman di dalamnya.

Maka dari itu, salah satu langkah untuk mengurangi alga adalah dengan menambahkan ikan sapu-sapu yang berfungsi sebagai pemakan alga.

Terlebih mulut ikan sapu-sapu ini juga memiliki desain mirip vacuum cleaner yang mana mampu menempel pada permukaan kaca, lho.

3. Sebagai Ikan Hias Air Tawar

Walaupun kedua manfaat ikan sapu-sapu di atas terlihat kotor, namun sebagian kalangan pecinta ikan hias menganggap spesies ini punya bentuk unik, corak yang unik, sekaligus indah.

Selain nilai fungsional sebagai pembersih akuarium, ikan sapu-sapu juga memiliki fungsi estetis untuk mempercantik akuarium yang kini marak diperjualbelikan dengan harga lumayan, lho.

Jenis Ikan Sapu-Sapu Hias Sebagai Pembersih Akuarium

Jenis Ikan Sapu-sapu
Jenis ikan sapu-sapu untuk pembersih akuarium - epond

Ikan sapu-sapu yang umum dikenal memiliki nama latin Hypostomus plecostomus. Jenis ikan sapu-sapu ini mungkin kurang menarik karena warnanya yang mayoritas hitam sehingga terlihat kotor.

Namun faktanya, ada banyak jenis ikan sapu-sapu hias yang memiliki corak beragam dan juga berfungsi untuk memperindah akuarium maupun aquascape, di antaranya:

  • Ikan Sapu-Sapu Synodontis; Memiliki sirip atas panjang yang selalu terbuka dan agak sedikit berumbai. Pola tubuhnya mirip macan tutul dengan mayoritas coklat dengan titik-titik hitam.
  • Ikan Sapu-Sapu Xingu Baryancistrus; Memiliki mayoritas warna hitam pekat dengan titik-titik kuning di seluruh tubuhnya. Terdapat pula pola garis tegas berwarna kuning pada sirip atas dan ekor. Jenis ikan sapu-sapu ini juga dikenal dengan nama gold nugget pleco.
  • Ikan Sapu-Sapu Big Spot Hypostomus; Memiliki tubuh dengan mayoritas warna hitam dengan titik polkadot kuning yang cenderung kusam. Ciri khas jenis sapu-sapu ini adalah bagian mirip tentakel di bagian mulut dan kepala depan sehingga dikenal juga dengan bristlenose pleco.
  • Ikan Sapu-Sapu Leopard Frog; Memiliki tubuh dengan pola loreng-loreng hitam dan kuning mirip seperti macam. Salah satu jenis ikan sapu-sapu berukuran kecil dengan rata-rata ukuran berkisar 10-12 cm.
  • Ikan Sapu-Sapu Hypancitrus Zebra; Memiliki tubuh dengan perpaduan garis hitam dan putih menyerupai zebra. Tergolong ke dalam jenis ikan sapu-sapu berukuran kecil dan harganya relatif cukup mahal.

Benarkah Ikan Sapu-Sapu Bisa Dikonsumsi? Yuk, Kenali Bahayanya!

Bolehkan Ikan Sapu-sapu Dikonsumsi?
bolehkan ikan sapu-sapu dikonsumsi? -ayobogor

Salah satu keunikan ikan sapu-sapu adalah daya adaptasi dan toleransi yang tinggi pada lingkungan tempat hidupnya, terutama pada perairan yang sangat tercemar.

Pada lingkungan seperti tersebut, kemungkinan besar akan mengandung senyawa merkuri dalam jumlah tinggi akibat limbah pabrik yang mencemari air.

Ikan sapu-sapu yang hidup dan makan di sana sudah barang tentu akan terkontaminasi oleh logam berat dan membuatnya akan sangat berbahaya apabila dikonsumsi.

Lalu apa saja bahaya logam berat tersebut? Nah melansir laman Alodokter.com, beberapa gangguan kesehatan akibat bahaya ikan sapu-sapu dengan kandungan logam berat tinggi di antaranya:

  • Otot lemah;
  • Gangguan saraf, seperti kesemutan, mati rasa, sulit/tidak bisa berjalan, mendengar, dan berbicara;
  • Gangguan koordinasi tubuh;
  • Tubuh gemetaran (tremor);
  • Gangguan penglihatan hingga kebutaan;
  • Hambatan tumbuh kembang;
  • Gangguan mental; dan
  • Kerusakan paru-paru.

Di Indonesia, ikan sapu-sapu yang hidup di lingkungan tercemar bahkan dijadikan bahan olahan makanan, seperti siomay atau bakso. Tentu melihat bahayanya, wajib sekali untuk dihindari, ya!

Namun secara umum, di kawasan Barat ikan sapu-sapu sebenarnya tidak masalah untuk dikonsumsi. Asal berasal dari perairan yang bersih atau merupakan hasil budidaya.

Nah, sekian ulasan PetPi mengenai beberapa manfaat ikan sapu-sapu untuk akuarium dan ikan lainnya yang bisa kamu dapatkan saat memeliharanya.

Jika kamu berniat menambahkan ke dalam akuarium, sebaiknya pilih ikan sapu-sapu yang dijual di toko ikan hias. Hal ini untuk menjamin kebersihan dan tidak adanya kontaminasi limbah berbahaya.

Semoga hal-hal yang sudah disampaikan di atas bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://www.alodokter.com/konsumsi-ikan-tidak-selamanya-sehat-waspadai-bahaya-merkuri
  • https://www.aquariumsource.com/types-of-plecos/
  • https://www.fishbase.se/summary/glyptoperichthys-gibbiceps.html
  • https://www.unclebills.com/pets-and-pet-supplies/aquatics/aquatics-blog/aqua-blog/2017/11/14/plecostomus-benefits!
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, reptil dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar