Hari ini: Rabu, 22 September 2021
Senin, 16 Agustus 2021, 16:00 WIB

Ciri Ciri Ikan Arwana Stres Beserta Penyebab dan Cara Mengatasinya

Ciri Ciri Ikan Arwana Stres Beserta Penyebab dan Cara Mengatasinya

ciri ciri ikan arwana stres - blogger

Ciri ciri ikan arwana stres memiliki banyak penyebab dan harus ditangani dengan benar. Jangan sampai terlambat, berikut cara mengatasi ikan arwana stres

Halo sobat pintar! Petpi balik lagi dengan informasi seputar kesehatan ikan arwana, pastinya kalian sudah familiar ya dengan ikan yang satu ini.

Tapi apa kalian tahu bahwa ikan arwana merupakan salah satu ikan yang sangat mudah mengalami stres. Penyebab ikan yang berharga fantastis ini stres bisa disebabkan oleh berbagai hal.

Pemicu stres pada ikan arwana bisa berasal dari lingkungan atau kesehatannya. Di Kesempatan kali ini, selain Petpi ingin berbagi informasi tentang ciri ciri ikan arwana stres, yuk langsung saja kita bahas tentang penyebab dan cara mengatasinya.

Ciri Ciri Ikan Arwana Stres

Ciri Ciri Ikan Arwana Stres
ciri ciri ikan arwana stres - exporters india

Setiap hewan yang merasa stres pasti memiliki ciri khusus, tidak terkecuali pada ikan arwana. Karena itu untuk sobat pintar yang memelihara atau baru akan memelihara jenis ikan ini, kalian wajib untuk mengetahui ciri ciri arwana yang sedang mengalami stres lengkap dengan penyebab dan cara mengatasinya berikut.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Ikan lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Menjadi Lebih Pendiam atau Pasif

Ikan arwana yang stres biasanya akan menjadi pasif atau hanya berdiam di sudut akuarium. Kenapa demikian? karena ikan arwana yang pasif dan selalu mojok atau berada di pojok bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti kesepian atau tankmate yang mengganggu. 

Untuk mengatasinya adalah dengan cara memberikan ikan arwana teman atau tankmate yang cocok dengannya karena jika kamu asal dalam memberikannya, hal ini dapat menyebabkan ikan mengalami stres dikarenakan ulah tankmatenya tersebut.

Maka dari itu, penting sekali bagi kamu untuk mengetahui jenis-jenis ikan apa saja yang cocok untuk dicampur dengannya.

2. Hilang Nafsu Makan

Ciri ciri ikan arwana stres ini biasanya akan berbarengan dengan ikan yang menjadi pasif dan biasanya jika sudah hilang nafsu makan keadaan ini merupakan fase terburuk, kebanyakan ikan hanya akan bertahan selama 5 (lima) hari.

Hilangnya nafsu makan pada ikan arwana dapat disebabkan oleh beberapa kemungkinan, seperti :

  • Ikan arwana sedang bosan dengan makanan yang diberikan.
  • Ikan arwana sedang sakit, ini dapat dilihat dari sisiknya yang rusak, berenangnya yang sempoyongan, semakin kurus, susah bernafas, lesu dan selalu berenang di dasar akuarium atau kolam.
  • Ikan arwana dalam keadaan stress, stres dapat dipicu karena air kolam atau akuarium yang buruk.

Untuk mengatasi hilangnya nafsu makan pada ikan arwana, sobat dapat melakukan beberapa dibawah ini :

  • Ganti secara berkala air yang ada dalam kolam atau akuarium.
  • Pastikan jika filter bekerja dengan baik.
  • Saat menguras kolam atau akuarium, ikan arwana tidak perlu dipindahkan. Ini juga cara agar ikan tidak merasa gelisah dan stres. Kalian cukup membuang separuh dari air kolam atau akuarium. Agar saat diisi dengan air baru, ikan tetap nyaman.
  • Taburkan garam ikan pada air kolam. Garam berfungsi untuk mencegah munculnya jamur dari sisa-sisa pakan ikan, yang apabila tidak dicegah akan membuat ikan arwana menjadi sakit. Garam juga memiliki fungsi lain, yaitu sebagai penetral kadar ada di dalam air.
  • Apabila kalian ingin mengganti air kolam secara keseluruhan, kalian dapat memindahkan ikan arwana ke wadah dengan diisi air yang sebelumnya digunakan. Lalu, sebelum memasukkan ikan arwana ke kolam yang diisi air baru, pastikan air sudah diendapkan terlebih dahulu selama 24 jam atau lebih baik lagi jika diendapkan selama 2 (dua) hari.
  • Bila ikan dipindahkan ke kolam atau akuarium baru, ada baiknya ikan arwana dipuasakan terlebih dahulu selama 2 (dua) hari. Ini bertujuan agar ikan muntah saat dipindah ke lingkungan yang baru. Akan baik bila ikan bisa muntah, yang berbahaya jika makanan yang harusnya dimuntahkan malah tertahan hal ini dapat menyebabkan kematian.

3. Ikan Menjadi Gelisah

Jika dalam keadaan normal ikan arwana akan berenang dengan gerakan yang beraturan dan terlihat gemulai. Namun, apabila dalam keadaan stres ikan arwana akan gelisah dan berenang tidak tentu arah.

Kondisi ikan yang gelisah tersebut merupakan ciri ciri ikan arwana stres yang bisa kamu perhatikan. Selain itu, kondisi ini juga bisa menjadi pertanda jika oksigen dalam air kolam atau akuarium tidaklah stabil.

Bila sobat melihat ikan arwana selalu berada dipermukaan air dan ikan tersebut mangap-mangap dengan cepat lalu bibirnya menjadi lebih tebal dari biasanya, kemungkinan kadar oksigen di dalam kolam atau akuarium berkurang.

Lalu bagaimana cara mengatasi ikan arwana stres tersebut? Sobat harus segera mengecek fungsi filter pada kolam atau akuarium si ikan arwana, bila sudah kotor harus segera dibersihkan.

Karena jika tidak rajin dibersihkan, akan membuat air kolam atau akuarium akan menjadi keruh sehingga mengurangi kadar oksigen dan bisa mengakibatkan ikan mati.

4. Ikan Menjadi Mudah Terkejut

Jika ikan arwana berenang dengan cepat dan membentur kaca akuarium. Ada kemungkinan dia terkejut, tindakan ini juga termasuk dalam ciri ciri ikan arwana stres. Kondisi lingkungan di luar akuarium atau kolam biasanya adalah salah satu penyebabnya.

Untuk mengatasi ikan arwana yang mudah terkejut atau membenturkan tubuhnya pada kaca akuarium, kamu dapat menutup seluruh kaca pada akuarium tersebut dengan koran atau tirai berwarna hitam.

Lalu dibuka secara bertahap, misal 5 cm setiap seminggu sekali. Jika cara ini tidak berhasil, kamu juga bisa memindahkan lokasi akuarium ke tempat yang lebih tenang atau tidak terlalu ramai.

5. Ikan Menjadi Agresif

Ciri ciri ikan arwana stres selanjutnya adalah ikan menjadi lebih aktif dan agresif. Kondisi pada ikan arwana ini bukan berarti dia akan menyerang saat diberi makan. Namun, ia akan mencoba untuk meloncat keluar dari akuarium atau kolam.

Tentu hal ini akan berbahaya bagi si ikan arwana, karena seperti yang kita ketahui jika ikan tidak bisa bertahan hidup tanpa adanya air. Biasanya kondisi tersebut disebabkan karena ia merasa tidak nyaman dengan lingkungan tempat tinggalnya, seperti suhu air yang terlalu panas atau dingin.

Untuk mengatasinya kamu dapat membeli alat ukur suhu air yang dapat kamu dapatkan di toko hewan terdekat. Tindakan ini dimaksudkan agar kamu dapat menjaga keadaan suhu pada air tetap stabil dan mencegah ikan arwana mengalami stres kembali di kemudian hari.  

Nah, Sobat Pintar bagaimana dengan informasi mengenai ciri ciri ikan arwana stres beserta penyebab dan juga cara mengatasinya tersebut. Petpi berharap, semoga informasi yang diberikan dapat membantu sobat pintar apabila ikan arwana kalian mengalami hal tersebut, ya.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Ikan terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://nanobubble.id/blog/arwana-tidak-mau-makan
  • https://www.binatangmu.com/2021/02/ciri-ciri-arwana-stres.html?m=1
  • https://www.blacan.com/2018/09/ikan-arwana-sering-loncat-ngamuk-nabrak-kaca.html

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar