Hari ini: Selasa, 19 Oktober 2021
Kamis, 14 Oktober 2021, 12:00 WIB

6 Ciri-Ciri Ikan Koi Stres Yang Wajib Kamu Ketahui

6 Ciri-Ciri Ikan Koi Stres Yang Wajib Kamu Ketahui

ciri ciri ikan koi stres - pixabay

Ciri-ciri ikan koi stres ada banyak faktor yang menyebabkannya, terpenting kamu memahami dan memberikan tindak lanjutan. Berikut penjelasan lengkapnya

Sobat pintar, ikan koi termasuk hewan ikan hias yang paling banyak dipilih dan disukai oleh banyak orang. Tidak mengherankan banyak beberapa rumah membuat kolam khusus dan memelihara ikan tersebut.

Selain itu juga, meskipun memiliki bentuk tubuh yang indah dan manis, tetapi ikan koi juga dipercaya ampuh membawa keberuntungan. 

Apalagi hewan air satu ini dapat dikatakan tidak begitu sulit dalam memeliharanya, namun apabila kamu salah dalam merawatnya tentu akan berdampak pada kesehatannya.

Faktor yang paling sering ditemui adalah ikan koi mengalami stres. Oleh karena itu, simak yuk penjelasan tanda ikan koi stres secara lengkap berikut ini. 

Apa Saja Ciri-ciri Ikan Koi Stres?

Ciri Ciri Ikan Koi Stres
ciri ciri ikan koi stres - pixabay

Ada beberapa ciri-ciri yang bisa kamu lihat dengan mudah baik secara fisik atau perilaku apabila ikan peliharaan kamu tersebut mengalami stres. Yang diantaranya adalah:

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Ikan lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Perubahan Warna Tubuh

Ikan koi memang sudah dikenal dengan warna yang cerah dan unik antara satu sama lainnya, hewan tersebut termasuk menggemaskan apabila dilihat.

Namun, apabila kamu menemukan salah satu ikan koi yang warnanya kusam dan tidak begitu mengkilap, maka bisa jadi ia sedang mengalami kondisi stres, sehingga membuatnya kurang menarik untuk dipandang. 

Bahkan, beberapa garis yang terdapat dalam tubuhnya dan terlihat asing bisa juga menjadi tanda atau gejala ikan kamu mengalami stres.

Tentunya kamu harus mencari solusi dan tidak boleh dibiarkan begitu saja. Kondisi tersebut akan mempengaruhi ikan yang lain dan berdampak pada kesehatannya kedepan. 

2. Ikan Sering Menyendiri

Kondisi ikan yang sehat itu ketika gerakannya gesit dan lincah, sebaliknya ciri-ciri ikan koi stres adalah sering menyendiri dan gerakannya melambat sehingga apabila kamu menemukan tanda itu pada peliharaanmu, segera mungkin lakukan pengecekan.

Menurut beberapa pakar, mereka menjelaskan bahwa jika ikan koi menjauh dari kerumunannya, bisa jadi ia tidak ingin menularkan stres atau penyakitnya sehingga memilih untuk menjauhi kelompok tersebut.

Namun penyebab dan penyakit apa yang diderita belum bisa dipastikan secara mudah. Oleh karena itu, penting sekali melakukan pengamatan dan memisahkannya.

Dengan harapan kondisinya cepat pulih dan tidak merasakan gangguan stres kembali. Nantinya kamu bisa memberikan pemantauan khusus dan perawatan ekstra. 

3. Nafsu Makan Menurun

Ciri-ciri ikan koi stres berikutnya adalah tidak adanya keinginan untuk menyantap pakan favoritnya, hal ini dikarenakan nafsu makannya sedang menurun sehingga tidak merespon pemberian pakan.

Hal ini lumrah terjadi pada makhluk hidup, apabila kesehatan sedang tidak baik-baik saja akan berdampak pada tingkah laku dan kebiasaan yang terjadi. 

Untuk mengatasi persoalan tersebut, langkah yang paling tepat memang harus memisahkannya terlebih dahulu dan beri waktu sementara.

Apabila kesehatannya sudah pulih dan membaik, maka tidak ada salahnya kembali ke kawanannya. Selagi masa isolasi tersebut kamu dapat memperhatikan beberapa penyebab yang terjadi. 

Dengan demikian bentuk penanganan dan tindakan yang kamu lakukan bisa diatasi dengan baik dan faktor stresnya bisa diatasi. 

4. Bernafas Terengah-Engah

Aktivitas sering muncul ke permukaan dan bercengkrama dengan kita memang menjadi tanda kalau ikan koi kamu tersebut baik-baik saja.

Namun, apabila kamu menemukan ikan koi yang berenang ke permukaan dan terlihat bernafas agak terengah-engah secara terus menerus itu merupakan ciri-ciri ikan koi stres sehingga kamu harus mulai memperhatikan dan menyelidikinya secara lebih mendalam. 

Ikan yang sering muncul ke atas bisa jadi tanda bahwa mereka sedang kekurangan oksigen dan mencari tambahan, sebab di dalam kolam tidak mencukupi udara yang dibutuhkan untuk bernafas.

Kondisi tersebut apabila dibiarkan akan berdampak pada kerusakan insangnya. Oleh karena itu, harus ada penanganan yang cepat dan tidak bisa dibiarkan. 

Ada beberapa cara atau tindakan yang bisa kamu lakukan, mungkin bisa dengan memperbaiki sistem aerator pada kolam.

Untuk yang baru memelihara ikan koi, sistem aerator itu berfungsi untuk menyuplai oksigen dalam kolam dan membuat pasokannya tercukupi. Namun, apabila dari sekelompok ikan hanya satu saja yang muncul ke permukaan harus kamu selidiki. 

5. Ikan Merasa Gelisah

Berenang memang sudah menjadi aktivitas dan perilaku dari hewan, namun apabila kamu mengamati ada salah satu ikan yang gelisah dan kesana kemari tanpa arah perlu untuk waspada dan lebih memperhatikannya. Karena ini merupakan ciri-ciri ikan koi stres dan tidak sehat. 

Perilakunya akan berbeda dengan ikan yang normal, biasanya tingkahnya akan terlihat lebih agresif dan tidak jelas arahnya.

Apabila muncul permasalahan tersebut, maka penting sekali untuk memperhatikan bagian sirip dan sisiknya. Penyebabnya kemungkinan besar terdapat adanya luka yang terjadi dan tidak nyaman akan kondisi tersebut. 

Dengan demikian, memelihara ikan koi tidak begitu sulit untuk dilakukan. Tetapi, apabila kamu abai dan tidak memperhatikannya akan ada dampaknya.

Oleh karena itu, meskipun perawatannya terlihat simpel, namun jangan sampai kamu cuek dan tidak memperhatikan kondisi dari ikan koi yang kamu pelihara tersebut. 

6. Terdapat Bintik

Ciri-ciri ikan koi stres yang terakhir adalah munculnya bintik-bintik pada sekitar tubuh ikan koi. Hal ini perlu kamu lihat secara seksama, karena ada banyak faktor yang menyebabkan ikan mengalami permasalahan tersebut.

Hal ini biasanya dipengaruhi oleh jamur dan kutu air. Apabila kamu mengabaikannya, maka akan mengalami dampak serta permasalahan pada kesehatannya. 

Apabila kamu abaikan akan berdampak pada rasa stres yang terjadi pada ikan dan membuat mata ikan koi kamu tersebut memutih. Untuk itu, segera pisahkan ikan koi kamu tersebut dan jangan campurkan dengan kelompoknya. 

Sobat pintar, itulah beberapa ciri-ciri ikan koi mengalami stres. Penting sekali untuk selalu memperhatikannya dan membuat ikan koi peliharaan kamu dirumah tetap sehat.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Ikan terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://arafuru.com/m/lifestyle/ini-dia-ciri-ciri-ikan-koi-yang-sakit.html
  • https://kabarbesuki.pikiran-rakyat.com/berita/pr-191794954/kenali-ciri-ciri-ikan-yang-sedang-stres-berikut-cara-mengatasinya
Share

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar